skrg pake m2 skyactive emang fuel kons dapet brp om? saya pake m2 lama matic msh dpt 1:10-11 nihkykyhalim wrote:Koq ane ngerasa nya skyactive cuman gimmick marketing aja ya.. Wkwk.. Belum nemuin kelebihannya si skyactive mazda 2 ini dibanding mbl japan sejenisnya.. Pengalaman 3 bulanan dng mbl istri.. Konsumsi bensin sama2 aja sma jazz, lari nya ya sama2 aja sama jazz, perpindahan giginya ya lemot jg (apa karena ane biasa bawa dsg?), berat total kendaraan ya sama2 juga dng jazz (1050-1100 an kg)
Hanya tampak depan beserta design body keseluruhan dan kualitas interior yg diatas kompetitornya
[Review] Mazda2 AT 2015
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re:
imho ya om, vtec mivec vvti dll itu cuma branding merk masing2 aja sih.. cara kerja sih sama kurleb. mungkin mirip kaya vnt, vgs, vgt gitu kali ya. nah kalo boxer kan emang konstruksi mesinnya udh beda. bicara inline ya segaris, v ya model v, nah ini boxer yg horizontal gitu.ChZ wrote:Enjin lebih ringan 25kg itu gimmick marketing ya?
Sasis pakai high tensile steels itu gimmick marketing?
Ooo... Wa baru tau...
Berarti selama ini vtec vtec an honda dan boxer engine subaru juga gimmick marketing... baru tau.
imho ya..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
sy jg penasaran dg pertanyaan yg muncul dr ulasan ini
1. mengenai claim tech skyactive vs actual di lapangan thd performance & FC yg dijadikan tujuan skyactive tsb?
2. klo benar b'pengaruh, seberapa besar efeknya?
3. perbandingan dg m2 lama non skyactip & rival sekelas dr segi performance & FC nya sama sj ato bijimana?
1. mengenai claim tech skyactive vs actual di lapangan thd performance & FC yg dijadikan tujuan skyactive tsb?
2. klo benar b'pengaruh, seberapa besar efeknya?
3. perbandingan dg m2 lama non skyactip & rival sekelas dr segi performance & FC nya sama sj ato bijimana?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Chassis nya terasa banget kaku.
Berat sama, tapi terasa mobil lebih ringan, entah gimana jelasinnya.
Setting ecu mazda entah kenapa ketika dari brenti dan gas pol, kayak ditahan, walaupun tcs off.
Ini yg bikin terasa lemot.
Mungkin buat kejar irit.
Perpindahan giginya setuju, mode manual lemot.
Tenaga mesin biasa aja. Mungkin lebih irit dari pendahulunya dan lebih bertenaga. Tapi dibanding mesin sekelas, ya sama aja. Cuma menang lebih irit.
Dibanding jazz?
Handling jauh lebih baik m2.
Setir di kecepatan rendah terlalu ringan, tapi masih ada feedback. Beda dengan jazz yg kayak mainan di timezone.
Begitu cornering dan ban depan mulai kehilangan traksi, feel setir berubah, jadi tajam dan akurat.
Transmisi lebih baik, apalagi kalo ecu nya pas geser mapping-nya.
Biarkan transmisi di D, meliuk2 dengan high rpm tanpa upshift walau mode D.
Lepas gas, rpm bertahan dan malah downshift otomatis.
Dan pindah gigi nya juga jadi agresif.
Masalahnya adalah, gimana cara nahan di mapping ini tanpa berubah balik jadi lemot (tapi halus).
Ada ga si alat buat milih mapping di ecu standar?
Berat sama, tapi terasa mobil lebih ringan, entah gimana jelasinnya.
Setting ecu mazda entah kenapa ketika dari brenti dan gas pol, kayak ditahan, walaupun tcs off.
Ini yg bikin terasa lemot.
Mungkin buat kejar irit.
Perpindahan giginya setuju, mode manual lemot.
