Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Dec 31, 2018 12:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Mazda2 yaris
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolikTampanman wrote:Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:rajapb wrote:mitos atau fakta, setir EPS pasti feedback nya selalu lebih jelek daripada setir hydraulic?
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
pake go pay dapet 1 kupon om, kumpulin 10 kupon dapet free 1 kali...
(kok kayak car wash ya...)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1422
- Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
betul sx4 x-over lumayan mantep setir nya padahal epsbismo16 wrote: Wed Jan 16, 2019 17:52Ndak selalu, tergantung setingan EPS nya. Coba nyetir SX4 gen 1 (x over / x road / neo baleno). Setirnya berat, lebih berat dari PS hidrolikTampanman wrote:Nambahin, yang EPS apa selalu lebih ringan dari hydraulic?iroedii5 wrote: Wed Jan 16, 2019 10:19 Nambahin pertanyaan mitos atau fakta:
Setir EPS lbh cpt rusak drpd setir Hydraulic?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Penjelasannya gini.erwinign wrote: Wed Jan 16, 2019 7:32Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasarannewcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah
kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..
#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
ginting wrote: Fri Jan 18, 2019 8:06Penjelasannya gini.erwinign wrote: Wed Jan 16, 2019 7:32Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasarannewcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20 Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Ketika mobil masih baru, maka clearance antar moving parts itu masih rapet...lama lama kelamaan seiring usia, maka makin longgar.
kalau masih rapat, maka oli encer gampang masuk ke celak celahnya...
kalau oli kental maka susah masuk ke celah celah
kalau sudah berumur maka sudah makin lebar gap, clearance partsnya...sehingga suara juga makin kasar.
kalau dikasih oli encer maka suara masih kasar
kalau dikasih oli kentel maka suara makin senyap. (makanya banyak pedagang nakal kasih oli kentel ke mobil mereka supaya kesannya suara mesin halus).
kalau clearance sudah longgar maka oli yg kental bisa jadi kayak bantalan untuk mengurangi gesekan..
#demikian-analisa-sotoy-dari-nubie

Ilmu Suhu akhirnya keluar juga mantap Om..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos.htk wrote: Sat Jan 19, 2019 1:57 Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
Central lock dibuat sama halnya seperti power window, dimana dari sisi driver bisa kontrol semua pintu tanpa harus geser pantat.
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Thu Aug 23, 2018 5:18
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
mitos atau fakta ya..
1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar
2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.
3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar
2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.
3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Thu Jul 20, 2017 4:19
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Trooper
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
MITOS.. selama kondisi saluran bahan bakar semua masih vacuum, mau isi solar sampe mepet juga ga masalah.. Yg penting jangan sampai kehabisan..ders wrote: Sun Jan 20, 2019 5:30 mitos atau fakta ya..
1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar
Trooper sy yg tahun 90 aja, dulu setelah benerin tangki bocor cuma diisi solar 3 liter cuma sekedar buat sampe ke SPBU, dipompa di primer pump sebentar (karena dari posisi tangki turun) ga masuk angin kok.. Selama kondisi jalan normal (ga naik turun extrim), dan kondisi tangki ga banyak kotoran, solar masih bisa disedot normal
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 677
- Joined: Tue Apr 19, 2016 5:48
- Location: jogja, blitar, jakarta
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Bantu jwb nomor 3, kebetulan tinggal d jatim..ders wrote: Sun Jan 20, 2019 5:30 mitos atau fakta ya..
1. di mesin diesel.. klo terbiasa isi solar saat level indikator nya kurang dr seperempat, maka akan terjadi "masuk angin" pada sistim suplai bahan bakar
2. titik tengah dasboard (segaris lurus kebawah dr spion tengah) bisa digunakan sebagai acuan saat berkendara.. apakah kedua ban di bagian kiri sudah menyentuh tepi luar aspal (mepet trotoar) atau belum.
Hanya utk kondisi jalan datar dan lurus.
3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
Ane merasa risih kalau ada mobil yg mengekor, jd kalau ada yg mengekor ane biasa kasih sein kiri, biar dia nyalip..
Ane lebih seneng ngekor(kalau terpaksa), itupun d belakang truk 3/4 atau bus yg lajunya mayan kencang...ketimbang mobil pribadi
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnyabismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Wah, makasih infonya oom @pugmanPugman wrote:Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnyabismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON
harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..
Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.
Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.
FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.
Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Caveat :bismo16 wrote:Wah, makasih infonya oom @pugmanPugman wrote:Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnyabismo16 wrote: Thu Jan 24, 2019 10:52 Kalo nyampur BBM, misal : pertalite + pertamax turbo dalam takaran tertentu bisa dapat bensin RON setara pertamax dengan harga lebih reasonable itu mitos / fakta?
