Ratio Konsumsi BBM Grand Livina 1.5 dan 1.8

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Sugie wrote: Debate of The Century.............. 8) Peace
Mengingatkan "clash" antara sesama 747 Pan Am vs. KLM di Los Rodeos.......


kabuurrrrrrrrrrrr.........
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

haduh..padahal gw suka nissan silvia juga.. jadi harus ikut kubu mana ya? biasa yg suka ribut kan honda vs toyota.. jarang2 nissan vs toyota :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

hahaha, lagi gak ada kerjaan aja gw mampir :P, trus baca2 report masing2 kubu, banyak yg bisa kita dapet, asal bisa memainkan peran non-blok n mendinginkan kepala... :)
yah, buat gue sih ngapain ribut2 merek ini gini merek itu gitu, nih lagi ngomongin Rasio bensin livina kan? kok ujung2nya jadi berantem trus bela2in nyari info di internet? worth it kah memuaskan ego dengan balas membalas menyudutkan lawan masing2? nggak kasian ama orang yg klik topic ini karena judulnya menarik n nyatanya anda berdua berantem di sini dgn post 1000 kata yg keseringan gak ada hubungan dengan kemampuan livina nahan haus itu sendiri?
mending bikin topic baru, trus berantem aja di sana, biar kita gak bingung dan semuanya sama2 enak...
what the others think? what do you two think?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Info dari milis sebelah, sales guide, kayaknya fuel consumption kalo pake premium sih expect for the worse aja:
di jalan jakarta yg penuh macet :
1.5 MT 1:8.5
1.8 MT 1:7
Luar kota speed rata2 100km/jam:
1.5 MT 1:15.5
1.8 MT 1:14
Kalo u/ yg AT nggak ada info, logikanya kurang dari itu.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Hehehe, setuju nih, kita back to topic aja mengenai konsumsi BBM Livina

StRaDe_Jazz wrote:hahaha, lagi gak ada kerjaan aja gw mampir :P, trus baca2 report masing2 kubu, banyak yg bisa kita dapet, asal bisa memainkan peran non-blok n mendinginkan kepala... :)
yah, buat gue sih ngapain ribut2 merek ini gini merek itu gitu, nih lagi ngomongin Rasio bensin livina kan? kok ujung2nya jadi berantem trus bela2in nyari info di internet? worth it kah memuaskan ego dengan balas membalas menyudutkan lawan masing2? nggak kasian ama orang yg klik topic ini karena judulnya menarik n nyatanya anda berdua berantem di sini dgn post 1000 kata yg keseringan gak ada hubungan dengan kemampuan livina nahan haus itu sendiri?
mending bikin topic baru, trus berantem aja di sana, biar kita gak bingung dan semuanya sama2 enak...
what the others think? what do you two think?
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Nggak usah dibesar2 in lah... Biasa koq di dunia maya panas2 an, kalo di darat paling jg senyum2 an... :D
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Dulu honda dan toyota berseteru. Tetapi datang nissan sebagai musuh bersama. honda dan toyota jd teman deh utk menghadang nissan. Kaya fergie n wenger dulu bermusuhan. Datang maurinho, fergie dan wenger jd teman utk melawan maurinho.
Sithlord
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:21

Post by Sithlord »

Bung Rantisi, thanks banget linknya. Malah saya tidak tau dampak rusakan bikin mobil hybrid ke lingkunggan BEGITU dashyat. Itu pun akhirnya BBM hybrid ngak secemerlang yang di iklankan.


First, SORRY guys. Saya sebenernya ngak mau ribut. Tapi habis gimana, conan sering kasih berita 1 2 kasus Nissan di luar negeri lagi ada sedikit masalah, seolah mutu Nissan jelek banding pabrik hybrid Toyota dan Honda. Saya tentu takut u guys terpengaruh, ngak jadi ambil Livina, kan sayang. Mau ngak mau saya harus jawab dengan fakta yang benar.