Tenaga mesin biasa aja. Mungkin lebih irit dari pendahulunya dan lebih bertenaga. Tapi dibanding mesin sekelas, ya sama aja. Cuma menang lebih irit.
Dibanding jazz?
Handling jauh lebih baik m2.
Setir di kecepatan rendah terlalu ringan, tapi masih ada feedback. Beda dengan jazz yg kayak mainan di timezone.
Begitu cornering dan ban depan mulai kehilangan traksi, feel setir berubah, jadi tajam dan akurat.
Transmisi lebih baik, apalagi kalo ecu nya pas geser mapping-nya.
Biarkan transmisi di D, meliuk2 dengan high rpm tanpa upshift walau mode D.
Lepas gas, rpm bertahan dan malah downshift otomatis.
Dan pindah gigi nya juga jadi agresif.
Masalahnya adalah, gimana cara nahan di mapping ini tanpa berubah balik jadi lemot (tapi halus).
Ada ga si alat buat milih mapping di ecu standar?
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
skyactive m2 yg trasa significant di sektor handling efek rigiditas chasis ya om kodokpushup?
* power kurleb sm dg rival
* FC vs keiritan dg rivals msh abu2 ni
#tech skyactive kita adu dg goals dr tech itu sendiri, kemudian di comp dg rivals. jd seru kit bc mantengin ini threads.
* power kurleb sm dg rival
* FC vs keiritan dg rivals msh abu2 ni
#tech skyactive kita adu dg goals dr tech itu sendiri, kemudian di comp dg rivals. jd seru kit bc mantengin ini threads.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Handling saya susah misahin antara peran chassis, efek body ringan, kaki2, respon setir, transmisi, dan mesin.
Karena semua hal berkaitan.
Di m2 dan cx-5, yg dominan rigiditas chassis dan efek body ringan.
Sistem suspensi masih ada body roll dikit, terasa di bagian depan, yg ane siasati dengan mindahin titik berat ke belakang.
Respon setir biasa aja di kecepatan rendah, tapi membaik seiring bertambahnya kecepatan dan manuver.
Transmisi lebih fun dari a/t konvensional dan cvt rata2, tapi masih kalah dibanding dual-clutch (bukan dual-clutch nya ford, itu si abal2).
Mesin so-so.
Karena semua hal berkaitan.
Di m2 dan cx-5, yg dominan rigiditas chassis dan efek body ringan.
Sistem suspensi masih ada body roll dikit, terasa di bagian depan, yg ane siasati dengan mindahin titik berat ke belakang.
Respon setir biasa aja di kecepatan rendah, tapi membaik seiring bertambahnya kecepatan dan manuver.
Transmisi lebih fun dari a/t konvensional dan cvt rata2, tapi masih kalah dibanding dual-clutch (bukan dual-clutch nya ford, itu si abal2).
Mesin so-so.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Re:
VTEC, VVT-i, MIVEC, dsb itu sebenernya justru tujuannya sama : ngatur bukaan valve, tapi mekanismenya berbeda loh oom.iamwewe wrote:
imho ya om, vtec mivec vvti dll itu cuma branding merk masing2 aja sih.. cara kerja sih sama kurleb. mungkin mirip kaya vnt, vgs, vgt gitu kali ya. nah kalo boxer kan emang konstruksi mesinnya udh beda. bicara inline ya segaris, v ya model v, nah ini boxer yg horizontal gitu.
imho ya..
Hehehe saya sih sudah ngerti kalo itu, saya cuma mempertanyakan saja statement di page sebelom - sebelomnya yang bilang bahwa skyactiv itu sekedar gimmick marketing.
Kalau mobil yang overall bisa dibilang baru total dari engine, transmisi, body, sasis, suspensi saja dibilang gimmick marketing, my question is : bagaimana dengan mobil yang masih pakai engine lama, transmisi lama, suspensi lama, cuma ganti casing tapi dikasih label all new?


