2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13
Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;
Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.
Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
marmut
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 12017
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
-
2kdpelan
- New Member of Senior Mechanic

- Posts: 169
- Joined: Wed May 13, 2020 15:29
- Location: INDONESIA
- Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Sah2 aja sih mbah, mungkin dia sbg principal disini ga punya budget promosi jd cari yg gratisan.DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 12:19namanya jg oli mikrolet, promosi aj ga modal nyepam sana sini, ud percis kaya mikrolet yg doyan nyodok sana sini![]()
![]()
![]()
Tapi sebelum jelek2in merk lain, pastikan barang yg dia jual top notch & bebas cela.. jgn ud jelek2in merk lain, eh kualitas barang dia ternyata dibawah yg dijelek2in hahahah
-
DOHC
- Full Member of Mechanic Master

- Posts: 27794
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
eitss ga boleh donk mbah, bisnis tetep harus punya etika , ga jatohin merk laen, ga d toko orang nyepam sana sini , dan yg plg penting PAKE MODALLL2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:34Sah2 aja sih mbah, mungkin dia sbg principal disini ga punya budget promosi jd cari yg gratisan.DOHC wrote: Sun Feb 09, 2025 12:19namanya jg oli mikrolet, promosi aj ga modal nyepam sana sini, ud percis kaya mikrolet yg doyan nyodok sana sini2kdpelan wrote: Sun Feb 09, 2025 12:13
Mengutip omongan teman, kalo UOa metal wear tinggi;
Kalau oli orang lain = oli nya tidak melumasi dgn baik.
Kalau oli jualannya dia = mesin lo busuk![]()
![]()
![]()
Tapi sebelum jelek2in merk lain, pastikan barang yg dia jual top notch & bebas cela.. jgn ud jelek2in merk lain, eh kualitas barang dia ternyata dibawah yg dijelek2in hahahah
barang bole ada cela, tp harus dikompensasi ama harga nya... kl misal jualan mesran super dikasi harga ravenol, bahlul itu namanya
numpang lewat aja....
-
Woompy
- Member of Senior Mechanic

- Posts: 209
- Joined: Fri Jul 08, 2016 6:15
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ooow okay thank you referencenya. Untuk kondisi hardware mesin K12M waktu itu factory standard, gaada pasang oil cooler. Untuk case uoa amsoil ss di 1kr vet berarti clear ya aman banget itu wear copper cuma 5 ppm since limitnya ada di 15 ppm.sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 11:56 Bisa juga kalau baru pasang oil cooler/leaching. Kalau leaching biasanya makin lama makin sendikit. Bisa juga dari brass, beberapa mesin mengandung material brass.
Untuk referensi mengenai Copper di UOA bisa lihat disini
https://www.fluidlife.com/blog-determin ... ere%20wear.
Kalo di Blackstone labs dia biasanya keluarin kyk universal average, rekomendasinya di belasan
images (6).png
Kalo di UOA yang saya positing itu udah bongkar mesin, hasilnya bener bearingnya kaput akibat saluran oli macet, makanya copper sampe 90an . Mobil N55 335i
Anyway tadi saya abis googling sebentar ternyata petrolab juga ngeluarin reference batas aman untuk setiap indikator. Kalau dilihat yang punya petrolab ini batasnya lebih longgar ya, hasil copper wear untuk uoa amsoil di mesin K12M masih dibawah batas urgent. Untuk oli kendall lewat sedikit dari batas urgent dan q8 waktu itu kelewat jauh dari batas urgent Walaupun begitu ya untungnya mobil saya gak kenapa2 sih waktu itu, to be fair penguapan ketiga oli yg pernah saya test di mesin k12m itu masih wajar. Kalau disuruh bikin ranking butt o meter oli mesin di mesin K12M saya pilih:
1. Amsoil ss 0w20
2. Q8 formula ultra 0w20
3. Kendall GT1 0w20
No hard feeling ya, saya sendiri masih penasaran mau test beberapa oli keraton lagi di mesin 1kr vet. Berhubung pengalaman saya di mesin K12m paling bagus itu amsoil ss jadi itu yg sama test duluan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
2015 CTHD - Petronas Syntium 7000E 0w40
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
2023 1KR VET - Amsoil Signature Series 0w20
-
sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2682
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Aman, thanks for sharingWoompy wrote: Sun Feb 09, 2025 15:12Ooow okay thank you referencenya. Untuk kondisi hardware mesin K12M waktu itu factory standard, gaada pasang oil cooler. Untuk case uoa amsoil ss di 1kr vet berarti clear ya aman banget itu wear copper cuma 5 ppm since limitnya ada di 15 ppm.sahabatq8 wrote: Sun Feb 09, 2025 11:56 Bisa juga kalau baru pasang oil cooler/leaching. Kalau leaching biasanya makin lama makin sendikit. Bisa juga dari brass, beberapa mesin mengandung material brass.
