Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
mas_amoh wrote:Maksud nya monting gearbox sbelah mana om?
(Sori ikut nimbrung di theard SL coz galant sigma koq ga da theard-nya)
di bawah tongkat perseneleng, ada gearbox. nah gearbox itu nempel ke kruk as dan dipasang di chassis.. yang dipasang di chassis ini yang namanya mounting gearbox. sepertin engine mounting juga sih.
punya ane 2 tahun yang lalu pecah, tapi efek sebelum pecah, cross joint tiap tahun yang cuman jalan 5000km harus ganti cross joint. tapi setelah ganti mounting, udah 2 tahun masih oke.. coba aja diperiksa om...
ane pernah denger beberapa kali kalo as kopel SL copot...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Ceritanya 6 bulan lampau klo pas nginjek kopling sama gas-nya ga pas, keluar bunyi "gluk-gluk" n getar dari belakang. Trus sama mekanik di ganti cross joint gardan nya. Nah akhir2 ini bunyi2 itu muncul lg. Padahal kira2 belum sampe 10000 km dr ganti kmaren. Brati mesti dilihat gearbox mountingnya jg ya om.. Soalnya itu blom pernah di liat.
Ato ada kerusakan lain mnurut analisa om???
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
ups sori ada pertanyaan..
getar gimana nih si gardan? biasanya sih karena engine mounting atau gearbox mounting, cross joint (join kopel), dan pelumas gardan. kapan terakhir ganti oli gardan?
btw ane habis ganti shock breaker depan belakang. trus nambah termostat. biar mesin anget lagi...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
getar gimana nih si gardan? biasanya sih karena engine mounting atau gearbox mounting, cross joint (join kopel), dan pelumas gardan. kapan terakhir ganti oli gardan?
"rasa" getar nyentak n bunyi "gluk-gluk-gluk" kluar kalo pas nginjek kopling ma gas ga pas. tapi kalo kenceng bunyi2 n getar tu ilang. ganti oli gardan dua bulan yang lalu (2500 KM-an). thanx b4...
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
getar gimana nih si gardan? biasanya sih karena engine mounting atau gearbox mounting, cross joint (join kopel), dan pelumas gardan. kapan terakhir ganti oli gardan?
"rasa" getar nyentak n bunyi "gluk-gluk-gluk" kluar kalo pas nginjek kopling ma gas ga pas. tapi kalo kenceng bunyi2 n getar tu ilang. ganti oli gardan dua bulan yang lalu (2500 KM-an). thanx b4...
mas, kopelnya balans gak? kalo pernah kebentur, kemungkinan kopel gak balans. kalo udah gini, emang bikin cross joint rusak...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
rezafumi wrote:maskopat...kalo oli gardan itu kalo SL tempatnya dmn trus yg bagus apa merknya?
oli gardan di gardannya om.. di as roda belakang. ada baut untuk buang, ada baut untuk ngisi.
ane biasanya pake oli gardan produk lokal aja om.. biasanya tiap 2 kali ganti oli mesin, ganti oleh gardan dan perseneleng..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
page maskopat....ada kabar gembira buat sy...akhirnya dpt timing belt SL82 di jogja hrganya 150rb merknya mitsubishi g taw ori ato g,katanya sih ori.sebaiknya ganti timing belt sekalian ganti sama tensionernya g?soale tensionernya harganya cuma 60rb...mohon sarannya...makasie
lapor:
gardan galant dah di periksa, hasilnya:
- gardan bagus n center.
- cross joint depan n belakang ane gante semua, plus mangkok cros joint belakang ganti juga karna oblak.
- mounting gearbox juga ganti nurut saran maskopat.
- over all gardan dah oke, tapi kata mekanik kopling dah tipis, namun ane blom ganti.
gimana saran mas ???
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
lapor:
gardan galant dah di periksa, hasilnya:
- gardan bagus n center.
- cross joint depan n belakang ane gante semua, plus mangkok cros joint belakang ganti juga karna oblak.
- mounting gearbox juga ganti nurut saran maskopat.
- over all gardan dah oke, tapi kata mekanik kopling dah tipis, namun ane blom ganti.
gimana saran mas ???
hm... mangkok cross joint ya berarti yang bikin gardan berdengung. wah, udah enak lagi dong ya om?
tahunya kopling dah tipis dari mana? biasanya kopling tipis kalo putaran mesin (RPM) sudah tinggi, tapi laju mobil masih pelan.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
hm... mangkok cross joint ya berarti yang bikin gardan berdengung. wah, udah enak lagi dong ya om?
tahunya kopling dah tipis dari mana? biasanya kopling tipis kalo putaran mesin (RPM) sudah tinggi, tapi laju mobil masih pelan.
rasa nya better than before mas...
kata mekanik ane kalo mau uenak tenan kopling nya ganti aja, tp klo tenaga mah baik RPM rendah ato tinggi masih OK, cuma kalo di sentak ada "nglitik" nya mas...
ga tau knapa, stelan distributor nya ga pernah ktemu yang pass... kalo enak RPM bawah, atasnya "ngempos". kalo larinya bagus tapi bawah nya berat.
ada lagi masalah oli yang kurang sampe 2 liter tiap 3000KM.
kalo gas nya di sentak kluar kebul... kalo analisa maskopat gimana tuh???
