Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ViPerRed wrote:suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh
brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max
tu mesin HLA / bukan ?
kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?
setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???
krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..
tinggal bawa ajah ke showroomnya mbah marmut,
apapun yg be-res ogah kerjain, pasti diberesin sm mbah marmut
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 11:45
klo oli kelas yg bukan keraton, pakai 7 bulan ajah trus buang om.
seffer supreme 9000 5w30 (walaupun stok lama makanya harga murah) ya pantes itu mah oli keraton
sekelas sama amsoil signature, dkk.
emang kelasnya buat setahun pakai / 10rb KM (max)
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.
Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).
Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil
gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)
1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah
2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)
3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.
Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).
Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil
gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)
1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah
2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)
3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.
Mobil2an
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Sat Oct 31, 2020 11:45
klo oli kelas yg bukan keraton, pakai 7 bulan ajah trus buang om.
seffer supreme 9000 5w30 (walaupun stok lama makanya harga murah) ya pantes itu mah oli keraton
sekelas sama amsoil signature, dkk.
emang kelasnya buat setahun pakai / 10rb KM (max)
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.
Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).
Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil
gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)
1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah
2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)
3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Kalau oli pertamina fastron gold masuk kelas mana ya?
gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)
1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah
2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)
3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.
Mobil2an
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek
Denger2 PTT 0W30 itu ada campuran PAOnya, apa jg klo ada campuran PAO trmsk oli mainstreem yg disarankan tdk lbh dr 7-8rb?
Bkn masuk keraton y?
Saya kok jd rancu sama oli non keraton yg dimaksud om ya dari kemarin hehehehe.
Saya lsg mikirnya compare antara (misal) PTT api SP non eco sama TGMO/oli honda. Masa dipukul rata 6-7 bulan ya buat 2 merk ini, pdhl kalo liat pds-nya PTT scr level non keraton masih lebih tinggi PTT dan jauh lebi enak feelnya (subyektif).
Ato mungkin biar jelas klasifikasinya jd oli non keraton, semi keraton, keraton, baru max oli keraton kahyangan kaya amsoil
gampangnya gini aja om klo dalam pandangan saya (dgn harga non promo yaa)
1. oli kelas Eco dgn masa pakai max 6 bln / 5rb Km : merk genuine bengkel resmi mbl2 jepang, dan oli merk lain dgn label Eco,
- PTT eco
- Fastron Eco
- DGO
- Honda Epro
klo oli genuinenya mercy dan bmw itu beda cerita yah
2. oli kelas mainstream dgn masa pakai max 7rb Km, any kind of oil dgn harga 100-140rb seliter (stok baru)
3. oli kelas keraton: oli stok lama (dgn shelf life hampir mentok 5thn) dgn harga 120-140rb-an seliter, atau oli baru dgn harga di range kurleb 200rb seliter
- Amsoil signature
- Seffer (klo masih ada)
- Q8 formula series
- Mobil 1 (bukan mobil super dan mobil2an)
Kalau oli pertamina fastron gold masuk kelas mana ya?
sy pernah pakai fastron gold 0w20,
4rb Km dah gak enak dan lgs sy ganti.
Saya dulu pake ptt 5w30 di crv k24, dg pakean rada bandel saya bablasin ke 10100km. Ini emang udah bener2 ngga enak sampe di setir geter2 hebat . Habis itu saya ganti lg pake ptt 5w30 pake sampe 8000km-1th masih oke scr tarikan ama kehalusan, tapi biar jaga2 krn uda setahun saya ganti ke ptt 5w30 lagi april kmrn. Nanti mau coba PTT evotek 0W20 SP non eco, sekarang lg trial di avanza 1.3 pake evotek 0W30.
Mobil2an
iyah klo PTT (bukan eco), jgn lebih dr 7-8rb km.
ganti oli jg kan gak seberapa, mobil bagus2 kesian klo mesin bengek
Denger2 PTT 0W30 itu ada campuran PAOnya, apa jg klo ada campuran PAO trmsk oli mainstreem yg disarankan tdk lbh dr 7-8rb?
Bkn masuk keraton y?
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08
yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja
ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..
Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?
Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya
Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh
Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an
tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27
suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh
brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?
Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
SN om
kira2 kenapa yaaa..
apa terlalu encer kahhh
Kalo scross sih di manual book ngizinin 0w20... Jadi oli 0w30 ga masalah, lagipun amsoil signature 5w30 V100 nya di 10,3.. lebih encer dari ptt 0w30 tapi aman2 aja..
Kalo emang hasil test lab zddp nya di sekitar 800-900 aja sih oke ya harusnya...
ViPerRed wrote: Fri Oct 30, 2020 4:27
suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh
brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
PTT 0w30 yg SN apa SP om?
Ada case M15A mie tek tek juga pake PTT 0w30...
Apa yg kurang ya...
