Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11857
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by marmut »

2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13

Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;


Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.

Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk



:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
2kdpelan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by 2kdpelan »

DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 12:19
2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13
DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 11:28 sudah kuduga....

si oli mikrolet

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;


Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.

Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk
namanya jg oli mikrolet, promosi aj ga modal nyepam sana sini, ud percis kaya mikrolet yg doyan nyodok sana sini :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Sah2 aja sih mbah, mungkin dia sbg principal disini ga punya budget promosi jd cari yg gratisan.

Tapi sebelum jelek2in merk lain, pastikan barang yg dia jual top notch & bebas cela.. jgn ud jelek2in merk lain, eh kualitas barang dia ternyata dibawah yg dijelek2in hahahah
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by DOHC »

2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:34
DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 12:19
2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13

Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;


Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.

Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk
namanya jg oli mikrolet, promosi aj ga modal nyepam sana sini, ud percis kaya mikrolet yg doyan nyodok sana sini :mky_03: :mky_03: :mky_03:
Sah2 aja sih mbah, mungkin dia sbg principal disini ga punya budget promosi jd cari yg gratisan.

Tapi sebelum jelek2in merk lain, pastikan barang yg dia jual top notch & bebas cela.. jgn ud jelek2in merk lain, eh kualitas barang dia ternyata dibawah yg dijelek2in hahahah
eitss ga boleh donk mbah, bisnis tetep harus punya etika , ga jatohin merk laen, ga d toko orang nyepam sana sini , dan yg plg penting PAKE MODALLL :mky_03: :mky_03:



barang bole ada cela, tp harus dikompensasi ama harga nya... kl misal jualan mesran super dikasi harga ravenol, bahlul itu namanya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Woompy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 206
Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Woompy »

sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 11:56 Bisa juga kalau baru pasang oil cooler/leaching. Kalau leaching biasanya makin lama makin sendikit. Bisa juga dari brass, beberapa mesin mengandung material brass.

Untuk referensi mengenai Copper di UOA bisa lihat disini
https://www.fluidlife.com/blog-determin ... ere%20wear.

Kalo di Blackstone labs dia biasanya keluarin kyk universal average, rekomendasinya di belasan
images (6).png

Kalo di UOA yang saya positing itu udah bongkar mesin, hasilnya bener bearingnya kaput akibat saluran oli macet, makanya copper sampe 90an . Mobil N55 335i
Ooow okay thank you referencenya. Untuk kondisi hardware mesin K12M waktu itu factory standard, gaada pasang oil cooler. Untuk case uoa amsoil ss di 1kr vet berarti clear ya aman banget itu wear copper cuma 5 ppm since limitnya ada di 15 ppm.

Anyway tadi saya abis googling sebentar ternyata petrolab juga ngeluarin reference batas aman untuk setiap indikator. Kalau dilihat yang punya petrolab ini batasnya lebih longgar ya, hasil copper wear untuk uoa amsoil di mesin K12M masih dibawah batas urgent. Untuk oli kendall lewat sedikit dari batas urgent dan q8 waktu itu kelewat jauh dari batas urgent
file.php.jpeg
Walaupun begitu ya untungnya mobil saya gak kenapa2 sih waktu itu, to be fair penguapan ketiga oli yg pernah saya test di mesin k12m itu masih wajar. Kalau disuruh bikin ranking butt o meter oli mesin di mesin K12M saya pilih:
1. Amsoil ss 0w20
2. Q8 formula ultra 0w20
3. Kendall GT1 0w20

No hard feeling ya, saya sendiri masih penasaran mau test beberapa oli keraton lagi di mesin 1kr vet. Berhubung pengalaman saya di mesin K12m paling bagus itu amsoil ss jadi itu yg sama test duluan :big_smile] :big_deal:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Total Ineo MC3 5w30
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 15:12
sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 11:56 Bisa juga kalau baru pasang oil cooler/leaching. Kalau leaching biasanya makin lama makin sendikit. Bisa juga dari brass, beberapa mesin mengandung material brass.

Untuk referensi mengenai Copper di UOA bisa lihat disini
https://www.fluidlife.com/blog-determin ... ere%20wear.

Kalo di Blackstone labs dia biasanya keluarin kyk universal average, rekomendasinya di belasan
images (6).png

Kalo di UOA yang saya positing itu udah bongkar mesin, hasilnya bener bearingnya kaput akibat saluran oli macet, makanya copper sampe 90an . Mobil N55 335i
Ooow okay thank you referencenya. Untuk kondisi hardware mesin K12M waktu itu factory standard, gaada pasang oil cooler. Untuk case uoa amsoil ss di 1kr vet berarti clear ya aman banget itu wear copper cuma 5 ppm since limitnya ada di 15 ppm.