Untuk referensi mengenai Copper di UOA bisa lihat disini
https://www.fluidlife.com/blog-determin ... ere%20wear.
Kalo di Blackstone labs dia biasanya keluarin kyk universal average, rekomendasinya di belasan
images (6).png
Kalo di UOA yang saya positing itu udah bongkar mesin, hasilnya bener bearingnya kaput akibat saluran oli macet, makanya copper sampe 90an . Mobil N55 335i
Anyway tadi saya abis googling sebentar ternyata petrolab juga ngeluarin reference batas aman untuk setiap indikator. Kalau dilihat yang punya petrolab ini batasnya lebih longgar ya, hasil copper wear untuk uoa amsoil di mesin K12M masih dibawah batas urgent. Untuk oli kendall lewat sedikit dari batas urgent dan q8 waktu itu kelewat jauh dari batas urgent
file.php.jpeg
Walaupun begitu ya untungnya mobil saya gak kenapa2 sih waktu itu, to be fair penguapan ketiga oli yg pernah saya test di mesin k12m itu masih wajar. Kalau disuruh bikin ranking butt o meter oli mesin di mesin K12M saya pilih:
1. Amsoil ss 0w20
2. Q8 formula ultra 0w20
3. Kendall GT1 0w20
No hard feeling ya, saya sendiri masih penasaran mau test beberapa oli keraton lagi di mesin 1kr vet. Berhubung pengalaman saya di mesin K12m paling bagus itu amsoil ss jadi itu yg sama test duluan![]()
![]()
Saya setuju kok dengan ranking itu (tapi kalo yang nomor 3 belom pernah coba sih, sekarang Q8 0w20 ultra jg udah discontinue)
Kalo petrolab itu referencenya based on engine type gak ya? Parameternya sih mereka lebih lengkap dari trakindo.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SPtohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27Next oci mau coba 0w20.marmut wrote: Sat Feb 08, 2025 17:37Suryaputra wrote: Sat Feb 08, 2025 15:35
Gpp mbah
Tinggal bongkar aja oil pan nya
Pk hentul mbah suhu yg super lengkap itu.
Ntar ngencenginnya tinggal pk impact wrench aja di torsi maksimum
oke suhu..... laksanakan.
sayang ya musti dibuang oli pastronnya, padahal API serpisnya udah SuryaPutra ge ep 6.
20250208_195409.jpg
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah?![]()
Last edited by kayukayuthe5th on Mon Feb 10, 2025 0:05, edited 1 time in total.
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
wah ini di push ampe 10k? mantep juga ini di KR-VET. sesama user KR-VET , kecil2 cabe rawitWoompy wrote: Sun Feb 09, 2025 0:09 Baru melakukan UOA oli Amsoil SS 0w20 di mesin 1KRVET untuk pemakaian 10.100 km selama 4.5 bulan. Hasilnya oke, metal wear jauh lebih minim dibandingkan dahulu waktu UOA di mesin K12M.
UOA1.png
UOA2.png
Yah udah mulai masuk range SAE 30 sih olinya, tapi untuk OXI harusnya masih normal karena dari hasil VOA (nyomot dari BITOG) juga udah 47
WhatsApp Image 2025-01-29 at 09.55.30_f42764e6.jpg
Overall puas lah pakai ini oli, walaupun agak mahal tapi feelnya konsisten dari awal ganti oli sampai di tap. Mesin tetap halus selama 10k pemakaian, walau 3 cyl jadi gak geter2 banget rasanya. Paling fc aja sih yg berasa sedikit berkurang dibanding waktu oli masih baru, itupun paling besar 5% lah pengaruhnya![]()
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Jd inget.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:
- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus
- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi)
- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20
**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih heheSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44Jd inget.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SPtohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah?![]()
; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
![]()
Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:
- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus
- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi)![]()
- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20
**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C
![]()
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?
kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Motul 913D @8500kmkayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 3:36padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih heheSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44Jd inget.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
![]()
Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:
- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus
- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi)![]()
- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20
**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C
![]()
![]()
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?
kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
dan Q8 SN plus dexos1 g2 @9800km
on par sekitar 100ml lbh aja
Gak sampai 200ml
Honda genuine cuma 6-7rb km
bs 400-500ml (udh lbh dr 10% x 3.6 liter)
Krn tetap ada deviasi dr gelas takar ketika pertama tuang dll
Itu dgn kondisi dalkot bandung
dan PP jakarta bandung sebulan 1-2x
Saya gak terlalu suka push and gelinding.
Skrg dah gak prnh ngukur2 lagi.
Krn memang no choice ngikut garansi
Klo adnoc silverplus 5w30 di mbl second, so far so good lihat dipstick.
Oli arab dan prancis bensin emang mantep sih.
Setidaknya waktu tu jd tau..
Mana oli yg ok dgn nguap minim - tolerable, dan terpaksa dipakai
Padahal jarak pendek itu cm 6-7rb km, kondisi ramai lancar kombinasi tol
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NASuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 3:46Motul 913D @8500kmkayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 3:36padahal gwa kira bisa jadi alternatif kere hore.....ternyata yah kualitas sesuai harga sih heheSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 0:44
Jd inget.
Itu fastron techno kayanya sekelas honda genuine oil deh
Nguap nya mirip di mesin L15Z1.
Jd gak penasaran lg krn udh ad yg review.
![]()
Krn yg saya ingat, selama pakai mesin L15Z1 series, penguapan paling minim dan paling banyak yg plg saya ingat (melihat dipstick), yaitu:
- Terminim: Motul 913D 5w30 & Q8 0w20 SN plus
- Terbanyak: Honda Genuine Oil 5w30 blue dan gold 0w20 (ini menyedihkan krn hrs follow garansi)![]()
- Masih tolerable: Total Quartz 9000 series, PTT 5w30 a5 b5, Fastron Gold 0w20
**Monitor Suhu coolant gak prnh nyentuh 100C
![]()
![]()
fastron ecogreen cman dipush jadi API SP
yes honda genuine parah sih. 0w20 dulu gwa pernah 800cc ckckck kebetulan l15z1 user juga gwa hehe
definitely not for turbocharged techno ini.
terminim n terbanyak itu berapa cc mbah ?
kalo ngomong 1KRVET sih so far :
yang pleng minim to pleng boros oli
1. motul htch plus 200cc = castrol magna 200cc
2. Eneos X 300cc = TQ9000 300cc
3. PFGold SN +-400cc
dan Q8 SN plus dexos1 g2 @9800km
on par sekitar 100ml lbh aja
Gak sampai 200ml
Honda genuine cuma 6-7rb km
bs 400-500ml (udh lbh dr 10% x 3.6 liter)
Krn tetap ada deviasi dr gelas takar ketika pertama tuang dll
Itu dgn kondisi dalkot bandung
dan PP jakarta bandung sebulan 1-2x
Saya gak terlalu suka push and gelinding.
Skrg dah gak prnh ngukur2 lagi.
Krn memang no choice ngikut garansi
Klo adnoc silverplus 5w30 di mbl second, so far so good lihat dipstick.
Oli arab dan prancis bensin emang mantep sih.
![]()
Setidaknya waktu tu jd tau..
Mana oli yg ok dgn nguap minim - tolerable, dan terpaksa dipakai
Padahal jarak pendek itu cm 6-7rb km, kondisi ramai lancar kombinasi tol![]()
iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw
yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Yah makanya ya mbah.kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA
iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw![]()
yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga![]()
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.
klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.
Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.
Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
tohpati
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 72
- Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Honda Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
bagus koq initohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SPtohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:27
Next oci mau coba 0w20.
Kandidatnya ini atau Eneos X.
Gimana Techno, Mbah, enak aja kah?![]()
; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
kayukayuthe5th
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 1481
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
iyoa, atleast udah ga penasaran ini techno wkwkwkSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 4:56Yah makanya ya mbah.kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA
iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw![]()
yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga![]()
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.
klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.
Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.
Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya![]()
L15z1 maupun L15zf kaianya karakter gajau beda soal efek ke oli juga hehe
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Iya mesin honda 1500cc NA gtu gtu aja koqkayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 8:18iyoa, atleast udah ga penasaran ini techno wkwkwkSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 4:56Yah makanya ya mbah.kayukayuthe5th wrote: Mon Feb 10, 2025 4:26
wew 100cc doang abisnya. tapi bisa aja sih kalo NA
iyah sih emang HGO adeh, dulu sempet kaget kok mepet batas low, ternyata waktu coba tap 800cc dong susutnya *waktu itu gwa emang push sih di 9000km salahnya, karena klaim BeRes awal2 kan up to 10k wkwkwkwkw![]()
yah tapi intinya techno ini sekaliber OEM oil. ga kaget kalo entar waktu mandatroy API SP ini dijadiin oli OEM juga![]()
Warisan ganti oli 5rb km itu bener adanya.
Klo 4-5rb km di mesin NA, itu paling 10% max nguapnya HGO di mesin L15z series.
klo olinya mihil, bisa lah dipush "up to" 1.5 - 2x lipat jaraknya, dgn kondisi cooling system sehat dan lalin mendukung.
Krn kualitas oli tuh sebetulnya selama lineupnya masih di situ, ya gak naik.
Tp harganya naikkk, karena untuk bayar sertifikat dan inflasi harga bbm.
Jargon marketing doang full sintetis
Full sintetis jg ada gradenya![]()
L15z1 maupun L15zf kaianya karakter gajau beda soal efek ke oli juga hehe
Nothing new or special
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
tohpati
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 72
- Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Honda Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51bagus koq initohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.kayukayuthe5th wrote: Sun Feb 09, 2025 23:57
kebetulan abis pake technno 0w20, tested in L15zf ; entah kenapa penguapan oli ini cukup gede 5000km 500cc, tarikan awal enak2 aja cman di 3500-4000km udah kasar, sesuai hipotesis ini base oil fastrongreen tapi dikasi aditif byar bisa API SP; kebtulan sebelumnya pake eneos X 0w20 lebih enak eneos X 0w20 , lebih alus di mid high rpm ama penguapan di 5000km skitar 200cc doang. improves dibanding yang botol putih API SN
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbahtohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51bagus koq initohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43
Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
tohpati
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 72
- Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Honda Freed
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Siappp MbahSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbahtohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51
bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
-
sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2682
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwkSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbahtohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.Suryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 7:51
bagus koq ini
relatif minim penguapan untuk masa pakai 5-6rb km
di mesin dan cooling yg sehat
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
Suryaputra
- Member of Mechanic Master

- Posts: 13435
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
klo mau lbh dingin, ganti thermos sm lower temp dan ganti kipas lbh kencangsahabatq8 wrote: Mon Feb 10, 2025 13:55Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwkSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbahtohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 9:56
Siap Om, kalau coolant sebenarnya penasaran sama Denso yang sering dibahas di forum ini. Tapi karena masih punya stok Seiken, gas dulu Seiken, selama ini juga gak pernah ada keluhan.
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice![]()
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2682
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Iya, di mobil ane cukup stabil sih sesuai thermostat, kebanyakan mobil jepang jg gitu yaSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 14:08klo mau lbh dingin, ganti thermos sm lower temp dan ganti kipas lbh kencangsahabatq8 wrote: Mon Feb 10, 2025 13:55Coolant mahal juga kayaknya sama² aja mbah. Saya pake barang sample Q8 Antifreeze, temperatur sama aja. Cuma yang membedakan anti karat & ketahananya, only time will tell wkwkwkSuryaputra wrote: Mon Feb 10, 2025 10:19
coolant 100rb an ya gtu gtu aja rasanya mbah
yg ptg fresh dan interval ganti diperpendek
let say per 2 thn sekali
hahhaha
Kyknya kalo mau lebih dingin perlu yang non glycol based kyk Engine Ice![]()
![]()
![]()
![]()
Kalo di mobil eropa sih suhu oli mesin lebih tinggi, mungkin bagus ngaknya coolantnya lebih pengaruh.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kok murah ini cuma 360.tohpati wrote: Mon Feb 10, 2025 7:43 Akhirnya karena ada promo toko oren, jadinya ambil TQ9000 0w20 Om (setelah baca review di forum ini). Lumayan dapet 360rb/4L sedangkan Techno 300/4L.
