[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

[quote="maskopat
tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
[/quote]
setuju bro maksudnya,
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
Last edited by toyiblm on Fri Jul 24, 2009 6:14, edited 1 time in total.
toyiblm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by toyiblm »

maskopat wrote: secara alamiah, cc besar akan menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan tingkat durability yang tinggi. sedangkan cc kecil dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang besar tapi dengan konsekuensi di durability.

itulah salah satu alasan kenapa bentley, RR, maybach gak pake mesin cc kecil..
imho.. :frm_salut: :frm_salut:
yes, ane setuju juga, walaupun sebenarnya tidak pasti
tapi kan harusnya disesuikan dengan kelasnya dan compare apple to apple.....apple manalagi vs apple sunroof gitu bro...
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Risol1 »

toyiblm wrote:
maskopat wrote: tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
setuju bro maksudnya,
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
Bukannya mustinya semakin lama mesin2 tsb semakin durable atau semakin reliable bro?
jaman dulu thn 40-60an, mesin paling didesain untuk jalan <100rbkm, semakin lama dengan teknologi yg semakin maju, bukan-nya umur mesin bisa jadi lebih panjang dgn perawatan yg minimal?
juga misalnya mobil jadul kalo yg AT terkenal cepet rusak, sekarang AT udah sama reliable nya dengan MT, dll...
Steve Jaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by Steve Jaka »

Hot news....

lam kenal semua...
saya baru nemuin info baru ttg fortuner diesel A/T.
coba buka web toyota.co.id....trus buka di section fortuner, dan klik bro :big_peace: sur utk fortuner sportivo...
http://www.toyota.co.id/downloads/Leafl ... i_2009.pdf
disitu ada disebutin NEW Type 2.5G Diesel A/T 4x2.....(halaman 2..kiri bawah)

woooowww...ada yg tau harganya ngga????

ayooo....buruan.....inden..naksir jg nih.........
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Wahhh...good find bro....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin.. :shrug:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by mandala1 »

maskopat wrote:^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin.. :shrug:
Coba ente liat di bagasi om, biasanya ditaro di sebelah kiri belakang bareng tools box...... :e-think: :big_slap:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

mandala1 wrote:
maskopat wrote:^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin.. :shrug:
Coba ente liat di bagasi om, biasanya ditaro di sebelah kiri belakang bareng tools box...... :e-think: :big_slap:
mosok sih om? ane lihat belum ada tuh.. di kolong kali ya? :big_slap: :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Risol1 wrote:
toyiblm wrote:
maskopat wrote: tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
setuju bro maksudnya,
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
Bukannya mustinya semakin lama mesin2 tsb semakin durable atau semakin reliable bro?
jaman dulu thn 40-60an, mesin paling didesain untuk jalan <100rbkm, semakin lama dengan teknologi yg semakin maju, bukan-nya umur mesin bisa jadi lebih panjang dgn perawatan yg minimal?
juga misalnya mobil jadul kalo yg AT terkenal cepet rusak, sekarang AT udah sama reliable nya dengan MT, dll...
IMO, mesin 'hi-power' kaya hilux 3.0 gitu mungkin ga kalah durable sama mesin 'lo-power' kaya truk 160ps.
kalo truk pake mesin yg "lebih jadul" gitu yah terutama karena buat teken harga.
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Mesin Hilux 3.0 juga mesin truk bro...mesin light truck/niaga - memang dirancang tahan banting. Gak bakal ada di dalam sedan atau CUV Toyota.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

Captivated wrote:@roadtrain.... great review :off_good_job:

itu lg jalan2 kmana bro?
trims.
itu jln dari daerah tigaraksa ke rangkasbitung. Liat di GPS, ketemu daerah yg belum jadi jalan. Mau muter tanggung, jd terusin sekalian liat sasisnya, krn ktnya mudah patah/bengkok.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by roadtrain99 »

mandala1 wrote:
maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang? :)
mungkin kecewa nya spt ini bro:
"yah..terlanjur beli deh...skrg keluar yg intercooler.." sambil mikir, mo dijual sayang krn pake nya blm lama. mungkin spt itu. bukan kecewa yg gimana gitu bro. gimana klo keluar yg a/t ya..
adr889
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by adr889 »