Saya janji jika conan atau toms atau siapa lagi ngak ajak ribut, saya sih malah happy bahas Livina terus. Capek juga OOT terus...


conan sebenernya orang pintar, pengetahuan mobilnya lebih dalam dari saya dalam hal teknis. Tapi sayangnya dia seperti orang environmentalist US yang terlalu nafsu. Dia ngak mau terima gambaran yang lebih lengkap. Saya sudah ajak dia " Will you join us " dan akui Livina akan lebih bermanfaat dalam hal hemat BBM negara dan lingkunggan, tapi dia ngotot bilang Livina 2nd class, mending Toyota dan Honda yang bikin hybrid. Apakah orang sepintar ini sayang ngak join us ?


OK. for the last time, saya tunjukan ke conan artikel bung rantisi, supaya dia sadar, dan mudah mudahan hadapi kenyataan, dan join us in Livina happiness ! :

http://clubs.ccsu.edu/Recorder/editoria ... NewsID=188

March 7, 2007

Prius Outdoes Hummer in Environmental Damage

By Chris Demorro
Staff Writer


The Toyota Prius has become the flagship car for those in our society so environmentally conscious that they are willing to spend a premium to show the world how much they care. Unfortunately for them, their ultimate ‘green car’ is the source of some of the worst pollution in North America; it takes more combined energy per Prius to produce than a Hummer.


Before we delve into the seedy underworld of hybrids, you must first understand how a hybrid works. For this, we will use the most popular hybrid on the market, the Toyota Prius.


The Prius is powered by not one, but two engines: a standard 76 horsepower, 1.5-liter gas engine found in most cars today and a battery- powered engine that deals out 67 horsepower and a whooping 295ft/lbs of torque, below 2000 revolutions per minute. Essentially, the Toyota Synergy Drive system, as it is so called, propels the car from a dead stop to up to 30mph. This is where the largest percent of gas is consumed. As any physics major can tell you, it takes more energy to get an object moving than to keep it moving. The battery is recharged through the braking system, as well as when the gasoline engine takes over anywhere north of 30mph. It seems like a great energy efficient and environmentally sound car, right?


You would be right if you went by the old government EPA estimates, which netted the Prius an incredible 60 miles per gallon in the city and 51 miles per gallon on the highway. Unfortunately for Toyota, the government realized how unrealistic their EPA tests were, which consisted of highway speeds limited to 55mph and acceleration of only 3.3 mph per second.


The new tests which affect all 2008 models give a much more realistic rating with highway speeds of 80mph and acceleration of 8mph per second. This has dropped the Prius’s EPA down by 25 percent to an average of 45mpg. This now puts the Toyota within spitting distance of cars like the Chevy Aveo, which costs less then half what the Prius costs.


However, if that was the only issue with the Prius, I wouldn’t be writing this article. It gets much worse.


Building a Toyota Prius causes more environmental damage than a Hummer that is on the road for three times longer than a Prius. As already noted, the Prius is partly driven by a battery which contains nickel. The nickel is mined and smelted at a plant in Sudbury, Ontario. This plant has caused so much environmental damage to the surrounding environment that NASA has used the ‘dead zone’ around the plant to test moon rovers. The area around the plant is devoid of any life for miles.


The plant is the source of all the nickel found in a Prius’ battery and Toyota purchases 1,000 tons annually. Dubbed the Superstack, the plague-factory has spread sulfur dioxide across northern Ontario, becoming every environmentalist’s nightmare.


“The acid rain around Sudbury was so bad it destroyed all the plants and the soil slid down off the hillside,” said Canadian Greenpeace energy-coordinator David Martin during an interview with Mail, a British-based newspaper.


All of this would be bad enough in and of itself; however, the journey to make a hybrid doesn’t end there. The nickel produced by this disastrous plant is shipped via massive container ship to the largest nickel refinery in Europe. From there, the nickel hops over to China to produce ‘nickel foam.’ From there, it goes to Japan. Finally, the completed batteries are shipped to the United States, finalizing the around-the-world trip required to produce a single Prius battery. Are these not sounding less and less like environmentally sound cars and more like a farce?


Wait, I haven’t even got to the best part yet.


When you pool together all the combined energy it takes to drive and build a Toyota Prius, the flagship car of energy fanatics, it takes almost 50 percent more energy than a Hummer - the Prius’s arch nemesis.


Through a study by CNW Marketing called “Dust to Dust,” the total combined energy is taken from all the electrical, fuel, transportation, materials (metal, plastic, etc) and hundreds of other factors over the expected lifetime of a vehicle. The Prius costs an average of $3.25 per mile driven over a lifetime of 100,000 miles - the expected lifespan of the Hybrid.


The Hummer, on the other hand, costs a more fiscal $1.95 per mile to put on the road over an expected lifetime of 300,000 miles. That means the Hummer will last three times longer than a Prius and use less combined energy doing it.


So, if you are really an environmentalist - ditch the Prius. Instead, buy one of the most economical cars available - a Toyota Scion xB. The Scion only costs a paltry $0.48 per mile to put on the road. If you are still obsessed over gas mileage - buy a Chevy Aveo and fix that lead foot.


One last fun fact for you: it takes five years to offset the premium price of a Prius. Meaning, you have to wait 60 months to save any money over a non-hybrid car because of lower gas expenses.


Nah, Livina di Indo itu mirip Scion xB. Murah, iritnya ngak beda jauh ama hybrid. Process bikin livina ngak rusak lingkunggan separah itu. Dan ngak makan banyak energy. Dan like I said, CEPAT bisa menarik pemilik mobil tua untuk segera ganti mobil tua mereka yang boros dan emisi kotor...


conan, dulu saat kita kenal, sebenernya kita teman baik. Inggat ? Kita berdua suka minivan juga. Kok bisa jadi musuh cuman gara anda tidak miliki fakta yang lengkap ? Anyway, anda ngak perlu gengsi berubah pikiran. Wong kita semua adalah manusia. Saya sendiri dalam hidup juga berbuat banyak kesalahan kok.


It is not shameful to change opinion dan pindah opini. I do it many times like you said ! So sekali lagi, pls come back dan bantu promosi ini mobil yang effect positivenya sangat banyak untuk negara kita !


WILL YOU JOIN US ? And stop this fighting once and for all. Actually saya ngak salahkan anda, sebab mungkin anda belum baca berita bung Rantisi. Nah, sekarang anda sudah di beritahukan effect lingkunggan hybrid itu sangat parah. Seperti ketemu doktor materi dan jahat, ayolah pindah ke doktor lain yang lebih bersahabat !


I know anda care banget ama lingkungan, seperti saya. Apalagi saya orang gemuk. Cepat panas dan cepat capek kena sinar matahari global warming yang gila ini.


We WELCOME YOU with OPEN ARMS !

Make LOVE, NOT WAR ! Yah teman teman 2 ?

For our planet dan masa depan anak, cucu kita....
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

wah wah siapa sangka yah baterenya bikin mampus sekitarnya :D

kalo gitu jgn beli prius beli hummer aja :D :D (dagang mode: ON) wakakakakak

setuju untuk building a better world :D :D
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Sithlord wrote:
First, SORRY guys. Saya sebenernya ngak mau ribut. Tapi habis gimana, conan sering kasih berita 1 2 kasus Nissan di luar negeri lagi ada sedikit masalah, seolah mutu Nissan jelek banding pabrik hybrid Toyota dan Honda. Saya tentu takut u guys terpengaruh, ngak jadi ambil Livina, kan sayang. Mau ngak mau saya harus jawab dengan fakta yang benar.

Don't worry Mr. Sith 'dark' lord ... he...he... Kita semua udah pada dewasa kok, malahan sebagian mungkin sudah sangat mature. Jadi forum ini hanya salah satu media info untuk menambah wawasan mengenai otomotif, even kadang yang kita dapat info positif, kadang info negatif, kadang ada misi iklan, dan sering juga ada kesan saling menjatuhkan antar merk. Kita masih harus mengkomparasi dari media atau website lain untuk mencerna dan memfilter info apa yang harus dipercaya.