Menurut ane SKYACTIV itu penyempurnaan teknologi yang sudah ada saja. Peningkatan efisiensi. Jadi kalau dibilang gak signifikan sama sekali, well, ekspektasi kita yang ketinggian mungkin. Mazda SKYACTIV hanya penyempurnaan dari yang sudah ada, bukan teknologi yang sama sekali baru.
Yang jelas yang bisa ane rasakan dari mobil - mobil Mazda yang sudah pakai SKYACTIV, terasa sekali kok improvement di sasis nya, gearbox nya yang minim slip dan cepat, kalau menyoal throttle delay, it happens in any car today, semua mobil sekarang bukaan gasnya kan diatur komputer.
Skyactiv engine overall power nya gak beda jauh dari engine lawan - lawannya kok, hanya beda torsi lebih besar sekitar 10% dan torque band di RPM menengah. CX-5 dan CR-V tenaganya gak beda, malah gedean CR-V 3 bhp. Mazda2 dan Jazz malah gedean Jazz 5 bhp. Well, kalau klaim salesnya jauh lebih irit 50% jelas bullsh*t. Improvement nya dari engine lawannya paling hanya 20%. CR-V dan CX-5 dengan kapasitas mesin sama bener kan lebih irit 20%. CR-V 2400cc 6-7 km/l, CX-5 2500cc 8-9 km/l.
Paling puncak ane merasakan signifikansi teknologi SKYACTIV itu di All New Mazda6. Mobilnya secara ukuran akan memberikan kesan gambot dan lamban karena in fact bertambah besar cukup banyak dari previous gen. Tapi bobotnya malah lebih ringan dan ketika dibawa, i kid you not, kerasa lebih lincah dari Jazz dan Civic sekalipun. Bahkan ane rasakan New Mazda6 ini lebih nimble dari BMW seri-3 sekalipun.
Kecuali kita punya Prius dan fuel cons nya lebih boros dari BMW M3, nah itu silahkan bertanya dimana signifikansi hybrid nya