Versi intercooler utk 2.5 D4D kelihatanya di asia nga ada deh kecuali eropa. jadi nga mungkin masuk 2.5 D4D yg ada intercoolernya.
kalau yg 3.0 D4D pakai intercooler dan turbo VGT udahan. tapi fortuner yg 3.0 D4D kelihatanya sih nga bakalan masuk dikarenakan harga dan pajak yg terlalu tinggi.
roadtrain99 wrote:
mandala1 wrote:
maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang? :)
mungkin kecewa nya spt ini bro:
"yah..terlanjur beli deh...skrg keluar yg intercooler.." sambil mikir, mo dijual sayang krn pake nya blm lama. mungkin spt itu. bukan kecewa yg gimana gitu bro. gimana klo keluar yg a/t ya..
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

apa 2.5 versi thai ada yg versi intercooler?
FortunerMan

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by FortunerMan »

Setau saya di Malaysia gak ada intercoolernya juga...di Thailand kayanya 3.0 semua cmiiw
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

maskopat wrote:
toyiblm wrote:kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
harusnya sih sekarang sudah makin kecil dengan tenaga yang lebih besar. seperti diesel di captiva, ford focus.. common rail high, pressure injection plus VGT..
kalo di mitsu pake mesin 4N.. di nissan yang dipake navara sekarang.
kurang tahu di toyota. tapi harusnya sudah ada teknologi diesel yang seperti ini.
malah isuzu si raja diesel ane belum tahu apakah ada mesin yang sekelas captiva.

tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?

simple thing, kenapa isuzu elf gak pake mesin seperti spek captiva? dengan tenaga dan torsi yang dihasilkan 1.5x dari mesin elf sekarang tapi cc yang jauh lebih kecil?

atau mitsu untuk truk kepala kuning, pake mesin 4D56 atau mungkin 4N? yang secara spek juga lebih powerful daripada mesin kepala kuning sekarang..

secara alamiah, cc besar akan menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan tingkat durability yang tinggi. sedangkan cc kecil dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang besar tapi dengan konsekuensi di durability.

itulah salah satu alasan kenapa bentley, RR, maybach gak pake mesin cc kecil..
imho.. :frm_salut: :frm_salut:
Aha! Jadi kenapa PS misalnya kalah cukup jauh power dan torsinya dari Captiva karena PS cuman pake common rail (low pressure) injection ya om? Dan tanpa VGT? Ngomong2 VGT ini apaan om?

Mengenai teknologi, saya setuju dengan om² yg bilang mestinya idenya itu bikin CC tetap namun kemampuan selalu menaik seiring perkembangan waktu. Seperti yang dibilang om maskopat, bisa jadi alasan dari produsen kenapa tidak menaikkan performa mesin dengan kondisi CC yang sama karena faktor durability (beban kerja menaik, umur tentu menurun). Cuman mo menambahkan, mungkin juga harus dipertimbangkan faktor teknologi materialnya. Teknologi di bidang material tentu juga berkembang. Namun saya kira produsen juga bakal ngitung sana sini apakah worth dengan menaikkan performa mesin dengan tetap mempertahankan CC dengan menggunakan teknologi material terbaru dilihat dari sudut ekonominya?

Bisa jadi gara2 mau meninggikan kualitas kekuatan (material) mesin dan komponennya (untuk menghasilkan performa lebih baik namun CC dipertahankan ukurannya), malah konsumen jadi mesti bayar lebih mahal buat itu mobil dibandingkan si produsen menaikkan CC nya saja (dengan tetap pake teknologi yang lama di bidang materialnya) yang otomatis menaikkan performa si mesin.

Sekilas saya perhatikan, mobil-mobil macam Toureq dan Audi jenis SUV, performa mesinnya juga 'mengerikan'. Namun konsumen mesti bayar lebih mahal untuk bisa dapat 'teknologi' itu. Nah masih bikin saya bingung, kenapa Captiva ini bisa dijual cukup jauh lebih murah namun performa mesin menang cukup telak dari saingannya semisal PS dan Fortuner? Ok lah kita ga bisa bandingin ama SUV keluaran VW (Toureq dan Audi) karena faktor pajak yg sepertinya berbeda, tapi ama PS dan Fortie? Ok lah, PS dan Fortie bisa jadi unggul di hal lainnya, tapi yang saya pengen tahu apakah mitsubishi lebih mementingkan durability buat mesinnya makanya 'tidak mau' memakai teknologi yang dipakai di Captiva di mesinnya?

