Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..
Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.
Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.
CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.
Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..
Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.
Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.
CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.
Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.
Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).
Cvt dah kadung dikutuk sejak lahir khususon lemot dan ringkih atawa gampang rusak..
Mitos atau fakta.. Mohon pencerahan [emoji5][emoji120]
Menurut saya itu mitos. Kenapa? Karena di Jepang saat ini sebagian besar key car (LCGC versi Jepang, mesin di bawah 660 cc) menggunakan turbo dan CVT. Jadi sebenarnya asal perawatan nya proper, seharusnya CVT juga awet.
Kalo soal CVT lemot, coba deh CVT X-trail T32.. Istri saya yang biasa setir CRV 2.4, setiap naik X-trail selalu langsung cari tombol eco.
CVT ini bisa punya karakter yang berbeda2, tergantung dari tuning ecu nya, apakah untuk agresif, atau hemat bahan bakar atau ke halus an mobil keluarga.
Tapi... Tetep aja, kelas di bawah 500 jt, nda ada yang bisa kalah in transmisi skyactiv CX-5.
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.
Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).
CMIIW
Untuk CVT saya mau tanya-tanya juga :
- apa benar CVT itu gak tahan torsi gede ? max torsi yg bisa dihandle brp NM ?
- Apa bener CVT itu (lebih) gampang panas kalo jalan nanjak atau jalan jauh?
- Kalau CVT rusak apakah bisa ganti sabuk, pulley dan oli CVT saja ? atau harus ganti 1 gelondongan ?
- Berapa harganya CVT ?
- Apakah ada yg sdh pernah ganti CVT / turun transmissi CVT ?
kalau di honda beat saya udah pernah ganti CVT dan roller dan olinya. murah kok
anadzir wrote: Thu Dec 20, 2018 5:30
CVT memang didesain untuk kehalusan dan keiritan bahan bakar karena hampir tidak ada power loss tiap pergantian 'gear'nya. Untuk reliability mah perawatan aja kok, olinya jangan pakai ATF, pakai oli khusus CVT dan rutin ganti (jangan kuras) tiap 20rb km, atau kalau sudah hitam ya harus diganti, jangan percaya sama 'lifetime fluid' yg bisa 60rb km.
Untuk lemot itu relatif di mobil apa sepertinya. Ane sendiri ngalamin di Nissan Murano 3.5 thn 2005, di mode Drive smooth sekali seperti naik motor matic, ketika diganti ke mode Triptronic bisa wheelspin 0.5-1 detik (ini kayanya ban juga udah jelek).
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Itu kalau ga salah karena banyak ngeluh suspensi jadi amblas....terutama yg awal keluar...yg terbaru katanya (...katanya forum sebelah yg bersangkutan serta teman saya yang pake) sudah diganti jenis shock-nya sehingga ga amblas lagi kalau full load.
Saya rasa biar amblas asal ga mentok juga ga apa apa ya om?
Sy masih pesimis dan review diluar juga simpang siur untuk hal berikut.
Menggunakan "performance air filter" sebenernya berpengaruh ke performa atau tidak? Dengan acuan mobil yg digunakan masih standar. (Based on dyno test ya, bukan feeling-feelingan)
Penggantian exhaust system (bagian reson n muffler) di mobil standar apakah akan meningkatkan performa? Atau hanya modifikasi suara semata?
Penggunaan electronic stabilizer yang katanya bisa memperirit dan meningkatkan performa mobil.
Turbo ventilator, ini sih banyak yang udah bilang ga ngaruh, tapi pengen tau disini opininya gimana. Secara alat ini sangat umum di jual dengan harga yang bisa dibilang ga murah.
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh......
Tampanman wrote: Tue Jan 01, 2019 14:26
Tanya, toyota calya atawa daihatsu sigra, ga boleh diisi full 7 penumpang, mitos atawa fakta?
Harusnya seh mitos ya, daya angkut (on paper) calya sigra untuk penumpang dan barang sekitar 500kg, kalau 1 orang 70kg aja sudah termasuk besar. 70x7 aja baru 490kg. Masih ada spare 10kg untuk barang.
kecuali diisi mod frd. baru 1 org udah berasa penuh......
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
newcity_vtec wrote: Wed Jan 16, 2019 5:20
Mitos atau fakta, kalau mesin sudah berumur harus pakai yg lebih kental, misal dr pabrikan menurut buku manual 5-30, karena sdh berumur harus pakai 10 atau 15.
Mitos om, saya pake mobil umur 12th dr baru pake 5w-30 sampe hr ini ndak ada masalah. Tokcer terus. Tapi sy butuh penjelasan detail juga ini, penasaran