Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Iya om, ternyata tadi cek minyak kopling sudah kering...
Cek ternyata kebocoran ada di seal master kopling sudah rusak, jadi bocor disana.
Akhirnya tadi ganti sealnya sekalian dibersihkan.
master kopling panther nggak terlalu mahal, saran saya sih ganti set sama cylinder-nya atas bawah sekalian.
Baik mbah ,tapi sudah terlanjur dipasang kemaren. Haahhaa.
Kemaren dicek sama montir masih oke aja sih cuma ya kurang minyak aja bilangnya.
Nanti berikut2nya kalau masalah lgsg ganti aja 1 set.
Makasih sudah mampir mbah.
Ane aja baru tau kalau kemren tempat minyak rem sama kopling di panther ini terpisah, soalnya dulu taunya kalau di ipah ortu jadi 1, karena itu ga pernah ngecekin jg.
r3 diesel saya sedang bermasalah di sistem kopling, gejalanya kalau posisi masuk gigi dan tidak injak kopling (terutama gigi rendah), injak gas dan lepas gas terasa ada hentakan. seperti ada yg longgar di contact antara mesin dan transmisi ketika terjadi perpindahan state dari throttling ke engine brake dan sebaliknya.
km sekarang masih 65rb, gejala terasa sejak sekitar km 63rb. mobil saya beli seken di km 38rb, jadi saya tdk tau bgmn pemakaian owner sebelumnya, tapi kata penjualnya sih yg pake istrinya, cuma buat PP rumah-kerjaan jarak deket (keluar dealer 2018, sy beli mid 2022 km 38rb).
tidak ada gejala lain seperti slip, atau getar2 tdk wajar, pokoknya selama pemakaian tdk ada trouble, hanya hentakan2 itu aja. perbandingan posisi rpm dan kecepatan masih sama. saya test dengan posisi full brake gigi 1 & 2 lepas kopling, mesin mati.
apakah betul hanya spring/per koplingnya yg sudah lemah ya? kalau dibiarkan dulu apakah akan merusak bagian lain?
krn rencananya kalau hanya gejala seperti ini saja, mau saya tunggu sampe bagian lain seperti kampas dan release bearing bermasalah baru saya ganti 1 set, krn kata org BeRes kopling set biasanya ganti di km 80rb, masih ada 15rb km lagi.
sy sudah beli kopling set (kampas, matahari, release bearing). tinggal ganti. tapi kalau bisa diundur sampe 80rb sih, supaya sekali kerja dan tdk rugi umur part lain yg harusnya masih bisa.
Sore semuanya, nubi izin bertanya, mudah2an ada yang bisa jawab.
Jadi kira2 3 mingguan yang lalu waktu mobil lagi parkir ternyata anak ane masukkin posisi gigi ke 3, tanpa injak kopling pastinya, masih 4 taun anaknya. Jadi ane lagi bersih2in mesin kedengeran suara krek gitu.
Nah, ane bawa jalan masih bisa dan lancar, cuma pas masukin dari gigi 2 ke 3, agak ganjil aja rasanya, seperti ag slip dikit tiap masuk ke gigi 3. Baru aja kemarin jalan ag jauh ke Bukit Lawang, nah pas mau nurunin dari gigi 4 ke 3, beberapa kali kepentok, dan ga mau ane paksa masuk gigi 3. Kecuali pas rpmnya rendah, baru mau langsung masuk ke 3 dari gigi 4.
Mobil belum ane cek ke bengkel, rencana pas ganti oli sekalian aja ke beres buat dicek (500 km an lagi). Kira2 kalo dari pengalaman expert di sini, apa yang bermasalah ya? Apa perlu biaya besar dari kondisi gini? makasih ya suhu2
anggik88 wrote: Tue Apr 16, 2024 7:25
masukkin posisi gigi ke 3, tanpa injak kopling pastinya, masih 4 taun anaknya. Jadi ane lagi bersih2in mesin kedengeran suara krek gitu.
anggik88 wrote: Tue Apr 16, 2024 7:25
masukkin posisi gigi ke 3, tanpa injak kopling pastinya, masih 4 taun anaknya. Jadi ane lagi bersih2in mesin kedengeran suara krek gitu.
mesin mati atau nyala (idle)?
kl mesin nyala dan empunya lg bersih2in mesin, masuk gigi kayanya auto game over mbah.