VIOS Owner & solving problem
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: VIOS Owner & solving problem
@poetic: bener. gw dulu pake beru di twincam. skr? K20 denso. murah meriah awet
tp mending daripada 206 temen gw. 300 rb bossssssssss
merk bosch
amit2. gak iridium pula
tp mending daripada 206 temen gw. 300 rb bossssssssss
merk bosch
amit2. gak iridium pula
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
waks! kalo itu gue setuju... 300rb buat bosch, itu pasti platinum... ga ada gunanya. gue udah nyoba, bukannya awet... malah pengapian jadi ngaco.
just for note : ada busi dingin dan panas.
oke, gue no comment kalo beru... belum pernah pake. hanya review dari temen2 aja... but... kalo dibandingin sama k20, jelas gue milih k20 denso dong... or NGK BKR6E-11 (gue pake sekarang...)
secara gue bilang, pake busi mahal hanya bertahan sementara... pasti ujung2nya balik lagi ke standar. so, utk dicoba tidak ada salahnya...
iridium, platinum copper dsb buat yg ngebangun performance, baru kerasa.
then, gue tunggu review new vios pake busi iridium... seberapa jauh bedanya... -?-
just for note : ada busi dingin dan panas.
oke, gue no comment kalo beru... belum pernah pake. hanya review dari temen2 aja... but... kalo dibandingin sama k20, jelas gue milih k20 denso dong... or NGK BKR6E-11 (gue pake sekarang...)
secara gue bilang, pake busi mahal hanya bertahan sementara... pasti ujung2nya balik lagi ke standar. so, utk dicoba tidak ada salahnya...
iridium, platinum copper dsb buat yg ngebangun performance, baru kerasa.
then, gue tunggu review new vios pake busi iridium... seberapa jauh bedanya... -?-

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: VIOS Owner & solving problem
gw pake iridium awet bgt nih. hehe
IK20
tadinya mau BKR6EIX tp lebih mahal n diameternya 0,6 mm
IK20
tadinya mau BKR6EIX tp lebih mahal n diameternya 0,6 mm
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...
mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...
mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: VIOS Owner & solving problem
kalo iridium tuh gimana sih? ga ngerti...
bukannya tiap mobil punya ukuran dameter dan panjang ulir yang berbeda?
koq banyak yang pake IK20? cr-v juga waktu itu pake IK20..
bukannya tiap mobil punya ukuran dameter dan panjang ulir yang berbeda?
koq banyak yang pake IK20? cr-v juga waktu itu pake IK20..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: VIOS Owner & solving problem
datsu wrote:
sebetulnya gw gak tau teorinya bro, cuman menurut gw yang udah gw lakukan lumayan memaksa vios nyampe tenaga maks nya lebih cepet n gak terlalu limbung..
Shock depan: Kayaba Excel-G
Shock belakang: Bilstein yang murmer (entah jenis yang mana, enakan pake yang mahal kayanya,mau lebih mantep lagi ganti pernya, kalo gak salah banyak buat vios)
Volt stabilizer, ignition stabilizer, ground cable (merek apa aja sama)
Air filter replacement K&N (pake simota juga boleh, lebih bagus lagi open air filter)
NGK Iridium BKR5IX (denso IK16 juga gpp, udah pernah coba juga)
Strut bar
Oli 5w-30 mobil 1 ato 5w-40 total.. (cuman dua ini yang pernah gw pake yang bagus)
Dan tentunya pake pertamax plus bro... kompresi mesin vios harus dikasih pertamax plus
yang paling penting, jangan ganti velg ampe 17" keatas.. hehe.. kalo ini namanya vios cantik yang udah dandan.. bukan buat ngebut..kecuali mau ganti brake set nya sekalian pake brembo...
ini mah yang murah2 n gampang2nya aja.. kalo punya duit lebih bisa PnP, pasang turbo, dll.. gw sih gak maniak tuning.. gw cuman mau ni mobil kalo jalan pelan n konstan lebih irit dari standar, kalo ngebut bisa lebih gampang narik dari yang standar.. dan gak jauh2...
ni aja dah bikin kenceng versi standar, kata bng datsu

Seeing is believing[*][/size]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2396
- Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
- Location: Jakarta and Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
Vios 2003 gw pake IK16 ama BKR5IX... kalo cuman ganti busi gak kerasa bro... harus bareng ama yang laen2 yang gw bilang tadi.. ganti busi dibarengin ama ganti air filter biar udara lebih bagus, pasang stabilizer+ground cable biar listrik lancar, trus pake oli encer biar pistonnya lebih gampang gerak.. kalo maen performance mah gak ada abis2nya bro... nyambung semua... tentu gak guna ganti busi kalo cuman maen busi ajah, pake air filter standar, oli 20w-50 *ini gila*, ama grounding mobilnya blm bagus.. Gw sebelum pasang grounding, ternyata lumayan ada listrik yang bocor walaupun cuman 0,5 volt.. tapi setelah diground jadi ilang.. dan yang gw tau dari mekanik katanya lumayan ngefek memperlancar aliran voltase itu. CMIIW gw gak tau teori aslinya gmana..poeticmind wrote:iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...
mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
satu2nya part performance yang gw pake yang langsung kerasa gunanya begitu diinstall itu cuman strut bar..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: VIOS Owner & solving problem
strur bar untuk kesatabilan bos?
kenyamananya gimana bos?
katany kalo pasang strutbar jadi lebih keras yah?
kenyamananya gimana bos?
katany kalo pasang strutbar jadi lebih keras yah?