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
^^
prius vs bmw pernah tuh modz di topgear.. dan lebih boros prius (sesuai pengetesan top gear disitu)
prius vs bmw pernah tuh modz di topgear.. dan lebih boros prius (sesuai pengetesan top gear disitu)

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Hehehe sebetulnya tujuannya buat nunjukin bahwa percuma dikasih mobil irit kalo style nyetir gak berubah sih, tapi kalo beneran terjadi Prius vs M3 jatohnya M3 lebih irit dipake di perkotaan rasanya akan jadi tanda tanya besarFiz wrote:^^
prius vs bmw pernah tuh modz di topgear.. dan lebih boros prius (sesuai pengetesan top gear disitu)

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
ChZ wrote:Hehehe sebetulnya tujuannya buat nunjukin bahwa percuma dikasih mobil irit kalo style nyetir gak berubah sih, tapi kalo beneran terjadi Prius vs M3 jatohnya M3 lebih irit dipake di perkotaan rasanya akan jadi tanda tanya besarFiz wrote:^^
prius vs bmw pernah tuh modz di topgear.. dan lebih boros prius (sesuai pengetesan top gear disitu)
BMW yang hybrid kali? Ane pernah taun lalu ato 2 taun lalu gitu ngeliat pameran BMW Hybrid, emang katanya sih mobil paling irit di kelasnya. Cuman kalo bandingin BMW dan sekelasna agak rancu ya ga sih?
Soal Prius ane gatau sihh dapetnya seirit apa. Cuman kalo kata om om supir taxi di Singapur dapetnya sekitar 1:20 - 1:30 gitu (yah kalo bandingin sama ipah bensin yang 1:6 yah jauh lah ya), cuman kayaknya kalo 1:20 sebenernya nggak irit irit banget ya ga sih?. Ane dulu pas di SG pernah dapet om om taxi bawa prius, iseng aja ane ajak ngobrol. Cabinnya senyap banget.
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Ummm diuji di Top Gear Test Track oom, M3 kejar kejaran sama Prius. Prius gone flat out sementara M3 nya cuma nyantai nyantai di belakang gak full power. makanya Priusnya lebih boros.winzev wrote: BMW yang hybrid kali? Ane pernah taun lalu ato 2 taun lalu gitu ngeliat pameran BMW Hybrid, emang katanya sih mobil paling irit di kelasnya. Cuman kalo bandingin BMW dan sekelasna agak rancu ya ga sih?
Soal Prius ane gatau sihh dapetnya seirit apa. Cuman kalo kata om om supir taxi di Singapur dapetnya sekitar 1:20 - 1:30 gitu (yah kalo bandingin sama ipah bensin yang 1:6 yah jauh lah ya), cuman kayaknya kalo 1:20 sebenernya nggak irit irit banget ya ga sih?. Ane dulu pas di SG pernah dapet om om taxi bawa prius, iseng aja ane ajak ngobrol. Cabinnya senyap banget.
Prius senyap, itu karena waktu jalan pelan dia full EV mode oom, jadi mesin bensinnya gak nyala. 1:20 kalau di dalam kota ya pastinya irit sekali oom.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Cuman jalan jalan di singapur kan ga macet kayak yang di kota kota gede jakarta wakakakaChZ wrote:
Ummm diuji di Top Gear Test Track oom, M3 kejar kejaran sama Prius. Prius gone flat out sementara M3 nya cuma nyantai nyantai di belakang gak full power. makanya Priusnya lebih boros.
Prius senyap, itu karena waktu jalan pelan dia full EV mode oom, jadi mesin bensinnya gak nyala. 1:20 kalau di dalam kota ya pastinya irit sekali oom.
Ohhh bandingin sama M3 toh.
Btw classic question nihh, M2 Skyactiv sebenernya iritan M/T atau A/T sih? Kayaknya pendapatnya pada beda beda deh soal M/T dan A/T nya si M2 Skyactiv ini.
Also, kalo harganya mirip 10-13, mending ambil M2 Skyactiv GT atau Golf Mk7 1.2 M/T yah om momod?
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Ane rasa dengan transmisi AT yang lebih refined, fuel cons keduanya AT dan MT gak akan beda jauh, so better go for AT. Karena nyaris semua kelemahan di AT konvensional gak ane temukan di gearbox AT Skyactiv.
Secara keseluruhan lebih baik ambil Golf, kelasnya sudah beda. Tapi sekali lagi, kalau buat ane Golf 1.2 MT kurang worth it untuk dibeli. Kelengkapannya jauh sekali dibanding 1.4 TSI, dan mesinnya juga nanggung, power dan torque nya kecil.
Still, it's a Golf, though.
Secara keseluruhan lebih baik ambil Golf, kelasnya sudah beda. Tapi sekali lagi, kalau buat ane Golf 1.2 MT kurang worth it untuk dibeli. Kelengkapannya jauh sekali dibanding 1.4 TSI, dan mesinnya juga nanggung, power dan torque nya kecil.
Still, it's a Golf, though.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
ChZ wrote:Ane rasa dengan transmisi AT yang lebih refined, fuel cons keduanya AT dan MT gak akan beda jauh, so better go for AT. Karena nyaris semua kelemahan di AT konvensional gak ane temukan di gearbox AT Skyactiv.
Secara keseluruhan lebih baik ambil Golf, kelasnya sudah beda. Tapi sekali lagi, kalau buat ane Golf 1.2 MT kurang worth it untuk dibeli. Kelengkapannya jauh sekali dibanding 1.4 TSI, dan mesinnya juga nanggung, power dan torque nya kecil.
Still, it's a Golf, though.
Cuman yah considering budget yang lumayan limited kan pilihannya either itu doang kan. Secara Golf yang M/T yang diskonnya rada gila, 1.4 TSi kayaknya minimum banget soalny diskonnya kan.
Kalo udah gitu mendingan yang mana? si B-segment Hot Hatch atau si C-segment entry level?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
*personally* kalo untuk everyday traffic yang constantly creeping, I choose for ATwinzev wrote:ChZ wrote:Ane rasa dengan transmisi AT yang lebih refined, fuel cons keduanya AT dan MT gak akan beda jauh, so better go for AT. Karena nyaris semua kelemahan di AT konvensional gak ane temukan di gearbox AT Skyactiv.
Secara keseluruhan lebih baik ambil Golf, kelasnya sudah beda. Tapi sekali lagi, kalau buat ane Golf 1.2 MT kurang worth it untuk dibeli. Kelengkapannya jauh sekali dibanding 1.4 TSI, dan mesinnya juga nanggung, power dan torque nya kecil.
Still, it's a Golf, though.
Cuman yah considering budget yang lumayan limited kan pilihannya either itu doang kan. Secara Golf yang M/T yang diskonnya rada gila, 1.4 TSi kayaknya minimum banget soalny diskonnya kan.
Kalo udah gitu mendingan yang mana? si B-segment Hot Hatch atau si C-segment entry level?
tapi kalo untuk weekend drive/special occasions, why not for MT?

