Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ciumbuleuit wrote:
tapi...terus terang saya orang awam.
D4D diciptakan bukan oleh org sembarangan. mereka adalah insinyur2 jepang.
kondisi standard yg diciptakan pasti ada tujuannya.
kalau ada argumentasi bahwa modifikasi tsb malah membantu memperpanjang umur kendaraan monggo silahkan didiskusikan di sini - dalam arti lain insinyur2 jepang itu ternyata [cencored].
Suatu pabrik menjual mobil pan juga melibatkan departemen2 lain juga atuh bang.........insinyur sih boleh aja memberikan rancang bangun sesuai impian mereka, tapi pas ketemu orang finance, produksi, sales makin botaklah kepala insinyur tsb. Gimane kepala mrk gak jadi botak :
1. Org finance bilang kalo musti begini2 maka pabrik nggak untung
2. Org produksi bilang kalo musti begini2 / begitu2 maka biaya produksi jadi bengkak
3. Orang marketing bilang harga jual mobil maksimal sekian2 kalo enggak nanti gak laku.
Makin botaklah kepala si insinyur.........
IMHO:
Kalo suatu mobil yg disainnya udah bener2 almost perfect, everything are perfectly engineered / nggak perlu modif lagi ya mungkin macam Ferarri / Porsche 911 series / Lamborghini / Bugatti Veyron.........heheheheheheheh
ciumbuleuit wrote:
kembali lagi ke atas.
kondisi mesin yg standard itu diciptakan agar mesin berumur panjang. tentu ditopang oleh service rutin itu tadi.
nah modifikasi yg dilakukan pada D4D itu akan tahan berapa lama? 5 tahun? 8 tahun?
apalagi kalau liat knalpot yg sdh dimodifikasi tsb jadi agak ragu akan berumur panjang.
yg ditakutkan adalah sudah beli mobil mahal, kemudian dimodifikasi juga mahal, tapi umur kendaraan jadi pendek.
Kalo soal modif knalpot benar atau tidak yach bisa lgs diukur EGT nya aja atuh mas.
Mobil ane sih belom ane pasangin Pyrometer, tapi 1 temen di IC udah pake Down Pipe SAKI & free flow muffler serta pasang Pyrometer sih bilang sejak install free flow muffler EGT lgs turun.
Modifikasi apapun di mesin TurboDiesel yg sifatnya dapat meningkatkan EGT maka dia akan memperpendek usia mesin dan juga sebaliknya, nah kita hindari doonk segala bentuk modifikasi yg sifatnya cenderung ningkatin EGT, apalagi sampai level yg hazardous buat mesin.
So mungkin pak cumbeluit bisa konsul dulu aja dgn pak Penyuturbo, beliau ngerti banget tuh Termodinamika & mekanika fluida.
plutoguguk wrote:
Pertanyaan saya:
1. Apakah melepaskan alat EGR (exhaust gas recirculation) pada PANTHER harus disertai dengan men-setting ulang tekanan turbo? mengingat EGR ini sedikit mengganggu performa mesin. Bagaimana saran anda?
2. Apakah ada perbedaannya dari segi kualitas antara BBM SOLAR dengan BIO SOLAR khususnya untuk mesin INNOVA D-4D? Mana yg lebih baik? Karena di Bandung belum tersedia BIO SOLAR.
3. Apa yang dimaksud dengan istilah CAI, DC, JWS, sori sebelumnya saya awam di bidang otomotif.
4. Sebelumnya saya juga tertarik dengan saran2 dan juga bengkel2 yang anda rekomendasikan yang ingin saya tanyakan bengkel mana yang anda sarankan beserta alamat dan kalo bisa beserta dengan nomor teleponnya, yang benar2 ahli di bidang meningkatkan performa innova diesel A/T khususnya bengkel Phoenix Racing, Rizors, Sigma Speed dan Jayapura motor.
1. Me non aktifkan EGR nggak ada kaitannya dgn boost pressure pak, menon aktifkan EGR di Panther Euro II sih harusnya lebih mudah, secara dia belum pakai ECU, hanya saja musti ke bengkel yg qualified utk membuat tutup yg ukurannya pas dgn lubang EGR.
Saran saya sih EGR nggak perlu dimatikan, cukup dibersihkan selang 30 rb. Km sekali, scr EGR valve nya 4JA1-L itu bongkarnya gampang, gak ribet kayak di 2KD.