Dr PDS itu ptt tbnnya di range 7.5-8 doang om. Sblmnya saya pake ptt 5w30 di ertiga lama, bulan ke 11-12 juga udah mulai tektek. Dlm setaun itu br jalan sktr 1000km lebih dikit
Ptt 5w30 juga? Ini V100 nya sama kyk ptt 0w30 SN.. tapi 0w30 ada PAO nya +- 10%... Hmmmm
Oil film nya gampang pecah apa ya... Tapi liat VI nya sih tinggi2...
sebaiknya segera ganti aja, mungkin ada additive yg diperlukan valvetrain mesin itu tp ga ada di olinya (cuma pendapat nubie)
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Nah sama nih waktu coldstart di 3SZ-VE..
Malah pake lebih encer lg, yg Super Syn 0W-20 SP..
Padahal baru jalan 150KM..
Sebelumnya pake Fastron Gold 5W-30 aman2 aja..
Fastron gold 5w30 mah emang oli kentel itu om...
Wong refernya aja ke MB 229.51... buat ukuran 5w30 aja udah masuk kategori 5w30 tebel.. kyk shell hx8
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08
yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja
ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..
Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?
Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya
Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh
Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an
tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.
jangan lupa bata merah yg sdh ditumbuk dicampur dgn garamnya. dan menaburkannya hrs spt chef salt.
5EF.gif
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Sat Oct 31, 2020 13:08
yg pasti sehh kelas2 oli OEM yg beredar di sini, saya yakin ga ad yg masuk kelas keraton, ibarat nya mreka smua antar merek cuman kasta sudra yg berganti2 baju saja
ga akan naek kelas ke kasta waisya, apalagi ksatria atau brahmana
Mbah ..
Kalau OEM ATPM tapi 4L cuman kena 150-200rb, itu masuk mana ya?
Di bawah Sudra dan Paria sepertinya sudah tidak ada kasta soalnya
Hati2 itu
Karena itu tetap saja sudra, tp yg rendah diri, makanya mreka menurunkan harga diri mreka lg
Kl mnurut institute technik van kojang jaya, sliter solar dicampur ke oli, disertai doa2 dr 7 kuburan, biasanya klek2 ringan sembuh
Perbandingan solar dan oli berbanding lurus dgn suara klek2 an
tapi mbah.... menurut BBAR (buku besar asem reges) bab 500 halaman 30.690, sesudah penggunaan solar musti memasukkan 2 sisir pisang mas atau 1 sisir pisang raja yang sudah dilumatkan kedalam mesin beserta tepung terigu, sedikit bubuk vanili, gula secukupnya, garam sejumput, telor ayam 2~3 butir.
Kan d bawah nya ad apendix nya lg mbah
Dtulis :
Pisang di lumatkan hanya utk mobil yg masuk showroom saja, dan apabila pisang susah didapatkan, maka penggunaan oli sae 140 + bubuk gergaji diijinkan
bngung mau ganti apa om
budget mepettt tipissss
klo coldstart ada suara halus nggiikkk kyk suara timing chain kering.. sekitar 2 detikan lgsg hilang..
Nah sama nih waktu coldstart di 3SZ-VE..
Malah pake lebih encer lg, yg Super Syn 0W-20 SP..
Padahal baru jalan 150KM..
Sebelumnya pake Fastron Gold 5W-30 aman2 aja..
Fastron gold 5w30 mah emang oli kentel itu om...
Wong refernya aja ke MB 229.51... buat ukuran 5w30 aja udah masuk kategori 5w30 tebel.. kyk shell hx8
Saya duluuuu banget waktu fastron gold baru kluar perna beberapa kl make, impresi nya malah jauh lebi enak dan stabil dbanding hx8 loh
Penguapan lebi minim, suara mesin alus, suara glitik jg minim
Sebenernya oli2 kasta sudra gt masi cocok utk mobil2 dgn oil pan gede, radiator gede kaya ipah
Tp kl yg enjin imut2, radiator imut2, apalagi berturbo, jangan dehh kasi oli kasta sudra.. suara mesinnya kasar beut, blom lg glitik nya jd berasa banget
ViPerRed wrote:suhuu..
untuk PTT 0w30 ini pemakaian max brp KM atau bulan ya?
ane baru 1 bulan ganti, udh jalan 2100KM
nyaris tiap hari kurlep jalan 100km gara2 ada urusan jauh
brp hari lalu jalan 200km non stop, dr jam 23:00 - 02:00
outside temp di MID 22 celcius
pas smpe tujuan suara mesin rada kasar ya, bunyi mesin jait khas M15A kedengeran bgt
0W30 bisa 10.000 km / 12 bulan max
tu mesin HLA / bukan ?
kalo non HLA, setel klep terakhir kapan ?
setau ane udh HLA om
ada tmn2 yg punya infonya kah???
krn pas ane minta stel klep di bengkel, di jwb SA nya ini mesin ga perlu stel klep..
M15A belum pakai pakai HLA, melaikan masih pakai Shim.
Berikut service manualnya mengenai cara pengecekan valve lash nya. (Based on Service Manual SX4 X-Over RW415)
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.