Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
selisih 2Nm atau 0.2 kgfm
atau dikasih panjang 20cm, berarti x5 powah
kyk dikasih beban 1kg untuk panjang trelek 20cm
kyk klimaks lbh cepet aja mbah
2nm itu teorinya.
tapi prakteknya kita nggak tau seberapa sempurna baut roda saat dibikin. kan nggak mungkin selesai baut roda dibikin trus dicek ultrasound satu per satu. bisa jereng plus belekan mata pengawasnya ngeliatin ratusan jutaan baut roda....
kita nggak tau ada crack halus apa enggak, ada bubble apa enggak didalem badan baut.
belum lagi itu baut udah berapa kali bongkar pasang dan tiap kali dikencengin sampe ulir kena beban 110nm apa masih bisa nahan kelebihan yang 2nm itu?
kalo sampe saat pembuatan ada bubble di dalem badan baut, trus sekarang kena torsi kelebihan 2nm, resiko baut mendadak patah kan bisa......
coleh mbah
DOHC
kaya gini udah cukup belon nakut²innya?
Ini lbh meyakinkan mbah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
selisih 2Nm atau 0.2 kgfm
atau dikasih panjang 20cm, berarti x5 powah
kyk dikasih beban 1kg untuk panjang trelek 20cm
kyk klimaks lbh cepet aja mbah
2nm itu teorinya.
tapi prakteknya kita nggak tau seberapa sempurna baut roda saat dibikin. kan nggak mungkin selesai baut roda dibikin trus dicek ultrasound satu per satu. bisa jereng plus belekan mata pengawasnya ngeliatin ratusan jutaan baut roda....
kita nggak tau ada crack halus apa enggak, ada bubble apa enggak didalem badan baut.
belum lagi itu baut udah berapa kali bongkar pasang dan tiap kali dikencengin sampe ulir kena beban 110nm apa masih bisa nahan kelebihan yang 2nm itu?
kalo sampe saat pembuatan ada bubble di dalem badan baut, trus sekarang kena torsi kelebihan 2nm, resiko baut mendadak patah kan bisa......
Coolant temp gak worry saya,
Fan radiator aman dan coolant ganti tiap tahun di reservoir jg
Cuma concern mantau atf temp
Dgn gaya drivinv klo nanjak" dan gas rada poll gmn
Cvt ini soalnya
kl radiator msh oke mestinya msh aman
eh tp CVT Oil nya ganti rutin jg mestinya.
Nahh ini yg agak sala kaprah
Harap dibedain atf cooler dan warmer
Rata2 CVT (kl ai ga sala inget, ad geared metik yurop) itu model nya atf warmer, makanya kadang suhu coolant bsa ga kekejar ama suhu atf cvt yg ud naek.. ini jg makanya di malon rata2 proton (kembaran lancer ex) nya mreka yg cvt rata2 di modip tambahin atf cooler pake copotan nya lancer evo punya
dongle nya yg bagusan, jangan yg abal2. kl bikin korslet lumanyun deh .... *eh lumayan kamsudnya
kl posisi mobil engine mati khan dia ngga baca data mbah, bener ga?
koneksi ke ECU terputus.
ngga bener.
koneksi ecu emang terputus krn ecunya mati alias ga mau diajak berhubungan (*mbah delko jangan ngeressss )
tapi si dongle tetep nyala krn dpt power on terus dr obd port nya
3/8 gigi alus umum nya up to 70an newton, walaupun snap on konon katanya bsa 96 newton (ukuran kekencengan baut roda agya ayla)
3/8 gigi kasar, sdikit lebi tinggi newton nya
1/2 gigi alus bsa 100an newton umumnya
1/2 gigi kasar, ini bsa ampir 200 newton, kl yerman kaya si mbah masas ama mbah 69 punya, itu 360 newton (ud ckup kuat buat bongpas baut roda canter)
Btw
Tetep utk break open baut keras wajip breaker bar, trelek kl sering2 hajar baut keras jg lama2 jebol
mantap mbah JTC tulisannya High Torque itu juga berlaku seperti itu newtonnya ?
Yang JTC 1/4 berapa tuh newtonnya ?
gigi kasar itu up to berapa teethnya ? 42 itungannya masih kasar kan ? (aku krasanya sih kasar hahahaha)
noted mbah berarti 3/8 gigi alus jangan buat buka lugnut ya hahahhaha.....
iya breakerbar tetep buat breakloose sih, cuman ya itu kadang spacenya agak ribet.
pakai impact jld ga masuk, pakai joint impact yang kayak balljoint eh banyak abis torsinya, akhirnya kebuka sih kemaren cuman lebih lama.
o ya aku pakai sata spinner 1/2 inch pakai ring ratchet 19mm, enak juga karena jadi low profile.... cuman ya ga reversible harus copot dan dibalik..... dan sata pakai o ring buat tahannnya lumayan nyebelin juga
3/8 gigi alus umum nya up to 70an newton, walaupun snap on konon katanya bsa 96 newton (ukuran kekencengan baut roda agya ayla)
3/8 gigi kasar, sdikit lebi tinggi newton nya
1/2 gigi alus bsa 100an newton umumnya
1/2 gigi kasar, ini bsa ampir 200 newton, kl yerman kaya si mbah masas ama mbah 69 punya, itu 360 newton (ud ckup kuat buat bongpas baut roda canter)
Btw
Tetep utk break open baut keras wajip breaker bar, trelek kl sering2 hajar baut keras jg lama2 jebol
mantap mbah JTC tulisannya High Torque itu juga berlaku seperti itu newtonnya ?
Yang JTC 1/4 berapa tuh newtonnya ?
gigi kasar itu up to berapa teethnya ? 42 itungannya masih kasar kan ? (aku krasanya sih kasar hahahaha)
noted mbah berarti 3/8 gigi alus jangan buat buka lugnut ya hahahhaha.....
iya breakerbar tetep buat breakloose sih, cuman ya itu kadang spacenya agak ribet.
pakai impact jld ga masuk, pakai joint impact yang kayak balljoint eh banyak abis torsinya, akhirnya kebuka sih kemaren cuman lebih lama.
o ya aku pakai sata spinner 1/2 inch pakai ring ratchet 19mm, enak juga karena jadi low profile.... cuman ya ga reversible harus copot dan dibalik..... dan sata pakai o ring buat tahannnya lumayan nyebelin juga
regards,
singachu
angka2 yg saya sebut tsb cuman buat ancer2 aj mbah
tiap trelek bsa beda2
tu kaya trelek nya mbah 69 ama mbah masas yg yerman made, ud setara breaker bar itu
bandingin ama trelek kenmaster atau tekiro, pasti ud mrotol duluan kl dihajar torsi yg sama
gigi kasar biasa yg dbawah 60 teeth, kisaran 30-40an lah
sebenernya ada satu lg yg nentuin kekuatan si trelek, yaitu mekanisme locking pawl nya.. beda jenis, beda pula kekuatan nya