Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

ViPerRed wrote: Sat Oct 31, 2020 10:11
Turboman wrote: Fri Oct 30, 2020 12:10
ViPerRed wrote:suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max

tu mesin HLA / bukan ?

kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?
setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???

krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..


tinggal bawa ajah ke showroomnya mbah marmut,
apapun yg be-res ogah kerjain, pasti diberesin sm mbah marmut :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3450
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by maastricht889 »

Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 13:10
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 12:27
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 11:45
klo oli kelas yg bukan keraton, pakai 7 bulan ajah trus buang om.

seffer supreme 9000 5w30 (walaupun stok lama makanya harga murah) ya pantes itu mah oli keraton :upss:

sekelas sama amsoil signature, dkk.
emang kelasnya buat setahun pakai / 10rb KM (max)
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.

Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).

Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)

1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah :mky_03:

2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)

3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat :big_biglaugh: . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.

Mobil2an :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 13:54
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 13:10
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 12:27

Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.

Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).

Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)

1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah :mky_03:

2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)

3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat :big_biglaugh: . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.

Mobil2an :big_biglaugh:
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 13:39
ViPerRed wrote: Sat Oct 31, 2020 10:11
Turboman wrote: Fri Oct 30, 2020 12:10 0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max

tu mesin HLA / bukan ?

kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?
setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???

krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..


tinggal bawa ajah ke showroomnya mbah marmut,
apapun yg be-res ogah kerjain, pasti diberesin sm mbah marmut :ngacir:

nah......
sekilo 3000 tinggal dikali berapa kilogram.







:ngacir:
Pandaikayu
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Oct 31, 2020 15:49
Location: Bandung
Daily Vehicle: Wrangler Jk

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Pandaikayu »

Salam kenal sebelumnya teman2, saya member baru disini, newbie ijin bertanya, untuk wrangler jk 3.6 2013 bagus nya pake oli apa ya? Terimakasih 😁
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 13:20
ViPerRed wrote: Sat Oct 31, 2020 10:11

setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???

krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..

kalau memang hydraulic tappet, coba dilepasin tappet-nya trus dibersihin. bisa jadi ada kotoran nyelip jadi bikin mampet/macet dan bunyi.
nah ini ... hati2 biayanya ini :big_biglaugh:

jangan membayangkan semudah kaya nyuci gelas di dapur, mentang2 sama2 bersihin kotoran. :mky_03:
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by adri31 »

Suryaputra wrote:
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 12:27
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 11:45
klo oli kelas yg bukan keraton, pakai 7 bulan ajah trus buang om.

seffer supreme 9000 5w30 (walaupun stok lama makanya harga murah) ya pantes itu mah oli keraton :upss:

sekelas sama amsoil signature, dkk.
emang kelasnya buat setahun pakai / 10rb KM (max)
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.

Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).

Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)

1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah :mky_03:

2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)

3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Kalau oli pertamina fastron gold masuk kelas mana ya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat Oct 31, 2020 17:21
marmut wrote: Sat Oct 31, 2020 13:20
ViPerRed wrote: Sat Oct 31, 2020 10:11

setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???

krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..

kalau memang hydraulic tappet, coba dilepasin tappet-nya trus dibersihin. bisa jadi ada kotoran nyelip jadi bikin mampet/macet dan bunyi.
nah ini ... hati2 biayanya ini :big_biglaugh:

jangan membayangkan semudah kaya nyuci gelas di dapur, mentang2 sama2 bersihin kotoran. :mky_03:
Kes gampang ini

Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh

Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by well »

Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 14:16
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 13:54
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 13:10

:big_biglaugh:

gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)

1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah :mky_03:

2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)

3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat :big_biglaugh: . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.

Mobil2an :big_biglaugh:
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek :upss:
Denger2 PTT 0W30 itu ada campuran PAOnya, apa jg klo ada campuran PAO trmsk oli mainstreem yg disarankan tdk lbh dr 7-8rb?
Bkn masuk keraton y?
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12528
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Suryaputra »

adri31 wrote: Sun Nov 01, 2020 1:23
Suryaputra wrote:
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 12:27

Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.

Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).

Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)

1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah :mky_03:

2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)

3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Kalau oli pertamina fastron gold masuk kelas mana ya?
sy pernah pakai fastron gold 0w20,
4rb Km dah gak enak dan lgs sy ganti.

sama Total Q9000 0w20 jg masih enakan TQ9000 :mky_01:

well wrote: Sun Nov 01, 2020 1:43
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 14:16
erwinign wrote: Sat Oct 31, 2020 13:54

Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat :big_biglaugh: . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.

Mobil2an :big_biglaugh:
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek :upss:
Denger2 PTT 0W30 itu ada campuran PAOnya, apa jg klo ada campuran PAO trmsk oli mainstreem yg disarankan tdk lbh dr 7-8rb?
Bkn masuk keraton y?
di MSDS..
PTT 0w30 ada PAO <15%

PTT performa euro syn 5w30 lbh banyak PAO nya 20-30% (harganya selevel sama amsoil signature series)
https://pttlubricants.pttor.com/product ... anguage=en

jadi tau lah ya mana yg kelas sultan nya PTT :big_peace:
Last edited by Suryaputra on Sun Nov 01, 2020 2:19, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1930
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Roda Dua UW125 - 2007

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 1:33

Kes gampang ini

Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh

Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an
Yg ada jeroan makin hancur lebur kayanya Mbah Rektor 😂😂😂
Jangka pendek mungkin aman tp ngga tau dah jangka panjangnya 🤣🤣🤣
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08 yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja

ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..

Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?

Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya






:ngacir: :ngacir:
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 1:33

Kes gampang ini

Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh

Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an

tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.



:ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:03
rendr wrote: Fri Oct 30, 2020 4:34
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
SN om
kira2 kenapa yaaa..
apa terlalu encer kahhh
Kalo scross sih di manual book ngizinin 0w20... Jadi oli 0w30 ga masalah, lagipun amsoil signature 5w30 V100 nya di 10,3.. lebih encer dari ptt 0w30 tapi aman2 aja..

Kalo emang hasil test lab zddp nya di sekitar 800-900 aja sih oke ya harusnya...



erwinign wrote: Fri Oct 30, 2020 5:08
rendr wrote: Fri Oct 30, 2020 4:34
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27 suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?

Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
Dr PDS itu ptt tbnnya di range 7.5-8 doang om. Sblmnya saya pake ptt 5w30 di ertiga lama, bulan ke 11-12 juga udah mulai tektek. Dlm setaun itu br jalan sktr 1000km lebih dikit
Ptt 5w30 juga? Ini V100 nya sama kyk ptt 0w30 SN.. tapi 0w30 ada PAO nya +- 10%... Hmmmm

Oil film nya gampang pecah apa ya... Tapi liat VI nya sih tinggi2...
gaspol resing tim
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1104
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by rendr »

sesame wrote: Fri Oct 30, 2020 6:32
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:41
Omnibus wrote: Fri Oct 30, 2020 4:55

sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Nah sama nih waktu coldstart di 3SZ-VE..
Malah pake lebih encer lg, yg Super Syn 0W-20 SP..
Padahal baru jalan 150KM.. :big_think:
Sebelumnya pake Fastron Gold 5W-30 aman2 aja..
Fastron gold 5w30 mah emang oli kentel itu om...

Wong refernya aja ke MB 229.51... buat ukuran 5w30 aja udah masuk kategori 5w30 tebel.. kyk shell hx8
gaspol resing tim
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

josomba wrote: Sun Nov 01, 2020 2:24
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08 yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja

ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..

Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?

Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya






:ngacir: :ngacir:
kasta kerehore megadiskon









........... :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Nov 01, 2020 2:26
DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 1:33

Kes gampang ini

Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh

Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an

tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.



:ngacir:
jangan lupa bata merah yg sdh ditumbuk dicampur dgn garamnya. dan menaburkannya hrs spt chef salt.

5EF.gif
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11854
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 4:15

jangan lupa bata merah yg sdh ditumbuk dicampur dgn garamnya. dan menaburkannya hrs spt chef salt.


5EF.gif

baiknya garam laut atau garam himalaya mbah....?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

josomba wrote: Sun Nov 01, 2020 2:24
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08 yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja

ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..

Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?

Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya






:ngacir: :ngacir:
Hati2 itu

Karena itu tetap saja sudra, tp yg rendah diri, makanya mreka menurunkan harga diri mreka lg
marmut wrote: Sun Nov 01, 2020 2:26
DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 1:33

Kes gampang ini

Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh

Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an

tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.



:ngacir:
Kan d bawah nya ad apendix nya lg mbah

Dtulis :

Pisang di lumatkan hanya utk mobil yg masuk showroom saja, dan apabila pisang susah didapatkan, maka penggunaan oli sae 140 + bubuk gergaji diijinkan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

rendr wrote: Sun Nov 01, 2020 2:39
sesame wrote: Fri Oct 30, 2020 6:32
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 5:41

bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Nah sama nih waktu coldstart di 3SZ-VE..
Malah pake lebih encer lg, yg Super Syn 0W-20 SP..
Padahal baru jalan 150KM.. :big_think:
Sebelumnya pake Fastron Gold 5W-30 aman2 aja..
Fastron gold 5w30 mah emang oli kentel itu om...

Wong refernya aja ke MB 229.51... buat ukuran 5w30 aja udah masuk kategori 5w30 tebel.. kyk shell hx8
Saya duluuuu banget waktu fastron gold baru kluar perna beberapa kl make, impresi nya malah jauh lebi enak dan stabil dbanding hx8 loh

Penguapan lebi minim, suara mesin alus, suara glitik jg minim

Entah skrg gmana
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by josomba »

DOHC wrote: Sun Nov 01, 2020 4:42
Hati2 itu

Karena itu tetap saja sudra, tp yg rendah diri, makanya mreka menurunkan harga diri mreka lg

Omnibus wrote: Sun Nov 01, 2020 4:08
kasta kerehore megadiskon









........... :ngacir:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Eh tp kecuali DGO ya, itu si beneran suka 200rb per 4L kalau lg promo...


Kalau TGMO bisa 150rb per 4L sih wadawww mantap bener .... Palsunya
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Sebenernya oli2 kasta sudra gt masi cocok utk mobil2 dgn oil pan gede, radiator gede kaya ipah

Tp kl yg enjin imut2, radiator imut2, apalagi berturbo, jangan dehh kasi oli kasta sudra.. suara mesinnya kasar beut, blom lg glitik nya jd berasa banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by arfs »

ViPerRed wrote: Sat Oct 31, 2020 10:11
Turboman wrote: Fri Oct 30, 2020 12:10
ViPerRed wrote:suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh

brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max

tu mesin HLA / bukan ?

kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?
setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???

krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..
M15A belum pakai pakai HLA, melaikan masih pakai Shim.
Berikut service manualnya mengenai cara pengecekan valve lash nya. (Based on Service Manual SX4 X-Over RW415)
Image
Image
Image

BTW walaupun kode mesin sama-sama M15A, kalau liat di suzuki epart -
M15A di SX4 S-Cross
beda bentuk mesinnya sama M15A jadul yg dipakai di SX4 X-Over.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11778
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by Omnibus »

replacement shimnya ada di beres sizuki ngga tuh sesuai thickness yg diperlukan. hmm seru juga kl DIY nih
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 12

Post by DOHC »

Kayanya M15 bukan bucket shim ya ? Kl bukan bucket, apalagi doyan rpm tinggi mmg kadang bsa celah kerapetan nya brubah..

Dan yah, si montir beres susuki emg ga boong, ini ga bsa dstel, yg ad ganti shim nya sesuai celah yg terbentuk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: