Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kl kata mbah omni, yg diesel ga ad fuel pump d dalem tangki nya, cuman yg bensin yg ada
Diesel Fuel pump entah dimana. Yang pasti baru kali ini naik mobil, kunci di on ada suara ngiiiiing terus ...
update om:
setelah sy periksa dgn seksama menggunakan mechanics stethoscope (bukan doctors stethoscope) maka suara ngiiingg tersebut yg ga pernah berhenti selama kondisi KOEO (kunci on enjin off) berasal dr komponen sbb,
IMG_20210402_113444~2.jpg
EGR Motor
dan
IMG_20210402_113403~2.jpg
Butterfly Valve Motor
sementara dr matic yg sebelumnya sy bilang belum sempat check. tp kl njess cvt sy bunyi dlm kondisi KOEO posisi di R. kemungkinan ini jg sama cuma sy males ngolongnya.
demikian laporan singkat.
wah sampai di stetoskop. Terima kasih om.
Btw itu normal apa gak yah?
Om pakai oli apa untuk VRZ diesel nya?
Kalau yang Amsoil OE 5w40 yang 4x wear protection. Rencana saya pakai 12 bulan atau 5000 KM ok gak om? maksudnya apabila rencana mobil dipakai 15 sd 20 thn, apakah pelumasan jadi tidak sempurna dan menyebabkan logam/besi lebih terkikis?
Lah wong saya yg ngeracunin mreka jgn mo beli inofa type Q apalagi ventulel... inofa itu plg value for money malah type G ama V
gpp mbah kalau bawel copotin aja breather PCV
DOHC wrote: Sat Apr 03, 2021 16:18
Antara iya dan enga seh mbah
Itung2 kaya downgrade dr prestone koq ke DGC
Kayanya saya stick with prestone dl deh.. ntar kira2 10rebu km, yahh kira2 4 bulanan lg lah baru saya kuras, sayang jg baru tuang belom ad 10 rebu km
saya kirain malah downgrade dari OE ke aftermarket. kecuali kelasnya Redline.
karena kan formula khusus tiap pabrik itu berbeda karena jeroan mesin beda2 tiap merek.
Kl spek coolant TMO itu persis kaya di mamarika punya, yah kl switch ke prestone jelas itu namanya spekdown mbah.. cuman kan masalahnya indo punya ga jlas buatan mana, spek gmana.. takut2 isi nya sama ama denso atau daihatsu punya
Omnibus wrote: Sun Apr 04, 2021 17:12
harus dibikin tret tandingan ranking oli yakni tret ranking coolant nih utk menjawab keraguan itu
Udahh jgn bkin tret baru lg mbah
Dsini aj
Ud bulan 4 neh, bahkan ud mau lebaran lg, masa tret oli masi belom kelewat jg
Smua tools padahal ud d kuarin, masa musti ampe kuarin tools believe in your miserable choice jg neh
Btw mengenai coolant, semalem ta gugel tu si prestone, saya tengok smua line up prestone koq isinya sama yah, etilen glikol, aer ama garem 2EHA smua, even utk yg DEXcool ataupun asian vehicle.. anehh
Smua tools padahal ud d kuarin, masa musti ampe kuarin tools believe in your miserable choice jg neh
Btw mengenai coolant, semalem ta gugel tu si prestone, saya tengok smua line up prestone koq isinya sama yah, etilen glikol, aer ama garem 2EHA smua, even utk yg DEXcool ataupun asian vehicle.. anehh
Mbah Rektor, bukannya Prestone buatan USA.
Moso' di bawah TMO USA kualitasnya
Smua tools padahal ud d kuarin, masa musti ampe kuarin tools believe in your miserable choice jg neh
Btw mengenai coolant, semalem ta gugel tu si prestone, saya tengok smua line up prestone koq isinya sama yah, etilen glikol, aer ama garem 2EHA smua, even utk yg DEXcool ataupun asian vehicle.. anehh
Mbah Rektor, bukannya Prestone buatan USA.
Moso' di bawah TMO USA kualitasnya
Utk saat ini masi made in mamarika
Tp ga jamin selamanya gt loh
Siapa tau nanti jd made by autochem indonesia
Btw, TMO coolant mamarika itu kualitet nya ga maen2 loh om, bahkan lmayan jd pilihan pengguna mobil2 merk jepun laen nya dsana.. dan lg konsumen sana kritis2, produk berbahaya dikit lgs sue, dikit2 sue.. makanya produsen ga brani macem2
Btw, TMO coolant mamarika itu kualitet nya ga maen2 loh om, bahkan lmayan jd pilihan pengguna mobil2 merk jepun laen nya dsana.. dan lg konsumen sana kritis2, produk berbahaya dikit lgs sue, dikit2 sue.. makanya produsen ga brani macem2
Kl disana msh percaya krn build quality dan apa yg ditulis mesti dipertanggung jawabkan.