http://www.edmunds.com/volkswagen/golf- ... r-dsg.html
DSG would pair with the GTI's sharper handling to provide a daily, get-the-blood-pumping drive. I just recently had that sort of drive in a PDK-equipped Porsche Boxster, which proved there are instances where an automatic is the way to go.
For the GTI, however, I remain firmly in the camp of the traditional, six-speed manual as equipped in a short-term GTI test car I drove recently. When driven as most people do around town or on the highway, it provides that extra, ample dollop of constant engagement that the GTI needs to warrant buying one over a regular old Golf (which has a 170-horsepower peach of a turbocharged engine, by the way). Plus, it is just about the easiest manual transmission to drive on the planet. Yes, even in traffic. Clutch effort and engagement is spot on, if a bit long in travel, and the shifter glides through its gates with ease. If anything, it errs on side of daily driving rather than performance.
lets forgo abt the GTI badges, the transmission itself is one of the easiest to drive

*biar makin bingung

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re:
ya mungkin om kykyhalim selama 3 bulan pakai tidak merasakan kelebihan skyactive yang katanya banyak kelebihannya dibanding mobil sekelasnya..ChZ wrote:Enjin lebih ringan 25kg itu gimmick marketing ya?
Sasis pakai high tensile steels itu gimmick marketing?
Ooo... Wa baru tau...
Berarti selama ini vtec vtec an honda dan boxer engine subaru juga gimmick marketing... baru tau.
setiap orang beda2 pendapatnya, apa lagi dari user langsung

-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
@atas:
Ane user langsung skyactiv kok
Sehari2 pake cx-5, yg berasa lebih lincah dari beberapa hatchback
Cornering, lebih mirip hothatch, baik ketika hand-brake drift ataupun power slide, mobil terkontrol baik, bahkan lebih baik dari hatchback pemimpin pasar, sama sekali ga terasa kalo ini suv dengan ground clearance 21,5 cm
Mazda 2, jazz gk, yaris lele, fiesta ecoboost, udah TD semua.
Jadi murni subyektif, ga pake "katanya"
Kalo makenya cuma stop-and-go di kemacetan atau cuma jalan lurus, ya semua rasanya sama aja
Ane user langsung skyactiv kok
Sehari2 pake cx-5, yg berasa lebih lincah dari beberapa hatchback
Cornering, lebih mirip hothatch, baik ketika hand-brake drift ataupun power slide, mobil terkontrol baik, bahkan lebih baik dari hatchback pemimpin pasar, sama sekali ga terasa kalo ini suv dengan ground clearance 21,5 cm
Mazda 2, jazz gk, yaris lele, fiesta ecoboost, udah TD semua.
Jadi murni subyektif, ga pake "katanya"
Kalo makenya cuma stop-and-go di kemacetan atau cuma jalan lurus, ya semua rasanya sama aja
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Wahhh sial nambah nambahin aja -____-imingwahyudi wrote:*personally* kalo untuk everyday traffic yang constantly creeping, I choose for ATwinzev wrote:ChZ wrote:Ane rasa dengan transmisi AT yang lebih refined, fuel cons keduanya AT dan MT gak akan beda jauh, so better go for AT. Karena nyaris semua kelemahan di AT konvensional gak ane temukan di gearbox AT Skyactiv.
Secara keseluruhan lebih baik ambil Golf, kelasnya sudah beda. Tapi sekali lagi, kalau buat ane Golf 1.2 MT kurang worth it untuk dibeli. Kelengkapannya jauh sekali dibanding 1.4 TSI, dan mesinnya juga nanggung, power dan torque nya kecil.
Still, it's a Golf, though.
Cuman yah considering budget yang lumayan limited kan pilihannya either itu doang kan. Secara Golf yang M/T yang diskonnya rada gila, 1.4 TSi kayaknya minimum banget soalny diskonnya kan.
Kalo udah gitu mendingan yang mana? si B-segment Hot Hatch atau si C-segment entry level?
tapi kalo untuk weekend drive/special occasions, why not for MT?![]()
http://www.edmunds.com/volkswagen/golf- ... r-dsg.html
DSG would pair with the GTI's sharper handling to provide a daily, get-the-blood-pumping drive. I just recently had that sort of drive in a PDK-equipped Porsche Boxster, which proved there are instances where an automatic is the way to go.
For the GTI, however, I remain firmly in the camp of the traditional, six-speed manual as equipped in a short-term GTI test car I drove recently. When driven as most people do around town or on the highway, it provides that extra, ample dollop of constant engagement that the GTI needs to warrant buying one over a regular old Golf (which has a 170-horsepower peach of a turbocharged engine, by the way). Plus, it is just about the easiest manual transmission to drive on the planet. Yes, even in traffic. Clutch effort and engagement is spot on, if a bit long in travel, and the shifter glides through its gates with ease. If anything, it errs on side of daily driving rather than performance.
lets forgo abt the GTI badges, the transmission itself is one of the easiest to drive![]()
*biar makin bingung
Tetep set, Golf MT atau M2 A/t wkwk
Jadi intinya pertanyaan ane ga terjawab kan yaa? wakakkakak
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
^^
kalo ane pribadi go m2 gt, soalnya gw lebih prefer yg worth for money ketimbang image..
kalo ane pribadi go m2 gt, soalnya gw lebih prefer yg worth for money ketimbang image..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
M2 sama CX-5 jadi enak mana kalo menurut perspective om yang udah pernah coba dua duanya? Pro-cons dong omKodokPushUp wrote:@atas:
Ane user langsung skyactiv kok
Sehari2 pake cx-5, yg berasa lebih lincah dari beberapa hatchback
Cornering, lebih mirip hothatch, baik ketika hand-brake drift ataupun power slide, mobil terkontrol baik, bahkan lebih baik dari hatchback pemimpin pasar, sama sekali ga terasa kalo ini suv dengan ground clearance 21,5 cm
Mazda 2, jazz gk, yaris lele, fiesta ecoboost, udah TD semua.
Jadi murni subyektif, ga pake "katanya"
Kalo makenya cuma stop-and-go di kemacetan atau cuma jalan lurus, ya semua rasanya sama aja
Ane ngambil diskonan juga kog om, soal worth for money jadi beda 11-13, ga mahal. makanya comparenya sama si golf m/t haha.Fiz wrote:^^
kalo ane pribadi go m2 gt, soalnya gw lebih prefer yg worth for money ketimbang image..
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Kalau GTI, Golf R, atau Porsches i'd prefer DSG/PDK than the Manuals. Sayang beli Porsche gak bisa ngerasain PDK goodness, atau beli VW gak ngerasain DSG at its finest... IMO. Kalau Evo atau STi, go for manualsimingwahyudi wrote: DSG would pair with the GTI's sharper handling to provide a daily, get-the-blood-pumping drive. I just recently had that sort of drive in a PDK-equipped Porsche Boxster, which proved there are instances where an automatic is the way to go.
For the GTI, however, I remain firmly in the camp of the traditional, six-speed manual as equipped in a short-term GTI test car I drove recently. When driven as most people do around town or on the highway, it provides that extra, ample dollop of constant engagement that the GTI needs to warrant buying one over a regular old Golf (which has a 170-horsepower peach of a turbocharged engine, by the way). Plus, it is just about the easiest manual transmission to drive on the planet. Yes, even in traffic. Clutch effort and engagement is spot on, if a bit long in travel, and the shifter glides through its gates with ease. If anything, it errs on side of daily driving rather than performance.
lets forgo abt the GTI badges, the transmission itself is one of the easiest to drive![]()
*biar makin bingung

Back to Golf 1.2 MT vs Mazda2 GT.
Kalau buat daily drive lebih prefer Mazda2 sih. Easy to maintain dan yang pasti itu lebih reliabel. Yang ane gak suka di Golf 1.2 itu headlights nya, jelek amit-amit, beda banget sama yang 1.4 TSI apalagi GTI, garang abis.