Semoga cocok rasanya, secara ini bakal pertama kalinya pakai 0w20.
Padahal 0w20nya biasa per liter sudah cepek lebih.
Kalau yg 5w30 emang cuma 350an pergalon.
-
Turboman
- SM Specialist

- Posts: 22098
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kadang2 saya heran mengapa banyak user yang mencari oli mesin yg se murah2 nya tapi kalo pasang PPF 15 - 20 jt (per mobil) berani, bahkan ada PPF yang sampe 30 jt / mobil
Misalnya aja kalo user pakai oli yg harga Rp 300 rb / L (misal Ams Signat / Q8 / Ravenol / Redline) utk kapasitas karter 5 L, dan ganti setahun sekali, maka per tahun keluar duit Rp 1,5 jt + filter oli misal 100 - 150 rb dah
maka PPF seharga Rp 15 jt bisa utk ganti oli dengan oli sultan selama 10 tahun (bila ganti oli nya setahun sekali)
dan pake oli Sultan tentu feel beda jauh dengan oli yg harga di bawah 100 rb / L atau yg di bawah 150 rb / L
apakah karena PPF = sesuatu yg bisa dipamerkan ke orang lain ? (terkait appearance kendaraan)
sedangkan oli = sesuatu yg tidak bisa dipamerkan ke orang lain
Saya melihat workshop2 PPF / Coating daerah Serpong (contoh aja) cukup rame ya, dan jumlah workshop nya juga bertambah sedikit demi sedikit
any opinion ?
Thanks
Misalnya aja kalo user pakai oli yg harga Rp 300 rb / L (misal Ams Signat / Q8 / Ravenol / Redline) utk kapasitas karter 5 L, dan ganti setahun sekali, maka per tahun keluar duit Rp 1,5 jt + filter oli misal 100 - 150 rb dah
maka PPF seharga Rp 15 jt bisa utk ganti oli dengan oli sultan selama 10 tahun (bila ganti oli nya setahun sekali)
dan pake oli Sultan tentu feel beda jauh dengan oli yg harga di bawah 100 rb / L atau yg di bawah 150 rb / L
apakah karena PPF = sesuatu yg bisa dipamerkan ke orang lain ? (terkait appearance kendaraan)
sedangkan oli = sesuatu yg tidak bisa dipamerkan ke orang lain
Saya melihat workshop2 PPF / Coating daerah Serpong (contoh aja) cukup rame ya, dan jumlah workshop nya juga bertambah sedikit demi sedikit
any opinion ?
Thanks
Last edited by Turboman on Tue Feb 11, 2025 6:38, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5999
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kalau ane semua yg murah om.Turboman wrote: Tue Feb 11, 2025 6:21 Kadang2 saya heran mengapa banyak user yang mencari oli mesin yg se murah2 nya tapi kalo pasang PPF 15 - 20 jt (per mobil) berani, bahkan ada PPF yang sampe 30 jt / mobil
Misalnya aja kalo user pakai oli yg harga Rp 300 rb / L (misal Ams Signat / Q8 / Ravenol / Redline) utk kapasitas karter 5 L, dan ganti setahun sekali, maka per tahun keluar duit Rp 1,5 jt + filter oli misal 100 - 150 rb dah
maka PPF seharga Rp 15 jt bisa utk ganti oli dengan oli sultan selama 10 tahun (bila ganti oli nya setahun sekali)
dan pake oli Sultan tentu feel beda jauh dengan oli yg harga di bawah 100 rb / L atau yg di bawah 150 rb / L
apakah karena PPF = sesuatu yg bisa dipamerkan ke orang lain ? (terkait appearance kendaraan)
sedangkan oli = sesuatu yg tidak bisa dipamerkan ke orang lain
any opinion ?
Thanks
Oli pake yg 75-80rb per liter.
Filter oli pake UMKM atau Sakura ganti 7-8 bulan sekali 5rb kilo.
Shock pake Jamex Monroe dll.
Ga pernah coating atau PPF.
Cuci suruh pegawai toko ga perna bawa ke bengkel.
Wiper pake RWB Hybrid.
BBM pake pertalite.
Wong mobil cuma buat jadi alat bantu dari A ke B aja.
Last edited by sintoni on Tue Feb 11, 2025 6:49, edited 1 time in total.

