new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
Jelas AMS dong oombenzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?erwinign wrote: Mgkn kontaminan oli sebelumnya ya om kl bahas V100 >9 cst. Sy sebelumnya pake PTT botol emas 5w30 di mazda ini
Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.
Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]
klo di BITOG,dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
Disitu income pake dolar om, bukan pake rupiah..Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:48klo di BITOG,dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
sebagian lendir enthusiast niat amat, UOA 3-4x di merk dan tipe yg sama,
trus dibandingin tabel2nya dan ambil average value
wkwkwkwkkw
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Signsintoni wrote: Tue May 18, 2021 7:50Disitu income pake dolar om, bukan pake rupiah..Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:48klo di BITOG,dori2802 wrote: Tue May 18, 2021 7:39
new numpang komen ya mbah. mohon di koreksi. kalau dibandingkan dengan UOA PTT Evotec 0w20 sebelummya, wear metalnya sepertinya masih mending yg PTT ya mbah..? lebih kecil...
CMIIW..
sebagian lendir enthusiast niat amat, UOA 3-4x di merk dan tipe yg sama,
trus dibandingin tabel2nya dan ambil average value
wkwkwkwkkw
![]()
Lah, mbah Omni incomenya pake GBP malahan.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:55
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Sign![]()
blm lagi klo klo ngeflush CVT GK nya pk amsoil CVT![]()
![]()
gak kaleng2 bosnya amsoil indosintoni wrote: Tue May 18, 2021 7:57Lah, mbah Omni incomenya pake GBP malahan.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 7:55
ah.. mbah omni aja orang indonesia, OCI per 6 bulan pk Ams Sign![]()
blm lagi klo klo ngeflush CVT GK nya pk amsoil CVT![]()
![]()
Tiap keluar kota lgsg tes lab semua lendir di mobil..
pasti ngaruh, ada bunyi tek2 ga? mobil masih warranty? kalo iya bawa ke beres minta cek celah shim tappet untuk claim..fhr93 wrote: Tue May 18, 2021 2:38Ane juga baru sadar om. Scross ane dicekokin SGO 0w20 SM dari servis pertama sampe kelima. Servis keenam maret kemaren baru dikasih ecstar 0w20 SN.rendr wrote: Sun May 16, 2021 13:05
sx4 lama juga msh kebagian tuh 5w30 SL... yg kacau ya mesin scross... M15A ane udh ada 5x OCI pake itu SGO 0w20 SM, untung masih free claim shim tappet, tadinya mau claim camshaft nya wkwkwkwkwk
![]()
Ada pengaruh gak ya ke mesin?
Secara kalau di buku manual rekomendasinya 0w20 SL
emm ga ngaruh sih, pasti berasa lebih alus pas pake ptt 5w30 botol emas yah? agak shock aja liat zinc amsoil segitu... signature pula... either kehajar fuel dilution, atau olinya nguap ini...erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:21Mgkn kontaminan oli sebelumnya ya om kl bahas V100 >9 cst. Sy sebelumnya pake PTT botol emas 5w30 di mazda inirendr wrote: Tue May 18, 2021 6:04om pake bensin apa? ini tak liat ada potensi fuel dilution.. kyknya cepet tewas gara2 fuel dilutionnya, atau pake oli yg punya V100 diatas 9,0 cSt
tapi kok ini amsoil ss 0w20 zincnya dikit amat ya.. cuman 600an.. ini om dpt amsoil nya yg API apa? SN+ kah?
aduh pas stok amsoil diskon abis wkwkwkTurboman wrote: Tue May 18, 2021 4:25 Siap siap Krisis Base oil
https://www.ueil.org/covid-19-and-the-s ... -industry/
Covid-19 and the shortage of raw materials for the lubricant industry
ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42Jelas AMS dong oombenzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?
Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.
Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]![]()
![]()
Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42Jelas AMS dong oombenzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?
Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.
Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]![]()
![]()
Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
Next boleh coba Q8 - 0W20 yg D1 G2erwinign wrote:Mohon pencerahannya semua
dohc genuine oilProfith83 wrote: Tue May 18, 2021 10:51
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.
Innova reborn diesel matic dalam kota juga jaran RPM sentuh 2200. RPM 2500 bahkan jarang sekali ...
Luar kota juga RPM 2500 kadang kadang. seringya main di RPM 1600 - 2000
Apa yang value for money?
Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
Filter oli pasti sy ganti om pake ori mazda, krn msh servis di beres.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 6:54om tanya..
pas OCI, ganti filter oli juga kan?
habis buang oli lama, lgs isi oli baru Ams SS?
atau didorong dulu pk oli murah 1-2 liter?