Reputasi perusahaan bisa bahaya kl asal.
Kira2 tu TMO mamarika apakah yg buat Prestone?
Btw, TMO coolant mamarika itu kualitet nya ga maen2 loh om, bahkan lmayan jd pilihan pengguna mobil2 merk jepun laen nya dsana.. dan lg konsumen sana kritis2, produk berbahaya dikit lgs sue, dikit2 sue.. makanya produsen ga brani macem2
Kl disana msh percaya krn build quality dan apa yg ditulis mesti dipertanggung jawabkan.
Reputasi perusahaan bisa bahaya kl asal.
Kira2 tu TMO mamarika apakah yg buat Prestone?
Ga mungkin buatan prestone om
Bsa2 tu TMO di gebukin rame2 ama orang mamarika sana
Smua coolant OEM utk merk nihon sana specifik cantumin ga mengandung 2EHA, sdgkan prestone di smua line up nya malah mengandung 2EHA
Bsa2 tu TMO di gebukin rame2 ama orang mamarika sana
Smua coolant OEM utk merk nihon sana specifik cantumin ga mengandung 2EHA, sdgkan prestone di smua line up nya malah mengandung 2EHA
Hmmm.....oem nya blm ketauan ya berarti apa itu TMO?
Atau di sana emang patuh dgn penggunaan parts from pabrikan dan beres..
After market hanya u upgrade saja mungkin ya
Btw, TMO coolant mamarika itu kualitet nya ga maen2 loh om, bahkan lmayan jd pilihan pengguna mobil2 merk jepun laen nya dsana.. dan lg konsumen sana kritis2, produk berbahaya dikit lgs sue, dikit2 sue.. makanya produsen ga brani macem2
Kl disana msh percaya krn build quality dan apa yg ditulis mesti dipertanggung jawabkan.
Reputasi perusahaan bisa bahaya kl asal.
Kira2 tu TMO mamarika apakah yg buat Prestone?
Ga mungkin buatan prestone om
Bsa2 tu TMO di gebukin rame2 ama orang mamarika sana
Smua coolant OEM utk merk nihon sana specifik cantumin ga mengandung 2EHA, sdgkan prestone di smua line up nya malah mengandung 2EHA
Lha itu om, makanya rada was2 kl pakai prestone, koq semua tertulis 2eha, atau cuma proprietary aja. Jadi ragu2 kan untuk pakai prestone.
Untuk mobil baru pun jg pernah baca ada kasus crv bocor.
Masalahnya kan bocornya kl pas yg kena di gasket ga gampang untuk lgsg ketahuan kecuali buka busi.
Kl yg kena di waterpump nasih lebih kelihatan kan
Lha itu om, makanya rada was2 kl pakai prestone, koq semua tertulis 2eha, atau cuma proprietary aja. Jadi ragu2 kan untuk pakai prestone.
Untuk mobil baru pun jg pernah baca ada kasus crv bocor.
Masalahnya kan bocornya kl pas yg kena di gasket ga gampang untuk lgsg ketahuan kecuali buka busi.
Kl yg kena di waterpump nasih lebih kelihatan kan
nah ini
kl yg kes crv itu, saya rada gagal faham seh, scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
nah bagian mana dr head gasket yg dr silicon, dan setau saya yg ilmu kimia nya pas2an lulus waktu sma, karet2 silicon itu ga tahan api deh, rada aneh kl di taruh di head gasket
kmungkinan yg yg kes crv bocor itu mungkin lebi ke arah coolant bocor, trus tekor, enjin overheat, head melengkung, makanya jd rembes coolant
kl yg kes kaya gitu, ud banyak di mamarika sana waktu kes DEXcoolant heboh di sana, coolant rembes dr seal dtambah defect tutup radiator beberapa mobil GM, trus tekor, trus overheat trus kena ke enjin head
DOHC wrote: Mon Apr 05, 2021 11:49
scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
Nah yang saya bingung silikon pada cooling system kepakenya di sebelah mana aja mbah? Karena kan setau saya cooling system itu ketemunya palingan hanya aluminium (blok/head/radiator), karet (selang), plastik (housing thermostat/cover radiator/tangki reservoir), dan entah apa itu bahannya head gasket. Berarti tinggal seal yang belum ketauan materialnya apa, antara karet atau silikon. Tapi berdasar hasil googling katanya silikon itu water permeabilitynya paling tinggi, jadi agak aneh dong kalau dipakai sebagai seal pada cooling system. Kalau bukan silikon ya berarti terbuat dari karet. Jadi kesimpulannya ga ada masalah dong dengan 2eha?