(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON
harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..
Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.
Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Kalo nyampurnya di drum/tanki terus dimixer baru dituang ke tanki mobil mungkin baru pas. Kalo isi pertabo trus pindah ke pertalte takutnya oplosannya nggak sempurna, malah ndut2an mobilnyaginting wrote: Sat Jan 26, 2019 4:27Caveat :bismo16 wrote:Wah, makasih infonya oom @pugmanPugman wrote:
Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya
(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON
harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..
Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.
Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
3. saat berkendara malam hari - dini hari terutama di wilayah sepanjang jateng jatim dst.. driver akan cenderung mengekor mobil didepannya.. saat kecepatan rendah maupun tinggi.. dan tidak akan pernah nyalip terkecuali kita berhenti... saat kita melakukan hal yg sama.. ngikutin atau mengekor mereka.. mereka pun juga akan paham dan menjalankan mobilnya sesuai kebutuhan cepat atau lambat... Hal tersebut dilakukan untuk menambah adrenalin dan bisa menjadi teman di perjalanan ben ora ngantuk.. diakhiri dengan 1-2x bunyi klakson sbg tanda salam apabila salah satu mobil berhenti.
[/quote]
Saya sering praktekin ini Om. Kalo pulkam ke Sumbar atau balik ke Pekanbaru.Tapi ngekor travel yang pake panther, soalnya kalo travel pake panther rata2 bawanya alus & tenang nggak ngebut2 amat. Jadi nyaman & tenang, kalo ngekor avzen atau luxio nggak berani. Mereka bawanya sruntulan sih
[/quote]
Saya sering praktekin ini Om. Kalo pulkam ke Sumbar atau balik ke Pekanbaru.Tapi ngekor travel yang pake panther, soalnya kalo travel pake panther rata2 bawanya alus & tenang nggak ngebut2 amat. Jadi nyaman & tenang, kalo ngekor avzen atau luxio nggak berani. Mereka bawanya sruntulan sih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Siap oom @ginting. Kebetulan di tempat saya hanya ada pertamina. [emoji16]ginting wrote:Caveat :bismo16 wrote:Wah, makasih infonya oom @pugmanPugman wrote: Fakta, ini seperti halnya perhitungan Stokiometri dalam ilmu kimia. Rumusnya
(RonBBM1 x Liter)+(RonBBM2 x liter) / total liter BBM1+2
Jadi kalo saya campur 100rb pertamax turbo & 200rb pertalite perhitungannya berdasar rumus tadi seperti ini ya :
((98x8,33)+(90x26,14)) : (8,33+26,14) = 91,93 RON
harga per liter :
(200rb+100rb) : (8,33+26,14) = Rp. 8.703/liter..
Dapat pertamax murah dong saya [emoji1]
Rumus ini bisa dilakukan kalau satu merk fuelnya. misalnya Pertabo dan Pertalite itu sMa sama Pertamina.
Emang kenapa kalau Shell V Power dioplos sama Pertalite ?
Takutnya zat additif peningkat octane yg dipake beda jenis..jadi dalam rumus kimia mol (molaritas) nya gak nambah..malah yg ada 2 zat additive masuk ..dah gitu aja...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Tue Jun 26, 2018 4:56
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
iya bener, buka pintu selain pintu driverginting wrote: Sat Jan 26, 2019 4:21Ini maksudnya pintu itu adalah Pintu penumpang kiri depan, dan pintu row 2 kan ?htk wrote:Mitos atau fakta, kalau kita mau buka pintu dari dalam mobil yang masih terkunci, kalo kita tarik sendiri tuas pembuka nya selain pintu driver, katanya bikin rusak ?
jadi katanya musti di buka dari sentral lock driver
kalau itu sih setengan MITOS setengah FAKTA.
Mitosnya adalah bahwa tombol CL yg dari driver itu cuma trigger supaya motor (atau vacuum kalo di mercy jadul) yg ada di tiap pintu prnumpang nyundul pelatuk utk buka/tutup saja. dah itu doang.
FAKTA.
dengan seringnya dibuka pitu itu lewat tombol CL yg dipencet supir, maka tombol kecil pintu sebelah dalam (tuas pengungkit) makin awet krn jarang dipake...gak gsmpang dooll.
Yang seru tuh mertua gue, kalau buka pintu penumpang caranya gini : ..tarik tuas...open...lepas tiba tiba...**pletakkk**
ha ha ha ha
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 100
- Joined: Fri Jan 05, 2018 12:35
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Saya ga tahu ya, mungkin bisa, tapi pomade itu kan lebih gampang hilang entah menguap atau ikut larut kena air. Lagian bukannya harga grease yang paling murah sama harga pomade itu mirip ya?bismo16 wrote: Wed Jan 30, 2019 14:32 Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]
Kayanya saya tahu alasannya, jadi kalau si supir beli grease, dia cuma bisa buat bearing, tapi kalau beli pomade, bisa buat bearing sekaligus gaya bikin rambut jadi wet look

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Untuk warga SM yang mengalami radiator bocor dibagian kisi pembuang panas atau heat exchanger, maka bisa dicoba trik berikut ini untuk menambal kebocoran dengan syarat
1. Kita tahu letak kebocoran
2. Besarnya kebocoran maksimal hanya sebatas lubang jarum
Caranya sebagai berikut:
1. Nyalakan mesin hingga tekanan air meningkat dan kita dapat mengetahui titik kebocoran dari titik sumber air yang menetes atau menyembur
2. Tandai bagian yang bocor, tunggu sampai tekanan air turun dan semburan atau tetesan air berhenti
3. Langsung tuangkan beberapa tetes lem korea, atau super glue, alteco dan sejenisnya ke bagian yang bocor. Tunggu sebentar hingga agak kering lalu nyalakan mesin agar lem menjadi lebih cepat kering.
4.Tambahkan beberapa tetes lagi sambil mesin dinyalakan untuk memperkuat hasil perekatan lem.
Trik ini sudah saya coba di mobil 406 saya, hasilnya bagaimana? Dari saat bocor ditemukan pada awal 2017 hingga kemarin mobilnya dijual pertengahan 2018, kisi radiator tetap dalam keadaan baik.
1. Kita tahu letak kebocoran
2. Besarnya kebocoran maksimal hanya sebatas lubang jarum
Caranya sebagai berikut:
1. Nyalakan mesin hingga tekanan air meningkat dan kita dapat mengetahui titik kebocoran dari titik sumber air yang menetes atau menyembur
2. Tandai bagian yang bocor, tunggu sampai tekanan air turun dan semburan atau tetesan air berhenti
3. Langsung tuangkan beberapa tetes lem korea, atau super glue, alteco dan sejenisnya ke bagian yang bocor. Tunggu sebentar hingga agak kering lalu nyalakan mesin agar lem menjadi lebih cepat kering.
4.Tambahkan beberapa tetes lagi sambil mesin dinyalakan untuk memperkuat hasil perekatan lem.
Trik ini sudah saya coba di mobil 406 saya, hasilnya bagaimana? Dari saat bocor ditemukan pada awal 2017 hingga kemarin mobilnya dijual pertengahan 2018, kisi radiator tetap dalam keadaan baik.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1464
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
Berikut ini adalah DIY trik mengatasi jika selang dibagian radiator yang terbuat dari karet mengalami kebocoran kecil yang tidak terlalu parah. Maka kita bisa membungkus selang radiator dengan bahan berikut ini.
Bahan yang diperlukan adalah seal tape yang digunakan untuk pipa air PVC dan electric tape (contohnya Nitto electric tape). Seal tape digunakan untuk membungkus lapisan pertama yang bersentuhan dengan air yang bocor, sedangkan eletric tape digunakan untuk membungkus seal tape tersebut.
Kenapa menggunakan 2 bahan tersebut?
1. Seal tape dan electric tape cukup tahan panas sampai 90°C dan tidak mudah terbakar.
2. Mudah didapat dan harganya cukup murah
3. Sebagai repair kit keadaan darurat, ukurannya kecil dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Dan yang pasti, trik ini juga pernah saya lakukan sendiri.
Bahan yang diperlukan adalah seal tape yang digunakan untuk pipa air PVC dan electric tape (contohnya Nitto electric tape). Seal tape digunakan untuk membungkus lapisan pertama yang bersentuhan dengan air yang bocor, sedangkan eletric tape digunakan untuk membungkus seal tape tersebut.
Kenapa menggunakan 2 bahan tersebut?
1. Seal tape dan electric tape cukup tahan panas sampai 90°C dan tidak mudah terbakar.
2. Mudah didapat dan harganya cukup murah
3. Sebagai repair kit keadaan darurat, ukurannya kecil dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.
Dan yang pasti, trik ini juga pernah saya lakukan sendiri.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ensiklopedia SM, Informasi. Fakta dan Mitos seputar otomotif (ayo sharing)
bismo16 wrote: Wed Jan 30, 2019 14:32 Mitos / fakta, pomade tancho bisa digunakan sebagai pengganti grease pada bearing roda?
Pernah tau mekanik truk kaya gitu [emoji16]
karena pomade walaupun yang murah sekalipun tetep wangi ngga kaya grease.......
(walaupun wanginya kaya pakdhe-pakdhe....)
