Koleksi hand tools [Part 02]

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30
marmut wrote: Wed Oct 14, 2020 9:04
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 8:57 Mbah2

Mo nanya versi parno lg

Sebenernya fungsi aki itu cuman buat starter doank yah ?

Barusan saya iseng nyoba nyabut aki pas mesin ud nyala.. ternyata koq mesin masi tetep nyala, bahkan lampu idikator aki aj ga nyala


buat start dan lainnya yang membutuhkan listrik.

saya ngga akan pernah cabut terminal aki saat mesin nyala, terutama buat mobil jaman sekarang. kecuali ada pernyataan resmi tertulis dari pabrik beserta produsen aki dan alternator, bahwa hal tersebut diperbolehkan dan tanpa resiko apapun.

belum lama saya diskusi sama mbah shifu.

kalo taun 80~90an, nyabut negatif aki saat mesin idle hanya untuk membuktikan bahwa alternator dalam kondisi sehat.
itupun hanya dilakukan pada mobil-mobil yang masih mempergunakan cut-out atau eksternal regulator.
Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahal
sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

yahh post kesatu lagi di halaman baru. ane malu kl postingan ane muncul paling atas di halaman baru. :mky_05:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30
marmut wrote: Wed Oct 14, 2020 9:04



buat start dan lainnya yang membutuhkan listrik.

saya ngga akan pernah cabut terminal aki saat mesin nyala, terutama buat mobil jaman sekarang. kecuali ada pernyataan resmi tertulis dari pabrik beserta produsen aki dan alternator, bahwa hal tersebut diperbolehkan dan tanpa resiko apapun.

belum lama saya diskusi sama mbah shifu.

kalo taun 80~90an, nyabut negatif aki saat mesin idle hanya untuk membuktikan bahwa alternator dalam kondisi sehat.
itupun hanya dilakukan pada mobil-mobil yang masih mempergunakan cut-out atau eksternal regulator.
Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahal
sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
Ohh bener2.. itu yg saya alamin td

Pas d cabut biasa aj, tp pas dipasang lg, rpm otomatis agak naek

Untung percobaan bonek (bodo nekat) saya td kondisi no load, cuman mesin doank idle, klistrikan smua mati
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 10:26
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30

Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahal
sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
Ohh bener2.. itu yg saya alamin td

Pas d cabut biasa aj, tp pas dipasang lg, rpm otomatis agak naek

Untung percobaan bonek (bodo nekat) saya td kondisi no load, cuman mesin doank idle, klistrikan smua mati
hmmm .... tapi ecm, tcm, srs, abs, combi meter (speedo) beserta seluruh sensor2nya kan hidup mbah .... :upss:

itu dia yg ngeri. makanya kl kaya porsche atau apalagi gitu sampe bela2in taruh akinya di kolong bangku passenger dan kl ngelepasnya hrs keluarin bangku. soalnya dia control unitnya banyak. dan kl ada percobaan ala bonek, hmm ..... ngeri2 sembriwing kl kata Om Indeskey.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 10:26
kl mau ganti aki n males settingan ecu, radio presets, dll berubah bisa pakai yg kaya gini mbah. colokin ke obd2 dan ke aki lain dulu. baru aki yg di mobil dilepas dan diganti. tp kondisi mesin off kunci kontak juga off. no risk.


Image
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by gentongxz »

TOOLS (harus ada kata toolsnya biar gak salah lobang :big_slap: ) untuk kuras radiator di list ini apa sudah bisa kerja ? :

1.NIAT
2.kunci 10 panjang untuk buka aliran bagian mesin yg pentil kuning
3. corong air
4.sarung tangan
5.tang buaya
6.kunci + -
7.ember penampungan
dan untuk kurasnya:
1.air suling
2.coolant ( apa innova lama 2005 pakai yg asli toyota (50/50 atau bisa top1 yg hijau atau preston concentrat (campur air suling)

bahan pertanyaan:
1. kalo kuras boleh tidak saya mebuka baut pembuangan kuningnya di block mesin( krn belum pernah coba,biasa hanya baut bawah radiator saja)
2.kuras/bersihkan hanya pakai air suling tanpa cairan flushing apa bisa membantu atau tidak ada pengaruhnya
3.lagi di cari..
makasih atas masukannya pada Bapak ,saudara,om dan handaitaulan semuanya untuk masukannya..
waktu dan tempat saya persilahkan.. salam sejahtera untuk kita semua,amin.
kalo ada kata yang salah mohon di maafkan..,

buah pisang buah kedondong
mohon bantuannya dong :big_blushing: :big_blushing:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:41
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 10:26
kl mau ganti aki n males settingan ecu, radio presets, dll berubah bisa pakai yg kaya gini mbah. colokin ke obd2 dan ke aki lain dulu. baru aki yg di mobil dilepas dan diganti. tp kondisi mesin off kunci kontak juga off. no risk.


