Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
diesellover wrote:
1. untuk 2 Map yang bro bilang seperti di atas itu, apa mapnya masi bisa kita customised ulang atau emank udah pre-custom dari ECU Shop Cube nya sendiri?
2. maksud saya, kalau misalnya kita mau setting untuk curva torsi yang bandwidth peak torque nya berada di RPM 1400-3000 gitu bisa ga?
1. Customize di atas Dyno kayak Dastek
2. Utk membuat Torsi dari 1500 - 3000 RPM cukup tinggi bisa, hanya saja mekanisme mesin D4 D sedemikian rupa karakter kurva Torsi-nya gak bisa flat, jadi biasanya dari 1500 ke sekitar 2500 dia naik tinggi, lalu di atas 3000 RPM dia drop. Zona Torsi tinggi umumnya antara 2000 - 3000 RPM (Puncak bukit)
Tapi kalo yg dicari antara 1500 - 3000 RPM Torsi yg tinggi yah bisa, cuman zona 1500 - 2000 RPM nya gak setinggi 2000 - 3000 RPM
Eniwei kalo dari RPM rendah Torsi sudah tinggi sekali juga yg ada BBM jadi lebih boros dan Stress Powertrain sangat tinggi.
Ini utk D4 D yg skg ada = yg non VN Turbo
jadi RPM rendah torsi tinggi ga selalu menjamin better FC ya bro turbo?
donnyng wrote:
1. Dulu ane isi Shell yg botol biru sekitar 70rb / liter, apakah ada yg available dgn harga segitu untuk yang 5W30? brand apa tuh? Anyway ipah perlu berapa liter ya? maklum pemakai baru nih
2. Apakah K&N Air Filter ini di Toda / ACE ada juga? Atau harus ke specific speed shop?
3. katanya FC juga sedikit dipengaruhi oleh tekanan ban, ane seminggu sekali selalu check dan make sure di angka 35 psi untuk all tyres.. ok kah?
1. Utk rentang harga 75 - 90 rb. / L bisa consider Motul H-Tec 5W30 / sainz genius 5W30 / Kendall 5W30 semi synthetic API SN / Honda Genuine oil 5W30
Volume oli mesin dgn ganti filter 5,5 - 5,6 L bisa dilihat di buku manual atau mudahnya install APG di BB, ada datanya di bagian Handbook.
2. Toko asesoris di sentra2 asesoris parts spt MGK / PMK / DTMF, nah skg mudahnya ke lokasi yg mana dulu ?
3. betul sekali, segitu dah pas
bro Turboman... just a quick question, minggu lalu baru dari BeRes Auto2k, lagi ada promo oli Toyota, apakah oli mereka ada yg 5W30 full / semi synth? mohon inpoh bro... Thanks.
donnyng wrote:
bro Turboman... just a quick question, minggu lalu baru dari BeRes Auto2k, lagi ada promo oli Toyota, apakah oli mereka ada yg 5W30 full / semi synth? mohon inpoh bro... Thanks.
donnyng wrote:TGMO singkatan dari apa ya? apakah itu merk-nya Toyota? full synth gitu berapaan ya? bisa berapa Rp / L? Thanks bro.
full synt TGMO yg ane beli 10w40 60rb/L
nah kalo yg 5W30 full synth, ada info berapaan ngga ya Bos bro ak4ng? kelebihannya dan kekurangannya dibanding dengan yg 10w40 apa ya? mohon masukannya. Tks.
donnyng wrote:
nah kalo yg 5W30 full synth, ada info berapaan ngga ya Bos bro ak4ng? kelebihannya dan kekurangannya dibanding dengan yg 10w40 apa ya? mohon masukannya. Tks.
