ke AutoCartrixx ajaKwaci wrote:Kalo toyota sienta bisa pake aisin cfex kah om?
Adakah bengkel yg bisa flush sekitar jaksel, dah 40km dibawa ke SnD ps minggu malah disuruh ke beres...
dia setok CFEx & PTT CVT oil
Bisa kuras juga
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
ke AutoCartrixx ajaKwaci wrote:Kalo toyota sienta bisa pake aisin cfex kah om?
Adakah bengkel yg bisa flush sekitar jaksel, dah 40km dibawa ke SnD ps minggu malah disuruh ke beres...
Siap om, duly noted. Terima kasih.erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 4:45
90 rebu mah saya rasa masi gapapa lah, d luar negeri sana malah orang2 d genjot lebi sinting lg, mreka dbilang 60 rebu miles ganti yah beneran 60 rb baru dganti (tau sendiri miles itu jauhh lebi tinggi dr km)
Justru matic itu yg plg bahaya kl sala isi atf, atau worst case kecampur aer , nah ini baru rontok beneran kampasnya
Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.
Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.
Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).
Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).
Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Siap noted thanks banget om.DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 16:47selama yg dimasukin nya ATF T4, atau yg comply ke T4 sehh amanlawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?DOHC wrote: Fri Jul 17, 2020 4:45
90 rebu mah saya rasa masi gapapa lah, d luar negeri sana malah orang2 d genjot lebi sinting lg, mreka dbilang 60 rebu miles ganti yah beneran 60 rb baru dganti (tau sendiri miles itu jauhh lebi tinggi dr km)
Justru matic itu yg plg bahaya kl sala isi atf, atau worst case kecampur aer , nah ini baru rontok beneran kampasnya
paling dompet yg ga aman
Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang manalawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39Siap om, duly noted. Terima kasih.erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.lawyerone wrote: Fri Jul 17, 2020 13:46
Tapi di Indo (Jakarta) kan macet om, hahahahaha. Jadi aman ya flush pake mesin?
Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.
Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.
Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).
Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).
Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?
40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Yang comply T-IV sih PTT ATF-1A (110rb) dan Q8 Auto JK (130rb di Dunia Oli) ya.erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:02Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang manalawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39Siap om, duly noted. Terima kasih.erwinign wrote: Fri Jul 17, 2020 14:18
Aman2 aja om, sejauh yg saya amatin dr mobil saya yg udah flush ATF justru worry free ya. Krn mekanik2 udh sering nanganin flush atf pake mesin. Kl std saya sih maks 60rb harus flush, lbh cepet lebih baik misal tiap 40rb km. Justru mekanik zaman now itu pd ga tau kl ada flush manual, pdhl flushing manual lbh hemat oli ATF jg walaupun ga menjamin ATF di jeroan gearbox 100 persen baru ya, spt itung2an om omnibus.
Sharing aja om, saya wkt itu di ertiga 2014, dg kondisi oli atf di karter salah spek (tarikan berat, transmisi dengung, timbul suara transmisi kasar) dan agak ngga disiplin jg karena dr 2014 sampe 58rb km cuma pernah ganti atf di karter sekali itu udah ngga enak banget om. Ditambah warna ATFnya sendiri udah kearah ungu pucet (masih dibilang BAIK sama mekanik beres dr warnanya), akhirnya flush ATF pake Q8 JK langsung plong dan mobil bs lari ngacir.
Juga pernah di yaris bakpao AT, sama bengkel langganan ternama di jateng krn cm tau serahin mobil diberi ATF shell spirax S3. Ini slh satu ATF terbusuk yg pernah saya pake. Dr flush sampe jalan 40rb ga pernah ganti yg di karter, krn pikir sy wkt itu warnanya masih merah. Yg saya amatin stl pakai 20rb km tarikan mulai ngga enak, shifting gigi sering bingung dan cenderung nahan kl di turunan. Stl saya analisa dan liat di botolnya, ternyata juga salah spek. Yaris bakpao mintanya ATF WS, lah spirax S3 complynya ke ATF T-4 tok walaupun udah dexron III.
Dr case yaris ini saya juga matahin pemahaman mekanik kl sejauh ATF udah dexron III bisa dipake, padahal yg bener harus comply sama tipe spesifik yg ada di buku panduan (walaupun ngga menutup kemungkinan di mobil tertentu buku panduan suggest ke dexron III udah cukup, kl ga salah avanza lama begitu).
Buat om, biar gearbox awet sebaiknya sih flush aja om di innova. Walaupun innova itu scr mekanikal dg kondisi begitu istilahnya cuma geli2 doang saking reliablenya wkwkwkw. At least mestinya kl udah flush tarikan jauh lebih enak, dibanding kl cuma ganti di karter yg dampaknya ga seberapa. Selain itu kl memungkinkan karternya dibuka, terus dibersihin sekalian bak karter sama filter (strainer) ATFnya, cuma hrs dipelajarin dl kl innova yg hrs dipersiapin apa buat buka karternya (pesen paking, model bukaan bautnya dkk).
Penasaran om, itu yg jalan 40rb atf udah item di mobil apa ya?
Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?
40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Ini innovanya om bensin/diesel ya? Kl bensin sih mending PTT 1A aja om, krn minimal ngobatin tarikannya bs jadi responsif dikit dan oper2annya ttp aluslawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 4:14Yang comply T-IV sih PTT ATF-1A (110rb) dan Q8 Auto JK (130rb di Dunia Oli) ya.erwinign wrote: Mon Jul 20, 2020 4:02Kl soal ATF pake TMO/aisin sy belum pengalaman om, aisin value for money tp TMO sih mahal banget jatuhnya. Kalo saya di PTT sama Q8 pengalaman pake PTT A1 di mazda 2 nonsky, Q8 pake auto JK di ertiga sama yaris bakpao. PTT A1 karakternya lebih sporty driving tp oper2annya msh alus om, Q8 auto JK lebih smooth lagi tp jg oke buat saya. Harga kayanya beti antara ptt sama Q8, tgl cari lbh murah yang manalawyerone wrote: Mon Jul 20, 2020 3:39
Siap om, duly noted. Terima kasih.
Untuk Innova mending pake PTT/Q8 (sesuai rekomendasi ATF yang rame di forum) atau pake TMO/Aisin aja ya yang emang standarannya?
40rb km udah item di Mazda2 om. DJ MY2015 (Skyactiv). Tapi memang itu mobil tiap hari kena macet sih, karena dipake untuk kantor kuningan sehari2.
Maaf agak OOT jadi ngomongin ATF.
Lho TMO T-4 sy liat terakhir kok made in japan ya om?DOHC wrote: Mon Jul 20, 2020 4:28 Anu, numpang nimbrung
TMO atf itu isinya bkan aisin, tp either eneos atau idemitsu
Oli aisin atf itu buatan kixx korea
TMO t4 yg kemasang kaleng mmg made in japan om
Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
saya pernah pake cara ini dulu pas flush kisul A/T...albertusaryo wrote: Wed Aug 19, 2020 4:21Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
Bantu jawab, ptt automat LV1 meet AW-1, cek aja pds nyaeckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
Ptt automat LV1 sama Q8 Auto JK bisa om. Sy udah pake Q8 Auto JK di ertiga 2014, reportnya sdh ada di thread ini kayanya. Gerlong pake 5lt aja cukup, sesuai di buku panduan. 2 oli yg saya rekomen kurleb harganya unda undi sama SGO punya. Q8 bs ke pak halim td motor 0817199919/PTT ke bli2 aja ke distro resmieckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
eckops wrote: Fri Aug 21, 2020 14:43 Permisi.
Saya awam banget nih. ga ngerti banyak tentang mobil.
Saya baru angkat ertiga 2016. rencana mau kuras ATF secara gerlong ini. ada kenalan yang bisa.
Cuma saya kesulitan cari oli nya. kalau SGO ATF AW-1 di toko toko oli susah banget, rata rata adanya 3317.
Kalau di BeRes seliter 120ribu kya nya ngga worth it duit segitu utk SGO.
ada saran kah merk oli yg meet req dengan ATF AW-1 nya suzuki? Aisin AFW+ cuma compli dengan 3317.
siap sudah dipraktekan kemarin om, makasih infonya yaMSU wrote: Wed Aug 19, 2020 6:55saya pernah pake cara ini dulu pas flush kisul A/T...albertusaryo wrote: Wed Aug 19, 2020 4:21Main2 ke forum ini trnyata nemu teknik kuras manual ini, saya lg galau mau kuras dimana , secara di kota kecil (Pky-Kalteng) ini ga nemu bengkel yg punya mesin kuras. om Turboman, saya mau tanya, untuk poin 10, ini tanda harus stop pindahkan tuas saat apa ya?dan kapan (di poin mana) kita harus top up atf dari dipstik agar warna atf yg keluar dr selang sudah merah bening? makasih sebelumnya.Turboman wrote: Tue May 09, 2017 13:04 as subject
Teknik kuras matic ala Gerlong / manual flushing utk matic dengan dipstick
Alat & Bahan :
- Selang dgn ID 8 mm sepanjang 30 cm
- Corong
Step2-nya :
1. Lepas 2 selang ATF yg menuju ATF cooler di radiator
2. salah 1 nok yg selangnya terlepas, kasih selang kurleb 30 cm (ID 8 mm) dan arahkan ke bawah
3. Arahkan kedua selang yg ujungnya terlepas ke wadah penampungan oli
Proses pengerjaan :
1. Buang ATF yg ada di oil pan matic
2. Ukur volume ATF yg keluar
3. Tutup baut pan
4. Masukkan ATF sesuai volume ATF yg keluar lewat pipa dipstick
5. tarik rem tangan kuat2
6. Suru anak buah jaga di depan mobil utk melihat cairan ATF yg keluar dr salah 1 selang dan beritahu jika ATF yg keluar udah merah bening dia harus teriak / kasih tangan
7. Injak rem
8. Nyalakan mesin
9. Pindah2 kan tuas matic dari P ke L ke P secara bolak balik dan tahan di tiap posisi selama kurleb 1 detik
10. P - L - P terus secara bolak balik sampai anak buah teriak / kasih tanda
11. begitu anak buah kasih tanda segera matikan mesin
12. Ukur volume ATF yg keluar dr selang
13. Masukkan ATF baru lewat pipa dipstick sesuai volume ATF yg keluar dari selang
14. Pasang kembali selang2 ATF seperti semula
15. Hidupkan mesin dan ukur volume ATF dgn dipstick & tambah jika kurang
SELESAI
Catatan :
1. Utk matic dengan tuas + / - maka saat mainkan tuas bisa dengan P - R - N - D - + dgn cetek2 sampe 6X lalu ke - dgn cetek2 sampe 6X lalu balik ke D - N - R - P
di tiap posisi tahan kurleb 1 detik
2. Utk matic tanpa dipstick, jika ada baut pembuangan oli juga bisa lakukan Gerlong, hanya saja isi oli lewat lubang pengisian dan baut cek level ATF dibuka agar kita tahu jika volume ATF dah penuh
yang point no 10...om mesti tau dulu warna atf baru-nya seperti apa..
nah pas lakukan point no 10...itu kan ada atf yang ngalir dari selang (ATF kotor)...pas ATF yang ngalir berubah warna jadi seperti baru...lsg balik ke P & matiin mesin...
Xpander matic masih pakai AT geared 4 speed Oom Hnr92. Karakter 4AT ya begitu deh, rada telmi & rada nanggung buat shifting nya, ngga bisa seresponsif seperti 5AT apalagi 6AT keatas. Gear makin banyak khan makin rapat rasionya, jadinya makin responsif buat shifting nya.hnr92 wrote: Sat Jul 18, 2020 17:00 halo om, salam kenal semua. kebetulan saya pakai xpander matic 2020 yg transmisinya uda ATF-MA1. saya merasa transmisinya stdnya agak kurang bgs atau agak loss tidak seperti honda 5at Jazz/Freed saya sblmnya.
saya mau tanya spesifikasi oli transmisi apa yg bisa sebagai subtitusinya biar lebih baik respon ganti giginya?
thank![]()
Sendirian atau pake asisten Om?sintoni wrote: Wed Sep 16, 2020 3:16 Akhirnya tadi pagi kesampaian buat flushing manual ATF Yaris 1NZ ane.
Ini mobil ane beli dari baru awal 2015 sampe sekarang sudah jalan 65rb km belum pernah sama sekali otak atik ATF karena menurut buku manual mobil ini ATF WS bisa tahan sampe 120rb km sebelum flushing.
Menurut ane yang lumayan susah dalam proses flushing manual ini waktu nyabut selang ATF yang tersambung ke oil cooler,
1. Ruang manuver di enjin gay lumayan sempit apalg harus nyopot pake tang.
2. Ada 2 selang yg 1 in yang 1 out tadi sempat salah copot jadi waktu mesin dinyalain lumayan banyak tumpah.
ATF lama yang keluar waktu buka drain plug di pan (pake kunci L) sekitar 3 liter, terus yang keluar dari oil cooler sekitar 3.3 liter.
Ane pake Aisin AFW+ sebagai pengganti ATF ane.
Ini kondisi ATF ane setelah 5,5 tahun 65rb km ga pernah tap / flush, sudah butek banget warnanya.
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?sintoni wrote: Wed Sep 16, 2020 3:16 Akhirnya tadi pagi kesampaian buat flushing manual ATF Yaris 1NZ ane.
Ini mobil ane beli dari baru awal 2015 sampe sekarang sudah jalan 65rb km belum pernah sama sekali otak atik ATF karena menurut buku manual mobil ini ATF WS bisa tahan sampe 120rb km sebelum flushing.
Menurut ane yang lumayan susah dalam proses flushing manual ini waktu nyabut selang ATF yang tersambung ke oil cooler,
1. Ruang manuver di enjin gay lumayan sempit apalg harus nyopot pake tang.
2. Ada 2 selang yg 1 in yang 1 out tadi sempat salah copot jadi waktu mesin dinyalain lumayan banyak tumpah.
ATF lama yang keluar waktu buka drain plug di pan (pake kunci L) sekitar 3 liter, terus yang keluar dari oil cooler sekitar 3.3 liter.
Ane pake Aisin AFW+ sebagai pengganti ATF ane.
Ini kondisi ATF ane setelah 5,5 tahun 65rb km ga pernah tap / flush, sudah butek banget warnanya.
Pake asisten om, aslinya sih bisa aja kalau mau pake selang yang agak panjang jadi tarik selang dari nok deket radiator sampe ke samping pintu driver, jadi bisa liat sendiri pas oli sudah merah jernih.
Pas buka drain plug keluar 3 liter om, terus yg keluar dari oil cooler sekitar 3,3 liter om jadi bener total 6.3 literan.DOHC wrote: Thu Sep 17, 2020 3:09
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?
Enak ya disain metik 1NZsintoni wrote: Thu Sep 17, 2020 3:23Pake asisten om, aslinya sih bisa aja kalau mau pake selang yang agak panjang jadi tarik selang dari nok deket radiator sampe ke samping pintu driver, jadi bisa liat sendiri pas oli sudah merah jernih.
Pas buka drain plug keluar 3 liter om, terus yg keluar dari oil cooler sekitar 3,3 liter om jadi bener total 6.3 literan.DOHC wrote: Thu Sep 17, 2020 3:09
Buka selang cooler lgs kluar sisa 3.3 liter om , jd total 3 + 3.3 liter = 6.3 liter ?
Mantabs om, saya pake juga cfex dan lbh enak dari bawaan.fajarap wrote:Halo rekan2 sm,
Saya mau share pengalaman kuras atf di yaris cvt 2017 punya saya pemakaian 3thnan lbh, odo jalan 37k.
Awalnya bingung nyari dimana dan udh ubek2 forum sm cari di wilayah jabodetabek direkomen toda atau cakra, tp berhubung jauh bgt dan harga oliny lmyn mahal, jd ane olinya beli sndiri di tokped dan saya cari bengkel modal google dan cek reviewnya. oiya, Saya pk aisin cvt cfex yg meet sm spek yaris pk toyota fe ssuai buku manual.
Total kurleb 10L pk metode flushing manual. Overall enak bgt perpindahan transmisinya.