Soal interval bulan sih ndak bs jadi patokan buat saya om, sy sejak mulai ngeh coba2 oli bagus di ertiga itu saya mentokin setahun semua walaupun wkt dulu setahun cm jalan maks 2500km. Yg plg jelek dg jangka waktu dan km sama ya ptt 5w30 botol emas, menjelang bulan ke 12 mulai kletek2. 2x pake schaeffer 5w30, kendall 1x 5w30 masuk bulan ke 12 bener2 stabil performancenya.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42Jelas AMS dong oombenzz89 wrote: Tue May 18, 2021 7:32
Nah dr PTT 5W30 ke AMS SS 0W-20 kesimpulannya enakan mana om?
Kl kontaminasi dr oli sebelumnya sih kecil sekali yah % nya... kan sdh dibuang semua itu olinya om, kecuali... nah ini ane jg bingung dgn acara dorong mendorong oli pakai oli murah misal pakai yg buntut W50, bener sih oli baru dia, cuman memang logikanya pst akan kontaminan dgn oli yg mau kita isi.
Minimal 200-300 ml kayanya sih bakalan kecampur/kontaminasi dgn oli baru kita deh... si keraton kecampur ama si jelata [emoji1]![]()
![]()
Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
Menurut ane oli diesel paling value for money si PTT 10W30.Profith83 wrote: Tue May 18, 2021 10:51
Jadi pakai oli diesel apa yang value for money? karena sekali ganti oli 7.8 liter.
Innova reborn diesel matic dalam kota juga jaran RPM sentuh 2200. RPM 2500 bahkan jarang sekali ...
Luar kota juga RPM 2500 kadang kadang. seringya main di RPM 1600 - 2000
Apa yang value for money?
asik nih oli emang.
make sure wkt ganti oli di permukaan datar.erwinign wrote: Tue May 18, 2021 11:42Filter oli pasti sy ganti om pake ori mazda, krn msh servis di beres.Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 6:54om tanya..erwinign wrote: Tue May 18, 2021 6:43
8 bulan, 9600an km. Tuang tengah agustus 2020, buang tengah april 2021 om. Mobil dipake daily, seminggu sekali kdg lukot
pas OCI, ganti filter oli juga kan?
habis buang oli lama, lgs isi oli baru Ams SS?
atau didorong dulu pk oli murah 1-2 liter?
Iya om saya gada tuang2an oli murah 1 liter itu, sy pernah coba di susuki kok ya ngedorongnya cm dikit jatuhnya.
Oya ini di mazda saya 4 liter persis habisnya, terakhir sblm ganti sih masih gada penguapan.
Pemakaian dr km 207xx-314xx
Sy simpulin mazda mo mesin kuno/sky HARUS oli encer buntut 20 biar enak
ambience temp 31-32 C di bandungerwinign wrote: Tue May 18, 2021 11:47Soal interval bulan sih ndak bs jadi patokan buat saya om, sy sejak mulai ngeh coba2 oli bagus di ertiga itu saya mentokin setahun semua walaupun wkt dulu setahun cm jalan maks 2500km. Yg plg jelek dg jangka waktu dan km sama ya ptt 5w30 botol emas, menjelang bulan ke 12 mulai kletek2. 2x pake schaeffer 5w30, kendall 1x 5w30 masuk bulan ke 12 bener2 stabil performancenya.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43ams enak; mesin enteng tarikan, stabil getaran mesinnya waktu digeber, jeroan bersih. no doubt deh krn yg lain di forum ini yg udah cobain jg konfirm hal yg sama.erwinign wrote: Tue May 18, 2021 7:42
Jelas AMS dong oom![]()
![]()
Sekarang ini mazda saya, saya pakein PTT evotek 0W20 non eko aja ga seenak AMS SS kok
yg jadi masalah oli ini dianggap sakti bisa very very long drain. dgn harganya yg lbh mahal org kebanyakan berharapnya begitu apalagi ada embel2 tulisan "guaranteed up to 25,000 miles" yg seringnya misleading bagi org awam. kenyataannya banyak faktor eksternal yg bikin kita hrs realistis. ternyata di 10k km / 8 bulan aja udah end of life. jd mahalnya itu pure utk tarikan enteng aja, dah kebayarnya disitu itu.
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
Mgkn lingkungan bs ngaruh bs enggak sih dulu, saya wkt itu di bandung yg cenderung lebih adem dibanding semarang
mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
CMIIW kalau salah mbahh..
iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja.sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 9:43
itu belum seberapa krn kapasitas oli ga nyampe 4L, itungannya msh murah. nah kalo kaya anf yg nelennya 7.2-7.5L tambah lagi tbn nya cuma 10.1 utk SS diesel (vs 12.5 utk SS bensin) artinya umurnya bisa2 lbh pendek dr oli om yg 9k/8bln, tp sekalinya gantol dobel cost krn literannya, bikin dompet all space kl kata mbah Kiel.![]()
CMIIW kalau salah mbahh..![]()
cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.
jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.
skip ke menit 8:25