Anyway tadi saya abis googling sebentar ternyata petrolab juga ngeluarin reference batas aman untuk setiap indikator. Kalau dilihat yang punya petrolab ini batasnya lebih longgar ya, hasil copper wear untuk uoa amsoil di mesin K12M masih dibawah batas urgent. Untuk oli kendall lewat sedikit dari batas urgent dan q8 waktu itu kelewat jauh dari batas urgent
file.php.jpeg

Walaupun begitu ya untungnya mobil saya gak kenapa2 sih waktu itu, to be fair penguapan ketiga oli yg pernah saya test di mesin k12m itu masih wajar. Kalau disuruh bikin ranking butt o meter oli mesin di mesin K12M saya pilih:
1. Amsoil ss 0w20
2. Q8 formula ultra 0w20
3. Kendall GT1 0w20

No hard feeling ya, saya sendiri masih penasaran mau test beberapa oli keraton lagi di mesin 1kr vet. Berhubung pengalaman saya di mesin K12m paling bagus itu amsoil ss jadi itu yg sama test duluan :big_smile] :big_deal:
Aman, thanks for sharing :big_deal:.
Saya setuju kok dengan ranking itu (tapi kalo yang nomor 3 belom pernah coba sih, sekarang Q8 0w20 ultra jg udah discontinue)

Kalo petrolab itu referencenya based on engine type gak ya? Parameternya sih mereka lebih lengkap dari trakindo.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27
marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 17:37
Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:35
Gpp mbah
Tinggal bongkar aja oil pan nya
Pk hentul mbah suhu yg super lengkap itu.

Ntar ngencenginnya tinggal pk impact wrench aja di torsi maksimum


oke suhu..... laksanakan.

sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.




20250208_195409.jpg
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Last edited by kayukayuthe5th on Mon Feb 10, 2025 0:05, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Woompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.

UOA1.png
UOA2.png

Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47

WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg

Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya :off_good_job:
wah ini di push ampe 10k? mantep juga ini di KR-VET. sesama user KR-VET , kecil2 cabe rawit :big_deal:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27
marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 17:37



oke suhu..... laksanakan.

sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.




20250208_195409.jpg
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Jd inget.
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
:big_biglaugh:

Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:

- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus

- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi) :mky_03:

- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20

**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C

:big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44
kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27

Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Jd inget.
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
:big_biglaugh:

Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:

- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus

- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi) :mky_03:

- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20

**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C

:big_biglaugh:
padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih hehe :mky_04:
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?

kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 3:36
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44
kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Jd inget.
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
:big_biglaugh:

Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:

- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus

- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi) :mky_03:

- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20

**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C

:big_biglaugh:
padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih hehe :mky_04:
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?

kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
Motul 913D @8500km
dan Q8 SN plus dexos1 g2 @9800km
on par sekitar 100ml lbh aja
Gak sampai 200ml

Honda genuine cuma 6-7rb km
bs 400-500ml (udh lbh dr 10% x 3.6 liter)

Krn tetap ada deviasi dr gelas takar ketika pertama tuang dll

Itu dgn kondisi dalkot bandung
dan PP jakarta bandung sebulan 1-2x

Saya gak terlalu suka push and gelinding.
Skrg dah gak prnh ngukur2 lagi.
Krn memang no choice ngikut garansi

Klo adnoc silverplus 5w30 di mbl second, so far so good lihat dipstick.
Oli arab dan prancis bensin emang mantep sih.
:big_biglaugh:

Setidaknya waktu tu jd tau..
Mana oli yg ok dgn nguap minim - tolerable, dan terpaksa dipakai

Padahal jarak pendek itu cm 6-7rb km, kondisi ramai lancar kombinasi tol :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 3:46
kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 3:36
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44

Jd inget.
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
:big_biglaugh:

Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:

- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus

- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi) :mky_03:

- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20

**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C

:big_biglaugh:
padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih hehe :mky_04:
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?

kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
Motul 913D @8500km
dan Q8 SN plus dexos1 g2 @9800km
on par sekitar 100ml lbh aja
Gak sampai 200ml

Honda genuine cuma 6-7rb km
bs 400-500ml (udh lbh dr 10% x 3.6 liter)

Krn tetap ada deviasi dr gelas takar ketika pertama tuang dll

Itu dgn kondisi dalkot bandung
dan PP jakarta bandung sebulan 1-2x

Saya gak terlalu suka push and gelinding.
Skrg dah gak prnh ngukur2 lagi.
Krn memang no choice ngikut garansi

Klo adnoc silverplus 5w30 di mbl second, so far so good lihat dipstick.
Oli arab dan prancis bensin emang mantep sih.
:big_biglaugh:

Setidaknya waktu tu jd tau..
Mana oli yg ok dgn nguap minim - tolerable, dan terpaksa dipakai

Padahal jarak pendek itu cm 6-7rb km, kondisi ramai lancar kombinasi tol :big_biglaugh:
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA

iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw :big_slap:

yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga :mky_01:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA

iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw :big_slap:

yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga :mky_01:
Yah makanya ya mbah.
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.


klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.

Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.


Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27
marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 17:37



oke suhu..... laksanakan.

sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.




