[WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
[quote="maskopat
tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
[/quote]
setuju bro maksudnya,
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
[/quote]
setuju bro maksudnya,
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
Last edited by toyiblm on Fri Jul 24, 2009 6:14, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Fri Jul 17, 2009 4:34
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
yes, ane setuju juga, walaupun sebenarnya tidak pastimaskopat wrote: secara alamiah, cc besar akan menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan tingkat durability yang tinggi. sedangkan cc kecil dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang besar tapi dengan konsekuensi di durability.
itulah salah satu alasan kenapa bentley, RR, maybach gak pake mesin cc kecil..
imho..![]()
tapi kan harusnya disesuikan dengan kelasnya dan compare apple to apple.....apple manalagi vs apple sunroof gitu bro...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Bukannya mustinya semakin lama mesin2 tsb semakin durable atau semakin reliable bro?toyiblm wrote:setuju bro maksudnya,maskopat wrote: tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
jaman dulu thn 40-60an, mesin paling didesain untuk jalan <100rbkm, semakin lama dengan teknologi yg semakin maju, bukan-nya umur mesin bisa jadi lebih panjang dgn perawatan yg minimal?
juga misalnya mobil jadul kalo yg AT terkenal cepet rusak, sekarang AT udah sama reliable nya dengan MT, dll...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jul 27, 2009 16:19
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Hot news....
lam kenal semua...
saya baru nemuin info baru ttg fortuner diesel A/T.
coba buka web toyota.co.id....trus buka di section fortuner, dan klik bro
sur utk fortuner sportivo...
http://www.toyota.co.id/downloads/Leafl ... i_2009.pdf
disitu ada disebutin NEW Type 2.5G Diesel A/T 4x2.....(halaman 2..kiri bawah)
woooowww...ada yg tau harganya ngga????
ayooo....buruan.....inden..naksir jg nih.........
lam kenal semua...
saya baru nemuin info baru ttg fortuner diesel A/T.
coba buka web toyota.co.id....trus buka di section fortuner, dan klik bro

http://www.toyota.co.id/downloads/Leafl ... i_2009.pdf
disitu ada disebutin NEW Type 2.5G Diesel A/T 4x2.....(halaman 2..kiri bawah)
woooowww...ada yg tau harganya ngga????
ayooo....buruan.....inden..naksir jg nih.........
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Wahhh...good find bro....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin..
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Coba ente liat di bagasi om, biasanya ditaro di sebelah kiri belakang bareng tools box......maskopat wrote:^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin..


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
mosok sih om? ane lihat belum ada tuh.. di kolong kali ya?mandala1 wrote:Coba ente liat di bagasi om, biasanya ditaro di sebelah kiri belakang bareng tools box......maskopat wrote:^^
hiks, cuman body kit dan tambahan AT aja.. pendongkrak performance belum dimasukin..![]()


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
IMO, mesin 'hi-power' kaya hilux 3.0 gitu mungkin ga kalah durable sama mesin 'lo-power' kaya truk 160ps.Risol1 wrote:Bukannya mustinya semakin lama mesin2 tsb semakin durable atau semakin reliable bro?toyiblm wrote:setuju bro maksudnya,maskopat wrote: tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
tapi jaman sekarang sulit mau bicara durability, semakin modern peradaban durability akan tergeser
paling banter 200 rb udah jadi barang rongsokan yang harus dihancurkan.
kalau ndak berarti ikut menyukseskan program pencemaran alam.
mungkin sekarang belum berlaku di indo, but akan demikian...
grafik berbanding terbalik bro, semakin maju jaman durabality akan semakin rendah.....
semakin maju jaman yg dibicarakan adalah simplicity, reliability, flexibility, and efficiency
jaman dulu thn 40-60an, mesin paling didesain untuk jalan <100rbkm, semakin lama dengan teknologi yg semakin maju, bukan-nya umur mesin bisa jadi lebih panjang dgn perawatan yg minimal?
juga misalnya mobil jadul kalo yg AT terkenal cepet rusak, sekarang AT udah sama reliable nya dengan MT, dll...
kalo truk pake mesin yg "lebih jadul" gitu yah terutama karena buat teken harga.
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Mesin Hilux 3.0 juga mesin truk bro...mesin light truck/niaga - memang dirancang tahan banting. Gak bakal ada di dalam sedan atau CUV Toyota.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
trims.Captivated wrote:@roadtrain.... great review![]()
itu lg jalan2 kmana bro?
itu jln dari daerah tigaraksa ke rangkasbitung. Liat di GPS, ketemu daerah yg belum jadi jalan. Mau muter tanggung, jd terusin sekalian liat sasisnya, krn ktnya mudah patah/bengkok.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
mungkin kecewa nya spt ini bro:mandala1 wrote:Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang?maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
"yah..terlanjur beli deh...skrg keluar yg intercooler.." sambil mikir, mo dijual sayang krn pake nya blm lama. mungkin spt itu. bukan kecewa yg gimana gitu bro. gimana klo keluar yg a/t ya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 44
- Joined: Wed Dec 20, 2006 12:17
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Versi intercooler utk 2.5 D4D kelihatanya di asia nga ada deh kecuali eropa. jadi nga mungkin masuk 2.5 D4D yg ada intercoolernya.
kalau yg 3.0 D4D pakai intercooler dan turbo VGT udahan. tapi fortuner yg 3.0 D4D kelihatanya sih nga bakalan masuk dikarenakan harga dan pajak yg terlalu tinggi.
kalau yg 3.0 D4D pakai intercooler dan turbo VGT udahan. tapi fortuner yg 3.0 D4D kelihatanya sih nga bakalan masuk dikarenakan harga dan pajak yg terlalu tinggi.
roadtrain99 wrote:mungkin kecewa nya spt ini bro:mandala1 wrote:Kenapa mesti kecewa yah om? Bukannya harusnya malah senang?maskopat wrote: misalkan nih, yang 2.5 D4D keluar yang versi intercooler, apakah ini akan mengecewakan pemilik fortie D4D sekarang?
"yah..terlanjur beli deh...skrg keluar yg intercooler.." sambil mikir, mo dijual sayang krn pake nya blm lama. mungkin spt itu. bukan kecewa yg gimana gitu bro. gimana klo keluar yg a/t ya..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
apa 2.5 versi thai ada yg versi intercooler?
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Setau saya di Malaysia gak ada intercoolernya juga...di Thailand kayanya 3.0 semua cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Aha! Jadi kenapa PS misalnya kalah cukup jauh power dan torsinya dari Captiva karena PS cuman pake common rail (low pressure) injection ya om? Dan tanpa VGT? Ngomong2 VGT ini apaan om?maskopat wrote:harusnya sih sekarang sudah makin kecil dengan tenaga yang lebih besar. seperti diesel di captiva, ford focus.. common rail high, pressure injection plus VGT..toyiblm wrote:kalo ngeluarin jor-jor an dengan cc yang lebih besar mah gampang.
yang sulit adalah bisa nggak dikecilin tapi punya kemampuan sama yang besar ?? atau paling tidak
yang ada sekarang punya kemampuan setara dengan cc yg besar...
jaman sekarang yang dibutuhkan yang kecil tapi muantabbb...bukannya yang semakin gede...
nggak jaman ah.........the same old song.....it's not a technology
kalo di mitsu pake mesin 4N.. di nissan yang dipake navara sekarang.
kurang tahu di toyota. tapi harusnya sudah ada teknologi diesel yang seperti ini.
malah isuzu si raja diesel ane belum tahu apakah ada mesin yang sekelas captiva.
tapi yang jadi issue berikutnya adalah durability si mesin. sebenernya teknologi baru ini memungkinkan ledakan yang besar di ruang bakar untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang besar. nah, apakah mesin2 diesel cc kecil ini akan memiliki durability yang bagus? bisa tahan untuk 500rb km tanpa masalah?
simple thing, kenapa isuzu elf gak pake mesin seperti spek captiva? dengan tenaga dan torsi yang dihasilkan 1.5x dari mesin elf sekarang tapi cc yang jauh lebih kecil?
atau mitsu untuk truk kepala kuning, pake mesin 4D56 atau mungkin 4N? yang secara spek juga lebih powerful daripada mesin kepala kuning sekarang..
secara alamiah, cc besar akan menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar dengan tingkat durability yang tinggi. sedangkan cc kecil dapat menghasilkan tenaga dan torsi yang besar tapi dengan konsekuensi di durability.
itulah salah satu alasan kenapa bentley, RR, maybach gak pake mesin cc kecil..
imho..![]()
Mengenai teknologi, saya setuju dengan om² yg bilang mestinya idenya itu bikin CC tetap namun kemampuan selalu menaik seiring perkembangan waktu. Seperti yang dibilang om maskopat, bisa jadi alasan dari produsen kenapa tidak menaikkan performa mesin dengan kondisi CC yang sama karena faktor durability (beban kerja menaik, umur tentu menurun). Cuman mo menambahkan, mungkin juga harus dipertimbangkan faktor teknologi materialnya. Teknologi di bidang material tentu juga berkembang. Namun saya kira produsen juga bakal ngitung sana sini apakah worth dengan menaikkan performa mesin dengan tetap mempertahankan CC dengan menggunakan teknologi material terbaru dilihat dari sudut ekonominya?
Bisa jadi gara2 mau meninggikan kualitas kekuatan (material) mesin dan komponennya (untuk menghasilkan performa lebih baik namun CC dipertahankan ukurannya), malah konsumen jadi mesti bayar lebih mahal buat itu mobil dibandingkan si produsen menaikkan CC nya saja (dengan tetap pake teknologi yang lama di bidang materialnya) yang otomatis menaikkan performa si mesin.
Sekilas saya perhatikan, mobil-mobil macam Toureq dan Audi jenis SUV, performa mesinnya juga 'mengerikan'. Namun konsumen mesti bayar lebih mahal untuk bisa dapat 'teknologi' itu. Nah masih bikin saya bingung, kenapa Captiva ini bisa dijual cukup jauh lebih murah namun performa mesin menang cukup telak dari saingannya semisal PS dan Fortuner? Ok lah kita ga bisa bandingin ama SUV keluaran VW (Toureq dan Audi) karena faktor pajak yg sepertinya berbeda, tapi ama PS dan Fortie? Ok lah, PS dan Fortie bisa jadi unggul di hal lainnya, tapi yang saya pengen tahu apakah mitsubishi lebih mementingkan durability buat mesinnya makanya 'tidak mau' memakai teknologi yang dipakai di Captiva di mesinnya?
Ujung-ujungnya tentu setiap mobil menawarkan keunggulan (termasuk kekurangan) nya masing². Ada uang ada barang.

PS :
Ada yang bisa kasih kisi-kisi perbandingan harga mobil-mobil SUV (kelas yang sama) keluaran Jepang, Amerika, Korea dan Jerman di luar Indonesia (yang pajaknya relatif bisa diabaikan untuk membandingkan harga mobil-mobil tersebut)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
karena PS dan fortuner adalah truck-based (pick-up proyek). nah basisnya ini harus kuat sekalipun di-treat terburuk & minim perawatan oleh pemakainya, juga nenggak solar di pelosok2.
beda dengan mesin CRD di captiva or sebut aja DCAT toyota RAV dll, yg peruntukan nya disesuaikan ke perilaku konsumen metropolitan.
beda dengan mesin CRD di captiva or sebut aja DCAT toyota RAV dll, yg peruntukan nya disesuaikan ke perilaku konsumen metropolitan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...
IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...
IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
@om GTS
aha, ternyata lebih ke tujuang penggunannya toh om.
iya om, material juga bisa dipake buat neken harga tapi tentu logiknya tuh tekanan harga mengkompensasi kelebihan-kelebihan material sebelumnya kecuali memang sudah ditemukan teknologi di bidang material yang bisa dipake secara massal.
tadi saya liat ke ktb, buat PS Common Rail Diesel (CRD) nya low pressure sedang saya baca di wikipedia, common rail itu buat make high pressure fuel. kok jadi kebalik-kebalik gini ya om? mohon pencerahannya.
aha, ternyata lebih ke tujuang penggunannya toh om.
iya om, material juga bisa dipake buat neken harga tapi tentu logiknya tuh tekanan harga mengkompensasi kelebihan-kelebihan material sebelumnya kecuali memang sudah ditemukan teknologi di bidang material yang bisa dipake secara massal.
tadi saya liat ke ktb, buat PS Common Rail Diesel (CRD) nya low pressure sedang saya baca di wikipedia, common rail itu buat make high pressure fuel. kok jadi kebalik-kebalik gini ya om? mohon pencerahannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
mungkin maksudnya termasuk low-pressure buat ukuran diesel CRD..
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
thanks om GTR, udah rada kebayang (sekarang belajar kembali topik-topik motor bakar di wikipedia. btw sayang ya wikipedia versi indonesia sangat terbatas, malah sangat mengenaskan kalo saya bilang, khususnya buat bidang ilmu pengetahuan seperti termodinamika/motor bakar).
tentang VGT, iya nih, mohon pencerahannya om turboman.
tentang VGT, iya nih, mohon pencerahannya om turboman.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
hm.. kalo yang ane tahu nih, di mesin 4B11, mesin lancer ex 2.0 GT atau 4B11T di evo x, emang gak bisa oversize silinder lagi. jadi kalo silinder baret, tinggal ganti liner.. seperti mesin isuzu diesel.GTR wrote:Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...
IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
mungkin di produk lain juga sama. jadi gak ada lagi sparepart silinder or ring seher yang 50, 75 dan 100. semuanya satu ukuran. karena gak perlu oversize lagi..


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
dugaan ane sih kenapa mitsu ngasih low pressure dan belum pake VGT agar bisa nenggak solar di indo.. imho..GTR wrote:mungkin maksudnya termasuk low-pressure buat ukuran diesel CRD..
VGT = variable geometry turbo, kerja turbo bisa bervariasi sesuai kebutuhan. berfungsi mirip punya dua turbo, kecil & gede, fungsinya memberikan efek memadai di rentang rpm yg lebih lebar..cmiiw.
mungkin bang turboman bisa memberikan penjelasan lebih detail.
tapi yang keren itu mesin diesel di landy defender yang terbaru.. yang 2.4l..
bisa nenggak solar apapun. ide ini emang dulunya diterapkan di kendaraan militer. harus bisa minum bahan bakar apapun di medan perang. bahkan kabarnya bisa minum wiski..


Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: [WTA] Fortuner Diesel or Captiva Diesel or Everest Diesel?
Betul terutama yg turbo / hi-performance. tapi konon sebagian lagi tidak tersedia liner nya, jadi harus ganti short-block assy.maskopat wrote:hm.. kalo yang ane tahu nih, di mesin 4B11, mesin lancer ex 2.0 GT atau 4B11T di evo x, emang gak bisa oversize silinder lagi. jadi kalo silinder baret, tinggal ganti liner.. seperti mesin isuzu diesel.GTR wrote:Justru pergantian material ini bisa buat teken harga juga.
Kebanyakan & arah mesin sekarang pakai alumunium (mesin putih), daripada bahan besi (mesin merah) di mobil2 dulu yg jauh lebih kuat.
tapi dengan diimbangi peningkatan presisi dan finishing produsen mesin sekarang yg makin canggih, mesin apapun tahan lama sama2 bisa seumur mobil, dan bahkan sebagian tidak perlu inreyen lagi...
IMO, tidak semua mesin sekarang disediakan oversize piston, karena material dinding silinder memang tidak dirancang untuk di-oversize, jadi kalo rusak yah harus modifikasi.
mungkin di produk lain juga sama. jadi gak ada lagi sparepart silinder or ring seher yang 50, 75 dan 100. semuanya satu ukuran. karena gak perlu oversize lagi..![]()