Seeing is believing[*][/size]
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
kalo teori ini gue setuju... itu makanya saya bilang diatas kalo hanya ganti busi, hampir ga ada gunanya... hehehehe!datsu wrote:Vios 2003 gw pake IK16 ama BKR5IX... kalo cuman ganti busi gak kerasa bro... harus bareng ama yang laen2 yang gw bilang tadi.. ganti busi dibarengin ama ganti air filter biar udara lebih bagus, pasang stabilizer+ground cable biar listrik lancar, trus pake oli encer biar pistonnya lebih gampang gerak.. kalo maen performance mah gak ada abis2nya bro... nyambung semua... tentu gak guna ganti busi kalo cuman maen busi ajah, pake air filter standar, oli 20w-50 *ini gila*, ama grounding mobilnya blm bagus.. Gw sebelum pasang grounding, ternyata lumayan ada listrik yang bocor walaupun cuman 0,5 volt.. tapi setelah diground jadi ilang.. dan yang gw tau dari mekanik katanya lumayan ngefek memperlancar aliran voltase itu. CMIIW gw gak tau teori aslinya gmana..poeticmind wrote:iya sih, awet... but gue balik kestandar aja. hehe
udah nyoba volker? hmmm 6ZX-11 kalo ga salah...
mana nih yg punya vios? kok jadi sepi... hehehehe...
satu2nya part performance yang gw pake yang langsung kerasa gunanya begitu diinstall itu cuman strut bar..
soal grounding itu sangat wajar kok bro... gini gini.. grounding mobil dari pabrikan sangat standar, apalagi jika dilihat kabelnya sendiri... bukan kabel berkualitas mahal. dan storing muncul setelah penggantian beberapa parts upgrade kadang2 ada.
dengan penambahan grounding, jelas aliran (-) semakin sempurna, dan aliran voltase semakin bagus.
utk mobil2 yg sudah lama, penambahan grounding sangat direkomendasikan... mengingat semakin lama mobil, konektor grounding ke mesin dan body sudah lemah...
tips utk mobil diatas 5tahun : ini bisa dicoba, tambahkan kabel grounding panjang sekitar 35-40cm dari mesin ke body. setelah itu tambahkan kabel grounding dari aki (-) ke body sekitar 20-25cm.
kabel dapat dibeli di toko aki/spareparts dan lain2... (performance shop juga menyediakan).
hasilnya, pasti kelistrikan jadi oke...
@Dhanz : bukan menjadi keras, tapi penambahan strutbar menjadi lebih rigid... stabil dan handling ter-upgrade.
coba bro bandingkan... sebelum pake jalan2 ke puncak (bogor) /lembang (bdg) turun naek gunung berliku... setelah itu pake strutbar... rasakan bedanya..
nyaman? jelas... didalem tidak seperti naek perahu... hehehe

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: VIOS Owner & solving problem
Ok saya bantu jawab, sekalian pertanyaan dari bro DhanZ.poeticmind wrote:dibanding sama city, memang lebih lega sedikit... tadi gue cek... risol bener, hehehe! tapi actually ga ada masalah sih dengan vios, dipake ke jogja duduk dibelakang ga capek2 amat sih... cuma bantingan lebih empuk mobil gue, baleno nextG. wekekekekeke!
new vios belum pernah nyoba, tanya om digitall aja...
Kalau Vios baru dengan City, jauh lebih lega Vios baru. Dari ruang kaki jg sudah terasa lebih luas, sedangkan City rada mentok (untuk postur tubuh sekitar 175cm). Ruang kepala Vios jg lebih unggul.
Kalau Vios lama dengan City, ruang kepala City sedikit lebih unggul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: VIOS Owner & solving problem
Terimakasih Oom DIgitAll atas pencerahanya...DigitALL wrote:Ok saya bantu jawab, sekalian pertanyaan dari bro DhanZ.poeticmind wrote:dibanding sama city, memang lebih lega sedikit... tadi gue cek... risol bener, hehehe! tapi actually ga ada masalah sih dengan vios, dipake ke jogja duduk dibelakang ga capek2 amat sih... cuma bantingan lebih empuk mobil gue, baleno nextG. wekekekekeke!
new vios belum pernah nyoba, tanya om digitall aja...
Kalau Vios baru dengan City, jauh lebih lega Vios baru. Dari ruang kaki jg sudah terasa lebih luas, sedangkan City rada mentok (untuk postur tubuh sekitar 175cm). Ruang kepala Vios jg lebih unggul.
Kalau Vios lama dengan City, ruang kepala City sedikit lebih unggul.
Seeing is believing[*][/size]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: VIOS Owner & solving problem
Kalo Vios ga ada masalah Bawaan ato salah konstruksi di suspensi yah bro?
Seeing is believing[*][/size]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: VIOS Owner & solving problem
bukannya engine mounting nya yg agak kuarang kokoh yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: VIOS Owner & solving problem
wedew kalo engine mountuing kurang kuat kenapa dijadiin taxi yah?....bukan nya engine mounting tugasnya dimulai saat mobil nyala.... ga peduli mo jalan kencang ato bermacet ria ato sekedar nunggu orang di dalam mobil.....
Seeing is believing[*][/size]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: VIOS Owner & solving problem
blom pernah denger. setau gw toyota engine mountingnya kuat
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: VIOS Owner & solving problem
bukan kuat nya, maksudnya kokohnya.
saya tes itu agak getar tiap saat starter, juga dulu saat launching, vibrasi juga terasa drpd mobil lain saat main di rpm tinggi.
kalo ga salah vios ini masih pakai tiga buah engine mounting yah?
saya tes itu agak getar tiap saat starter, juga dulu saat launching, vibrasi juga terasa drpd mobil lain saat main di rpm tinggi.
kalo ga salah vios ini masih pakai tiga buah engine mounting yah?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
kokoh dan kuat sama aja.. hehe mungkin maksud bro GTR adalah getaran nya... gue rasa sih emang wajar, tapi masih dalam batas normal... waktu gue coba yaris ga begitu keras kok getaran nya... sama kan sama vios harusnya...
tapi yg namanya getaran susah utk dibandingkan... karena tergantung dengan kondisi mesin, jalan, cara nyetir, sistem peredam-an pabrikan dan lain2. dan jangan lupa jenis tipe mesin itu sendiri...
seperti 4-AGE ga mungkin bisa sekalem M15A suzuki... or J20 suzuki ga bisa sekalem 1NZ-FE. ... dan seterusnya...
tapi yg namanya getaran susah utk dibandingkan... karena tergantung dengan kondisi mesin, jalan, cara nyetir, sistem peredam-an pabrikan dan lain2. dan jangan lupa jenis tipe mesin itu sendiri...
seperti 4-AGE ga mungkin bisa sekalem M15A suzuki... or J20 suzuki ga bisa sekalem 1NZ-FE. ... dan seterusnya...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07
Re: VIOS Owner & solving problem
engine mounting apaan sih??????
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: VIOS Owner & solving problem
kokoh disini maksud saya, mampu "meredam getaran" dgn baik, tahap ini aja; belum ke durablenya loh (kalo "kuat" disini mungkin ada arti juga durable).
coba saat starter deh, beda antara vios (lama) dan yaris, kondisi sama2 baru ya.
coba saat starter deh, beda antara vios (lama) dan yaris, kondisi sama2 baru ya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: VIOS Owner & solving problem
vios lama memang lebih bergetar, karena yg saya coba memang dah lama...hehehe ga ada yg punya baru... hehehehe
kalo yaris ama new vios, ga tau ya... belom coba, yg pasti yaris(2008) lebih halus... dari vios lama(2004).
@MrBig : bantal bobo-nya mesin...
kalo yaris ama new vios, ga tau ya... belom coba, yg pasti yaris(2008) lebih halus... dari vios lama(2004).
@MrBig : bantal bobo-nya mesin...

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07
Re: VIOS Owner & solving problem
hah?? bantal bobonya mesin?? maksudnya???? duh gak ngerti..??? ngrasain getar ngganya tuh pas didalam kabin pada saat kita start mesin atau???????
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: VIOS Owner & solving problem
Eng mounting = karet/shockabsorber pemegang mesin dari chassis.
itu selain memegang mesin, juga mereduce vibrasi, dengungan, getaran2 lain ke body.
itu selain memegang mesin, juga mereduce vibrasi, dengungan, getaran2 lain ke body.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Tue Feb 05, 2008 12:07
Re: VIOS Owner & solving problem
guys!!! Sori bkn gw pengkhianat ya. . Hehe... Stlh2 dipikir2 mending gw ambil grand vitara aja dh, lbh cocok ma bdan gw kyknya,.. Tpi kalo ada rejeki gw bli vios dh ksian.. Hehe, Thx n good bye..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: VIOS Owner & solving problem
Vios baru punya saya getaran mesinnya halus. Baik pada saat start engine ataupun sudah jalan. Cuma saat di kick-down saja suara mesing menggerung yg terdengar di dalam kabin, tp menurut saya itu wajar dan di mobil sekelasnya juga begitu.poeticmind wrote:vios lama memang lebih bergetar, karena yg saya coba memang dah lama...hehehe ga ada yg punya baru... hehehehe
kalo yaris ama new vios, ga tau ya... belom coba, yg pasti yaris(2008) lebih halus... dari vios lama(2004).