BYD m6 3 seater start from 379juta

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

Salvanost wrote: Thu Aug 29, 2024 16:15
Investor boleh mijit sama karaokean gratis sebulan berapa kali om? :big_love:
tempat gratis jasa bayar om......... :glodak:
User avatar
wenk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 939
Joined: Wed Aug 20, 2008 10:42

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by wenk »

Serasa baca ka*k*s nightlife... :big_slap:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by Zaxis »

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya

Siap2 ganti mobil yak
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:







mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh......... :drinking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya

Siap2 ganti mobil yak
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:







mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh......... :drinking:
gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.

nyicil 2-3 jt per bulan mampu, ngisi bensin nambah 500 rb per bulan teriak.

brarti orang kek kita ini sebenernya lebih miskin daripada mereka2 yang nyicil mobil listrik baru :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:04
gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.

nyicil 2-3 jt per bulan mampu, ngisi bensin nambah 500 rb per bulan teriak.

brarti orang kek kita ini sebenernya lebih miskin daripada mereka2 yang nyicil mobil listrik baru :ungg:
jd inget ipar beli creta baru ampir 400jt nanyanya bisa pertalite gak ya???? :wkkk:


padahal mobil dia yang sempit dan kecil itu bisa kebeli 2 mobil saya mana satu mobilnya gede dan tinggi lagi satu lagi juga biar kecil kabinnya masih ngalahin creta :wkkk:

iya lah om mereka aja rela bakar duit ratusan juta, kita kan pake bekas karena gak rela duit kita kebakar malah kalo bisa invest makannya sebenernya pajero pengen oe ganti cygnus j100 mumpung murah dan tinggal isi pertamax sapa tau harganya naek kedepannya soalnya land cruiser, cuma belom kesampean :mky_03:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by timbermaniac123 »

b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:
Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.

Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12526
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:
Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.

Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
Gpp mbah

itu artinya proven bahwa; pemimpin dkk, cerminan rakyat nya :ngacir:
Last edited by Suryaputra on Fri Aug 30, 2024 4:18, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by forzanetti »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19 Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.

Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
ini dulu saya sering bilang juga waktu awal AirEV keluar. banyak yg bilang beli karena hemat. padahal jelas2 keluar duit banyak di awal.

beli airEV long range 260jt (tahun 2022). saya bilang beli Brio Satya 180jt, selisih 80jtnya buat bensin + PKB. setelah 5 taon harga jual AirEVnya berapa? Brionya berapa?

btw ada temen yg beli AirEV 260jt tahun 2022, tahun ini dijual dapetnya 180jt. tapi dia ga pusing, beli AirEV karena mau nyobain aja, bukan karena "hemat"nya.
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by timbermaniac123 »

forzanetti wrote: Fri Aug 30, 2024 3:32
ini dulu saya sering bilang juga waktu awal AirEV keluar. banyak yg bilang beli karena hemat. padahal jelas2 keluar duit banyak di awal.

beli airEV long range 260jt (tahun 2022). saya bilang beli Brio Satya 180jt, selisih 80jtnya buat bensin + PKB. setelah 5 taon harga jual AirEVnya berapa? Brionya berapa?
Saya iseng2 cek, ev lr pasaran 160 dan brio di 150. Anggep bensin + pkb brio 2 tahun habis 35 juta. Masih lebih hemat 45 juta pake mobil yang proper 2 row + ga perlu takut dibawa keluar kota dan dijual lagi cepet liquid

Gimana ya perasaan yang beli binguo 410km di harga 408 juta, sekarang baru nya di 320. Pake 6 bulan langsung turun 88 juta, belum hitung depresiasi di tengah gempuran ev 300-400 kecil yang pake ccs2 seperti mg4 ev / dolphin.
Last edited by timbermaniac123 on Fri Aug 30, 2024 3:45, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by ChZ »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:
Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.

Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
saya sering dimarahin orang bilang beda bensin 4000/ltr itu gak signifikan, padahal mah kalo beli LCGC aja tank 35 liter, sekali full tank 140 ribu bedanya. seminggu sekali ngisi, paling ya 500-600 ribu bedanya sebulan. emang nyicilnya gak dihitung? ya okelah kalopun gak nyicil semurah murahnya mobil sekarang juga harganya 180 juta. tetep aja hilang duit 180 juta buat belinya doang.

kalo gak jadi taksi online sih ngirit segitu monmaap gak berasa apalagi asumsi saya orang nyicil mobil yang sehat ya minimal income 10 juta yang masuk akal. yang berat nambah expense 500 ribu sebulan kan paling gajinya masih single digit. pertanyaannya emang bijak nyicil mobil kalo gaji 5jt per bulan kan enggak juga. 500 ribu sebulan dikali 12 kan 6 juta setahun di deposito jg geli geli doang :upss:

sekali lagi ini asumsi berdasarkan hitungan finansial yang waras yaa kalau mau nyicil mobil 180 juta dengan gaji 5 juta perbulan, atau punya tabungan 180 juta dihabisin buat mobil semua ya nggak heran bayar bensinnya aja mikir :upss:

poin 2 pada ngerasain gak sih EV ini business modelnya kayak smartphone, resale valuenya drop ancur-ancuran, setiap 2 tahun keluar model baru. emang disiapin buat jadi disposable.

alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

JGN lupa bangga bayar pajaknya murah padahal pajak recehan mereka gak bakalan cukup buat bangun jalan :wkkk:

ujung2xnya gw gw lagi yang subsidiin mereka dari pajak mobil gw pajero 5jt jazz 3jt 8jt tuh gw sumbangin setaon eh yang ngerusakin jalan mobil mereka yang bobotnya kayak prasasti............yang kere siapa sih?????? :glodak:

bener kata james may dulu ledekin hammond "stealing from the poor" baru berasa sekarang :mky_06:

jd inget isi sila 5 keadilan sosial bagi yang punya duit.......... :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:42 Saya iseng2 cek, ev lr pasaran 160 dan brio di 150. Anggep bensin + pkb brio 2 tahun habis 35 juta. Masih lebih hemat 45 juta pake mobil yang proper 2 row + ga perlu takut dibawa keluar kota dan dijual lagi cepet liquid

Gimana ya perasaan yang beli binguo 410km di harga 408 juta, sekarang baru nya di 320. Pake 6 bulan langsung turun 88 juta, belum hitung depresiasi di tengah gempuran ev 300-400 kecil yang pake ccs2 seperti mg4 ev / dolphin.
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil :big_biglaugh:

fyi semua mobil ujung2xnya bakalan jatoh ke tangan orang kere kalo cara kerjanya kayak ev dimana nanti valuenya anjlok contohnya sampe di level soluna harga jual 50jt tapi kalo rusak beenrin 100jt orang kere mana yang sanggup benerin???

akhirnya valuenya anjlok karena orang kere gak berani beli ujung2xnya ya jadi scrap itupun kalo ada yang mau nampung karena resiko kebakaran akhirnya nanti bisa2x ngebuangnya aja bayar :big_bored:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by timbermaniac123 »

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil :big_biglaugh:
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by lexnic »

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:04
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya

Siap2 ganti mobil yak
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:







mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh......... :drinking:
gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.

nyicil 2-3 jt per bulan mampu, ngisi bensin nambah 500 rb per bulan teriak.

brarti orang kek kita ini sebenernya lebih miskin daripada mereka2 yang nyicil mobil listrik baru :ungg:
edan emg logika masyarakat wakanda hahaha.

klo misal harga mobil listrik udh "normal" (gk dapet subsidi pajak ato insentif2 lain dri pemerintah), apa akan tetep booming kyk skrg? :big_grin:
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 3:09 jd inget ipar beli creta baru ampir 400jt nanyanya bisa pertalite gak ya???? :wkkk:


padahal mobil dia yang sempit dan kecil itu bisa kebeli 2 mobil saya mana satu mobilnya gede dan tinggi lagi satu lagi juga biar kecil kabinnya masih ngalahin creta :wkkk:

iya lah om mereka aja rela bakar duit ratusan juta, kita kan pake bekas karena gak rela duit kita kebakar malah kalo bisa invest makannya sebenernya pajero pengen oe ganti cygnus j100 mumpung murah dan tinggal isi pertamax sapa tau harganya naek kedepannya soalnya land cruiser, cuma belom kesampean :mky_03:
sorry om, klo msh nanya bisa isi pertalite ato enggak, emg orangnya blm mampu utk pnya mobil :big_biglaugh: . mngkin dia bisa beli mobilnya, tapi gk bisa bayarin maintenance nya :big_peace:

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19 Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.

Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
saya sering dimarahin orang bilang beda bensin 4000/ltr itu gak signifikan, padahal mah kalo beli LCGC aja tank 35 liter, sekali full tank 140 ribu bedanya. seminggu sekali ngisi, paling ya 500-600 ribu bedanya sebulan. emang nyicilnya gak dihitung? ya okelah kalopun gak nyicil semurah murahnya mobil sekarang juga harganya 180 juta. tetep aja hilang duit 180 juta buat belinya doang.

kalo gak jadi taksi online sih ngirit segitu monmaap gak berasa apalagi asumsi saya orang nyicil mobil yang sehat ya minimal income 10 juta yang masuk akal. yang berat nambah expense 500 ribu sebulan kan paling gajinya masih single digit. pertanyaannya emang bijak nyicil mobil kalo gaji 5jt per bulan kan enggak juga. 500 ribu sebulan dikali 12 kan 6 juta setahun di deposito jg geli geli doang :upss:

sekali lagi ini asumsi berdasarkan hitungan finansial yang waras yaa kalau mau nyicil mobil 180 juta dengan gaji 5 juta perbulan, atau punya tabungan 180 juta dihabisin buat mobil semua ya nggak heran bayar bensinnya aja mikir :upss:

poin 2 pada ngerasain gak sih EV ini business modelnya kayak smartphone, resale valuenya drop ancur-ancuran, setiap 2 tahun keluar model baru. emang disiapin buat jadi disposable.

alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
harga BBM naik ini salah satu risiko klo pnya mobil/motor. saya pribadi nyiasatin kondisi kyk bgini dgn mengurangi pergi2 yg gk perlu & pastiin klo kondisi mesin bener2 prima. ganti EV jga gk menjamin bakal lbh irit. ya skrg emg "irit" soalnya produk EV dsini msh dapet subsidi pajak & insentif2 lainnya dri pemerintah. :big_smile]
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 4:39
ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil :big_biglaugh:
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.
maksudnya 2 sedan kek soluna di tuker sama bajaj air ev gitu??? ogah lah om mendingan oe piara 2 soluna lebih murah selsih 50jt om

belom itung jual rugi aja oe masih bisa balik 60jt-80jt kalo masing2x dijual 30jt-40jt mau taon mudaan beli wagon r picanto masih dapet dan lebih layak dari air ev juga as a car.............. :glodak:

400jt saya punya pajero dakar ganjil sama ge8 genap satu buat jalan family satu buat hobby ngebut2x harga beli 260+160= 420 kalo value sekarang malah cuma 230+130=360jt itupun jazz ud 8thn di tangan saya pajero ud 5thn, masa di tuker satu mobil sempit dan gak bisa geber kayak MG4 rugi donk..........:wkkk:

plus lagi karena mobil 2 bisa gonta ganti suasana dan 2 mobil om kalo ada yang butuh pake tinggal pinjemin kadang family ada aja yang balik dari ausie :mky_03:

gage juga lucu emangnya orang idupnya di gage doank :big_biglaugh:
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by kenop »

b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 6:07
timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 4:39
ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.
b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil :big_biglaugh:
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.
maksudnya 2 sedan kek soluna di tuker sama bajaj air ev gitu??? ogah lah om mendingan oe piara 2 soluna lebih murah selsih 50jt om

belom itung jual rugi aja oe masih bisa balik 60jt-80jt kalo masing2x dijual 30jt-40jt mau taon mudaan beli wagon r picanto masih dapet dan lebih layak dari air ev juga as a car.............. :glodak:

400jt saya punya pajero dakar ganjil sama ge8 genap satu buat jalan family satu buat hobby ngebut2x harga beli 260+160= 420 kalo value sekarang malah cuma 230+130=360jt itupun jazz ud 8thn di tangan saya pajero ud 5thn, masa di tuker satu mobil sempit dan gak bisa geber kayak MG4 rugi donk..........:wkkk:

plus lagi karena mobil 2 bisa gonta ganti suasana dan 2 mobil om kalo ada yang butuh pake tinggal pinjemin kadang family ada aja yang balik dari ausie :mky_03:

gage juga lucu emangnya orang idupnya di gage doank :big_biglaugh:
Kali ini ane setuju sm om boku wkwkw
Punya soluna kembar lebih enak dibanding 1 air ev, ga enak blas itu mobil
Turut berduka buat yg beli awal2 pas msh full price 300 juta :big_peace:
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 769
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by timbermaniac123 »

Hahaha ya ada benernya juga sih. Cuma takutnya ada yg ga yakin sama mobil tua. Saya sendiri pun kayanya ga akan beli ev. Kecuali jepang keluarin ev kaya nissan sakura di 200an
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 6:24 Hahaha ya ada benernya juga sih. Cuma takutnya ada yg ga yakin sama mobil tua. Saya sendiri pun kayanya ga akan beli ev. Kecuali jepang keluarin ev kaya nissan sakura di 200an
padahal fyi aja om itu pajero ud 2x turun mesin yang pertama saya abis 15jt itu full overhaul dan banyak kerjaan selipan kek benerin rack nitip pasang selang rem teflon sama ganti seal2x mumpung di bongkar sama upgrade dp fp semua :mky_03:

turun mesin ke 2 separo 7jt itu pajero om soluna gak kebayang abis berapa murahnya lagian saya pernah dapet LSX taon 1997 km 400rban aja belom overhaul sama sekali jd kayak pajero saya itu cased bodoh di saya kecelakaan di colling system yang kurang reliable capenya bisa kena 2x :mky_03:

nah bahas GE8 boro2x turun mesin umur 10thn km 100rb baru ganti shock doank saya :mky_03:

sisanya

matic kan bisa precaution dengan rajin ganti lendir yang mahal injector bisa precaution juga dengan rajin tune up, terus kemaren radiator pajero saya baru upgrade malah abis cuma 4jtan dapet yang 2ply ori si 6jt cap mitsu kalo ganti koyorad grade ori malah cuma 2jtan :mky_03:

cuma radiator juga kalo tempat nyimpen mobilnya bagus sama dirawat juga bisa awet lama lagian dan ev juga punya sistem pendingin bisa jebol juga :mky_03:

lagian jaman sekarang inspektor banyak kalo gak yakin bisa manggil :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by ChZ »

b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:07 JGN lupa bangga bayar pajaknya murah padahal pajak recehan mereka gak bakalan cukup buat bangun jalan :wkkk:

ujung2xnya gw gw lagi yang subsidiin mereka dari pajak mobil gw pajero 5jt jazz 3jt 8jt tuh gw sumbangin setaon eh yang ngerusakin jalan mobil mereka yang bobotnya kayak prasasti............yang kere siapa sih?????? :glodak:

bener kata james may dulu ledekin hammond "stealing from the poor" baru berasa sekarang :mky_06:

jd inget isi sila 5 keadilan sosial bagi yang punya duit.......... :ngacir:
tuh kegep anaknya baginda raja ada skandal sama toko oren... :mky_07:

gw mau tau ada yang bongkar gak itu mobil2 cungkwo skandalnya pasti terkait keluarga mereka2 juga. gw yakin tuh diem2 support dinasti si moel soalnya takut nanti semua keistimewaan mereka ilang :mky_07:

kan ud ketauan yang merek anu ada bekingan si moel yang satunya sampe chargernya pake beda aja bisa tembus :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by ChZ »

lexnic wrote: Fri Aug 30, 2024 4:41
edan emg logika masyarakat wakanda hahaha.

klo misal harga mobil listrik udh "normal" (gk dapet subsidi pajak ato insentif2 lain dri pemerintah), apa akan tetep booming kyk skrg? :big_grin:


sorry om, klo msh nanya bisa isi pertalite ato enggak, emg orangnya blm mampu utk pnya mobil :big_biglaugh: . mngkin dia bisa beli mobilnya, tapi gk bisa bayarin maintenance nya :big_peace:


harga BBM naik ini salah satu risiko klo pnya mobil/motor. saya pribadi nyiasatin kondisi kyk bgini dgn mengurangi pergi2 yg gk perlu & pastiin klo kondisi mesin bener2 prima. ganti EV jga gk menjamin bakal lbh irit. ya skrg emg "irit" soalnya produk EV dsini msh dapet subsidi pajak & insentif2 lainnya dri pemerintah. :big_smile]
EV dapet subsidi supaya naikin daya beli, di kelas 700 juta-an pulak. itu mah manfaatin FOMO effectnya doang. aslinya mereka mah oke oke aja bayar 70 juta lebih mahal karena gimanapun barang baru. toh skrg juga nongkrong di stockyard itu.

saya dulu awal2 perang rusia ukraina mikir mau beli mobil yg bisa isi pertalite tapi gak jadi... gw keluar 300 juta lagi buat mobil, sementara kalo naik naik pun masih bisa disiasatin. sekarang udah berasa normal2 aja ngisi civic 1 tank 600 ribu dulu 400 ribu... cuma nambah 200 ribu 1 tank, sebulan ngisi 2 kali jadi 400 ribu doang. dikali 12 ya 4.8 juta aja paling abis buat jajan juga.

400 ribu itu gede kalo mikirnya mobil cuma buat point a to b... gw mah easy aja hiburan gw juga cuma mobil jadi anggep itu biaya hiburan sama biaya harian. justru jangan2 gw nambah mobil operasional malah gak hepi krn mobilnya pasti gak enak.

E39 bensin 1:6 pertamax naik juga gw bodo amat. emang mobil buat seneng seneng. orang lain hobi jalan jalan gw hobinya rawat nikmatin mobil tua. kan orang liburan tiket pesawat naik juga dibeli toh :upss:

yang beli tiket pesawat healing ke bali waktu high season paling banyak pengguna pertalite dan biosolar :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by Zaxis »

b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya

Siap2 ganti mobil yak
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x.......... :wkkk:







mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh......... :drinking:
Buat yg mau dan mampu aja
Ga ada yg maksa orang kok wajib beli
Kan sesuai judul topik,dari pada bahas ga jelas oot
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 6:50
tuh kegep anaknya baginda raja ada skandal sama toko oren... :mky_07:

gw mau tau ada yang bongkar gak itu mobil2 cungkwo skandalnya pasti terkait keluarga mereka2 juga. gw yakin tuh diem2 support dinasti si moel soalnya takut nanti semua keistimewaan mereka ilang :mky_07:

kan ud ketauan yang merek anu ada bekingan si moel yang satunya sampe chargernya pake beda aja bisa tembus :mky_07:
sebenernya apes tuh dapet mantu doyan flexing coba kawin sama si tissue gw yakin sampe sekarang gak ketauan :mky_07:






KARMA............. :ngacir:

btw pada ngerasa aneh gak sih salah satu petinggi EV china kok marganya sama ya kek marga mentri???? :big_think:

btw



mulai deh kena lagian ngapain juga ngotak ngatik kereta api gak tau diri banget

inilah yang bikin EV makin flop ud lebih jelek eh maksa orang pake dengan bikin program gak jelas bukannya orang pengen malah makin begah di uk amrik mah ud banyak yang enek :big_bored:
Last edited by b0ku on Fri Aug 30, 2024 10:53, edited 2 times in total.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 8:07
Buat yg mau dan mampu aja
Ga ada yg maksa orang kok wajib beli
Kan sesuai judul topik,dari pada bahas ga jelas oot
iya iya saya juga cuma provoke orang biar gak beli soalnya bad investement ............ :ngacir:






urusan beli kagak ya terserah kan bukan duit ayee...... :glodak:
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: BYD m6 3 seater start from 379juta

Post by lexnic »

ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 6:56 EV dapet subsidi supaya naikin daya beli, di kelas 700 juta-an pulak. itu mah manfaatin FOMO effectnya doang. aslinya mereka mah oke oke aja bayar 70 juta lebih mahal karena gimanapun barang baru. toh skrg juga nongkrong di stockyard itu.

saya dulu awal2 perang rusia ukraina mikir mau beli mobil yg bisa isi pertalite tapi gak jadi... gw keluar 300 juta lagi buat mobil, sementara kalo naik naik pun masih bisa disiasatin. sekarang udah berasa normal2 aja ngisi civic 1 tank 600 ribu dulu 400 ribu... cuma nambah 200 ribu 1 tank, sebulan ngisi 2 kali jadi 400 ribu doang. dikali 12 ya 4.8 juta aja paling abis buat jajan juga.

400 ribu itu gede kalo mikirnya mobil cuma buat point a to b... gw mah easy aja hiburan gw juga cuma mobil jadi anggep itu biaya hiburan sama biaya harian. justru jangan2 gw nambah mobil operasional malah gak hepi krn mobilnya pasti gak enak.

E39 bensin 1:6 pertamax naik juga gw bodo amat. emang mobil buat seneng seneng. orang lain hobi jalan jalan gw hobinya rawat nikmatin mobil tua. kan orang liburan tiket pesawat naik juga dibeli toh :upss:

yang beli tiket pesawat healing ke bali waktu high season paling banyak pengguna pertalite dan biosolar :upss:
yg nyebelin itu "maksa" orang beli dgn bikin kebijakan2 yg IMO cuma manis di awal tapi bakalan pahit di blkg. mngkin emg bisnis, tapi cara mainnya kotor banget hahaha. :big_biglaugh:

saya sbenernya udh siap2 pas awal2 BBM naik gara2 perang rusia-ukraina. awal2 emg lmyn perih di dompet mbah, apalagi kena isu layoff di beberapa perusahaan. syukur2 kantor saya aman, biarpun gk dikasih kenaikan gaji & bonus tahunan jga kadang dikasih & kadang enggak. cuma yah, saya pribadi emg sayang (pake banget) sama mobil2 & motor di rmh. emg sih cuma 2kd tua sama lmpv yg agk lemot, tapi saya udh berprinsip dri awal klo selama dua2nya msh kita pegang, bakal dirawat sebaik2nya. dan emg ada kepuasan sndiri klo bisa ngerawat barang dgn baik. :mky_01:

buat bayarin BBM & maintenance, kita sekeluarga biasanya pinter2 manfaatin promo yg lg berlangsung aja. misal buat BBM, kan bisa daftar buat dapetin loyalty point dri tiap pengisian. sisanya yg msh bisa dikerjain sndiri (misal cuci mobil), ya udh dikerjain sndiri aja. toh mobil jga kebanyakan dipake di dlm kota, kcuali klo emg kotor bgt ato abis dri luar kota, bru bawa ke tempat cuci mobil. :big_peace:

dan kyk yg mbah bilang, ini jga salah satu bentuk hiburan buat ane hahaha (maklum, termasuk golongan OCD akut). ane sndiri emg dasarnya suka nyetir, jdi ada kepuasan sndiri klo pake mobil/motor kinclong & enak pas dipake. :big_smile]
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]