mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by madcat015 »

Penikmat_Kopi wrote: Resale value sih tetep penting, kecuali kalau yg sudah sangat tajir. Itulah kenapa ada merk2 yg laris manis tapi ada juga yg susah lakunya. Menurut gue, bukan mikirin pembeli berikutnya, tapi mikirin diri sendiri untuk kedepannya terkait dengan kocek, nah kalo beli mahal trus harga resale jeblok kan nangis bombay :big_peace:
VanzMatic wrote:Pergeseran paradigma sih iya. Tapi kalau persentasenya masih kecil (paradigma nya), saya rasa sih engga signifikan.
Mostly, kalau ada model baru, wajar aja kalau kemudian menjadi terlihat jamak di jalanan, sama saja kayak dulu jamannya avania pertama keluar, langsung menjamur.
Wajar.

Untuk diketahui saja, fitur2 tambahan sebagai tambahan amunisi, BUKAN sebagai alat keselamatan pasif utama. Misalnya Airbag.
Sudah jelas jelas dari namanya saja SRS (supplementary restraining System).
Mau dipasang airbag ampe sepuluh biji juga, kalau kesadaran memakai sabuk pengaman aja masih senen kemis melulu, tetep percuma aja. Yang ada malah jadi cidera parah karena malah orangnya bakal tertampar hebat dari akibat letupan airbag.

Nah, kalau bicara pasar Indonesia, berarti bicara SELURUH wilayah NKRI. SUDAHKAH saudara saudara kita yang lain punya kesadaran tinggi untuk pakai sabuk keselamatan?

Fasilitas ABS+EBD, kalau mental supirnya masih mental angkot tembak, jadilah jalanan adalah ajang adu kebut nyali, karena PASTI dalam benak mereka, mereka ngandelin,"Tenaaaaangng, ada ABS, ngga bakal nge-lock remnya, walaupun gue bejek mendadak"

Mental udah beres belum???

Hanya sedikit sharing aja kok..

Be honest..
:big_peace:
Setuju om penikmat_kopi dan om VM. Jumlahnya orang yang mulai ngerti arti resale value vs nilai sebuah mobil (kenyamanan, dll) masih dikit. Plus mental pengendara masih kurang okeh (mostly ye...)
newrubble wrote:kalo sy baca thread title nya ...sbtulnya brand principal membuat produk dgn standar mrk yg disesuaikan dengan aturan di tiap negara ...jika aturan di suatu negara (mis: indo) itu loose ya mrk akan menggunakan ruang yg tersedia dlm aturan tsb (mis: kalo tdk wajib airbag, utk apa ada ...kalo gap antar panel tdk diatur spt JDM (max 2 milimeter) buat apa hrs spt JDM, kalo tdk wajib sat-nav GPS spt standar UK, EU, US dan JDM ya buat apa di pasang) ...itu logika nya

bgt juga bila aturan suatu negara bgt strict ...mrk tdk bisa berbuat banyak selain hrs menyesuaikan (misalnya US safety std yg memisahkan tiap front seat hrs terpasang safety/seatbelt yg terpisah antara "lap-belt" yg menahan perut dan shoulder belt yg menahan salah satu bahu dari seat-occupant nya dimana shoulder-belt itu wajib terbaut di belt-attachment-track yg ada diatas frame kaca pintu dan otomatis belt-attachment tersebut tertarik kedepan bila pintu terbuka sehingga org bisa lsg keluar dan sebaliknya bila pintu ditutup)

bikin mobil maupun CKD di indo itu enaknya upah pekerja production line nya murah (dibanding jepang atau negri lain berkategori first-world) ...tdk enaknya adalah: 1.high-social cost (land delivery banyak pungutan tdk resmi); 2.regulasi yg berubah ubah n kerap perlu penafsiran "org dalam" utk sekedar mengerti maksud hal yg diaturnya (industrialist hrs kluar ongkos legal-consultant baik resmi atau tdk -resmi; 3.hrg per unit jadi bgt mahal akibat bgt banyak pungutan resmi dgn berbagai judul; 4.bahan baku besi mau tdk mau hrs impor n tergantung hrg biji-besi di global market krn hingga kini tdk ada aturan dari pemerintah ttg daur-ulang kend.bermotor dan tdk ada batas usia operasional yg hrs berahir di scrap; dan 5.wajib CKD atau wajib di produksi @ asean bila mau kena bea impor unit tsb 5% (meski kalo CKD jatuhnya secara pajak lbh mahal dr asean built-up outside indo krn CKD ada yg namanya bea-masuk komponen yg besarannya antara 5-10%)

mobil toyota buatan indo atau yg masuk platform global macam innova, avanza itu lifetime maturity nya bgt lama krn mmg standar ke-ekonomisan toyota u ganti model itu antara 1-juta hingga 1.5-juta unit bila dibuat diluar JDM (lihat prius yg sdh di produksi lebih dr 3-juta unit utk total 3 generasi). sehingga sebetulnya produksi di indo itu blm mencapai efisiensi yg optimal yg total installed production cap "cuma" 140-180ribu unit (kira-kira)
Om newrubble, berarti safe dong kalo ane tarik kesimpulan bahwa pemerintah kita itu rubbish (mulai pungli, regulasi, pajak, hingga infrastruktur) yang akhirnya bikin mobil Indonesia harganya cukup mahal?
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by newrubble »

sy tdk mau bilang pemerintah anda bgt tar ada yg tdk suka tapi silakan anda punya pandangan spt itu
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by madcat015 »

newrubble wrote:sy tdk mau bilang pemerintah anda bgt tar ada yg tdk suka tapi silakan anda punya pandangan spt itu
Okay om newrubble :thanks: . I'll keep my personal view and opinion to myself. Kebebasan pendapat masih ada batasnya di Indonesia, ada baiknya bertoleransi. :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by DOHC »

busett dahh ini tret jadul geje knapa jadi pada bangkit lg yahh... :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by AD74YA »

ya gapapa...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by DOHC »

ohh.....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Hansen »

aaahh...
Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by AD74YA »

Yess....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Hansen »

Noo.....
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by DOHC »

mmmmm.....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by dieselkiki »

klamaaan
croot
- faith humanity freedom -
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by andy1800 »

:wkkk:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by Abu2 »

meilan nomor 73, nomor 79 dan 99 juga bole....


eh, ini forum apa ya?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by nugroho bagor »

DOHC wrote:busett dahh ini tret jadul geje knapa jadi pada bangkit lg yahh... :e-think: :e-think:
Ada yang phobia sama pilem2 zombiee jadi di bangkitin lagi x om
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by asudarsono »

Dalam kepemilikan Toyota ada kasta2nya. Paling tinggi Lexus. Kedua Toyota. Kemudian kambingnya menghuni kasta mobil buatan Asia Tenggara alias IMV.

O ya, di atas Lexus ada Subaru
Ready to Race
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by ZombiEE »

Nubie brondok z
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by andy1800 »

NOBOZ
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by y_anjasrana »

asudarsono wrote:Dalam kepemilikan Toyota ada kasta2nya. Paling tinggi Lexus. Kedua Toyota. Kemudian kambingnya menghuni kasta mobil buatan Asia Tenggara alias IMV.

O ya, di atas Lexus ada Subaru

memang subaru sahamnya punya toyota? bukannya subaru punyanya fuji heavy industries? toyota memang punya saham disitu, tp cuma 16,5% (kata om wiki), tp masa pengaruhnya sebesar itu?
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by newrubble »

y_anjasrana wrote: memang subaru sahamnya punya toyota? bukannya subaru punyanya fuji heavy industries? toyota memang punya saham disitu, tp cuma 16,5% (kata om wiki), tp masa pengaruhnya sebesar itu?
utk company yg 100% shares nya public listed ...fuji heavy industries cukup di beli total shares sebesar 6-7% saja oleh satu kepemilikan u sekedar menjadikannya sbg majority holder...kalo sdh diatas itu sdh
jauh lbh n. bisa masuk category majority n controling share holder.

dowjones sj pernah shares nya dimiliki oleh satu kepemilikan sebesar 3.5% u aekedar jadi majority holder

sgt jarang situasi spt indo yg byk companies berlabel "tbk" (public company) pdhl hanya jual 15% dari total shares ke masyarakat (public) n 85% masih ditangan founding family...ini sih situasi khas indo u sekedar dapat dana murah (lbh murah drpd pinjam ke bank)
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by y_anjasrana »

icic... klu subaru sini masuk grupnya astra ga?
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by newrubble »

y_anjasrana wrote:icic... klu subaru sini masuk grupnya astra ga?
diluar astra ...dia masuk via konglomerasi tanchong qq motorimage yg jadi salah satu dari 3 besar grup otomotif di malay n spore (selain dari cycle-n-carriage qq jardine-flemmings dan car-n-cars) motorimage milik kel tan dan di indo glenn-tan yg jadi head. dia dari generasi kelima n sehari harinya ada @spore

jardine-flemmings sendiri adalah controling share holder @ tunas yg terafiliasi dgn living hero indo ex angkatan 45 ...mr liem tong djoe
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by andy1800 »

- klo Hino...dia kan jg punyanya Toyota. tp krn histori, di Indonesia lwt group Indomobil? Atau dah jd masuk group Astra?

- UD d/h Nissan Diesel...milik Volvo...disini mmg masuknya group Indomobil?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
bayumas80
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Jul 26, 2012 20:40

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by bayumas80 »

VanzMatic wrote:Pergeseran paradigma sih iya. Tapi kalau persentasenya masih kecil (paradigma nya), saya rasa sih engga signifikan.
Mostly, kalau ada model baru, wajar aja kalau kemudian menjadi terlihat jamak di jalanan, sama saja kayak dulu jamannya avania pertama keluar, langsung menjamur.
Wajar.

Untuk diketahui saja, fitur2 tambahan sebagai tambahan amunisi, BUKAN sebagai alat keselamatan pasif utama. Misalnya Airbag.
Sudah jelas jelas dari namanya saja SRS (supplementary restraining System).
Mau dipasang airbag ampe sepuluh biji juga, kalau kesadaran memakai sabuk pengaman aja masih senen kemis melulu, tetep percuma aja. Yang ada malah jadi cidera parah karena malah orangnya bakal tertampar hebat dari akibat letupan airbag.

Nah, kalau bicara pasar Indonesia, berarti bicara SELURUH wilayah NKRI. SUDAHKAH saudara saudara kita yang lain punya kesadaran tinggi untuk pakai sabuk keselamatan?

Fasilitas ABS+EBD, kalau mental supirnya masih mental angkot tembak, jadilah jalanan adalah ajang adu kebut nyali, karena PASTI dalam benak mereka, mereka ngandelin,"Tenaaaaangng, ada ABS, ngga bakal nge-lock remnya, walaupun gue bejek mendadak"

Mental udah beres belum???

Hanya sedikit sharing aja kok..

Be honest..
:big_peace:
Postingan yang bagus om. Saya pernah merasakan bagaimana rasanya kena airbag. Mobil kantor Ford Everest nabrak truk dari belakang, speed 90 kpj. Alhasil 2 hari masuk Rumah Sakit. Bayangkan bagaimana bila tidak pakai seatbelt. Alhamdulllah masih diselamatkan yang diatas, posisi kap mobil dah menusuk kaca, saya jadi penumpang waktu itu. Mobil sama rental (Burung Biru) aja di-junk karena sasisnya dah bengkok dah tidak bisa diperbaiki lagi.
Ini kecepeatan 90 kpj, bagaimana dengan kec 120, 150, 180.
Be safe...
Jangan sampai kesadaran timbul dari musibah
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by y_anjasrana »

Wahh jd inget kmrn liat mikrolet merk Tyt (jelas bukan m8), di daerah tangerang dlm kondisi ringsek. Sepertinya habis masuk kolong truk. Kap mesin, pintu depan sudah lepas, pilar A sudah hampir datar. Tp gril, radiator serta bumper utuh. Ga tau kondisi orangnya. Mudah2an aja selamet.

Sepertinya disamping bicara kualitas kendaraan pribadi perlu diperhatikan jg kualitas kendaraan umum. Krn sekali kejadian korbannya bisa banyak. Beda dgn kendaraan pribadi yg relatif lebih sedikit penumpangnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: mobil toyota buatan indonesia very bad ?

Post by AB1050 »

sori oot,
Kebetulan ane sehari2 pake grand avega, suatu saat ane nyobain naik innova G 2008 punya temen ane..entah ane gara2 kebiasaan bawa grand avega atau memang built quality nya innova gak bagus, waktu nutup pintu innova perasaan ane kayak nutup pintu angkot, gak mantab, cempreng suaranya..

*bukan fanboy toyota, bukan sales H miring, cuman pendapat pribadi aja*