Atau proses penarikan kesimpulan saya ada yang salah?
Omnibus wrote: Mon Apr 05, 2021 8:54
same father same mother same size. DIFFERENT CREATURES ........
Stahlwille 730N/10 vs Stahlwille 730Quick/10
both 20-100Nm
IMG_20210405_155137~2.jpg
cakeeeeep.....
tapi tetep favorit saya yang seri Quick. beneran quick buat set torsi. rubah torsi dari paling tinggi ke paling rendah paling lama 1 detik. ahahahaha.....
merk lainnya ada yang bisa secepat itu?
DOHC wrote: Mon Apr 05, 2021 11:49
scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
Nah yang saya bingung silikon pada cooling system kepakenya di sebelah mana aja mbah? Karena kan setau saya cooling system itu ketemunya palingan hanya aluminium (blok/head/radiator), karet (selang), plastik (housing thermostat/cover radiator/tangki reservoir), dan entah apa itu bahannya head gasket. Berarti tinggal seal yang belum ketauan materialnya apa, antara karet atau silikon. Tapi berdasar hasil googling katanya silikon itu water permeabilitynya paling tinggi, jadi agak aneh dong kalau dipakai sebagai seal pada cooling system. Kalau bukan silikon ya berarti terbuat dari karet. Jadi kesimpulannya ga ada masalah dong dengan 2eha?
Atau proses penarikan kesimpulan saya ada yang salah?
Masih ada gasket cylinder head, karet di termostat, seal waterpump, gasket2 rumah selang, pipa bypass.
Kl yg ada heater juga masuk ke kabin untuk jadi pemanas.
Ada yg masuk intake manifold, jd kena gasket intake.
Ada jg yg masuk ke transmisi
Lha itu om, makanya rada was2 kl pakai prestone, koq semua tertulis 2eha, atau cuma proprietary aja. Jadi ragu2 kan untuk pakai prestone.
Untuk mobil baru pun jg pernah baca ada kasus crv bocor.
Masalahnya kan bocornya kl pas yg kena di gasket ga gampang untuk lgsg ketahuan kecuali buka busi.
Kl yg kena di waterpump nasih lebih kelihatan kan
nah ini
kl yg kes crv itu, saya rada gagal faham seh, scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
nah bagian mana dr head gasket yg dr silicon, dan setau saya yg ilmu kimia nya pas2an lulus waktu sma, karet2 silicon itu ga tahan api deh, rada aneh kl di taruh di head gasket
kmungkinan yg yg kes crv bocor itu mungkin lebi ke arah coolant bocor, trus tekor, enjin overheat, head melengkung, makanya jd rembes coolant
kl yg kes kaya gitu, ud banyak di mamarika sana waktu kes DEXcoolant heboh di sana, coolant rembes dr seal dtambah defect tutup radiator beberapa mobil GM, trus tekor, trus overheat trus kena ke enjin head
Yg waktu dexcool ramai memang agak ga jelas soalnya radiator cap juga ditemukan bermasalah.
Yg kasus ford kena di water pump, jd sejak itu ford tidak pakai dexcool lg.
Kl ga salah sih ceritanya gt. Tp juga di toyota (atau honda ya) yg malah sampai menyebut tanpa 2eha, lupa di artikel mana
DOHC wrote: Mon Apr 05, 2021 11:49
scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
Nah yang saya bingung silikon pada cooling system kepakenya di sebelah mana aja mbah? Karena kan setau saya cooling system itu ketemunya palingan hanya aluminium (blok/head/radiator), karet (selang), plastik (housing thermostat/cover radiator/tangki reservoir), dan entah apa itu bahannya head gasket. Berarti tinggal seal yang belum ketauan materialnya apa, antara karet atau silikon. Tapi berdasar hasil googling katanya silikon itu water permeabilitynya paling tinggi, jadi agak aneh dong kalau dipakai sebagai seal pada cooling system. Kalau bukan silikon ya berarti terbuat dari karet. Jadi kesimpulannya ga ada masalah dong dengan 2eha?
Atau proses penarikan kesimpulan saya ada yang salah?
Masih ada gasket cylinder head, karet di termostat, seal waterpump, gasket2 rumah selang, pipa bypass.
Kl yg ada heater juga masuk ke kabin untuk jadi pemanas.
Ada yg masuk intake manifold, jd kena gasket intake.
Ada jg yg masuk ke transmisi
Nah tapi kan 2eha efeknya ke silicone, bukan rubber. Pertanyaannya seal dan gasket tersebut terbuat dari silicone kah?
DOHC wrote: Mon Apr 05, 2021 11:49
scara 2EHA itu kan pelemas plastik silicon, bukannya metal ataupun serat2 karbon ataupun lead
Nah yang saya bingung silikon pada cooling system kepakenya di sebelah mana aja mbah? Karena kan setau saya cooling system itu ketemunya palingan hanya aluminium (blok/head/radiator), karet (selang), plastik (housing thermostat/cover radiator/tangki reservoir), dan entah apa itu bahannya head gasket. Berarti tinggal seal yang belum ketauan materialnya apa, antara karet atau silikon. Tapi berdasar hasil googling katanya silikon itu water permeabilitynya paling tinggi, jadi agak aneh dong kalau dipakai sebagai seal pada cooling system. Kalau bukan silikon ya berarti terbuat dari karet. Jadi kesimpulannya ga ada masalah dong dengan 2eha?
Atau proses penarikan kesimpulan saya ada yang salah?
banyak banget dipake nya om
itu kl om copotin timing cover aj, itu seal2 yg nempel antara enjin blok dan timing cover rata2 dr bahan karet, (btw kl yg dimaskud bahannya silicon seh bukan bener2 silicon yah tp ada campuran nya lg, krn sejauh ilmu kimia saya yg pas2an ini tau, karet2 utk bahan seal di enjin2 petroleum itu rata2 campuran dari rubber, silicon dan beberapa bahan plastik lain nya biar tahan panas, petroleum, dan tahan di press.. )
nah 2EHA ini masalah nya bkin melar bahan2 "plastik".. sperti yg saya blg d atas, seal2 karet di enjin itu rata2 campuran pake bahan plastik dan / silicon jg.. ini yg jd korban nya si 2EHA
kl mengenai head gasket jebol, saya masi gagal paham bagian plastik/ karet mana di headgasket
DOHC wrote: Mon Apr 05, 2021 13:07
karet2 utk bahan seal di enjin2 petroleum itu rata2 campuran dari rubber, silicon dan beberapa bahan plastik lain nya biar tahan panas, petroleum, dan tahan di press.. )
Ah oke om, kalau gitu sih kebayang bagaimana si 2eha bisa bikin melar sealnya. Karena awalnya kirain seal itu bahannya bukan campuran, jadi misalnya rubber aja atau silicone aja.
Omnibus wrote: Mon Apr 05, 2021 9:32
say cheese ...... group photo
same father same mother different size ..... but SAME CREATURES
IMG_20210405_162840~3.jpg
manoskop udah seragam, tapi insert ratchet head masih belang ada yang seri 72x QR ada yang 73x..... diseragamin atuh abah shifu...
he he he itu sengaja mbah, kan bisa tuker2an kl sesama 9x12. tadinya beli begitu biar ga penasaran sama yg QR.
nah justru yg 14x18 cuma punya sebiji. tp gpp wong TW sy yg pake ukuran itu jg cuma si 730N/20
mbah, hari ini ratchet 60cm saya dateng. dannnn ...... dusnya doang dong ga ada isinya. mau ga mau sy buat laporan komplen ke call center nya DHL. untung ada bukti bahwa dusnya memang ada lakban Repacked jd di suatu titik memang dibuka dusnya. halah ribet bgt hidup jauh dr pusat dunia.
Omnibus wrote: Mon Apr 05, 2021 13:58
he he he itu sengaja mbah, kan bisa tuker2an kl sesama 9x12. tadinya beli begitu biar ga penasaran sama yg QR.
nah justru yg 14x18 cuma punya sebiji. tp gpp wong TW sy yg pake ukuran itu jg cuma si 730N/20
mbah, hari ini ratchet 60cm saya dateng. dannnn ...... dusnya doang dong ga ada isinya. mau ga mau sy buat laporan komplen ke call center nya DHL. untung ada bukti bahwa dusnya memang ada lakban Repacked jd di suatu titik memang dibuka dusnya. halah ribet bgt hidup jauh dr pusat dunia.
si abah shifu pake 14x18 kan jarang banget, paling buat lugnut dowang...
tapi enaknya yang 73x fine tooth kan bisa nahan torsi lebih gede dari yang 72x QR.
ilang?!?!?!?!?
turut berduka....
kalo balik ke pusat dunia kabarin mbah, saya mau ikut. sapa tau bisa ketemu ari vatanen. mau foto bareng.