Ujung-ujungnya tentu setiap mobil menawarkan keunggulan (termasuk kekurangan) nya masing². Ada uang ada barang. :mrgreen:


PS :

Ada yang bisa kasih kisi-kisi perbandingan harga mobil-mobil SUV (kelas yang sama) keluaran Jepang, Amerika, Korea dan Jerman di luar Indonesia (yang pajaknya relatif bisa diabaikan untuk membandingkan harga mobil-mobil tersebut)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

karena PS dan fortuner adalah truck-based (pick-up proyek). nah basisnya ini harus kuat sekalipun di-treat terburuk & minim perawatan oleh pemakainya, juga nenggak solar di pelosok2.
beda dengan mesin CRD di captiva or sebut aja DCAT toyota RAV dll, yg peruntukan nya disesuaikan ke perilaku konsumen metropolitan.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...

IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

@om GTS

aha, ternyata lebih ke tujuang penggunannya toh om.

iya om, material juga bisa dipake buat neken harga tapi tentu logiknya tuh tekanan harga mengkompensasi kelebihan-kelebihan material sebelumnya kecuali memang sudah ditemukan teknologi di bidang material yang bisa dipake secara massal.

tadi saya liat ke ktb, buat PS Common Rail Diesel (CRD) nya low pressure sedang saya baca di wikipedia, common rail itu buat make high pressure fuel. kok jadi kebalik-kebalik gini ya om? mohon pencerahannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

mungkin maksudnya termasuk low-pressure buat ukuran diesel CRD..
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by zweifellos »

thanks om GTR, udah rada kebayang (sekarang belajar kembali topik-topik motor bakar di wikipedia. btw sayang ya wikipedia versi indonesia sangat terbatas, malah sangat mengenaskan kalo saya bilang, khususnya buat bidang ilmu pengetahuan seperti termodinamika/motor bakar).

tentang VGT, iya nih, mohon pencerahannya om turboman.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

GTR wrote:Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...

IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
hm.. kalo yang ane tahu nih, di mesin 4B11, mesin lancer ex 2.0 GT atau 4B11T di evo x, emang gak bisa oversize silinder lagi. jadi kalo silinder baret, tinggal ganti liner.. seperti mesin isuzu diesel.
mungkin di produk lain juga sama. jadi gak ada lagi sparepart silinder or ring seher yang 50, 75 dan 100. semuanya satu ukuran. karena gak perlu oversize lagi.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by maskopat »

GTR wrote:mungkin maksudnya termasuk low-pressure buat ukuran diesel CRD..
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
dugaan ane sih kenapa mitsu ngasih low pressure dan belum pake VGT agar bisa nenggak solar di indo.. imho..
tapi yang keren itu mesin diesel di landy defender yang terbaru.. yang 2.4l..
bisa nenggak solar apapun. ide ini emang dulunya diterapkan di kendaraan militer. harus bisa minum bahan bakar apapun di medan perang. bahkan kabarnya bisa minum wiski.. :big_peace: :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?

Post by GTR »

maskopat wrote:
GTR wrote:Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...

IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
hm.. kalo yang ane tahu nih, di mesin 4B11, mesin lancer ex 2.0 GT atau 4B11T di evo x, emang gak bisa oversize silinder lagi. jadi kalo silinder baret, tinggal ganti liner.. seperti mesin isuzu diesel.
mungkin di produk lain juga sama. jadi gak ada lagi sparepart silinder or ring seher yang 50, 75 dan 100. semuanya satu ukuran. karena gak perlu oversize lagi.. :frm_tumbright: :frm_tumbright:
Betul terutama yg turbo / hi-performance. tapi konon sebagian lagi tidak tersedia liner nya, jadi harus ganti short-block assy.