But the main poin, keputusan apapun tetap ditangan kita masing-masing dalam menyerap info ini terlebih lagi bagi SM-er yang udah mau beli or ganti mobil. Gak bakalan kita-kita menelan mentah-mentah info ini, even Bung Lord mau bilang NISSAN sebagus apapun, or even Bung Conan akan menginfokan teknologi hybrid seperti apapun. IT'LL BE BACK TO US.


The fact of truth never tell a lie, the truth will show to us SOON or LATER.
plasworld88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 327
Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36

Post by plasworld88 »

iyalah gue setuju tuh sama bung Ifmarch, boleh2 aja kan org berpendapat, malah bagus lagi ada yg rajin cari2 berita/kutipan berita di internet, jadi kita tinggal click link nya alias terima bersih :D
bayangin kl kita musti cari2 sendiri.
lagian selama perdebatan masih wajar2 aja kyk skrg, knp musti diprotes sih? bangsa kita ini kadang2 masih menganggap debat itu hal yg taboo, pengennya semua koor satu suara kyk pertemuan kelompencapir sama Soeharto dulu, padahal kita perlu perdebatan to shed some lights IMHO
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

lagian selama perdebatan masih wajar2 aja kyk skrg, knp musti diprotes sih? bangsa kita ini kadang2 masih menganggap debat itu hal yg taboo, pengennya semua koor satu suara kyk pertemuan kelompencapir sama Soeharto dulu, padahal kita perlu perdebatan to shed some lights IMHO
Betul sekali Mr. Plasworld, bangsa ini memang masih begitu, contohnya antar calon presiden saja tidak berani dinamakan debat tapi menjadi 'dialog', lho kalau begitu mana bisa kita tahu yg mana yg kompeten dan yg tidak?

Tentang artikel Prius vs Hummer di atas, maaf saja tapi kalau ada yang menganggap artikel itu benar, aku sama sekali tidak mengerti jalan pikirannya. Artikel sejenis sudah pernah dibahas di SM ini dulu, dan banyak yang sudah memberikan pendapat mereka yang logis. Seperti biasa, mungkin Sithlord sudah 'lupa'.

Silakan baca selengkapnya di :

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... ght=hybrid

Ini salah satu topik menarik yang pernah dibahas di SM ini, dan menunjukkan bahwa betapa mudahnya sebagian orang dipengaruhi propaganda, tapi bagi yang logikanya jalan, tentu bisa melihat kenyataan yang ada di baliknya. :e-naughty:
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Di luar negri, media atau forum yang membahas tentang semua mobil, justru dikonsentrasikan pada semua kekurangan dan kelemahannya, dan yang memiliki paling sedikit kekurangan itulah yang terbaik. Sehingga orang akan tahu jelas apa yang dia akan beli dan semua kekurangannya, dan jika dia bisa menerimanya, berarti produk itulah yang terbaik bagi dirinya.

Berbeda dengan di Indo, hampir semua media cetak/elektronik yang membahas mobil baru, selalu memuji-muji dengan istilah-istilah yang sebenarnya tidak memiliki arti seperti 'sporty', 'luks', dll. Jadinya seperti ajang iklan para ATPM saja. Dalam satu majalah, tiga mobil baru misalnya, semua dikatakan pilihan yang terbaik. Lalu buat apa mereka membahasnya, buat apa pula kita beli majalah itu? Justru kita ingin tahu pendapat mereka yang berkesempatan membedah dalam-dalam mobil baru tersebut. Memang tidak semua majalah begitu, dan ada juga yang bisa kritis (dan akibatnya, mereka kurang disukai orang2 dan para salesman ATPM). Tapi justru majalah seperti inilah yang pantas dibeli, IMHO.

Kembali ke topik, di atas telah ada laporan user tentang konsumsi BBM Livina, dan angkanya seperti apa yang selama ini kukatakan. Ya, angka ini memang angka dalam kondisi kemacetan, tapi bukankah ini lebih realistis, mengingat dalam pemakaian sehari2, justru kita sangat sering menghadapi kondisi kemacetan seperti itu yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja, setiap ada hujan besar dsb?

Angka 1 : 19 mungkin bisa dicapai oleh Livina 1.5 manual dalam uji irit bahan bakar seperti yang sering dilakukan Honda dengan Jazz, di mana kendaraan dipacu di lintasan lancar, pada kecepatan konstan, tanpa AC, semua kaca jendela ditutup, dan oleh pengemudi yang sedikit banyak mengerti cara mengemudi yang hemat BBM. Angka ini just as good as Honda Jazz's 25-40 Km/liter.

Tapi pada kenyataannya, Honda Jazz rata-rata mengkonsumsi bensin bervariasi dari 1 : 9 sampai 1 : 12.

Livina 1.5L memiliki mesin yang setara dengan bobot lebih berat, tentu lebih boros, sesuai dengan angka 1 : 8.5 seperti laporan di atas. Untuk versi matic, kurangi sedikit.

Livina 1.8L tentu lebih boros dari yang 1.5, kecuali mungkin di luar kota. Untuk versi matic yang banyak dipakai di dalam kota, tentu lebih boros lagi.

Dari dulu aku sudah mengatakan bahwa realita akan berbeda dengan yang dipromosikan di atas kertas..
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Teman2 info terbaru dr teman saya yg dah terima unitnya yg 1.8 xv m/t dalam kota 1:11.7 premium lg macat2 bgt. Tiap hari lewati stasiun kota, gunung sahari, senen jalurnya. Suspensinya itu decak kagum gw lalu sayang jok brs2 tengahnya tegak. Bung wardana apakah anda dah tes nih. Kasi review apakah konsumsi bbm anda dikota bali. Pasti lebih dr itu.
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Diskusi kok jd kyk mau berantem? Katro & ga dewasa bgt!
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Winata wrote:Teman2 info terbaru dr teman saya yg dah terima unitnya yg 1.8 xv m/t dalam kota 1:11.7 premium lg macat2 bgt. Tiap hari lewati stasiun kota, gunung sahari, senen jalurnya. Suspensinya itu decak kagum gw lalu sayang jok brs2 tengahnya tegak. Bung wardana apakah anda dah tes nih. Kasi review apakah konsumsi bbm anda dikota bali. Pasti lebih dr itu.

Bung conan, bagaimana dgn info dari bung Winata diatas 1.8L Livina bisa dapat 1:11.7 dalam kota ?


Mungkin bisa di sharing poin negatifnya dari hasil info teman bung Winata tsb ??
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Kalau 1.5L Livina bisa diatas itu atau dibawa ya ... ?


Mohon di sharing juga bung conan sekali lagi poin negatifnya (jangan poin positif aja). Semoga sharingnya bisa bantu teman yang lagi baca.
andihp
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 120
Joined: Fri Mar 16, 2007 5:13

Post by andihp »

Winata wrote:Teman2 info terbaru dr teman saya yg dah terima unitnya yg 1.8 xv m/t dalam kota 1:11.7 premium lg macat2 bgt. Tiap hari lewati stasiun kota, gunung sahari, senen jalurnya.
Wah ini baru berita. isinya pertamax apa premium bung winata?
:e-dance:

oops, premium coy!
wardana
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Feb 22, 2007 4:31

Post by wardana »

Bung Winata,

mobil belum saya apa2in sama sekali masih diselimutin, soalnya plat nomor polisi belum ada disamping itu kebetulan saya ada banyak perkerjaan, lembur gitu...saya juga udah pengen keliling-keliling.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

ifmarch wrote:Kalau 1.5L Livina bisa diatas itu atau dibawa ya ... ?


