Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

ternakblog wrote: Nah itu dia om
Tapi kayake gak aneh se.wong harga pertamax di sby itu macem2.ada yang 11300. 11650. 11750. Pdhal sama2 54 nya spbu nya:-s
Cuma lewat doang se kmrn.ada tulisannya perta plus 11650.biasanya ngisi di mayjen sungkono pertamax kena 11750 masihan
bisa jadi karena tidak ada saingannnya om. kalo di jakarta kan ada shell sama total yg bisa dibilang jadi "auditor" harganya :big_grin:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by iamwewe »

imsus2c wrote:
iamwewe wrote:
imsus2c wrote:
Sebenarnya yg dimaksud rontok kotorannya itu kan yg di combustion chamber (ruang bakar), jadi ngga masalah lah.
Kan kebakar habis dan kebuang

Kalau khawatir injector tersumbat, berarti yg kotor dari tanki dan salurannya. Kalau memang terjadi, kan bisa dibersihkan lewat kalibrasi injektor, apalagi sekarang ada yg model ultrasonic. Paling per injector kena Rp.50-75k.

Semisal jarang pakai bbm lux, kan bisa ditambah additive pembersih (detergent), bukan octan booster yah...
Saya pakai Redline, seperti yg gambarnya sdh di post-kan pak Turboman,

Dosis 1ml per 1L bensin, itu pakai bensin merah lho ya :D

Kalau bensin kuning, ya mungkin harus ditambah dosis-nya

Pakai bensin bagus + additive pembersih, manfaatnya bukan hanya di performa saja. Tapi juga di keawetan dan durabilitas mesin. Untuk yg suka gonta-ganti mobil (<3thn) mgkn sih ga gitu ngerasa efek keawetan ini.
Tapi bagi penggemar otomotif dan pemakai lama (dipakai >3-5thn), bakal kerasa bedanya.

Contoh pengalaman saya yg sdh saya postkan di trid oli
viewtopic.php?f=4&t=21389&start=125#p772355
trims pak imsus utk penjelasannya. per kemarin saya sih udh isi vpower full, lumayan berasa 350rb, dari biasa kuning 200rb. dan bener, nggak ada gejala tersendat2 atau gimana. spt temen2 bilang, ecu langsung menyesuaikan, langsung makin zoom-zoom walopun pedal gas ditoel sedikit.

yang menarik adalah jarak tempuh yg bisa ditempuh dengan full tank. biasa isi full kuning hanya 560km tulisannya. kemarin jadi 610km. lalu utk FC, full kuning saya biasa dapet 9.2/100km, hari pertama saya pakai ini fcnya tertulis 7.4/100km. semoga emang se worth ini ya.
Betul, saya sdh pernah posting duluuuuuuuu sekali, saat harga premium vs p/p+ ngga beda jauh dan kurs $ masih dibawah atau sekitar 10k (thn 2007/8an)
Setelah pakai p/p+ dan mesin (ecu) beadaptasi, konsumsi bbm (liter per km) jadi membaik.

Jatuhnya, biaya rupiah per KM, bisa sama. Dan kalaupun betis, dgn segala benefit -nya, penggunaan oktan tinggi lebih bermanfaat.
Bukan hanya dari oktan (performance), tapi juga kandungan additif (maintenance).

Cuma habis itu itungan saya tadi langsung bubar jalan bbrp thn silam :mrgreen:
Ketika harga minyak dunia tembus rekor tinggi dan kurs rupiah makin melemah.
Saya masih ingat kapan hari itu, harga p/p+ tembus 12k/L

Kalau kondisi saat ini, dimana harga premium vs p/p+ ngga beda jauh, apalagi jika dipakai di mobil modern, saya sangat sarankan gunakan aji mumpung...
Karena siapa tau besok2 harga bbm non-subsidi balik "normal" lagi :mrgreen:
sebenernya kalo selisih fcnya banyak gini sih tentu saya pake vp terus pak. apalagi ada bonus nyetirnya jadi enak bingitz skrg.

haha.. saya ingat tuh waktu taun segitu. emang selisihnya nggak banyak antara kuning dan nonsub.

oh untuk masalah keawetan dan durabilitas mesin.. ini aja sih yg saya kurang percaya. saya liatnya limo aja, itu mobil diisiin premium terus tanpa pake additif apa2, sampe high mileage gitu, nggak ada masalah loh di mesin. ini sih emang berdasarkan testi drivernya, dia bilang nggak pernah ada apa2 asal ganti oli mesin aja tepat waktu.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

jadi memang bener yg penting pelumas2nya diganti tepat waktu. Mesin harusnya kuat selama rutin dibawa.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4364
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by kunaskun »

iamwewe wrote:
sebenernya kalo selisih fcnya banyak gini sih tentu saya pake vp terus pak. apalagi ada bonus nyetirnya jadi enak bingitz skrg.

haha.. saya ingat tuh waktu taun segitu. emang selisihnya nggak banyak antara kuning dan nonsub.

oh untuk masalah keawetan dan durabilitas mesin.. ini aja sih yg saya kurang percaya. saya liatnya limo aja, itu mobil diisiin premium terus tanpa pake additif apa2, sampe high mileage gitu, nggak ada masalah loh di mesin. ini sih emang berdasarkan testi drivernya, dia bilang nggak pernah ada apa2 asal ganti oli mesin aja tepat waktu.
dulu di jkt si saya selalu isi Shell V, isi premium oplos shell V :p kenapa shell karena kontrolnya lebih paten daripada Pertamina, cara handling dan perawatan mesin aja beda kok dari pertamina. kecuali pertamina yang COCO dengan awalan nomor SPBU 31. itu bisa dipercayalah, tapi buat apa bayar sama tapi ga dapet fasilitas sekeren Shell :mky_03:

kalau taxi si tiap 3000 ribu km ganti oli, olinya ga aneh2 cuma pertamina mesran drum2an, tapi karena rajin diganti dan perawatan teliti makanya awet2, belum lagilimo itu kan luar biasa irit di tangan bluebird, dalkot macet2an aja 12 kpl, kalau lancar tembus 15 kpl., bukannya cuma faktor drivernya juga tapi emang tuh mesin ada kilikan spesial pake telor :big_think:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by iamwewe »

kunaskun wrote:
iamwewe wrote:
sebenernya kalo selisih fcnya banyak gini sih tentu saya pake vp terus pak. apalagi ada bonus nyetirnya jadi enak bingitz skrg.

haha.. saya ingat tuh waktu taun segitu. emang selisihnya nggak banyak antara kuning dan nonsub.

oh untuk masalah keawetan dan durabilitas mesin.. ini aja sih yg saya kurang percaya. saya liatnya limo aja, itu mobil diisiin premium terus tanpa pake additif apa2, sampe high mileage gitu, nggak ada masalah loh di mesin. ini sih emang berdasarkan testi drivernya, dia bilang nggak pernah ada apa2 asal ganti oli mesin aja tepat waktu.
dulu di jkt si saya selalu isi Shell V, isi premium oplos shell V :p kenapa shell karena kontrolnya lebih paten daripada Pertamina, cara handling dan perawatan mesin aja beda kok dari pertamina. kecuali pertamina yang COCO dengan awalan nomor SPBU 31. itu bisa dipercayalah, tapi buat apa bayar sama tapi ga dapet fasilitas sekeren Shell :mky_03:

kalau taxi si tiap 3000 ribu km ganti oli, olinya ga aneh2 cuma pertamina mesran drum2an, tapi karena rajin diganti dan perawatan teliti makanya awet2, belum lagilimo itu kan luar biasa irit di tangan bluebird, dalkot macet2an aja 12 kpl, kalau lancar tembus 15 kpl., bukannya cuma faktor drivernya juga tapi emang tuh mesin ada kilikan spesial pake telor :big_think:
kalo spesial pake telor nambah brp duit ya?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

gmn cara buat bisa 1:!5 itu limo om? tenaga nya kurang pasti dong?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11866
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by marmut »

montirangin wrote:gmn cara buat bisa 1:!5 itu limo om? tenaga nya kurang pasti dong?
tiap malem selasa kliwon kasi melati sama mawar. malem jum'at kliwon mandiin air bunga setaman plus bakarin menyan madu setengah kilo. malem 1 suro mandiin air jeruk nipis.


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by ChZ »

ya makanya pada kerasa kan kalo naik taxi tarikannya limo nggak seganas Vios reguler...

kerasa agak ngedhen waktu start, tetep beda sama Vios.

setau saya taxi2 gini dibedain di exhaust (catalytic conv nya) dan (mungkin) AFRnya dibuat lebih lean kali ya. CMIIW.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by amfibi »

Trus limo tuh pas mo jalan pasti ada suara *klek klek klek* :mky_03:

Di limo yang skrg ini ga gitu bgt lagi sih ...
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by b8099ok »

Akhirnya,... Kenaikan tunjangan diatas 38%,... Jd bisa naik ke shell,... :D
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by Turboman »

marmut wrote:
montirangin wrote:gmn cara buat bisa 1:!5 itu limo om? tenaga nya kurang pasti dong?
tiap malem selasa kliwon kasi melati sama mawar. malem jum'at kliwon mandiin air bunga setaman plus bakarin menyan madu setengah kilo. malem 1 suro mandiin air jeruk nipis.


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
wuihhhhhh

Nanti bisa2 ada penunggu-nya......kayak mobil2 ex Bung Karno
:upss:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

ChZ wrote:clarify aja om van... Ertiga 10 : 1

http://suzuki.co.id/cars_prods_ertiga_spec.php

dengan kata lain memang recommended nya RON91...
Menurut brosur...

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

kalo compression ratio diatas 11 berarti octane 100? ermm..
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by aufal »

Nanya om om. . .harga pertamax yg nentuin itu SPBU masing2 ato gmn?kok salah satu SPBU d tmpat ane msh Rp.10600 aje.padahal d SPBU sebelah yg jarak cm bbrp km beda lg n lbh murah. . .tp klo selang kuning sama semua.

Beda harga g seberapa sih,tp eneg aja liatnya klo g sama. .[emoji32]
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by B 0 YZ »

Habis isi fulltank bebek ane pake kerang super cuma abis 33rb :) , sekarang mayan rame antrian utk sepeda motornya, agak keteteran si mungkin aja krn belom terbiasa dpt pelanggan sebanyak ini

Btw,
Lagi ada promo isi 350rb free 50rb, setiap senin pake bca black card, tp ame ga punya itu bca black card :(
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

aufal wrote:Nanya om om. . .harga pertamax yg nentuin itu SPBU masing2 ato gmn?kok salah satu SPBU d tmpat ane msh Rp.10600 aje.padahal d SPBU sebelah yg jarak cm bbrp km beda lg n lbh murah. . .tp klo selang kuning sama semua.

Beda harga g seberapa sih,tp eneg aja liatnya klo g sama. .[emoji32]
fix dari pusat. itu kenakalan masing cabang aja. Gara2 stok banyak kalo ikut turun harga kan rugi. Bandel skrg karena ga ada tindakan hukum yg jelas.
User avatar
knur
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sat Jul 28, 2012 15:15

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by knur »

Kemungkinan kalo di kota yang sama tapi beda harga tuh karena petugas SPBU nya belum ngerubah tulisan yang dipajangnya aja
Di Bandung ada yang uda dirubah jadi 10.000/liter tapi masih ada juga yg nulis 10.200/liter, tapi coba aja kalo beli, di mesinnya uda 10.000/liter
ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by ternakblog »

Kok aku malah berprasangka gini ya
Kenaikan harga bbm itu mrupakan deal2 sama mamarika.spy spbu2nya laku di indonesia.terbukti dg naiknya premium.org2 beralih ke spbu kerang.si kerang yg dulu biasa aja skg jadi rame.smoga dugaanku salah:-))
Mengenai harga.bener om itu.beda2 om meski 1 daerah.udah pernah nyoba soale.harga yg terpampang itulah harga real
Bsok nyoba ngisi di spbu hr muhammad yg harganya miring.spbu di sby yg harganya miring klo pertamax n plus itu ada juga di margorejo sampinge papaya.itu selalu kalo jual dibawah harga pasaran.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

montirangin wrote:kalo compression ratio diatas 11 berarti octane 100? ermm..
98 lah om. Di malaysia dan spore yg dijual juga rata rata mentok 98 untuk ron.

Berarti bener lah kalo ertelu, pansah siniah, lussy dan grenmek rekues ron 95.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

om ternak, ngga spt itu lah om.. walau indo ini bak negara mereka, iya kekayaan alamnya banyakan mereka yg nikmatin dibanding si empunya (kita2).

om vanz, ngga maksud ane tadi liat graphnya itu lho.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by imingwahyudi »

Jambangan wrote:
imingwahyudi wrote:
Sama!!!!

Saya paling cocok sama Total 92, nendang bgt! 95 nya malah ga enak, nyentil dikit nyundul nyundul jadinya wkwkwkwkw. Super Extra/VPo malah ngeden bawahnya..[emoji102]
Katanya mau beli 95 om iming? :mky_03:
BTW bener tuh total performance 95 lebih nyendat2 :mky_01:
Buat macet2 kurang enak :big_childish:

adty wrote:
Pertaplus dibanding vpower atau total 95 oke mana om? Pengen nyoba sesekali, C26 dipakein shell super jadi lebih lemot dibanding pake pertamax
hmm, kalo menurut ane hampir mirip ya om
ga berasa bedanya sih kalo yg ane coba :ungg:
Mungkin v-power menang aditif aja ya lebih banyak
tapi ga tau jg sih :upss:
:big_chicken:



RON95 di P+ aja dah [emoji216] [emoji97]

Lebih cucooo[emoji216] [emoji252] [emoji252] [emoji252]
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

more and more blg shell v lebih lemot dibanding yg pertamina punya, ada apa dgn shell. sptnya dulu waktu baru2 bbrp bulan dan thn pertama, shell lebih unggul.
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by imingwahyudi »

montirangin wrote:more and more blg shell v lebih lemot dibanding yg pertamina punya, ada apa dgn shell. sptnya dulu waktu baru2 bbrp bulan dan thn pertama, shell lebih unggul.
kalo saya malahan dari dulu ga pernah ngerasa 'hype' nya "VPower" (dikutip karena VPo sini abal abal :mky_07: ), yang noticeable sekali yaitu air yang netes banyak sekali dan aroma saat pakai VPo :big_smile]
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by VanzMatic »

Yang ane inget banget, pas mau ke puspiptek, bensin ternyata udah tipis banget.

Ndilalah jamu saya pas habis dan belum ambil stok di rumah, sehingga ngga mungkin iso plemiyum murni gitu aja.

Karena nggada pertamina, begitu keluar tol, belok ke arah batan, ada pom shell. Isi super berapa ya waktu itu, yg jelas sekarang digantiin V Power. Isi 10 liter aja, masih di harga 7 atau delapan ribu deh..

Sama aja kok rasanya.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Premium 8500 atau Shell Super/Pertamax/Total 92

Post by montirangin »

imingwahyudi wrote:
montirangin wrote:more and more blg shell v lebih lemot dibanding yg pertamina punya, ada apa dgn shell. sptnya dulu waktu baru2 bbrp bulan dan thn pertama, shell lebih unggul.
kalo saya malahan dari dulu ga pernah ngerasa 'hype' nya "VPower" (dikutip karena VPo sini abal abal :mky_07: ), yang noticeable sekali yaitu air yang netes banyak sekali dan aroma saat pakai VPo :big_smile]
mungkin ane kali yg tersugesti sama pelayananya :wkkk: