tempat gratis jasa bayar om.........Salvanost wrote: Thu Aug 29, 2024 16:15
Investor boleh mijit sama karaokean gratis sebulan berapa kali om?![]()

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
tempat gratis jasa bayar om.........Salvanost wrote: Thu Aug 29, 2024 16:15
Investor boleh mijit sama karaokean gratis sebulan berapa kali om?![]()
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya
Siap2 ganti mobil yak
gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya
Siap2 ganti mobil yak
mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh.........![]()
jd inget ipar beli creta baru ampir 400jt nanyanya bisa pertalite gak ya????ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:04
gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.
nyicil 2-3 jt per bulan mampu, ngisi bensin nambah 500 rb per bulan teriak.
brarti orang kek kita ini sebenernya lebih miskin daripada mereka2 yang nyicil mobil listrik baru![]()
Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........
Gpp mbahtimbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........
Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
ini dulu saya sering bilang juga waktu awal AirEV keluar. banyak yg bilang beli karena hemat. padahal jelas2 keluar duit banyak di awal.timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19 Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.
Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
Saya iseng2 cek, ev lr pasaran 160 dan brio di 150. Anggep bensin + pkb brio 2 tahun habis 35 juta. Masih lebih hemat 45 juta pake mobil yang proper 2 row + ga perlu takut dibawa keluar kota dan dijual lagi cepet liquidforzanetti wrote: Fri Aug 30, 2024 3:32
ini dulu saya sering bilang juga waktu awal AirEV keluar. banyak yg bilang beli karena hemat. padahal jelas2 keluar duit banyak di awal.
beli airEV long range 260jt (tahun 2022). saya bilang beli Brio Satya 180jt, selisih 80jtnya buat bensin + PKB. setelah 5 taon harga jual AirEVnya berapa? Brionya berapa?
saya sering dimarahin orang bilang beda bensin 4000/ltr itu gak signifikan, padahal mah kalo beli LCGC aja tank 35 liter, sekali full tank 140 ribu bedanya. seminggu sekali ngisi, paling ya 500-600 ribu bedanya sebulan. emang nyicilnya gak dihitung? ya okelah kalopun gak nyicil semurah murahnya mobil sekarang juga harganya 180 juta. tetep aja hilang duit 180 juta buat belinya doang.timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53
BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........
Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobiltimbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:42 Saya iseng2 cek, ev lr pasaran 160 dan brio di 150. Anggep bensin + pkb brio 2 tahun habis 35 juta. Masih lebih hemat 45 juta pake mobil yang proper 2 row + ga perlu takut dibawa keluar kota dan dijual lagi cepet liquid
Gimana ya perasaan yang beli binguo 410km di harga 408 juta, sekarang baru nya di 320. Pake 6 bulan langsung turun 88 juta, belum hitung depresiasi di tengah gempuran ev 300-400 kecil yang pake ccs2 seperti mg4 ev / dolphin.
Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil
edan emg logika masyarakat wakanda hahaha.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:04gpp kan di kita kaya kaya... termasuk pengguna LCGC.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya
Siap2 ganti mobil yak
mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh.........![]()
nyicil 2-3 jt per bulan mampu, ngisi bensin nambah 500 rb per bulan teriak.