Pake oli buntut 30 akan lebih enteng dibanding buntut 40, kecuali Ipah-nya always hauling beban berat baru pakai buntut 40
tuk 5W30 boleh coba Kendall 5W30 yg API SN, semi synth, kalo TGMO sih agak2 beli merek yah.
donnyng wrote:
nah kalo yg 5W30 full synth, ada info berapaan ngga ya Bos bro ak4ng? kelebihannya dan kekurangannya dibanding dengan yg 10w40 apa ya? mohon masukannya. Tks.
Pake oli buntut 30 akan lebih enteng dibanding buntut 40, kecuali Ipah-nya always hauling beban berat baru pakai buntut 40
tuk 5W30 boleh coba Kendall 5W30 yg API SN, semi synth, kalo TGMO sih agak2 beli merek yah.
nah.. wah ini ane jd tambah penasaran dengan cara kerja dan karakter oli berdasarkan jenis2nya... kenapa dengan buntut 40 atau 30, bagaimana dia bekerja dalam mendukung kerja mesin apabila sering hauling beban berat atau tdk, apakah ada komponen yg perlu kita ketahui di buntut 40 yang berbeda dengan buntut 30? lebih encer kah? lebih banyak aditif kah? atau ada 2 teknologi yg berbeda? biasanya dengan merk yg sama, manakah yg lebih mahal? dan mana yg lebih bagus... sebagai case study-nya ane pake Ipah AT bensin yang tiap hari hanya jalan 15-20 km, muatan paling banyak 7 orang (of course, sesuai kapasitas kursi), rata2 4 orang dalam 1 bulan (20%), tapi 80%-nya isi 2 orang saja, mohon bantu ulasannya yg singkat namun padat. Tks bro-bro sekalian...
donnyng wrote: Ipah AT bensin yang tiap hari hanya jalan 15-20 km, muatan paling banyak 7 orang (of course, sesuai kapasitas kursi), rata2 4 orang dalam 1 bulan (20%), tapi 80%-nya isi 2 orang saja, mohon bantu ulasannya yg singkat namun padat. Tks bro-bro sekalian...
Berarti kondisi beban mesin light load, maka boleh pakai 5W30 Semi Synth / Full Synth yg penting VI 160 ke atas
Oli makin kental biasanya lapisan film makin tebal, HTHS makin tinggi, itu aja intinya........simple aja
ipah ane skrg pake q8 yg 5W-40... so far uda jalan ampir 1000 km... suara mesin stelah panas, sungguh aluss.... pas start up dingin jg mesin rpm naek ampe ampir 2000 tp ga lama lgs drop ampe 1000...tarikan tetep enak.. lumayan puas ane pake ini oli... next ganti oli, mau cobain kendall ahh... uda ane stok in di gerasi..
donnyng wrote:1. jadi cara reading VI oli itu bagaimana?
2. 5W30 atau 10W40, itu bedanya di VI-nya atau hal lain juga?
Ini untuk referensi ane kedepannya, kalo light load, sebaiknya ane pake yg 5W30 - keunggulannya apa? kekurangannya apa? Kalau high load ane pakai yg buntutnya 40... demikian jg, pro and cons-nya apa?
@DOHC bro... itu load ipah anda bagaimana? Apakah light load? sehari lari berapa KM? udah pernah nyobain yg buntut 30? bagaimana pendapat anda?
Thanksss
1. Di Technical datasheet
2. antara 5W30 vs 10W40 beda viskositasnya pada saat 40 deg C dan 100 deg C, HTHS 10w40 lebih tinggi drpd 5W30, kalo VI tergantung base oil-nya.