Image
ini jd backup sementara ya mbah?
jd saat aki mobil dicopot itu ECU dkk dpt daya dari AKI mobil lain yg ditempel ke OBD, apakah benar begitu mbah?
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30
marmut wrote: Wed Oct 14, 2020 9:04



buat start dan lainnya yang membutuhkan listrik.

saya ngga akan pernah cabut terminal aki saat mesin nyala, terutama buat mobil jaman sekarang. kecuali ada pernyataan resmi tertulis dari pabrik beserta produsen aki dan alternator, bahwa hal tersebut diperbolehkan dan tanpa resiko apapun.

belum lama saya diskusi sama mbah shifu.

kalo taun 80~90an, nyabut negatif aki saat mesin idle hanya untuk membuktikan bahwa alternator dalam kondisi sehat.
itupun hanya dilakukan pada mobil-mobil yang masih mempergunakan cut-out atau eksternal regulator.
Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahal
sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
ini salah satu panduan tutorial ganti aki ala institut von asemreges.
Ganti aki saat engine nyala.
lepas aki lama yg soak dan pasang aki baru segera saat mobil nyala jd ECU, clock dkk tidak reset mereset.
kl saya ngga salah inget begitu mbah Rektor, Warektor, Dekan dan Guru Besar dan Kecil sekalian :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

blloewy wrote: Wed Oct 14, 2020 11:39
ini jd backup sementara ya mbah?
jd saat aki mobil dicopot itu ECU dkk dpt daya dari AKI mobil lain yg ditempel ke OBD, apakah benar begitu mbah?
betul om ...

bisa dr mobil lain yg posisi engine off atau pakai aki cadangan yg nganggur tp msh bagus (kondisi minimal 12.5V ke atas)
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by josomba »

blloewy wrote: Wed Oct 14, 2020 11:41
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 9:30

Ga bole nya knapa mbah, trus koq di mobil saya bisa yah tetep nyala terus tanpa aki loh padahal
sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
ini salah satu panduan tutorial ganti aki ala institut von asemreges.
Ganti aki saat engine nyala.
lepas aki lama yg soak dan pasang aki baru segera saat mobil nyala jd ECU, clock dkk tidak reset mereset.
kl saya ngga salah inget begitu mbah Rektor, Warektor, Dekan dan Guru Besar dan Kecil sekalian :big_grin:
bahkan sekelas S*op n Dr*ve juga melakukan yg sama kok .... entah pas dulu owe masih di Bandung maupun udah kembali lg di Tangsel :big_biglaugh:
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

Quote by Sherrilyn Kenyon: “Just because you can doesn't mean you should.”


:mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Ehh busett dahh

Padahal tadi siang itu cuman eksperimen bonek saya doank loh, ternyata ampe shop n drive aj ngelakuin.. kebangetan dah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:41
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 10:26
kl mau ganti aki n males settingan ecu, radio presets, dll berubah bisa pakai yg kaya gini mbah. colokin ke obd2 dan ke aki lain dulu. baru aki yg di mobil dilepas dan diganti. tp kondisi mesin off kunci kontak juga off. no risk.


Image
Kayanya saya kembali ke cara paling lazim dan umum aj deh mbah

Cabut aki cabut konci kontak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

gentongxz wrote: Wed Oct 14, 2020 10:55 TOOLS (harus ada kata toolsnya biar gak salah lobang :big_slap: ) untuk kuras radiator di list ini apa sudah bisa kerja ? :