brarti orang kek kita ini sebenernya lebih miskin daripada mereka2 yang nyicil mobil listrik baru![]()
sorry om, klo msh nanya bisa isi pertalite ato enggak, emg orangnya blm mampu utk pnya mobilb0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 3:09 jd inget ipar beli creta baru ampir 400jt nanyanya bisa pertalite gak ya????![]()
padahal mobil dia yang sempit dan kecil itu bisa kebeli 2 mobil saya mana satu mobilnya gede dan tinggi lagi satu lagi juga biar kecil kabinnya masih ngalahin creta
iya lah om mereka aja rela bakar duit ratusan juta, kita kan pake bekas karena gak rela duit kita kebakar malah kalo bisa invest makannya sebenernya pajero pengen oe ganti cygnus j100 mumpung murah dan tinggal isi pertamax sapa tau harganya naek kedepannya soalnya land cruiser, cuma belom kesampean![]()
harga BBM naik ini salah satu risiko klo pnya mobil/motor. saya pribadi nyiasatin kondisi kyk bgini dgn mengurangi pergi2 yg gk perlu & pastiin klo kondisi mesin bener2 prima. ganti EV jga gk menjamin bakal lbh irit. ya skrg emg "irit" soalnya produk EV dsini msh dapet subsidi pajak & insentif2 lainnya dri pemerintah.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43saya sering dimarahin orang bilang beda bensin 4000/ltr itu gak signifikan, padahal mah kalo beli LCGC aja tank 35 liter, sekali full tank 140 ribu bedanya. seminggu sekali ngisi, paling ya 500-600 ribu bedanya sebulan. emang nyicilnya gak dihitung? ya okelah kalopun gak nyicil semurah murahnya mobil sekarang juga harganya 180 juta. tetep aja hilang duit 180 juta buat belinya doang.timbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 3:19 Nah ini kadang yang saya ga habis pikir. Mobil sekarang misalkan new hrv se 2022 dijual di harga 330, dijual karena katanya "boros", ganti ke ev seperti atto3 / kona di harga 500an. Itu hitungannnya pengiritannya gimana yak. Pake 8 tahun isi pertamax pun baru bisa menganulir penambahan harganya ke ev 500an. di atas 8 tahun tiba2 trouble batre nya, mesti siapin dana sekitar 200 juta lagi, dijual pun mungkin harga juga udah drop sekali, pertama karena battery health dan kedua karena 2 ev ini modelnya pun bukan selera semua orang, jadi akan lebih susah cari calon pembelinya.
Soal m6, pertama launching kesan saya wow ev 3 row murah ni. Tapi setelah saya pikir2 kok ini ev hype nya bakal cuma temporary seperti kebanyakan mobil china lainnya. Dari review row kabin yang ga seluas zenix / reborn, ac kurang dingin, duduk row2 bagian paha kurang menopang dengan baik, ditambah ini model byd dari tahun 2017, saya takutnya dalam 1-2 tahun ke depan langsung banyak ev 3 row dengan model yang jauh lebih modern, langsung m6 ini berasa ketinggalan modelnya, ditambah lagi kejadian byd di thailand yang kurangin harga atto3 sampai 300 jutaan.
kalo gak jadi taksi online sih ngirit segitu monmaap gak berasa apalagi asumsi saya orang nyicil mobil yang sehat ya minimal income 10 juta yang masuk akal. yang berat nambah expense 500 ribu sebulan kan paling gajinya masih single digit. pertanyaannya emang bijak nyicil mobil kalo gaji 5jt per bulan kan enggak juga. 500 ribu sebulan dikali 12 kan 6 juta setahun di deposito jg geli geli doang![]()
sekali lagi ini asumsi berdasarkan hitungan finansial yang waras yaa kalau mau nyicil mobil 180 juta dengan gaji 5 juta perbulan, atau punya tabungan 180 juta dihabisin buat mobil semua ya nggak heran bayar bensinnya aja mikir![]()
poin 2 pada ngerasain gak sih EV ini business modelnya kayak smartphone, resale valuenya drop ancur-ancuran, setiap 2 tahun keluar model baru. emang disiapin buat jadi disposable.
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
maksudnya 2 sedan kek soluna di tuker sama bajaj air ev gitu??? ogah lah om mendingan oe piara 2 soluna lebih murah selsih 50jt omtimbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 4:39Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil
Kali ini ane setuju sm om boku wkwkwb0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 6:07maksudnya 2 sedan kek soluna di tuker sama bajaj air ev gitu??? ogah lah om mendingan oe piara 2 soluna lebih murah selsih 50jt omtimbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 4:39Atau beli ev yang setara harga jual mobil sekarang. Misalkan jual mobil pajero di 400 juta, beli mg4 di harga yang sama. Ya itu baru berasa iritnya. Itupun sebenernya kalau batre rusak dan harus ganti, sudah cukup menganulir penghematan selama pakai. Ya itung2 buat lewatin ganjil genap mempermudah hidup aja ga kena macet. Berasa si kalau kerja di scbd pulang ke pik, harusnya keluar scbd langsung naik tol, jadi muter nya super jauh karena keganjel gage.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 3:43
alasan paling masuk akal beli EV itu ya nyoba barang baru. kalo alesan ngirit apalagi belinya ioniq5 ya nggak masuk. kecuali emang beliin nyonyah supaya gak ngomel2 bayar bensin baru valid ngomong pengiritan. dia kan gak bayar mobilnya. atau mobil buat supir biar uang bensin ga ditilep.
Kalau buat gage dan ga mau rugi, mending beli ev second yang murah aja. cari yang bu mau jual di 150. Udah pake aja sampe rusak. Sukur2 awet sampe 10 tahun ke depan.b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:15
alesan ganjil genap pun mendingan gw beli soluna 2 unit 100jt doank parts murah benerin 10jt juga sehat tuh mobil
belom itung jual rugi aja oe masih bisa balik 60jt-80jt kalo masing2x dijual 30jt-40jt mau taon mudaan beli wagon r picanto masih dapet dan lebih layak dari air ev juga as a car..............![]()
400jt saya punya pajero dakar ganjil sama ge8 genap satu buat jalan family satu buat hobby ngebut2x harga beli 260+160= 420 kalo value sekarang malah cuma 230+130=360jt itupun jazz ud 8thn di tangan saya pajero ud 5thn, masa di tuker satu mobil sempit dan gak bisa geber kayak MG4 rugi donk..........
plus lagi karena mobil 2 bisa gonta ganti suasana dan 2 mobil om kalo ada yang butuh pake tinggal pinjemin kadang family ada aja yang balik dari ausie![]()
gage juga lucu emangnya orang idupnya di gage doank![]()
padahal fyi aja om itu pajero ud 2x turun mesin yang pertama saya abis 15jt itu full overhaul dan banyak kerjaan selipan kek benerin rack nitip pasang selang rem teflon sama ganti seal2x mumpung di bongkar sama upgrade dp fp semuatimbermaniac123 wrote: Fri Aug 30, 2024 6:24 Hahaha ya ada benernya juga sih. Cuma takutnya ada yg ga yakin sama mobil tua. Saya sendiri pun kayanya ga akan beli ev. Kecuali jepang keluarin ev kaya nissan sakura di 200an
tuh kegep anaknya baginda raja ada skandal sama toko oren...b0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 4:07 JGN lupa bangga bayar pajaknya murah padahal pajak recehan mereka gak bakalan cukup buat bangun jalan![]()
ujung2xnya gw gw lagi yang subsidiin mereka dari pajak mobil gw pajero 5jt jazz 3jt 8jt tuh gw sumbangin setaon eh yang ngerusakin jalan mobil mereka yang bobotnya kayak prasasti............yang kere siapa sih??????
bener kata james may dulu ledekin hammond "stealing from the poor" baru berasa sekarang![]()
jd inget isi sila 5 keadilan sosial bagi yang punya duit..........![]()
EV dapet subsidi supaya naikin daya beli, di kelas 700 juta-an pulak. itu mah manfaatin FOMO effectnya doang. aslinya mereka mah oke oke aja bayar 70 juta lebih mahal karena gimanapun barang baru. toh skrg juga nongkrong di stockyard itu.lexnic wrote: Fri Aug 30, 2024 4:41
edan emg logika masyarakat wakanda hahaha.
klo misal harga mobil listrik udh "normal" (gk dapet subsidi pajak ato insentif2 lain dri pemerintah), apa akan tetep booming kyk skrg?![]()
sorry om, klo msh nanya bisa isi pertalite ato enggak, emg orangnya blm mampu utk pnya mobil. mngkin dia bisa beli mobilnya, tapi gk bisa bayarin maintenance nya
![]()
harga BBM naik ini salah satu risiko klo pnya mobil/motor. saya pribadi nyiasatin kondisi kyk bgini dgn mengurangi pergi2 yg gk perlu & pastiin klo kondisi mesin bener2 prima. ganti EV jga gk menjamin bakal lbh irit. ya skrg emg "irit" soalnya produk EV dsini msh dapet subsidi pajak & insentif2 lainnya dri pemerintah.![]()
Buat yg mau dan mampu ajab0ku wrote: Fri Aug 30, 2024 2:53BENSIN beda 4000 solusinya ganti mobil nambah 100-300jt emang pinter orang2x..........Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 1:32 https://money.kompas.com/read/2024/08/2 ... -alasannya
Siap2 ganti mobil yak
mobil saya yang minum turbo sama dex nyimak aja deh.........![]()
sebenernya apes tuh dapet mantu doyan flexing coba kawin sama si tissue gw yakin sampe sekarang gak ketauanChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 6:50
tuh kegep anaknya baginda raja ada skandal sama toko oren...![]()
gw mau tau ada yang bongkar gak itu mobil2 cungkwo skandalnya pasti terkait keluarga mereka2 juga. gw yakin tuh diem2 support dinasti si moel soalnya takut nanti semua keistimewaan mereka ilang
kan ud ketauan yang merek anu ada bekingan si moel yang satunya sampe chargernya pake beda aja bisa tembus![]()
iya iya saya juga cuma provoke orang biar gak beli soalnya bad investement ............Zaxis wrote: Fri Aug 30, 2024 8:07
Buat yg mau dan mampu aja
Ga ada yg maksa orang kok wajib beli
Kan sesuai judul topik,dari pada bahas ga jelas oot
yg nyebelin itu "maksa" orang beli dgn bikin kebijakan2 yg IMO cuma manis di awal tapi bakalan pahit di blkg. mngkin emg bisnis, tapi cara mainnya kotor banget hahaha.ChZ wrote: Fri Aug 30, 2024 6:56 EV dapet subsidi supaya naikin daya beli, di kelas 700 juta-an pulak. itu mah manfaatin FOMO effectnya doang. aslinya mereka mah oke oke aja bayar 70 juta lebih mahal karena gimanapun barang baru. toh skrg juga nongkrong di stockyard itu.
saya dulu awal2 perang rusia ukraina mikir mau beli mobil yg bisa isi pertalite tapi gak jadi... gw keluar 300 juta lagi buat mobil, sementara kalo naik naik pun masih bisa disiasatin. sekarang udah berasa normal2 aja ngisi civic 1 tank 600 ribu dulu 400 ribu... cuma nambah 200 ribu 1 tank, sebulan ngisi 2 kali jadi 400 ribu doang. dikali 12 ya 4.8 juta aja paling abis buat jajan juga.
400 ribu itu gede kalo mikirnya mobil cuma buat point a to b... gw mah easy aja hiburan gw juga cuma mobil jadi anggep itu biaya hiburan sama biaya harian. justru jangan2 gw nambah mobil operasional malah gak hepi krn mobilnya pasti gak enak.
E39 bensin 1:6 pertamax naik juga gw bodo amat. emang mobil buat seneng seneng. orang lain hobi jalan jalan gw hobinya rawat nikmatin mobil tua. kan orang liburan tiket pesawat naik juga dibeli toh![]()
yang beli tiket pesawat healing ke bali waktu high season paling banyak pengguna pertalite dan biosolar![]()