Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 562
- Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
gak ada pembela nissan di hari ini ?
nmi ngeles kan itu hasil testdrive media independen jadi bukan kami yang mengklaim.. kalau gak mau di salahin kenapa juga itu statement ditaruh di iklannya kan bisa mempengaruhi persepsi masyarakat. Ya gini gak tanggung jawab, absolute gak mo disalahin. Business ethics ? Jauh... tipikal atpm di id
Di class action aja lah baiknya, kumpulin semua yang pake march yang mrasa ketipu buat ngedukung siapa tu namanya yang lagi dipengadilan ma nmi kalo gak ya bakal jadi seperti prita vs omni.
Ntar kalo kalo menang pasti ada atpm lain yang ngikutin nasib nmi, cuman kok ya susah. Indonesiaaaa...........
nmi ngeles kan itu hasil testdrive media independen jadi bukan kami yang mengklaim.. kalau gak mau di salahin kenapa juga itu statement ditaruh di iklannya kan bisa mempengaruhi persepsi masyarakat. Ya gini gak tanggung jawab, absolute gak mo disalahin. Business ethics ? Jauh... tipikal atpm di id
Di class action aja lah baiknya, kumpulin semua yang pake march yang mrasa ketipu buat ngedukung siapa tu namanya yang lagi dipengadilan ma nmi kalo gak ya bakal jadi seperti prita vs omni.
Ntar kalo kalo menang pasti ada atpm lain yang ngikutin nasib nmi, cuman kok ya susah. Indonesiaaaa...........
- faith humanity freedom -
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
sebenernya kalo mau dilihat dari segi hukum, NMI ga salah amat2, scara stiap kali mreka pasang iklan gembar gembor heboh norak nya itu slalu dicantumin referensi asal muasal angka ajaib FC nya tsb...
cuman scara moral yahh jelas ini pabrikan bersalah... mreka membohongi masyarakat umum dgn iklan2 yg ga realistis tsb... mau dapetin angka sgitu, musti pake pertamax, nyetir musti jaga rpm, dan musti lancar kondisi lalin nya... atau jangan2 musti matiin ac, penumpang musti 1 atau 2 orang doank... yahh itu sama aja boong dan ga practical donkk.... sama aja kaya waktu mereka baru kluarin GL... ntuh di koran beberapa bulan dipasang iklan irit bener tuh GL... nyaris sama kaya prius atau malah lebi irit... kenyataan nya ?? ga beda ama kaleng apanja tuh FC nya... atau ada jg yg iritttt bangettt... tapi deviasi speedometer nya " hebat ngibul nya"....
musti nya biar kedepan nya jgn ampe ada konsumen yg dirugikan gini... ada baik nya ada lembaga independen yg bertugas mengetes gmana FC, safety, quality dari suatu merek mobil yg dijual atpm dsini... jadi bebas unsur politik uang atau pun suap.... produsen ga bisa ngibul2 atau ngasi gimmick palsu...
cuman scara moral yahh jelas ini pabrikan bersalah... mreka membohongi masyarakat umum dgn iklan2 yg ga realistis tsb... mau dapetin angka sgitu, musti pake pertamax, nyetir musti jaga rpm, dan musti lancar kondisi lalin nya... atau jangan2 musti matiin ac, penumpang musti 1 atau 2 orang doank... yahh itu sama aja boong dan ga practical donkk.... sama aja kaya waktu mereka baru kluarin GL... ntuh di koran beberapa bulan dipasang iklan irit bener tuh GL... nyaris sama kaya prius atau malah lebi irit... kenyataan nya ?? ga beda ama kaleng apanja tuh FC nya... atau ada jg yg iritttt bangettt... tapi deviasi speedometer nya " hebat ngibul nya"....
musti nya biar kedepan nya jgn ampe ada konsumen yg dirugikan gini... ada baik nya ada lembaga independen yg bertugas mengetes gmana FC, safety, quality dari suatu merek mobil yg dijual atpm dsini... jadi bebas unsur politik uang atau pun suap.... produsen ga bisa ngibul2 atau ngasi gimmick palsu...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Dulu saya pernah pake GL, abis service tercium bau bensin dari dalam kabin, katanya service pelampung fuel tank, angkat fuel tank lewat kursi belakang, kok aneh yah? Pantesan bisa kecium bau bensin di dalam kabin.jalu wrote:bagaimanapun potensi kebakaran yg terbesar adalah dr bensin (bbm),
kalo memang ada yg komen tercium bau bensin di kabin, itu berarti ada uap2 bensin yg sudah keluar dr sistem, uap bensin tsb jg berpotensi terbakar.
trus bagaimana hasil analisis fuel line nya Juke ? kok makin kemari komentar temen2 malah lbh menjurus ke sentimen merek
Terus mengenai sentimen merk, memang atpm kadang harus lebih menghargai komsumennya, meskipun cuman satu atau dua orang. Kadang kesel juga udah beli barang yg menurut kita gak murah, tapi gak dianggap begitu. Kadang keki juga kali ye
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
ane stuju bgt dah.....selain yg uda disebutkan.. juga harus di turunan panjang and ga bole ngerem sdikitpun... jokinya ga bole lebih dr 50kg.. semua isi interior lepasin termasuk dashboard.. yg penting meteran2 masi ada.. cukup masukan ke posisi ''D" atw biar ada sedikit engine brake pake ''L''..... *kl gini doank malah bisa 1:30an.... btw sang master marketing sampe hari ini masi belon nongol yaa??DOHC wrote:sebenernya kalo mau dilihat dari segi hukum, NMI ga salah amat2, scara stiap kali mreka pasang iklan gembar gembor heboh norak nya itu slalu dicantumin referensi asal muasal angka ajaib FC nya tsb...
cuman scara moral yahh jelas ini pabrikan bersalah... mreka membohongi masyarakat umum dgn iklan2 yg ga realistis tsb... mau dapetin angka sgitu, musti pake pertamax, nyetir musti jaga rpm, dan musti lancar kondisi lalin nya... atau jangan2 musti matiin ac, penumpang musti 1 atau 2 orang doank... yahh itu sama aja boong dan ga practical donkk.... sama aja kaya waktu mereka baru kluarin GL... ntuh di koran beberapa bulan dipasang iklan irit bener tuh GL... nyaris sama kaya prius atau malah lebi irit... kenyataan nya ?? ga beda ama kaleng apanja tuh FC nya... atau ada jg yg iritttt bangettt... tapi deviasi speedometer nya " hebat ngibul nya"....
musti nya biar kedepan nya jgn ampe ada konsumen yg dirugikan gini... ada baik nya ada lembaga independen yg bertugas mengetes gmana FC, safety, quality dari suatu merek mobil yg dijual atpm dsini... jadi bebas unsur politik uang atau pun suap.... produsen ga bisa ngibul2 atau ngasi gimmick palsu...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
jgn lupa kang... apanja jg perna ngibul tuh iklan nya.... masa gajah disuruh masuk ke dalem apanja...





numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Mnrt saya user nya kurang info saja....
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
user nya harus nya join SM dulu yah jemb...




numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Ya iya chiong....mgkn kalau dia join SM gak akan ada tuntutan semacam ini?ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Hari gini masih ada mobil baru masih 1:10..... Waduh. Apa gak pakai variabel timing variabel valve? Apanya aja pakai VVTI.
Keicar harusnya 1:20 pakai AC.
Keicar harusnya 1:20 pakai AC.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Kalau 150 juta dapet mobil k-car kayak di jepang mantap tuh, 700cc turbo, malah ada versi awd nya yah
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
tull om, k-car jepang cc-nya di bawah 1000cc, tp pake turbo.... larinya kyk apa ya....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
kalau tidak salah, nissan di sini itu langsung dipegang jepangnya, bukan indomobil lagi. jadilah namanya sekarang: nissan motor indonesia.abrof wrote:usul lagi...sebaiknya merk Nissan dipegang aja sama Astra....yang megang Nissan di Indo parah deh...Daihatsu yg di luaran sono gak terlalu gede aja bisa digedein Astra...gimana dengan Nissan yg sudah punya nama lebih bagus...
rasanya sih nggak mungkin dikasih ke Astra.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Semalam ada review di topgear yg jam 17.00. James May review Fiat Panda 80an HP (dan Corsa Nuremberg).
Ya kayak gitu deh, isi seorang lumayan kenceng tapi kalau 4 orang jadi lelet. IMHO, di jalanan urban gak perlu mobil bertenaga besar. Gak perlu tahu waktu 0-70-0. Berapa kali sih, tacho menyentuh 4000 rpm ke atas? Punya mobil 100 HP, paling dipakai 50 HP juga (3000 rpman). Makanya pakai Keicar. Daripada pakai sepeda motor.
Kalau yang saya baca pembelaan Nissan, mereka tidak menampik bahwa mobilnya boros. Yang mereka sanggah adalah bukan mereka yg bikin pernyataan tapi media. Berarti emang betul March punya konsumsi 1:10?
Ya kayak gitu deh, isi seorang lumayan kenceng tapi kalau 4 orang jadi lelet. IMHO, di jalanan urban gak perlu mobil bertenaga besar. Gak perlu tahu waktu 0-70-0. Berapa kali sih, tacho menyentuh 4000 rpm ke atas? Punya mobil 100 HP, paling dipakai 50 HP juga (3000 rpman). Makanya pakai Keicar. Daripada pakai sepeda motor.
Kalau yang saya baca pembelaan Nissan, mereka tidak menampik bahwa mobilnya boros. Yang mereka sanggah adalah bukan mereka yg bikin pernyataan tapi media. Berarti emang betul March punya konsumsi 1:10?
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Torsinya march paling kecil dibandingkan mobil2 sekelasnya (i10, splash, picanto, spark, av-xe 1300). Udah gitu yg laris yg a/t. Udah pasti ujung2nya boros om...

Makanya ane pake atoz utk mobilitas harian. Fungsi dan fiturnya pas. Yg penting sadar diri dgn kemampuannya. Jgn diajak ngebut di atas 150km/jam, jgn diajak lewat banjir2an, jgn diajak off road, jgn diajak bawa beras berkarung2...Makanya pakai Keicar. Daripada pakai sepeda motor.



Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 278
- Joined: Thu Sep 04, 2008 1:43
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
mestinya sih yg class-action pengguna Juke, bukan March. kebohongan konsumsi bensin kan tidak seserius dampak mudah terbakar...
*kompor mbledug*
*kompor mbledug*

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Yang ane underlined, itu dia masalah yang ngga terduga, om..y_anjasrana wrote:-cut-
Makanya ane pake atoz utk mobilitas harian. Fungsi dan fiturnya pas. Yg penting sadar diri dgn kemampuannya. Jgn diajak ngebut di atas 150km/jam, jgn diajak lewat banjir2an, jgn diajak off road, jgn diajak bawa beras berkarung2...![]()
![]()
Kayak kmrn, pas pulang dari rumah sodara, di tengah jalan tiba2 ujan guedeee banget di tol.. gue cuman berdoa aja, moga2 ampe komplek rumah engga ujan gede..
Ternyata dengan mengambil rute masuk komplek lewat gerbang utama, belum ternampak banjir.. Begitu masuk agak ke tengah, eettt..dahhh,, banjirnya hampir setengah ban deh kayakna..
Mau muter balik, muternya bisa 2 km sendiri, yang mana jalur muternya itu melewati daerah yang rawan banjir juga... Pastinya sih bakalan so..so.. juga..

Ya udh, terpaksa deh jalan di posisi 2, bukan L, mobil serasa perahu, karena kayaknya bumper depan udh pada posisi mecah banjir..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
rasanya memang gak masuk akal nissan march bisa 20 km/l karena mesin dia konvensional plus cuma 3 silinder di jalan macet lagi . mampu sih 20 km/l dengan syarat kecepatan sama dan jalan kaya tolak4ng wrote:kl mmg faktanya begitu gmn donk bro???campoeran wrote:Blm lagi skrg lagi marak kasus march , pemilik march gugat NMI , eh NMI gugat balek dah .
....lagi banyak cobaan NMI .

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Seharusnya sih pakai L, bukan 2. Agar gigi tertahan di 1st gear dan tidak terjadi perpindahan gigi selama melewati banjir yg menutupi ujung knalpot.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
Oh gitu ya, mod...Hansen wrote:Seharusnya sih pakai L, bukan 2. Agar gigi tertahan di 1st gear dan tidak terjadi perpindahan gigi selama melewati banjir yg menutupi ujung knalpot.

Oke deh, sip!



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
http://www.nissan.co.th/en/web/news/news_10203.htm
http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -01-e.html
Nissan di Indonesia payah ya. Beda ama yg di luar negeri. Di luar dijagokan 1:20 bahkan di atas 1:35.
http://www.nissan-global.com/EN/NEWS/20 ... -01-e.html
Nissan di Indonesia payah ya. Beda ama yg di luar negeri. Di luar dijagokan 1:20 bahkan di atas 1:35.
Last edited by asudarsono on Mon Apr 09, 2012 5:57, edited 1 time in total.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
tipe RS ya?nugroho bagor wrote:eh iya kalo anj kan cuma D aja and S bgm sebaiknya kalo nerjang banjir
masuk ke mode manual (paddle shift) dan tahan di posisi gigi 1 saja

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
bukannya kalo banjir itu yang lebih penting lubang masuk udara?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Sat Apr 28, 2007 6:02
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
kok gw juga jadi sedih baca surat ini ya....
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/31221
Surat Pembaca
NISSAN MOTOR INDONESIA
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
SENIN, 2 APRIL 2012 | 12:33 WIB
Nama saya Soerijo Gondo Setiawan, dan saya telah menjadi penggemar setia serta pengagum Nissan selama bertahun-tahun, hingga saya bahkan membeli lebih dari 1 (satu) mobil Nissan. Alasan saya menjadi penggemar berat Nissan adalah karena performa dan kualitas Nissan yang selama ini saya ketahui. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa saya memilih brand Nissan untuk orang-orang yang saya cintai; termasuk anak saya Olivia Dewi Soerijo. Sungguh saya tidak menyangka kalau keputusan saya untuk memilih Nissan bagi anak saya tercinta, ternyata berujung mengenaskan. Olivia, anak saya yang begitu saya sayangi, tewas mengenaskan di dalam mobil Nissan yang dikendarainya.
Di tengah kedukaan saya, saya tak urung menyalahkan diri saya sendiri, karena bukankah saya yang memilih Nissan untuk anak saya tercinta tersebut? Berhari-hari saya mencoba mencari tahu dan mereka-reka kejadian yang merenggut nyawa anak saya tersebut. Setelah tragedi ini terjadi, saya mencoba mencari tahu mengenai Nissan Juke, dan alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui fakta bahwa Nissan Juke sebenarnya telah di recall di berbagai negara karena cacat produksi.
Saya bukanlah seorang ahli di bidang otomotif, namun dari berbagai berita kecelakaan yang pernah saya baca dan dipublikasikan di media, baik kasus Afriyani hingga Syaiful Djamil; tidak satupun dari mereka yang tidak dapat keluar ataupun dikeluarkan dari mobil hingga mobil tersebut terbakar sampai tinggal bangkainya. Sepengetahuan saya, di berbagai kecelakaan tersebut, bahkan mobil yang menabrak hingga terguling, tidak berujung pada kebakaran sefatal yang dialami Olivia; sedangkan Olivia hanyalah menubruk tiang billboard.
Saya menulis surat ini karena saya menginginkan penjelasan dari Nissan, apakah benar cacat produksi di Nissan Juke yang mengakibatkan nyawa anak saya melayang. Lantas mengapa Nissan Juke telah direcall di berbagai negara, namun tidak di recall di Indonesia? Demikianlah surat ini saya tulis, tak hanya sebagai seorang ayah yang baru ditinggal pergi oleh putrinya untuk selama-lamanya, namun juga sebagai pelanggan setia Nissan selama berpuluh tahun.
Soerijo Gondo Setiawan
Jl. Kampung Gusti, RT 011/015, Pejagalan
Jakarta Utara
Dibaca 9712 Kali
9556
Tanggapan Surat Pembaca
NISSAN MOTOR INDONESIA
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
RABU, 4 APRIL 2012 | 17:13 WIB
Sebelumnya, atas nama keluarga besar PT. Nissan Motor Indonesia, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Soerijo Gondo Setiawan yang telah memilih Nissan sebagai kendaraan Bapak dan keluarga. Sekali lagi, kami juga ingin mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan prihatin terhadap musibah kecelakaan yang menimpa Saudari Olivia. Semoga almarhumah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Bersama surat ini, Nissan Motor Indonesia ingin memberikan tanggapan terhadap surat yang dikirimkan oleh Bapak tertanggal Rabu, 4 April 2012.
Beberapa hal yang ingin kami sampaikan sehubungan issue recall dan penjelasan Nissan sehubungan dengan kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke. Untuk menjawab seputar issue recall Juke yang terjadi di beberapa negara, dapat kami konfirmasikan bahwa Juke yang dipasarkan di Indonesia hingga saat ini bebas dari recall karena spesifikasi mesin yang berbeda. Juke yang dipasarkan di Indonesia menyandang mesin tipe HR15DE sedangkan yang menjadi subyek recall adalah Juke dengan tipe mesin MR16DDT dengan Turbo Charger sehingga dapat kami pastikan bahwa kendaraan Juke yang digunakan oleh almarhumah Olivia pada saat kecelakaan bebas dari subyek recall.
Mengenai kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke, saat ini pihak Nissan Motor Indonesia telah menyelesaikan investigasi secara teknis unit Juke yang dikendarai oleh almarhumah Olivia dengan bantuan tim ahli dari Nissan Jepang, seperti yang diminta oleh pihak kepolisian. Hasil final investigasi dari pihak kami tersebut juga telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Kami berharap pihak kepolisian dapat segera menyampaikan hasil penyelidikan secara menyeluruh untuk dapat diketahui oleh publik dan keluarga Bapak.
Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dimuatnya surat tanggapan ini kami ucapkan terima kasih.
Arga Bima Jaksana
Nissan Motor Indonesia
Communications section
Jakarta
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/31221
Surat Pembaca
NISSAN MOTOR INDONESIA
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
SENIN, 2 APRIL 2012 | 12:33 WIB
Nama saya Soerijo Gondo Setiawan, dan saya telah menjadi penggemar setia serta pengagum Nissan selama bertahun-tahun, hingga saya bahkan membeli lebih dari 1 (satu) mobil Nissan. Alasan saya menjadi penggemar berat Nissan adalah karena performa dan kualitas Nissan yang selama ini saya ketahui. Itu jugalah yang menjadi alasan mengapa saya memilih brand Nissan untuk orang-orang yang saya cintai; termasuk anak saya Olivia Dewi Soerijo. Sungguh saya tidak menyangka kalau keputusan saya untuk memilih Nissan bagi anak saya tercinta, ternyata berujung mengenaskan. Olivia, anak saya yang begitu saya sayangi, tewas mengenaskan di dalam mobil Nissan yang dikendarainya.
Di tengah kedukaan saya, saya tak urung menyalahkan diri saya sendiri, karena bukankah saya yang memilih Nissan untuk anak saya tercinta tersebut? Berhari-hari saya mencoba mencari tahu dan mereka-reka kejadian yang merenggut nyawa anak saya tersebut. Setelah tragedi ini terjadi, saya mencoba mencari tahu mengenai Nissan Juke, dan alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui fakta bahwa Nissan Juke sebenarnya telah di recall di berbagai negara karena cacat produksi.
Saya bukanlah seorang ahli di bidang otomotif, namun dari berbagai berita kecelakaan yang pernah saya baca dan dipublikasikan di media, baik kasus Afriyani hingga Syaiful Djamil; tidak satupun dari mereka yang tidak dapat keluar ataupun dikeluarkan dari mobil hingga mobil tersebut terbakar sampai tinggal bangkainya. Sepengetahuan saya, di berbagai kecelakaan tersebut, bahkan mobil yang menabrak hingga terguling, tidak berujung pada kebakaran sefatal yang dialami Olivia; sedangkan Olivia hanyalah menubruk tiang billboard.
Saya menulis surat ini karena saya menginginkan penjelasan dari Nissan, apakah benar cacat produksi di Nissan Juke yang mengakibatkan nyawa anak saya melayang. Lantas mengapa Nissan Juke telah direcall di berbagai negara, namun tidak di recall di Indonesia? Demikianlah surat ini saya tulis, tak hanya sebagai seorang ayah yang baru ditinggal pergi oleh putrinya untuk selama-lamanya, namun juga sebagai pelanggan setia Nissan selama berpuluh tahun.
Soerijo Gondo Setiawan
Jl. Kampung Gusti, RT 011/015, Pejagalan
Jakarta Utara
Dibaca 9712 Kali
9556
Tanggapan Surat Pembaca
NISSAN MOTOR INDONESIA
Surat Pembaca Terkait Kematian Olivia Dewi
RABU, 4 APRIL 2012 | 17:13 WIB
Sebelumnya, atas nama keluarga besar PT. Nissan Motor Indonesia, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Soerijo Gondo Setiawan yang telah memilih Nissan sebagai kendaraan Bapak dan keluarga. Sekali lagi, kami juga ingin mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dan prihatin terhadap musibah kecelakaan yang menimpa Saudari Olivia. Semoga almarhumah diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Bersama surat ini, Nissan Motor Indonesia ingin memberikan tanggapan terhadap surat yang dikirimkan oleh Bapak tertanggal Rabu, 4 April 2012.
Beberapa hal yang ingin kami sampaikan sehubungan issue recall dan penjelasan Nissan sehubungan dengan kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke. Untuk menjawab seputar issue recall Juke yang terjadi di beberapa negara, dapat kami konfirmasikan bahwa Juke yang dipasarkan di Indonesia hingga saat ini bebas dari recall karena spesifikasi mesin yang berbeda. Juke yang dipasarkan di Indonesia menyandang mesin tipe HR15DE sedangkan yang menjadi subyek recall adalah Juke dengan tipe mesin MR16DDT dengan Turbo Charger sehingga dapat kami pastikan bahwa kendaraan Juke yang digunakan oleh almarhumah Olivia pada saat kecelakaan bebas dari subyek recall.
Mengenai kecelakaan yang melibatkan Nissan Juke, saat ini pihak Nissan Motor Indonesia telah menyelesaikan investigasi secara teknis unit Juke yang dikendarai oleh almarhumah Olivia dengan bantuan tim ahli dari Nissan Jepang, seperti yang diminta oleh pihak kepolisian. Hasil final investigasi dari pihak kami tersebut juga telah diserahkan kepada pihak kepolisian. Kami berharap pihak kepolisian dapat segera menyampaikan hasil penyelidikan secara menyeluruh untuk dapat diketahui oleh publik dan keluarga Bapak.
Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan dimuatnya surat tanggapan ini kami ucapkan terima kasih.
Arga Bima Jaksana
Nissan Motor Indonesia
Communications section
Jakarta
=== 2ZR-FXE, L15Z1, K24Z9, MZR L 2.0, L15A7, 3.6L V6, 2.5 LCV, 2.4L G4KC, 2.0 TDI, K3-VE, 1.8 Nu MPi, 1.4L, 2TR-FE, QR25DE, SR20DE, 2.6 V6, W124 M103, 1.8 7K, 1.3 2E
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Analisis Saluran BBM di Nissan Juke
tersentuh yah oom?hehehe...soraksorai wrote:kok gw juga jadi sedih baca surat ini ya....
http://www1.kompas.com/suratpembaca/read/31221
yah.,.namanya orang tua...jelas akan sedih sekali perasaan Pak Soerijo ini