20250208_195409.jpg
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43
kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27

Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah? :big_peace:
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Wed May 03, 2017 10:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 4:56
kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA

iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw :big_slap:

yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga :mky_01:
Yah makanya ya mbah.
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.


klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.

Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.


Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya :big_biglaugh:
iyoa, atleast udah ga penasaran ini techno wkwkwk
L15z1 maupun L15zf kaianya karakter gajau beda soal efek ke oli juga hehe
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 8:18
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 4:56
kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA

iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw :big_slap:

yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga :mky_01:
Yah makanya ya mbah.
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.


klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.

Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.


Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya :big_biglaugh:
iyoa, atleast udah ga penasaran ini techno wkwkwk
L15z1 maupun L15zf kaianya karakter gajau beda soal efek ke oli juga hehe
Iya mesin honda 1500cc NA gtu gtu aja koq
Nothing new or special :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51
tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43
kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP :big_slap: ; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51
tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43

Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by tohpati »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19
tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51

bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Siappp Mbah :big_exellent:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19
tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51

bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwk

Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice :upss:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12539
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Mon Feb 10, 2025 13:55
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19
tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56

Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwk

Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice :upss:
klo mau lbh dingin, ganti thermos sm lower temp dan ganti kipas lbh kencang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2543
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 14:08
sahabatq8 wrote: Mon Feb 10, 2025 13:55
Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19

coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwk

Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice :upss:
klo mau lbh dingin, ganti thermos sm lower temp dan ganti kipas lbh kencang :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Iya, di mobil ane cukup stabil sih sesuai thermostat, kebanyakan mobil jepang jg gitu ya
Kalo di mobil eropa sih suhu oli mesin lebih tinggi, mungkin bagus ngaknya coolantnya lebih pengaruh.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43 Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
Kok murah ini cuma 360.

Padahal 0w20nya biasa per liter sudah cepek lebih.

Kalau yg 5w30 emang cuma 350an pergalon.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by Turboman »

Kadang2 saya heran mengapa banyak user yang mencari oli mesin yg se murah2 nya tapi kalo pasang PPF 15 - 20 jt (per mobil) berani, bahkan ada PPF yang sampe 30 jt / mobil

Misalnya aja kalo user pakai oli yg harga Rp 300 rb / L (misal Ams Signat / Q8 / Ravenol / Redline) utk kapasitas karter 5 L, dan ganti setahun sekali, maka per tahun keluar duit Rp 1,5 jt + filter oli misal 100 - 150 rb dah

maka PPF seharga Rp 15 jt bisa utk ganti oli dengan oli sultan selama 10 tahun (bila ganti oli nya setahun sekali)

dan pake oli Sultan tentu feel beda jauh dengan oli yg harga di bawah 100 rb / L atau yg di bawah 150 rb / L

apakah karena PPF = sesuatu yg bisa dipamerkan ke orang lain ? (terkait appearance kendaraan)

sedangkan oli = sesuatu yg tidak bisa dipamerkan ke orang lain

Saya melihat workshop2 PPF / Coating daerah Serpong (contoh aja) cukup rame ya, dan jumlah workshop nya juga bertambah sedikit demi sedikit

any opinion ?

Thanks
Last edited by Turboman on Tue Feb 11, 2025 6:38, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20

Post by sintoni »

Turboman wrote: Tue Feb 11, 2025 6:21 Kadang2 saya heran mengapa banyak user yang mencari oli mesin yg se murah2 nya tapi kalo pasang PPF 15 - 20 jt (per mobil) berani, bahkan ada PPF yang sampe 30 jt / mobil

Misalnya aja kalo user pakai oli yg harga Rp 300 rb / L (misal Ams Signat / Q8 / Ravenol / Redline) utk kapasitas karter 5 L, dan ganti setahun sekali, maka per tahun keluar duit Rp 1,5 jt + filter oli misal 100 - 150 rb dah

maka PPF seharga Rp 15 jt bisa utk ganti oli dengan oli sultan selama 10 tahun (bila ganti oli nya setahun sekali)

dan pake oli Sultan tentu feel beda jauh dengan oli yg harga di bawah 100 rb / L atau yg di bawah 150 rb / L

apakah karena PPF = sesuatu yg bisa dipamerkan ke orang lain ? (terkait appearance kendaraan)

sedangkan oli = sesuatu yg tidak bisa dipamerkan ke orang lain

any opinion ?

Thanks
Kalau ane semua yg murah om.

Oli pake yg 75-80rb per liter.

Filter oli pake UMKM atau Sakura ganti 7-8 bulan sekali 5rb kilo.

Shock pake Jamex Monroe dll.

Ga pernah coating atau PPF.

Cuci suruh pegawai toko ga perna bawa ke bengkel.

Wiper pake RWB Hybrid.

BBM pake pertalite.

Wong mobil cuma buat jadi alat bantu dari A ke B aja.
Last edited by sintoni on Tue Feb 11, 2025 6:49, edited 1 time in total.