Pakai oli 5W30 dibanding 10W40, maka dengan 5W30 tarikan mesin akan lebih enteng dan jika nyetir pulse en glide kons BBM akan sedikit lebih hemat drpd 10w40
Tapi jika mobil sering angkut beban berat better pakai buntut 40 (0W40 / 5w40) utk proteksi jeroan mesin yg lebih baik.
ipah ane sehh kalo utk beban yahh enteng bro... biasa cuman ane nyetir sendiri atau plg ngangkut temen kantor atau klien doank.. plg maksimal 3- 4 orang doank... yg nyiksa justru kondisi traffic nya, sehari2 jalan 30 - 40 km, mostly rute macet berjam2...
buntut 30 ane dah perna coba yg 10w-30 ama yg 5W-30... kalo yg ane rasain sehh utk yg 10-30 perbedaan ga terlalu signifikan yahh... mungkin yg buntut 30 yg ane cobain itu oli nya ga bgt bagus... tp kalo yg 5-30.. enak ini... tarikan enteng cuman suara mesin agak lebi kedengaran..
@bro Turboman - thanks for input, ane akan langsung coba 5W30 next ganti olie, mau cobain Kendall, kalau ngga ada ya TGMO
@bro DOHC, kondisi bro sama persis dengan ane, tapi ane cuma jarak pendek menengah, dengan macet parah dan stop-and-go all the time (avg mgkn sekitar 20-30 kpj), wah kalo 5W30 lbh ok, seperti di atas, i will give it a try!
sdikit OOT... maap teman2.. cuman mau jawab pertanyaan om VM
om VM, apanja utk bendix (kalo ga salah yg ada metal nya), yg depan 160an rebu, kalo merek TRW 150 rebu... kalo kampas belakang, TRW 120 rebu.. bendix blom ketemu..
itu harga di atrium senen... harga bisa berubah2 di tiap2 toko...
VanzMatic wrote:
DOHC wrote:mengenai rem ipah... kayanya emang kurang pakem yahh... apalagi kalo lagi "terburu2" nyetirnya, berasa banget ntuh rem amat kurang bsa di andalkan... pad rem bawaan ane rasain kurang pakem bgt.. kalo yg pakem ane perna ngerasain ipah temen ane yg make brand nissei (kalo ga salah)... mnurut dia, ini pad mahal.. tapi emang berasa pakem nya... perna jg ane nyobain paman ane punya ipah yg make pad bendix king metal.. ini jg lumayan pakem... kalo di ipah ane, make nya yg akebono, tapi utk yg daily use.. kalo ini kaga sepakem bendix atau nissei, tapi lebi mending dari yg pad bawaan...
Curcol bentaran ah ,..
Om Klep, kalo kampas rem bendix buat papanjah, berapa yah? om Klep belinya dimana? Buat bahan referensi, kalo nanti mo ganti..
soalnya dolo jaman babeh punya futura ama Grand Extra, ama supir, kampas rem selalu dipakein bendix.
donnyng wrote:@bro Turboman - thanks for input, ane akan langsung coba 5W30 next ganti olie, mau cobain Kendall, kalau ngga ada ya TGMO
@bro DOHC, kondisi bro sama persis dengan ane, tapi ane cuma jarak pendek menengah, dengan macet parah dan stop-and-go all the time (avg mgkn sekitar 20-30 kpj), wah kalo 5W30 lbh ok, seperti di atas, i will give it a try!
Thanks guys
sesuai in keinginan sendiri dan karakter mobil nya aja om... kadang ada yg cocok ama karakter oli encer, ada jg yg kentel... kalo yg feellin ane rasain sehh, ane lebi cocok pake 5W-40 buat ipah ane... tarikan masi dapet, suara mesin jg lebi enak didenger.. tp beberapa user malah cocok yg buntut 30..
Mau coba 5w30 tp msh ragu...yg d mksd sering hauling beban berat tu spt apa? Si Ipah peruntukanny mank utk 6-7 org..kasus yg q hadapi.seringny paling 4 org tmbah muatan setara 2 org (100 kg)...ga pernah macet..secara d daerah..cm route ny kdng tanjakan curam, berlubang2..kdg hrus smpe gigi 1..lama perjalanan 8 - 12 jam dgn istrhat 1 jam...itupun tiap wweekend...selebihny d pke harian dlm kota 2-3 org lalu lintas lancar..apakh ini dh trmasuk beban berat dn sbaikny tdk mnggunakan oli encer? Ato msih bisa d rekom dgn oli 5w-30
Salam kenal,
Saya juga pemilik GNKI 2012E M/T, ada hal yang ingin saya tanyakan dan saya harap bisa mendapatkan pencerahan dari sesama pemilik GNKI dan juga sesepuh2 SM di sini.
Apakah memang Innova atau pun GNKI (atau mungkin mobil2 baru sekarang ini) tidak mempunya idle up rpm saat kompressor AC menyala? Karena di GNKI saya, saya merasakan kalau kompresor AC nyala, rpm/mesin saya jadi seperti tertekan/tercekik. Jadi kalau mobil tidak bergerak atau misalkan berjalan pelan (30an km/jam), terasa sekali pas kompresor ACnya nyala, n mesin jadi terasa berat. Sekedar info, kalau pas setir si putar kekanan atau ke kiri sih ada naik tuh rpm (ada idle up nya toh berarti, tp apa cuma buat power steering aja???)
Sudah 2 BERES saya tanyain dan jawabannya normal2 aja hal tsb krn memang skrg sdh tidak ada lg yg namanya idle up seperti di mobil2 lama. Meskipun saya merasa kalaupun memang begitu adanya, bukankah seharusnya tidak terasa mengganjal putaran mesin begitu tho. Saya jg prnh nyobain mobil saudara (beda merk sih), memang rpm sepertinya tidak naik tapi nggak terasa sama sekali angkatan kompresor AC pas nyala, istilahnya kita nggak tahu/ nggak terasa tuh kompresor AC pas nyala atau pas mati.
Apakah mungkin kompresornya macet? Tetapi susah kasih alasan tsb krn nyatanya ya AC mobil tetap dingin. Meskipun menurut saya AC tsb dinginnya terasa cesss nya kalau itu mobil sdh jalan lama (misalkan pas ke lukot gitu lah), tapi kalau pas muter2 di dalkot aja, nggak keluar tuh cessss nya, adem thok gitu lah istilahnya pdhl temperatur sdh 3/4 tuh.
Waktu itu sih salah satu dr SA BERES yg saya tanyain ada bilang, kalau memang saya merasa tidak puas ya di klaim garansi saja Pak. Tapi saya ragu tentang kepastian mslh ini krn bisa dibilang dr fungsi AC nya yg dingin, berarti kompresonya baik tho, lha kalau diganti2 klaim takutnya malah nggak kebeneran khan jadi saya sendiri juga yg rugi. Lagipula mobil msh terhitung baru n disayang-sayang nih.... Jadi nggak sreg aja kalau dah mesti di obok2 tuh part mesinnya.... He3x.
Bagaimana dengan teman2 yg juga pemilik GNKI?Mohon donk pencerahannya dari teman2 semua dan tidak lupa para sesepuh SM, biar hati semakin tentram nih naik mobil ini. He3x. Thanks before. Regards.
Gnkifeb2012 wrote:...Sudah 2 BERES saya tanyain dan jawabannya ...
Waktu itu sih salah satu dr SA BERES yg saya tanyain ada bilang, kalau memang saya merasa tidak puas ya di klaim garansi saja Pak...Regards.
sy bekas pemilik grandnew kijang innova G matic petrol 2011 ...
ada koq idle up nya n klaim garamsi sj ...mrk gantinya cepat ...
bengkel jgn cuma ditanyai ...datangi sj
dulu sy saat masih jadi pemilik juga ada klaim ...rear garnish ornament spt mau copot ...mrk ganti
trus kaca belakang spt ada bunyi getar ... mrk ganti berikut kaca nya n window tint nya
Tull..selama msh toyota mah, klaim2 gituan gampang...jrg banget pake ngeles2an dulu...mindset di SA nya toyota tu: ada parts yg trouble? ganti saja, free of charge.