2. Solar / biosolar oke aja, asal yg penting diberi "vitamin" solar yg bermutu.
3. Mending join milis [email protected] deh pak. Kalo DC = damage cost = biaya.
betul....
saya hanya baca beberapa posting, spt "Utk item 4,5,6 itu hasil percobaan saya sendiri & saya rekomendasikan" di mana muncul sesuatu yg saya takut kan:
- kebutuhan user tidak sama
- pengetahuan user tidak sama
- kerajinan (dalam arti cek/recek kondisi mobil) tiap user juga beda
- jumlah kocek yg pas2an
saya sendiri suka modifikasi, malah semenjak 20 tahun yg lalu sewaktu duduk di bangku SMA.
tapi setelah baca koran 2 tahun belakangan ini, cukup sering terjadi mobil terbakar atau malah kecelakaan fatal - akibat modifikasi (baca: kesalahan modifikasi).
mungkin pembaca2 forum "senior" (yg benar2 mengerti dunia automotive) sangat paham utk modifikasi tersebut. tapi yg setengah2, misalnya ada anak kuliahan yg tidak tau menahu mengenai mobil kemudian timbul keinginan coba2, nah....
saya pernah naek kijang kapsul diesel keluaran tahun 2003 kalo nggak salah, dari medan ke bireun, aceh. ngobrol2 sama supir nya bahwa mobil itu sehari bisa 2x pulang pergi medan-bireun tergantung orderan.
saya kurang yakin apabila kita modifikasi (misalnya knalpot tadi) tahan dgn kondisi seperti itu. digeber berjam-jam tanpa istirahat dgn keahlian supir yg pas-pas-an (hanya mereka hapal di mana belokan, tanjakan, lobang, atau polisi yg mengintai hehe).
dari cerita teman, di daerah cirebon atau pekalongan, banyak staff pertamina menggunakan innova diesel rental. keadaan nya menyedihkan, tidak pernah dicuci, service jarang, tapi tidak rewel sedikit pun.
di detik.com tidak lama ini pernah memuat foto honda estilo? terbakar di bandung, dan bisa dilihat mobil tersebut sudah full modified, penumpang nya pasangan anak muda.
ciumbuleuit wrote:
- kebutuhan user tidak sama
- pengetahuan user tidak sama
- kerajinan (dalam arti cek/recek kondisi mobil) tiap user juga beda
- jumlah kocek yg pas2an
mungkin pembaca2 forum "senior" (yg benar2 mengerti dunia automotive) sangat paham utk modifikasi tersebut. tapi yg setengah2, misalnya ada anak kuliahan yg tidak tau menahu mengenai mobil kemudian timbul keinginan coba2, nah....
saya pernah naek kijang kapsul diesel keluaran tahun 2003 kalo nggak salah, dari medan ke bireun, aceh. ngobrol2 sama supir nya bahwa mobil itu sehari bisa 2x pulang pergi medan-bireun tergantung orderan.
saya kurang yakin apabila kita modifikasi (misalnya knalpot tadi) tahan dgn kondisi seperti itu. digeber berjam-jam tanpa istirahat dgn keahlian supir yg pas-pas-an (hanya mereka hapal di mana belokan, tanjakan, lobang, atau polisi yg mengintai hehe).
di detik.com tidak lama ini pernah memuat foto honda estilo? terbakar di bandung, dan bisa dilihat mobil tersebut sudah full modified, penumpang nya pasangan anak muda.
Nah itulah pak gunanya milis / forum, utk saling berbagi & review mana yg baik & buruk, mana mana saja yg bisa dilakukan & hal hal apa saja yg sebaiknya tidak dilakukan.
Kalau anda punya pengalaman dengan hal hal yg baik serta hal hal yg tidak baik ya anda bisa tulis dalam bentuk sebuah artikel di thread Common Topics atau Hard Hobby corner, atau kalau perlu di forum sebelah (mod.com misalnya) tentu yg anda tulis akan bermanfaat bagi siapapun yg membaca & tidak spesifik thd suatu jenis mobil tertentu saja.
Kalo soal aplikasi knalpot di D4 D yg buatan SAKI / muffler buatan Budi sih so far baik2 aja tuh, ada 1 mobil di milis IC yg sering bolak balik Jkt - Solo dgn odometer udah lebih dr 90 rb. Km fine2 aja tuh, mana yg punyanya kalo nyetir juga ga pernah pelan lagi.....heuheuheuhue
Eniwei modifikasi / membiarkan mobil tetap full standard adalah suatu pilihan, semuanya kembali kpd expetasi & keinginan user.
mungkin ada baiknya kalo para senior di forum ini memberikan tips dan tricks utk jangan lupa menambahkan di bawah nya: kids, don't try this at home! hehehehe....
Sempat disebutkan diberi "vitamin" yang bagus untuk solar ...
Boleh tahu vitamin yang bagus apa yah untuk dipakai sehari hari?
Tujuannya agar :
1. ruang bakar, saluran solar(nozzle, bosh pump, etc) bersih dari kerak, endapan, dll.
2. keawetan mesin dll
Produk yg bagus apa yah ?
Saya pakai Redline 1 bln yg lalu(1 botol full redline untuk 1 tangki) untuk membersihkan mesin yang tidak stationer dan berhasil ... tetapi apakah bisa juga dipakai untuk setiap hari dan apakah efeknya tidak jelek untuk mesin ?
Mohon pencerahannya produk apa yang bagus dan cocok dipakai untuk setiap hari dan takaran penggunaannya ... seperti redline kalau tidak salah untuk dipakai sehari hari 1 botol bisa dipakai untuk 100 gallon, alias sekali isi solar full tank cuma 1/10 botol
BudiDarmawan wrote:
Sempat disebutkan diberi "vitamin" yang bagus untuk solar ...
Boleh tahu vitamin yang bagus apa yah untuk dipakai sehari hari?
Tujuannya agar :
1. ruang bakar, saluran solar(nozzle, bosh pump, etc) bersih dari kerak, endapan, dll.
2. keawetan mesin dll
Produk yg bagus apa yah ?
Vitamin digunakan, karena solar biasa "miskin" additive2 yg diperlukan mesin macam Cetane Boost / Detergent / water remover / lubricity / fuel stabilizer / anti microbal.
Produk yg recommended (bisa pilih salah 1) :
1. Redline 85+ / Diesel Fuel Catalyst
2. Diesel Power series dr Sta Bil (ACE H)
3. Total Cetane Booster
4. Methorel Cetane Booster
5. Magic One Shot Cetane Boost
6. Amsoil Cetane Booster / Amsoil Diesel Concentrate.
Kalau saya pribadi saat ini pakai Amsoil punya.
Vitamin bisa digunakan tiap isi solar, cukup isi sedikit aja sesuai takaran utk maintenance.
ciumbuleuit wrote:
kembali lagi ke atas.
kondisi mesin yg standard itu diciptakan agar mesin berumur panjang. tentu ditopang oleh service rutin itu tadi.
nah modifikasi yg dilakukan pada D4D itu akan tahan berapa lama? 5 tahun? 8 tahun?
apalagi kalau liat knalpot yg sdh dimodifikasi tsb jadi agak ragu akan berumur panjang.
yg ditakutkan adalah sudah beli mobil mahal, kemudian dimodifikasi juga mahal, tapi umur kendaraan jadi pendek.
Kalo soal modif knalpot benar atau tidak yach bisa lgs diukur EGT nya aja atuh mas.
Mobil ane sih belom ane pasangin Pyrometer, tapi 1 temen di IC udah pake Down Pipe SAKI & free flow muffler serta pasang Pyrometer sih bilang sejak install free flow muffler EGT lgs turun.
Modifikasi apapun di mesin TurboDiesel yg sifatnya dapat meningkatkan EGT maka dia akan memperpendek usia mesin dan juga sebaliknya, nah kita hindari doonk segala bentuk modifikasi yg sifatnya cenderung ningkatin EGT, apalagi sampai level yg hazardous buat mesin.
So mungkin pak cumbeluit bisa konsul dulu aja dgn pak Penyuturbo, beliau ngerti banget tuh Termodinamika & mekanika fluida.
bung Turbo
EGT tuh apa??
bisa tau naek atau turunnya gmn?
Terima Kasih Atas jawaban yang diberikan oleh bung Turboman, kapan2 kalo ada pertanyaan lagi mohon diberi petunjuk yah hehehe......heheh...... btw saya belum bapak2 org masih kuliah
Bro, saya sdh muter2 cari liquimoly di surabaya, tapi nggak ketemu. Mohon gbr / fotonya dong.
Rencananya mau saya pake di Strada yg sdh mendekati 100.000 km ( beli sejak des.2005 )
Thanks & salam hormat dari surabaya
Kalo liquimoly di sby kayanya ga ada dech. Saya sendiri uda cari2 tp ga ketemu. Kemaren ketemu Redline 75+ di Ace. Busyett harganya 85rb. apa ini ga kemahalan?
cvsmb wrote:Kalo liquimoly di sby kayanya ga ada dech. Saya sendiri uda cari2 tp ga ketemu. Kemaren ketemu Redline 75+ di Ace. Busyett harganya 85rb. apa ini ga kemahalan?
loh. 85rb??
kapanhari gw liat kok 99rb ya?? di ACE padahal..dan dulu sempat kosong juga.
bro, uda ganti DP nya innova ?? kena berapa ya?
thx
bung Turbo
ada rekomendasi setup kaki2?
krn saya perhatiin buat d4d mobil agak nungging.... yg depan pendek yg blk tinggi.... maunya agak rata.. gimana yea?
trus mobil agak limbung....
denger2 pada pake per mercy tiger?
wrx wrote:bung Turbo
ada rekomendasi setup kaki2?
krn saya perhatiin buat d4d mobil agak nungging.... yg depan pendek yg blk tinggi.... maunya agak rata.. gimana yea?
trus mobil agak limbung....
denger2 pada pake per mercy tiger?
Kalo saya sih suspensi depan pakai ganjal per buatan Marathon yg type tipis, waktu itu sekalian shock ganti Gabriel yg Gas.
Kalo dirasa limbung ada baiknya shock diganti, utk shock belakang banyak pilihannya, mulai Bilsetin Silver / B. Kuning / Shock OE Tiger, paling keras B. silver, B. kuning lebih mendingan. Utk shock depan so far ada Gabriel & B. Silver.
Supaya discuss lebih enak join milis innova aja, krn di sana banyak yg modif kaki2 (ganti shock / per)
Saya mau tanya, Apa ada kegunaan di mesin D4D kita kalo di pasangin alat ring diesel.. kemaren teman saya nawarin utk pasang tapi saya pikir2.. takut ada apa2?