[SM Modification] Exhaust Upgrade
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ok gunakan dulu standar back pipe dan muffler nya.eternorockstar wrote:thx pak penyu,gambar header estilonya udah saya terima.Bearti buat skr saya pake downpipe n muffler std dulu gak papa kan??nanti kl ada waktu,tlg gambarin yang bagian belakangnya ya......
kl stdnya g ada sensor O2,bearti aku ga usah pasangkan??
Thx
Kalau standarnya gak ada sensor O2 ... gak usah dikasih lubang untuk sensornya ... cuman kalau mau pasang untuk bergaya dikit pun boleh ... beli Oxygen Sensor dan AFR meter (Air Fuel Ratio Meter) ... hubungkan kabel signal O2S ke AFR Meter ... bisa tahu gimana campuran BBM dan udara di setiap RPM ... LEAN atau RICH atau STOICH ... hehehehe bergaya aja.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Mang O2 sensor ga mahal ya bung penyu?
Kalo mobil jadul bisa donk dipasangin?
Seperti kata om penyu... "Buat gaya"... He3..
Kalo mobil jadul bisa donk dipasangin?
Seperti kata om penyu... "Buat gaya"... He3..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
O2S nya yang BOSCH aftermarket (3 kabel) gak mahal ... (kalau yang Denso atau NGK mungkin Muahal) ... yang pasti mahal adalah AFR Meter nya ... yang paling murah adalah AUTOGAUGE.r1210g wrote:Mang O2 sensor ga mahal ya bung penyu?
Kalo mobil jadul bisa donk dipasangin?
Seperti kata om penyu... "Buat gaya"... He3..
Boil Jadul bisa dipasangin O2S dan AFR meter ... dan masangnya O2S mesti di daerah HEADER. Standard ukuran ULIR O2S adalah 18mm sedang Spana (kuncinya-Wrench) berukuran 22mm ... banyak boil Jadul di Malay sini dipasangin O2S dan AFR Meter ... biasa anak sekolah bergaya.
Kalau untuk ngegaya ... O2S second hand aja ... tapi yang masih jalan ... hehehehehe ... aku pernah mborong O2S second hand 125rb/bijik ... dibersihin and check ... masih ok ... eeee ada member yang mau beli karena O2S dia udah gak bener (konsumsi BBM drop banget) setelah diganti ... jadi irit lagi ... untng masih jalan .... huahahahahahhaha.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Pak Lik Penyu..... Lapor...tonie wrote:PenyuTurbo wrote:Kalau dilihat bahwa mesin itu seperti MESIN POMPA ... Maka EFISIENSI dan PERFORMA terbesar terjadi apabila apa yang DIHISAP sama dengan apa yang KELUAR.tonie wrote:Pak Penyu.... tolong nanya seberapa besar pengaruh Exhaust / Header Wrap yg dililitkan pada header, untuk performa mesinya ?
Adanya Wrap akan mengurangi Perpindahan panas (hilangnya panas) gas buang keluar pipa header. Ini berarti energi kinetik gas buang tinggi, berakibat tekanan statisnya kecil ... yang akan meningkatkan SCAVENGING (PENGOSONGAN) gas buang dalam ruang bakar. Jika proses Pengosongan gas buang dalam ruang bakar berlangsung sempurna ... maka pengisian udara segar baru dalam ruang bakar akan lebih banyak ... ini akan meningkatkan Efisiensi Volumetrik. Naiknya Efisiensi Volumetrik akan ditandai dengan NAIK nya TORSI (Torque).
Dari Hubungan POWER = TORQUE x RPM/5252 ... Naiknya Torque ... tentu akan memberikan kenaikan Power. Kalau Power nambah berarti SPEED juga akan nambah :
Ingat Hukum Fisik bahwa POWER = F x V, dimana F adalah Resultant gaya yang bekerja pada suatu benda (Boil misalnya) dan V adalah kecepatan. Gaya F = (Gaya dari Torsi pada roda) - (Gaya gesek Ban-Jalan) - (Gaya tahanan angin atau aerodynamic drag). Naiknya Power dan Tetapnya Gaya Gesek ini ... memberikan pemahaman SPEED akan NAIK.matur nuwun Pak Lik..... berarti Exhaust Wrap patut masuk dalam cheklist belanja bulan depan
hari ini header dah terbungkus rapi dengan header warp....



-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Hahahaha ... gak pakai resonator juga gak apa-apa cuman suaranya gede ... mau test ? Kalau mau yang suaranya senyap dikit ya mesti tambah Resonator.tonie wrote: Pak Lik Penyu..... Lapor...
hari ini header dah terbungkus rapi dengan header warp....cuman setelah bongkar2 header baru ketahuan resonator yg pertama ternyata sudah tdk ada di tempatnya...
mungkin d copot pada saat genti header dolo...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Test gak pakai resonator dulu ... ntar kalau suaranya gegedean ... ya tinggal pasang resonator ... tapi ntar tenaganya kurang dikit.tonie wrote:udah gak ada resonatornya... mau d test gmana....pengen pasang seh.... biar lengkap
ada referensi Pak Lik... ? resonator buat hyundai atoz 1.0 engine code G4HC skarang konfigurasi header yg terpasang 4-1
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Tujuan dari aero resonator adalah memperkecil back pressure untuk meningkatkan TORSI. Dengan meningkatnya torsi maka untuk tenaga yang sama diperlukan putaran mesin yang lebih rendah. Putaran mesin akan terkait dengan pulsa injector ... dengan putaran lebih rendah maka pulsa injector pun lebih rendah ... dalam arti kata BBM akan lebih irit.eternorockstar wrote:emang aero reson berfungsi buat apa??kl pasang aero reson berpengaruh sama efisiensi bahan bakar??

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
ic, bahaya tuh, di exhaust ajah, kasi head besaran dikit dengan muffler bolong abis, dijamin ngacir tuh bonex hehehe.....PenyuTurbo wrote:Kereta nya udah nyampai SBY ... ngangkut si BONEK.mansetha wrote:hem, ketinggalan ikutan ... catet...
sekalian mo nanya, head (4.2.1 / 4.1) buat mesin DOHC 1600cc++ (oversize 50) & dari jenis apa yang cocok apa ya pak PPT, ...
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Feb 14, 2007 2:17