1.NIAT
2.kunci 10 panjang untuk buka aliran bagian mesin yg pentil kuning
3. corong air
4.sarung tangan
5.tang buaya
6.kunci + -
7.ember penampungan
dan untuk kurasnya:
1.air suling
2.coolant ( apa innova lama 2005 pakai yg asli toyota (50/50 atau bisa top1 yg hijau atau preston concentrat (campur air suling)

bahan pertanyaan:
1. kalo kuras boleh tidak saya mebuka baut pembuangan kuningnya di block mesin( krn belum pernah coba,biasa hanya baut bawah radiator saja)
2.kuras/bersihkan hanya pakai air suling tanpa cairan flushing apa bisa membantu atau tidak ada pengaruhnya
3.lagi di cari..
makasih atas masukannya pada Bapak ,saudara,om dan handaitaulan semuanya untuk masukannya..
waktu dan tempat saya persilahkan.. salam sejahtera untuk kita semua,amin.
kalo ada kata yang salah mohon di maafkan..,

buah pisang buah kedondong
mohon bantuannya dong :big_blushing: :big_blushing:
Baut drain cock yg di enjin blok itu justru tujuanya buat nguras coolant yg d enjin blok.. jd yah bole2 aj

Saya tiap kl drain coolant ipah jg begitu koq
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
gentongxz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: Sat Sep 19, 2015 17:13

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by gentongxz »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 14:02
gentongxz wrote: Wed Oct 14, 2020 10:55 TOOLS (harus ada kata toolsnya biar gak salah lobang :big_slap: ) untuk kuras radiator di list ini apa sudah bisa kerja ? :

1.NIAT
2.kunci 10 panjang untuk buka aliran bagian mesin yg pentil kuning
3. corong air
4.sarung tangan
5.tang buaya
6.kunci + -
7.ember penampungan
dan untuk kurasnya:
1.air suling
2.coolant ( apa innova lama 2005 pakai yg asli toyota (50/50 atau bisa top1 yg hijau atau preston concentrat (campur air suling)

bahan pertanyaan:
1. kalo kuras boleh tidak saya mebuka baut pembuangan kuningnya di block mesin( krn belum pernah coba,biasa hanya baut bawah radiator saja)
2.kuras/bersihkan hanya pakai air suling tanpa cairan flushing apa bisa membantu atau tidak ada pengaruhnya
3.lagi di cari..
makasih atas masukannya pada Bapak ,saudara,om dan handaitaulan semuanya untuk masukannya..
waktu dan tempat saya persilahkan.. salam sejahtera untuk kita semua,amin.
kalo ada kata yang salah mohon di maafkan..,

buah pisang buah kedondong
mohon bantuannya dong :big_blushing: :big_blushing:
Baut drain cock yg di enjin blok itu justru tujuanya buat nguras coolant yg d enjin blok.. jd yah bole2 aj

Saya tiap kl drain coolant ipah jg begitu koq
ok makasih infonya pak DOHC :big_exellent:
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by indeskey »

Omnibus wrote:
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 10:26
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 10:16 sebab kl aki dicabut tdk ada yg menjadi electrical damper (weleh kok damper lagi damper lagi omongan ane :ungg: ) kalau sewaktu2 terjadi voltage surge (tiba2 naik) atau voltage dips (tiba2 turun). soalnya alternator naturally nya memproduksi AC current bukan DC dan kl ga ada aki cuma bersandar pada kekuatan IC regulator dan dioda penyearah. apalagi kl rpmnya digas2 naik turun dan mainin lampu atau nyalain load lainnya, bisa2 setiap saat rusak artinya arus AC dr alternator masuk ke circuit. disaster.

kl pertanyaannya "kok mobil saya bisa?" ya bisa mbah tapi berasa kan kl pas terminal dicabut atau dipasang pasti rpm mobil ada perubahan. nah kita ga tau kapan bisa terjadi apes. belom lagi kl ga sengaja kabel terminal +ve yg ngewer2 itu kena body. haduuuhhh .... kembang api mbah :mky_02:
Ohh bener2.. itu yg saya alamin td

Pas d cabut biasa aj, tp pas dipasang lg, rpm otomatis agak naek

Untung percobaan bonek (bodo nekat) saya td kondisi no load, cuman mesin doank idle, klistrikan smua mati
hmmm .... tapi ecm, tcm, srs, abs, combi meter (speedo) beserta seluruh sensor2nya kan hidup mbah .... :upss:

itu dia yg ngeri. makanya kl kaya porsche atau apalagi gitu sampe bela2in taruh akinya di kolong bangku passenger dan kl ngelepasnya hrs keluarin bangku. soalnya dia control unitnya banyak. dan kl ada percobaan ala bonek, hmm ..... ngeri2 sembriwing kl kata Om Indeskey.
Kosakata baru nih dari mbah suhu, sembriwing kayaknya diatas semriwing wkwkw...
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by indeskey »

DOHC wrote:
gentongxz wrote: Wed Oct 14, 2020 10:55 TOOLS (harus ada kata toolsnya biar gak salah lobang :big_slap: ) untuk kuras radiator di list ini apa sudah bisa kerja ? :

1.NIAT
2.kunci 10 panjang untuk buka aliran bagian mesin yg pentil kuning
3. corong air
4.sarung tangan
5.tang buaya
6.kunci + -
7.ember penampungan
dan untuk kurasnya:
1.air suling
2.coolant ( apa innova lama 2005 pakai yg asli toyota (50/50 atau bisa top1 yg hijau atau preston concentrat (campur air suling)

bahan pertanyaan:
1. kalo kuras boleh tidak saya mebuka baut pembuangan kuningnya di block mesin( krn belum pernah coba,biasa hanya baut bawah radiator saja)
2.kuras/bersihkan hanya pakai air suling tanpa cairan flushing apa bisa membantu atau tidak ada pengaruhnya
3.lagi di cari..
makasih atas masukannya pada Bapak ,saudara,om dan handaitaulan semuanya untuk masukannya..
waktu dan tempat saya persilahkan.. salam sejahtera untuk kita semua,amin.
kalo ada kata yang salah mohon di maafkan..,

buah pisang buah kedondong
mohon bantuannya dong :big_blushing: :big_blushing:
Baut drain cock yg di enjin blok itu justru tujuanya buat nguras coolant yg d enjin blok.. jd yah bole2 aj

Saya tiap kl drain coolant ipah jg begitu koq
Kalau mesin hrv ada pentil nya juga nggak mbah? Kalau ada bisa jd sama buat gerobak brv saya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

indeskey wrote: Wed Oct 14, 2020 15:20
DOHC wrote:
gentongxz wrote: Wed Oct 14, 2020 10:55 TOOLS (harus ada kata toolsnya biar gak salah lobang :big_slap: ) untuk kuras radiator di list ini apa sudah bisa kerja ? :

1.NIAT
2.kunci 10 panjang untuk buka aliran bagian mesin yg pentil kuning
3. corong air
4.sarung tangan
5.tang buaya
6.kunci + -
7.ember penampungan
dan untuk kurasnya:
1.air suling
2.coolant ( apa innova lama 2005 pakai yg asli toyota (50/50 atau bisa top1 yg hijau atau preston concentrat (campur air suling)

bahan pertanyaan:
1. kalo kuras boleh tidak saya mebuka baut pembuangan kuningnya di block mesin( krn belum pernah coba,biasa hanya baut bawah radiator saja)
2.kuras/bersihkan hanya pakai air suling tanpa cairan flushing apa bisa membantu atau tidak ada pengaruhnya
3.lagi di cari..
makasih atas masukannya pada Bapak ,saudara,om dan handaitaulan semuanya untuk masukannya..
waktu dan tempat saya persilahkan.. salam sejahtera untuk kita semua,amin.
kalo ada kata yang salah mohon di maafkan..,

buah pisang buah kedondong
mohon bantuannya dong :big_blushing: :big_blushing:
Baut drain cock yg di enjin blok itu justru tujuanya buat nguras coolant yg d enjin blok.. jd yah bole2 aj

Saya tiap kl drain coolant ipah jg begitu koq
Kalau mesin hrv ada pentil nya juga nggak mbah? Kalau ada bisa jd sama buat gerobak brv saya.
Nah kl enjin L15 honda saya blom ketemu om

Coba mbah omnibus yg katanya pemilik honda bandung yg incognito, tunjukin donk mbah dmana enjin blok drain cock nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

Profith83 wrote: Wed Oct 14, 2020 6:19 Ada yang pernah pakai mata bor besi?
Merek apa yang bagus dan kuat?

saya sering.

merk ngga pernah perhatikan, kadang nachi, kadang apa saja yang penting hss atau high speed steel.
di toped ada yang jual cukup murah menurut saya, cari saja nama tokonya tools murah jakarta.

masalah kuat, menurut saya bagaimana cara penggunaannya saja.
misal mau bikin lubang 8mm, jangan langsung sikat pake mata bor 8mm.
saya biasa 3 tahap, pakai yang kecil dulu. bisa 3mm atau 4mm, setelah itu naik ke 6mm atau 7mm, baru terakhir 8mm.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

josomba wrote: Wed Oct 14, 2020 11:49
bahkan sekelas S*op n Dr*ve juga melakukan yg sama kok .... entah pas dulu owe masih di Bandung maupun udah kembali lg di Tangsel :big_biglaugh:

itu apa pakesensor segala.... disini bukan lembaga sensor nasional.
shop n drive kepunyaan astra grup?
biasa lah itu.
saya dapat info yang sama dari om benzz89 berapa waktu lalu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by marmut »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 15:54

Nah kl enjin L15 honda saya blom ketemu om

Coba mbah omnibus yg katanya pemilik honda bandung yg incognito, tunjukin donk mbah dmana enjin blok drain cock nya

sudah cari dekat filter oli? harusnya ada baut kalo nggak salah ukuran 18mm dekat situ.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 15:54
indeskey wrote: Wed Oct 14, 2020 15:20
DOHC wrote:
Baut drain cock yg di enjin blok itu justru tujuanya buat nguras coolant yg d enjin blok.. jd yah bole2 aj

Saya tiap kl drain coolant ipah jg begitu koq
Kalau mesin hrv ada pentil nya juga nggak mbah? Kalau ada bisa jd sama buat gerobak brv saya.
Nah kl enjin L15 honda saya blom ketemu om

Coba mbah omnibus yg katanya pemilik honda bandung yg incognito, tunjukin donk mbah dmana enjin blok drain cock nya
buka ban depan kanan, ngolong masuk lewat pinggir situ, lihat bagian belt tensioner dr belakang engine, nah dia di sebelah kirinya kira 10 cm. dekat header. pakai kunci 17 kayanya.

kl mau buka beli dulu spare gasket nya DI BERES. beli di luar kena part palsu bocor tau rasa deh. :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

marmut wrote: Wed Oct 14, 2020 16:41
josomba wrote: Wed Oct 14, 2020 11:49
bahkan sekelas S*op n Dr*ve juga melakukan yg sama kok .... entah pas dulu owe masih di Bandung maupun udah kembali lg di Tangsel :big_biglaugh:

itu apa pakesensor segala.... disini bukan lembaga sensor nasional.
shop n drive kepunyaan astra grup?
biasa lah itu.
saya dapat info yang sama dari om benzz89 berapa waktu lalu.
Kayanya iya mbah SHOP n DRIVE yg kepunyaan ASTRA group
mreka jg punya outlet SUPER SHOP nDRIVE..


SHOP N DRIVE loh

SHOP N DRIVE ASTRA GROUP


Biar next tau diri mreka, masa sekelas ASTRA GROUP masi ngelakuin hal bonek ala asemregesers..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 17:21
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 15:54
indeskey wrote: Wed Oct 14, 2020 15:20 Kalau mesin hrv ada pentil nya juga nggak mbah? Kalau ada bisa jd sama buat gerobak brv saya.
Nah kl enjin L15 honda saya blom ketemu om

Coba mbah omnibus yg katanya pemilik honda bandung yg incognito, tunjukin donk mbah dmana enjin blok drain cock nya
buka ban depan kanan, ngolong masuk lewat pinggir situ, lihat bagian belt tensioner dr belakang engine, nah dia di sebelah kirinya kira 10 cm. dekat header. pakai kunci 17 kayanya.

kl mau buka beli dulu spare gasket nya DI BERES. beli di luar kena part palsu bocor tau rasa deh. :mky_03:
Ahh kayanya saya tau deh dmana

Persis posisi nya kaya di enjin super resing HR15DE
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Koleksi hand tools [Part 02]

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Oct 15, 2020 1:15
Omnibus wrote: Wed Oct 14, 2020 17:21
DOHC wrote: Wed Oct 14, 2020 15:54

Nah kl enjin L15 honda saya blom ketemu om

Coba mbah omnibus yg katanya pemilik honda bandung yg incognito, tunjukin donk mbah dmana enjin blok drain cock nya
buka ban depan kanan, ngolong masuk lewat pinggir situ, lihat bagian belt tensioner dr belakang engine, nah dia di sebelah kirinya kira 10 cm. dekat header. pakai kunci 17 kayanya.

kl mau buka beli dulu spare gasket nya DI BERES. beli di luar kena part palsu bocor tau rasa deh. :mky_03:
Ahh kayanya saya tau deh dmana

Persis posisi nya kaya di enjin super resing HR15DE
dmn ini Mbah Klep posisinya kl di engine resing HR15?
nubie in all things - still need to learn