Wew....Omnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 9:57sedot udaranya pakai vacuum pump, masukin nitrogen spy botolnya ga gepeng, tutup botolnya, masukin ke kulkas.blloewy wrote: ↑Wed May 12, 2021 9:41Kl oli yg sdh dibuka dan dituang trs ada sisa 1L.Suryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 7:27
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Kemudian botol ditutup rapat lagi trs baru dibuka saat interval oli berikutnya gabung dgn oli baru.
Apakah dia kena oksidasi juga ya sisa oli di dlm botol yg ketutup rapat tadi?
...........
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1925
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
nubie in all things - still need to learn
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1925
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Wah sayang banget ternyata ngga bisa dipake lagi di mobil.Suryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 9:57
buat dorong oli lama ketika nanti ganti oli baru, jd di oil pan sisa oli lama lebih sedikit.
or.. klo punya skutik, bisa buat flushing
PTT 0W-30 API SP lipondut isinya 4 liter sich segalon.
Jadi sisa 1 liter.
Rencana mau dituang lagi aja ke engine pas next OCI ditambah 2 liter oli baru...
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Anu mbahhSuryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 8:42sy blm prnh pk amsoil,benzz89 wrote: ↑Wed May 12, 2021 8:26Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.Suryaputra wrote: semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
Utk yg kemasan 4 liter nya, ga pake segel2 sgala loh
Cuman tutup biasa aj, bahkan kl tutup nya dikendorin dikit, oli baa meluber kuar loh
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9905
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
serem amat. ky oli palsu mbahDOHC wrote: ↑Wed May 12, 2021 10:32Anu mbahhSuryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 8:42sy blm prnh pk amsoil,benzz89 wrote: ↑Wed May 12, 2021 8:26
Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
Utk yg kemasan 4 liter nya, ga pake segel2 sgala loh
Cuman tutup biasa aj, bahkan kl tutup nya dikendorin dikit, oli baa meluber kuar loh
oksidasi obat
Last edited by Suryaputra on Wed May 12, 2021 10:50, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1925
- Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HR15 - 2012
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Wedeh....yg ini malah lbh syerem yaks Mbah
Tp skrg msh sama kah mbah?
nubie in all things - still need to learn
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
lah itu amsoil aj kata mbah benz jg sama kaya gtSuryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 10:42serem amat. ky oli palsu mbahDOHC wrote: ↑Wed May 12, 2021 10:32Anu mbahhSuryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 8:42
sy blm prnh pk amsoil,
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
Utk yg kemasan 4 liter nya, ga pake segel2 sgala loh
Cuman tutup biasa aj, bahkan kl tutup nya dikendorin dikit, oli baa meluber kuar loh
oksidasi obat
musti nya gapapa lah, asalkan tutup nya ga dibuka terus, disimpen di tempat tertutup kering
jangankan amsoil atau q8, itu valvoline yg kl blending aussie sana, utk yg kemasan 5 liter ke atas, jg ad yg ga pake segel koq
# btw, kl itu obat tetes mata mahh, ga bsa disamain ama oli... tetes mata wajip steril itu... kl oli biar kata montir nya nuang sambil bersin2 jg mobil nya ga bakal kena korona
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 464
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Di HRV 1.5, dengan kondisi rute sama dan BBM sama, pemakaian 6 bulan 23 hari (9040 km) , TBNnya sisa 5 komaan kan kemarin. Entah hanya selisih 1 bulan saja TBN anjlok parah, atau memang mesin Civic remap ini yang cepat hancurin oli.Omnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 6:06 kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9905
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
iya maka dr itu coba aja om,saturday wrote: ↑Wed May 12, 2021 12:21Di HRV 1.5, dengan kondisi rute sama dan BBM sama, pemakaian 6 bulan 23 hari (9040 km) , TBNnya sisa 5 komaan kan kemarin. Entah hanya selisih 1 bulan saja TBN anjlok parah, atau memang mesin Civic remap ini yang cepat hancurin oli.Omnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 6:06 kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
bandingin sm oli lain yg sekelas harganya.
jd lbh pasti dan valid
hahahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9905
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
DOHC wrote: ↑Wed May 12, 2021 11:06lah itu amsoil aj kata mbah benz jg sama kaya gt
musti nya gapapa lah, asalkan tutup nya ga dibuka terus, disimpen di tempat tertutup kering
jangankan amsoil atau q8, itu valvoline yg kl blending aussie sana, utk yg kemasan 5 liter ke atas, jg ad yg ga pake segel koq
# btw, kl itu obat tetes mata mahh, ga bsa disamain ama oli... tetes mata wajip steril itu... kl oli biar kata montir nya nuang sambil bersin2 jg mobil nya ga bakal kena korona
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9905
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
bebas om.fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
klo saya sih, buat dorong oli lama, ketika nanti ganti oli baru
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11384
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 612
- Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
- Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Aah i see, baru kepikiran, thx sarannyaOmnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 14:27kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
IG :fabrycautocare.id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
https://shopee.co.id/fabrycautocare.official
https://www.tokopedia.com/fabrycautocare-id
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Klo saya kebalikannya yg 0.5L dipake buat dorong oli lama d penggantian yg sekarang. Jd oli pendorobg sama2 fresh dan Drpd ribet simpen oli sisa berbulan2fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
Last edited by lemonadelovers on Wed May 12, 2021 15:02, edited 1 time in total.
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1570
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Sorry double post
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Jun 05, 2020 7:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
kalau ane om..... Beli 3 ltr, kepake 2.7 ltr sisa 0.3 ltr nah ini buat top upfajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 14:33Aah i see, baru kepikiran, thx sarannyaOmnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 14:27kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
hmmm... ada berasa penguapan parah ga om?saturday wrote: ↑Tue May 11, 2021 13:43 UOA PTT Super Synthethic Evotec 0W20 API SP di Civic FD2 2011 remapped. Filter oli Aspira, filter udara K&N. Pemakaian awal 21/09/2021, drain di 08/05/2021 jalan 8334 km. Rute diperkirakan 65% toll, 35% dalam kota. Kaki sangat sopan nyaris setiap waktu, gaspol bisa dihitung pakai jari selama pemakaian oli. Busi iridium laser standar mobil yang sudah dipakai sejauh 45.000 km. BBM always 92, rutin pemakaian aditif Redline SI-1 atau Power Racing Fuel.
uoa-civic-1.png
uoa-civic-2.png
setel-klep.jpg
pulley.jpg
keknya tewas gara2 fuel dilution, om pake fuel additive komposisi dan intervalnya bagaimana?
curiga liner atau packing ada yg udh ga rapet, atau emg olinya aja cepet tewas..
coba 0w20 Q8 / amsoil ss / unyil deh om...
paling sip PTT 0w30 SN kalo msh dapet mah...
tapi ya, pengalaman dari sejak pertama PTT 0w30 SP keluar... itu gaenak blas... ini paling parah si pake PTT 5w30 evotec botol item API SP...
abis pindah dari Amsoil XL 10w30 sblmnya di mesin G15A... wah caur banget lemot, berisik bin boyo nya berasa banget... berasa di kantong bukan sekedar butt o meter...
ane ga cocok dah ama oli API SP.
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11384
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9905
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
mau tes lab oli bekas gw gak....tar kirimin nih gojek....
ada oli diesel pedal to pret harian...
ada oli bensin mobil jarang di pake .....
ada oli motor 3 taun gak pernah ganti digarasi aja....
ada oli motor 2 taun gak pernah ganti dr motor baru digarasi aja br 400an km....
bagusnya sih diesel aja....TMO....jarum godek hampir selalu pojok kanan bawah...
jalan bawah hampir selalu pedal to preet....redlinenya diesel gitu....
lumayan lah 100-140 harian jalan bawah.....
ini aja lg galau mau keluar ke jkt....godekin jarum pojok kanan bawah...
hmmmmm......
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Cara jij ribet ituOmnibus wrote: ↑Wed May 12, 2021 14:27kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:fajarrian wrote: ↑Wed May 12, 2021 13:19 Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
Udaa.. sisa stengah liter tuang aj campurin ke tangki bensin
Biar licin mesin nya
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1101
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....Suryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 23:39setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26976
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Berasa ga enak mungkin krn bandingin nya ama amsoil kl yahrendr wrote: ↑Thu May 13, 2021 1:38
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....Suryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 23:39setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
Coba bandingin ama Daihatsu Genuine Oil, nahh itu baru bumi langit ancur nya
Saya skrg lg coba ptt evotek 5-30 botol item, mmg sperti yg saya blg di pej2 blakang, ky agak gmana gt kualitas nua, bahkan sodara kerehorenya yg 0-20 eko masi lebi enak sikit... tp overall saya rasa masi lebi mending drpd DGO, bahkan total tq9000 5-30, ntuh 2 oli super encer ga jelas bagi saya, mesin brisik, glitik mulu, dan lmayan nguap
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Kalo mau irit ya pakai 0W20 jika di buku manual diijinkan 0W20rendr wrote:
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....Suryaputra wrote: ↑Wed May 12, 2021 23:39setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
atau type mesin yg sama di negara lain diijinkan 0W20
di R20A saya udah 5 taon pakai 0W20 & gak pengen balik ke W30
wkwkwkwk
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22042
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13
Utk oli API SP
antiwear nya rata2 mengandung
- Zinc
- Molyb
- Boron
Total antiwear rata2 >900 ppm bahkan >1000 ppm
mau merek apapun
liat2 di PQIA deh
utk PTT yg API SP saya pernah liat VOA nya
jadi aman utk mesin2 Flat / solid tappet - non roller rocker
antiwear nya rata2 mengandung
- Zinc
- Molyb
- Boron
Total antiwear rata2 >900 ppm bahkan >1000 ppm
mau merek apapun
liat2 di PQIA deh
utk PTT yg API SP saya pernah liat VOA nya
jadi aman utk mesin2 Flat / solid tappet - non roller rocker
* Bukan ajakan Beli *