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
hm... mangkok cross joint ya berarti yang bikin gardan berdengung. wah, udah enak lagi dong ya om?
tahunya kopling dah tipis dari mana? biasanya kopling tipis kalo putaran mesin (RPM) sudah tinggi, tapi laju mobil masih pelan.
rasa nya better than before mas...
kata mekanik ane kalo mau uenak tenan kopling nya ganti aja, tp klo tenaga mah baik RPM rendah ato tinggi masih OK, cuma kalo di sentak ada "nglitik" nya mas...
ga tau knapa, stelan distributor nya ga pernah ktemu yang pass... kalo enak RPM bawah, atasnya "ngempos". kalo larinya bagus tapi bawah nya berat.
ada lagi masalah oli yang kurang sampe 2 liter tiap 3000KM.
kalo gas nya di sentak kluar kebul... kalo analisa maskopat gimana tuh???
ngebulnya keluar asap hitam atau putih?
dugaan ane, oli masuk ke ruang bakar.. bisa jadi ada seal yang bocor, atau ring piston yang sudah gak pas atau terburuk silinder sudah baret.. kalo yang terburuk, harus overhaul
masalah ngempos, tempratur mesin gimana mas? ane baru pasang termostat. kemarin2 gak pake ini, efeknya kalo suhu normal larinya enak2 aja. tapi pas mesin kena percikan air pas hujan (akibat genangan air), mesin jadi dingin banget dan jadi mbrebet. tapi kalo panas siang bolong, tempratur naik akhirnya ngelitik dan tenaga gak enak. akhirnya ane kemarin pasang termostat. sekarang udah oke..
*walah, termostat nya belum dibayar neh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Nah itu dia...
Kebul nya putih mas. Kebul kluar kalo gas di sentak. Analisis mekanik jg bilang kalo kemungkinan:
- Sil klep jebol (dia bilang itu penyakit bawaan saturn engine)
- ring piston lemah
- silinder baret.
Kmaren ditawari opsi:
1. turun 1/2 mesin ganti sil klep aja
2. Turun mesin dg ganti sil klep & ring piston aja.
3. Turun mesin dg ganti smua jeroan msin yg aus.
Mnurut mas mendingan opsi mana?(Opsi 1,2 ato 3) Dg asumsi skalian ane mo ganti timing-belt n tensioner.
Masalah panas mesin:
Pada hari siang bolong:
- Klo jalan normal non AC temp naik.
- Klo macet non AC temp panas (jarum >1/2).
- Klo jalan normal plus AC temp normal.
- Kalo macet plus AC temp normal.
Pada hari hujan mesin cenderung dingin.
Kondisi radiator abis service ply nya dibersihin & ga da bocor.
Klo termostat ane ga tau pake pa kaga, emang ngintip nya gimana mas?
or am I fool, goin' where the wind blows, see ya then...
gini mas, kalo tempratur gak stabil, misalnya kalo hari panas dan macet tempratur tinggi, tapi kalo malem dan hujan tempratur cendrung ke dingin, berarti gak pake termostat. kalo pake termostat, tempratur akan stabil di kisaran tempratur tertentu.
tentang perbaikan mesin, kalo emang mau ngerapiin total dan ada anggarannya, mending overhaul semuanya aja. karena boleh lah cuman 1/2 turun mesin, tapi kalo ternyata silinder baret, piston udah retak, mau gak mau harus turun full.
galant mas amoh yang 1.6 kan? ane gak tahu pasti, tapi dugaan ane, mesinnya sama dengan mesin L300 bensin yang 1.6.. nanti coba ane tanya ke ahlinya deh..
ane 2 tahun yang lalu, pas turun mesin, ganti komplit dah. piston, ring2, metal2, timing belt, kopling set. total habis sekitar 5jt termasuk ongkos. tapi kan mobil ane SL. dan piston yang ane pake bukan ori. itu termasuk oversized 0.5 yah...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Brati kemungkinan galant ane ga da thermostat nya, coz siang2 temp naik, kalo malem dingin banget, sampe nyaris mentok bawah. Mendingan ane pasang aja ya mas...
Galant ane yang 1600. Kata mekanik sih sama & sbangun ma L300 bensin. (Saturn engine 4G32)
Iya sih, ane jg pengen nya turun mesin sekalian, biar tuntas-tas... Kmaren jg dah di kalkulasi skitar 4jt (blom termasuk kopling). tp dananya lg tgu giliran antri, lg buat cadangan lahiran bini...
maskopat aq butuh kunci pintu ka-ki n kunci tutup bensin yang cocok pake punya mobil apa yah?dah ganti timing belt tarikan loyo n bensin boros itu apanya?trus gmn manual booknya sudah ada kabar g maskopat?makasie
rezafumi wrote:maskopat aq butuh kunci pintu ka-ki n kunci tutup bensin yang cocok pake punya mobil apa yah?dah ganti timing belt tarikan loyo n bensin boros itu apanya?trus gmn manual booknya sudah ada kabar g maskopat?makasie
ane sih kunci pintu dan bagasi pake raiton. untuk tutup bensin masih pake ori. kurang tahu apakah bisa pake raiton di tutup bensin.
ganti timing belt tarikan loyo? maksudnya setelah ganti timing belt tetap loyo dan boros atau makin loyo dan boros?
terdengar bunyi nglitik gak? mesin pincang?
manual book? duh, ane juga lagi nyari2 nih. nanti ane kabari deh...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Hohohohoho...
Om Kopat uda siap jadi affiliate, ni...
Om Kopat pake wiper 20" ya? Nggak kepanjangan, om?
Kalo wiper blade, bokap ane gampang banget nemu tuh...
Nggak ori si, tapi dudukannya plek sama tangkai wiper SL. Tinggal pasang.
@odhir5672: selamat datang om.... punya SL tahun berapa om?
@Ryan: halah, affiliate apaan?
aslinya bukan 20" sih wipernya. karena nyari wiper blade seperti dudukan SL udah susah.. akhirnya wiper arm ane ganti pake carry futura. dan wiper blade ane cobain ke 20" masuk, ya udah akhirnya 20 dan 18"...
bener nih wiper blade gampang nyarinya? yang dudukan seperti SL yang ada di foto yang ane upload? cari di mana om?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green