Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Wed May 12, 2021 7:27
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
both between period dan mileage jg mempengaruhi kualitas oli nya.
jadi amannya emg pakai aja <8 bulan.
klo oli spt q8 formula dan amsoil sign emg terbukti bisa pakai 1 thn lewat dikit, dgn kondisi mesin gak jd genset jg
Kl oli yg sdh dibuka dan dituang trs ada sisa 1L.
Kemudian botol ditutup rapat lagi trs baru dibuka saat interval oli berikutnya gabung dgn oli baru.
Apakah dia kena oksidasi juga ya sisa oli di dlm botol yg ketutup rapat tadi?
sedot udaranya pakai vacuum pump, masukin nitrogen spy botolnya ga gepeng, tutup botolnya, masukin ke kulkas.
buat dorong oli lama ketika nanti ganti oli baru, jd di oil pan sisa oli lama lebih sedikit.
or.. klo punya skutik, bisa buat flushing
Wah sayang banget ternyata ngga bisa dipake lagi di mobil.
PTT 0W-30 API SP lipondut isinya 4 liter sich segalon.
Jadi sisa 1 liter.
Rencana mau dituang lagi aja ke engine pas next OCI ditambah 2 liter oli baru...
Suryaputra wrote:
semakin lama oli sdh terbuka segelnya, pasti akan teroksidasi secara alami terus menerus.
oksidasi = proses oksigen mengontaminasi zat lain.
jd dalam hal ini, selama di bumi, ketika oli sudah terbuka segelnya, maka pasti terkontaminasi oksigen scr terus menerus.
sehingga harus hati2 beli oli curah dari kemasan drum.
Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
sy blm prnh pk amsoil,
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Anu mbahh
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
Segel ini maksudnya gimana yah om? Wong kaya amsoil aja setau ane gak pake segel kok di tutup botolnya. Segel yg dari kertas buat tutup lobang botol kan? Setau ane buka tutup botol langsung tuang aja ke mesin.
Nah kalau oli "basi" yg stocknya sdh 5-10 taon jd gimana nasibnya? Tinggal dikocok2 doang spy nyampur lg additives2 yg sdh terpisah itu? Saking lamanya tdk terpakai apakah semudah itu "re-blending" additive yg sdh terpisah tsb?
Blom kl tempat penyimpanannya lembab, panas & terpapar sinar matahari... sudah pasti ada Water Vapour Transmission Rate (WVTR) & juga OTR (Oxygen Transmission Rate) yg tembus ke botol olinya. Yg namanya botol plastik kan ada pori2nya meski kasat mata.
sy blm prnh pk amsoil,
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Anu mbahh
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
sy blm prnh pk amsoil,
cuma dr sekian oli yg sy coba dr merk beres sampai ke q8 formula, segelnya pakai bahan paper foil gtu yg nempel di tutup lobang botol.
klo amsoil mungkin emang mekanisme segelnya adalah di tutup botol itu sendiri, udh dipress dr pabrik, jg begitu dibuka bunyi klek, maka segel jg terbuka.
soal oli 5-10 thn?
klo sy pribadi prefer oli fresh dalam rentang <5 thn
tapi itu pilihan masing2 ajah.
Anu mbahh
Dulu waktu Q8 pertama kl masup indonesia circa sedekadean lalu,
Cuman tutup biasa aj, bahkan kl tutup nya dikendorin dikit, oli baa meluber kuar loh
serem amat. ky oli palsu mbah
oksidasi obat
lah itu amsoil aj kata mbah benz jg sama kaya gt
musti nya gapapa lah, asalkan tutup nya ga dibuka terus, disimpen di tempat tertutup kering
jangankan amsoil atau q8, itu valvoline yg kl blending aussie sana, utk yg kemasan 5 liter ke atas, jg ad yg ga pake segel koq
# btw, kl itu obat tetes mata mahh, ga bsa disamain ama oli... tetes mata wajip steril itu... kl oli biar kata montir nya nuang sambil bersin2 jg mobil nya ga bakal kena korona
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 6:06
kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
Di HRV 1.5, dengan kondisi rute sama dan BBM sama, pemakaian 6 bulan 23 hari (9040 km) , TBNnya sisa 5 komaan kan kemarin. Entah hanya selisih 1 bulan saja TBN anjlok parah, atau memang mesin Civic remap ini yang cepat hancurin oli.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 6:06
kemungkinan olinya memang ga bisa utk 8 bulan (dr sep 2020 s/d may 2021) krn oksidasi yg tinggi dr durasi masa pakai.
sebab bbm sdh pertamax 92, kl memang krn sulfur tinggi dan bbm sbg penyebab artinya pakai oli lain pun akan krisis tbn.
just a possibility, ane bukan ahlinya.
Screenshot_20210512_130309.jpg
Di HRV 1.5, dengan kondisi rute sama dan BBM sama, pemakaian 6 bulan 23 hari (9040 km) , TBNnya sisa 5 komaan kan kemarin. Entah hanya selisih 1 bulan saja TBN anjlok parah, atau memang mesin Civic remap ini yang cepat hancurin oli.
iya maka dr itu coba aja om,
bandingin sm oli lain yg sekelas harganya.
jd lbh pasti dan valid
hahahaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Cuman tutup biasa aj, bahkan kl tutup nya dikendorin dikit, oli baa meluber kuar loh
serem amat. ky oli palsu mbah
oksidasi obat
lah itu amsoil aj kata mbah benz jg sama kaya gt
musti nya gapapa lah, asalkan tutup nya ga dibuka terus, disimpen di tempat tertutup kering
jangankan amsoil atau q8, itu valvoline yg kl blending aussie sana, utk yg kemasan 5 liter ke atas, jg ad yg ga pake segel koq
# btw, kl itu obat tetes mata mahh, ga bsa disamain ama oli... tetes mata wajip steril itu... kl oli biar kata montir nya nuang sambil bersin2 jg mobil nya ga bakal kena korona
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
bebas om.
klo saya sih, buat dorong oli lama, ketika nanti ganti oli baru
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
Klo saya kebalikannya yg 0.5L dipake buat dorong oli lama d penggantian yg sekarang. Jd oli pendorobg sama2 fresh dan Drpd ribet simpen oli sisa berbulan2
Last edited by lemonadelovers on Wed May 12, 2021 15:02, edited 1 time in total.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
Aah i see, baru kepikiran, thx sarannya
kalau ane om..... Beli 3 ltr, kepake 2.7 ltr sisa 0.3 ltr nah ini buat top up
saturday wrote: Tue May 11, 2021 13:43
UOA PTT Super Synthethic Evotec 0W20 API SP di Civic FD2 2011 remapped. Filter oli Aspira, filter udara K&N. Pemakaian awal 21/09/2021, drain di 08/05/2021 jalan 8334 km. Rute diperkirakan 65% toll, 35% dalam kota. Kaki sangat sopan nyaris setiap waktu, gaspol bisa dihitung pakai jari selama pemakaian oli. Busi iridium laser standar mobil yang sudah dipakai sejauh 45.000 km. BBM always 92, rutin pemakaian aditif Redline SI-1 atau Power Racing Fuel.
uoa-civic-1.png
uoa-civic-2.png
setel-klep.jpg
pulley.jpg
hmmm... ada berasa penguapan parah ga om?
keknya tewas gara2 fuel dilution, om pake fuel additive komposisi dan intervalnya bagaimana?
curiga liner atau packing ada yg udh ga rapet, atau emg olinya aja cepet tewas..
coba 0w20 Q8 / amsoil ss / unyil deh om...
paling sip PTT 0w30 SN kalo msh dapet mah...
tapi ya, pengalaman dari sejak pertama PTT 0w30 SP keluar... itu gaenak blas... ini paling parah si pake PTT 5w30 evotec botol item API SP...
abis pindah dari Amsoil XL 10w30 sblmnya di mesin G15A... wah caur banget lemot, berisik bin boyo nya berasa banget... berasa di kantong bukan sekedar butt o meter...
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tompy25 wrote: Tue May 11, 2021 22:11
Hasilnya gmn om suryo.....
iya cek di tabel wear metal, imho hasilnya termasuk istimewa udh dipakai lbh dr 7rb Km.
jd gakda masalah pakai 0w20 di mesin remap sekalipun.
cuma TBN nya emang kritis (TBN untuk netralisir asam)
Batas bawah TBN di 2,5 mg KOH
kalo sesekali aja sampe tembus di bawah 2,5 mg KOH sedikit ya sebetulnya gak pa pa si
mau tes lab oli bekas gw gak....tar kirimin nih gojek....
ada oli diesel pedal to pret harian...
ada oli bensin mobil jarang di pake .....
ada oli motor 3 taun gak pernah ganti digarasi aja....
ada oli motor 2 taun gak pernah ganti dr motor baru digarasi aja br 400an km....
bagusnya sih diesel aja....TMO....jarum godek hampir selalu pojok kanan bawah...
jalan bawah hampir selalu pedal to preet....redlinenya diesel gitu....
lumayan lah 100-140 harian jalan bawah.....
ini aja lg galau mau keluar ke jkt....godekin jarum pojok kanan bawah...
fajarrian wrote: Wed May 12, 2021 13:19
Nah pas banget lagi ngomongin oksidasi
Sekalian nanya, mobil saya kapasitas oli 3,5L. Kalo beli yg galonan 4L masih sisa 0,5L. Nah sisanya kalo dipake lagi buat next ganti oli masih oke ga yaaa? Disimpen jangka waktu 6bulanan
Oli sisanya disimpen dalem kamar kena ac dan ditutup rapet pake plastik
kl cara di atas tadi sulit krn ga punya vacuum pump atau tabung nitrogen, boleh coba cara yg lbh simple sbb:
pindahin oli sisa 0.5L ke dalam botol bervolume 0.5L. dengan begitu oksigen yg ada di dalamnya ketika ditutup jd sedikit.
Cara jij ribet itu
Udaa.. sisa stengah liter tuang aj campurin ke tangki bensin
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
Berasa ga enak mungkin krn bandingin nya ama amsoil kl yah
Coba bandingin ama Daihatsu Genuine Oil, nahh itu baru bumi langit ancur nya
Saya skrg lg coba ptt evotek 5-30 botol item, mmg sperti yg saya blg di pej2 blakang, ky agak gmana gt kualitas nua, bahkan sodara kerehorenya yg 0-20 eko masi lebi enak sikit... tp overall saya rasa masi lebi mending drpd DGO, bahkan total tq9000 5-30, ntuh 2 oli super encer ga jelas bagi saya, mesin brisik, glitik mulu, dan lmayan nguap
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
Omnibus wrote: Wed May 12, 2021 16:53
hmm sdh kuduga. yg baru itu belum tentu bagus. masih ingat jaman api SM baru2 keluar? krn lbh baru dr api SL semua anggap itu bagus utk semua mesin. ga taunya dlm bbrp tahun baru ketauan ga cocok sm flat tappet engine.
setelah SL, even kelas keraton, zinc nya dikebiri, mentok2 700 - 800 ppm.
jd aditif lain nya yg kudu bisa substitute buat protect flat tappet.
kayanya klo oli kelas keraton, API apapun, fine2 aja.
krn sudah raise the bar further
itu dia mbah... liat VOA nya amsoil yg API SN+ aja udh drop tuh zinc....
bukan apa ya, udh visconya tambah kentel bukannya tambah adem malah tambah berisik... berisik nya garing banget... ini PTT 0w30 SN biasa vs SP
paling berasa bensin ini jadi drop banget... hampir keluar duit 2x lipat buat rute dan traffic yg sama... ini sih paling parah.. PTT 5w30 evotec SP vs ams 10w30 XL SN
SGO 5w30 SN masih jauh lbh enak... enteng n adem...
harga oli beda ga seberapa, ongkos bensin baru sebulan aja udh seharga oli...
Kalo mau irit ya pakai 0W20 jika di buku manual diijinkan 0W20
atau type mesin yg sama di negara lain diijinkan 0W20
di R20A saya udah 5 taon pakai 0W20 & gak pengen balik ke W30