Mohon di sharing juga bung conan sekali lagi poin negatifnya (jangan poin positif aja). Semoga sharingnya bisa bantu teman yang lagi baca.
? Maksud Anda itu apa ya? Kalau maksud Anda itu untuk sarcasm, justru dengan menggunakan bold, Anda justru mementahkan kembali penggunaan sarcasm itu. :lol:

Btw everyone, untuk mengukur konsumsi BBM secara akurat, harus dilakukan secara manual yaitu isi penuh, reset trip odometer ke nol, lalu setelah pakai, isi penuh lagi dan catat jarak tempuk aktual. Bagi jarak tempuh dengan jumlah yang diisi ketika kedua kali mengisi penuh, dapat angka konsumsi BBM.

Kalau mengandalkan computer/MID, biasanya berubah-ubah dengan range yg cukup besar dan sulit dipastikan keakuratannya. Ini karena sistem tidak bisa menghitung berapa persisnya BBM yang berkurang, tapi kalau dihitung dari angka di SPBU, bisa dipastikan berapa, sampai satuan terkecil.
Last edited by conan on Thu Apr 19, 2007 9:26, edited 1 time in total.
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

Info test drive dari Otomotif hari ini, baru baca ada perbandingan konsumsi bbm didalam dan luar kota :


New Vios, dalam kota 1:12.1, luar kota 1:14

Honda City Vtec, dalam kota 1:10, luar kota 1:14

Honda Jazz Vtec, dalam kota 1:10, luar kota 1:14

Grand Livina 1.5 XV, dalam kota 1:12, luar kota 1:19

Suzuki SX4, dalam kota 1:10.5, luar kota 1:15

User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Pake premium. Gw dah coba mantap. 11.7 perliter. Gw minggu bs coba yg teman. Senin saya review ya
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

city boros amat ya..altis gw aja 1:11-12 dalkot

vios luar kota 1:14 ga salah? katanya sampe 1:19-20 tuh
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

ifmarch wrote:Info test drive dari Otomotif hari ini, baru baca ada perbandingan konsumsi bbm didalam dan luar kota :


New Vios, dalam kota 1:12.1, luar kota 1:14

Honda City Vtec, dalam kota 1:10, luar kota 1:14

Honda Jazz Vtec, dalam kota 1:10, luar kota 1:14

Grand Livina 1.5 XV, dalam kota 1:12, luar kota 1:19

Suzuki SX4, dalam kota 1:10.5, luar kota 1:15

Wah, ternyata irit juga yah tu Livina....
padahal kelihatannya jrg sekali Livina ini di promosikan irit, gak kayak
Jazz/City ato Dai xenia yg sering meng-expose keiritannya.....
Image
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

Winata wrote:Dulu honda dan toyota berseteru. Tetapi datang nissan sebagai musuh bersama. honda dan toyota jd teman deh utk menghadang nissan. Kaya fergie n wenger dulu bermusuhan. Datang maurinho, fergie dan wenger jd teman utk melawan maurinho.
gak juga.. honda toyota ibarat anjing kucing yg gak pernah akur

mengutip sithlord:
First, SORRY guys. Saya sebenernya ngak mau ribut. Tapi habis gimana, conan sering kasih berita 1 2 kasus Nissan di luar negeri lagi ada sedikit masalah, seolah mutu Nissan jelek banding pabrik hybrid Toyota dan Honda. Saya tentu takut u guys terpengaruh, ngak jadi ambil Livina, kan sayang. Mau ngak mau saya harus jawab dengan fakta yang benar.
gw pemakai toyota tp g akui build quality nissan lebi bagus .

toyota yg harga di bawah 300 agak kurang..

tadi aja gw liat x-trail (baru kali gw amati dengan detail) komponen2 lampu dan lain2 masi JEPANG. toyota dan Honda udah THAI

lagian build quality interiornya jg lebih halus nissan kalo gw liat (maap buat yg punya x-trail gw liat2 dalemannya. bis gatel sih liatnya.. hihihi)

so...menurut gw masing2 merk punya kelebihan n kekurangan kok..

keep peace...

berantem belain salah 1 merk juga GAK DIBAYAR kok :lol: :lol: :lol:
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE