beberapa kl ngukur resistensi antara ini 2 merek, dgn type yg sama
biasanya NGK sikittttttt lebi rendah resistensi nya, mungkin ini jg kl faktor yg bkin lebi cocok di hajar ama coil honda
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
beberapa kl ngukur resistensi antara ini 2 merek, dgn type yg sama
Ngk tipe apa n belinya dulu harga berapa tuh om? Baik yg lama dan yang baructopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
sbnernya awalnya gatau itu merk ngk, cmn order sesuai part number aja. spertinya ngk iridium, yang lama pun harusnya sama. harganya sebiji cmn 150 ribuan di tokoijojosomba wrote: Wed Apr 30, 2025 11:12Ngk tipe apa n belinya dulu harga berapa tuh om? Baik yg lama dan yang baructopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
Saya baru sekali ini liat ring busi coklat tembaga..ctopher7 wrote: Wed Apr 30, 2025 9:23 abis ganti busi padahal kmnya belom 40 rebu. tapi pas di start pertama kali pake busi baru, geternya lgsg berasa jauh lebih halus. mungkin karna yang lama gapnya ga bener
IMG_5336.jpeg
Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
IK20 IK20L IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.bangsaun wrote: Wed Apr 23, 2025 1:45 Mau tanya lagi om, saya sudah cek di Tokopedia NGK Official Store, ada nya busi Iridium BKR6EIX-11. Apa itu sama atau berbeda dengan BKR6EIX?
Terimakasih.
Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06IK20bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?saturday wrote: Wed Apr 23, 2025 3:40
Honda K20Z2
Sama. Angka belakang -11 artinya gap busi 1.1mm. Gap busi butuhnya seberapa, silahkan cek buku manual masing-masing. Bisa dilebarkan atau disempitkan kok gapnya. Tapi hati-hati jangan merusak elektroda tengahnya.
Terimakasih.
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Biasa antara 0.9-1.0. Busi yang tidak ada kode gapnya, sebaiknya diperiksa lalu gap ulang kalau tidak sesuaibangsaun wrote: Thu Jun 05, 2025 4:12Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06IK20bangsaun wrote: Tue Jun 03, 2025 3:55
Om mau tanya lagi, kalo Denso IK20 dan IK20L apa bedanya ya?
Terimakasih.
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Dan mau tanya lagi om (mohon maaf tanya2 terus), apa tau celah busi NGK G-Power BKR6EGP berapa ya? Saya sudah tanya ke NGK nya langsung by email, belum ada balasan.
Terimakasih om.
Baik om, terimakasih.saturday wrote: Thu Jun 05, 2025 4:30Biasa antara 0.9-1.0. Busi yang tidak ada kode gapnya, sebaiknya diperiksa lalu gap ulang kalau tidak sesuaibangsaun wrote: Thu Jun 05, 2025 4:12Terimakasih om atas penjelasan dan bantuannya.saturday wrote: Tue Jun 03, 2025 4:06
IK20
IK.jpg
IK20L
IK-L.jpg
IK20L lebih masuk kedalam ruang pembakaran 2mm dibanding IK20. Kalau tidak mentok klep, piston, dan mesinnya cocok secara teori pembakarannya lebih baik.
Dan mau tanya lagi om (mohon maaf tanya2 terus), apa tau celah busi NGK G-Power BKR6EGP berapa ya? Saya sudah tanya ke NGK nya langsung by email, belum ada balasan.
Terimakasih om.
Misalnya aja kalau ada:
BKR6EGP-11
BKR6EGP
Yang ada 11 nya artinya gap 1.1mm. Biasanya peruntukan spesifik untuk OEM kendaraan yang minta tipe busi tersebut dan gap tersebut. Yang tidak ada kode gapnya? Tinggal sesuaikan saja mesin maunya berapa pada buku petunjuk penggunaan kendaraan anda.
karena mau coba sendiri jadi ngeri kalau ada apa-apa, akhirnya ganti businya di bengkel sekalian ganti gasket cover klep.azu wrote: Sun Jan 12, 2025 9:48 Mau tanya dong suhu2 semua
Kalau busi yg susah dibuka baiknya gimana ya? Nav1 di rumah udah jalan 114rb Km, beli bekas pas 94rb Km. Gatau juga riwayat pemilik sebelumnya pernah ganti ngga
Nah sekarang rencana mau ganti busi, pakainya Denso SC16HR11 beli di official store. Tapi pas mau coba buka salah satu busi dalam kondisi mesin baru dipanasi sebentar habis ganti oli, itu keras bgt dan saya ga berani paksa soalnya takut malah slek dan pr nih kalo kenapa2saya belum coba buka yg silinder lain sih karena baru coba satu aja udah kaya gini
![]()
Ada trik2nya kah atau coba diputer agak lebih keras lagi aja ya?![]()
mayan parah ini businya mbahazu wrote: Wed Jun 18, 2025 8:49
karena mau coba sendiri jadi ngeri kalau ada apa-apa, akhirnya ganti businya di bengkel sekalian ganti gasket cover klep.
pas dicoba buka sama mekaniknya memang agak keras, tapi berhasil dibuka untuk silinder 1,2, dan 4. sedangkan untuk silinder 3, sudah diputar bisa tapi di sekitar 1/4 putaran terakhir kerasa agak macet. akhirnya coba disemprot penetran, terus dirapetin-longgarin businya, tetep kerasa macet. terakhir disemprot pakai carb cleaner, didiemin kerendam, terus dirapetin-longgarin businya, masih tetep kerasa macet.
akhirnya mekaniknya minta izin, kasih dua alternatif:
1. Coba lanjut buka meskipun kerasa macet, dengan risiko busi patah karena bagian atas busi ini bagian paling lemah dari busi.
2. Ngga dilanjut bukanya, biarkan silinder 3 ini businya ga diganti
Akhirnya saya pilih opsi 1, dengan risiko kalau patah ya turun deh itu cylinder head![]()
Setelah dicoba lagi dirapetin-longgarin, akhirnya dipaksa untuk buka aja itu busi. Syukurnya busi bisa kebuka tanpa ada drama patah![]()
Ini kondisi 3 busi yg berhasil dibuka pertama, kotor banget udah kaya berkarat gitu. untuk 1 busi terakhir saya ga sempet foto, tapi karatnya nampak sudah bersih karena kerendam dulu sama pembersih![]()
IMG_20250614_085524.jpg
Pantesan aja itu susah bukanya, kayanya pemilik sebelumnya ga pernah buka busi ini![]()
Parah banget mbah, sampe sempet panas dingin saya itu kalau harus sampe turun cylinder head abis berapa tuh biayanyaOmnibus wrote: Wed Jun 18, 2025 9:29
mayan parah ini businya mbah
btw si ulir di cylinder head ga dol kan yg silinder susah itu? bisa dilihat dr ulir di busi bekas (ga ada di foto kan)
kl ga pernah diganti dr baru berarti itu kan pasangan pabrik biasanya ga miring. tp iya stuck nya itu bikin tegang.azu wrote: Wed Jun 18, 2025 10:09
Parah banget mbah, sampe sempet panas dingin saya itu kalau harus sampe turun cylinder head abis berapa tuh biayanya![]()
Sekilas lihat kemarin sih ulirnya masih aman mbah
Pas udah kebuka juga mékanik nya bilang biasanya ini gara2 masang businya miring, tapi pas dia cek sih gapapa katanya![]()
Oiya businya juga beda heat range dari bawaannya, dari Denso SC20HR11 jadi SC16HR11. Tapi dari Toyota jg sejak 2015 sudah menjadikan SC16HR11 ini replacement untuk mesin 3ZR-FAE iniOmnibus wrote: Wed Jun 18, 2025 14:55kl ga pernah diganti dr baru berarti itu kan pasangan pabrik biasanya ga miring. tp iya stuck nya itu bikin tegang.azu wrote: Wed Jun 18, 2025 10:09
Parah banget mbah, sampe sempet panas dingin saya itu kalau harus sampe turun cylinder head abis berapa tuh biayanya![]()
Sekilas lihat kemarin sih ulirnya masih aman mbah
Pas udah kebuka juga mékanik nya bilang biasanya ini gara2 masang businya miring, tapi pas dia cek sih gapapa katanya![]()
abis ganti busi gimana rasanya, ngaruh dong?