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Wed Mar 25, 2015 7:28
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
ChZ wrote:
Back to Golf 1.2 MT vs Mazda2 GT.
Kalau buat daily drive lebih prefer Mazda2 sih. Easy to maintain dan yang pasti itu lebih reliabel. Yang ane gak suka di Golf 1.2 itu headlights nya, jelek amit-amit, beda banget sama yang 1.4 TSI apalagi GTI, garang abis.
Although harga beda tipis yah? Haha. SIip dehhh. Thanks om ChZ
Golf ada reliability issue kah? Atau lebih ke classic problem between Japanese and European car?
-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Kalau harga beda tipis memang sulit milihnya, tapi ane masih lebih prefer Mazda2 sih.winzev wrote:
Although harga beda tipis yah? Haha. SIip dehhh. Thanks om ChZ
Golf ada reliability issue kah? Atau lebih ke classic problem between Japanese and European car?
On paper gak menarik blas Golf 1.2 TSI MT ini. Power dan torsinya kecil sekali biar dikata bobotnya ringan jadi gak terlalu boyo boyo amat. Fitur juga terondolan. Gak selengkap 1.4 TSI.
Ya kalau Golf MT lebih ke classic problem saja oom. Europeans gak akan lebih reliabel dari Japs. Kalau yang DSG baru problem di transmisinya yang mengkhawatirkan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
Err golf 1.2 tsi 105 hp dan torsi 175 nm @ 1550-4100 rpm kan?
Dan mengingat ini mesin turbo, gampang diulik ecu nya.
Berat 1210 kg, yg termasuk ringan untuk ukuran c segment.
Kalo ane pick golf
@winzev
Err ga bisa bandingin cx-5 dan mazda2 om, 1 nya suv 400jt-an, 1 lagi hatchback 250jt-an
Handling jelas unggul mazda 2, karena lebih rendah
Tapi power mesin, mazda 2 lembek (perlu TD ulang, karena waktu TD berisi 4 orang, dan beberapa ga bisa dikatakan memiliki berat normal *kabur sebelum disandera mafia)
Kualitas interior, menang cx-5 (faktor harga)
Fitur : imbang
Akomodasi : ga layak ngomongin akomodasi dan space kabin
Kalo ngomongin enak mana, ane bakal pilih mazda 3 skyactiv 2.5 manual
Dan mengingat ini mesin turbo, gampang diulik ecu nya.
Berat 1210 kg, yg termasuk ringan untuk ukuran c segment.
Kalo ane pick golf
@winzev
Err ga bisa bandingin cx-5 dan mazda2 om, 1 nya suv 400jt-an, 1 lagi hatchback 250jt-an
Handling jelas unggul mazda 2, karena lebih rendah
Tapi power mesin, mazda 2 lembek (perlu TD ulang, karena waktu TD berisi 4 orang, dan beberapa ga bisa dikatakan memiliki berat normal *kabur sebelum disandera mafia)
Kualitas interior, menang cx-5 (faktor harga)
Fitur : imbang
Akomodasi : ga layak ngomongin akomodasi dan space kabin
Kalo ngomongin enak mana, ane bakal pilih mazda 3 skyactiv 2.5 manual

Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- SM Specialist
- Posts: 16668
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Review] Mazda2 AT 2015
yang jelas on paper specnya lebih menjanjikan dari Yaris yang sekarang juga C-segment masuknyaKodokPushUp wrote:Err golf 1.2 tsi 105 hp dan torsi 175 nm @ 1550-4100 rpm kan?
Dan mengingat ini mesin turbo, gampang diulik ecu nya.
Berat 1210 kg, yg termasuk ringan untuk ukuran c segment.
Kalo ane pick golf

Seharusnya untuk perkotaan Golf 1.2 enak sih, torsi 175Nm nya di 1550 RPM. Cuma ntah kenapa, gak sreg aja liatnya Golf kalau gak 1.4 TSI minimal atau GTI

On paper torsinya lebih kecil 5Nm dari Fiesta Ecoboost tapi horsepower lebih kecil 15hp dari Ecoboost.
Penasaran gimana Golf 1.2 DSG diadu dengan Fiesta Ecoboost DSG. Secara Ecoboost bobotnya juga gak bisa dibilang ringan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7