TURBOCHARGER / SUPERCHARGER for HONDA JAZZ VTEC & i-DSi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 205
- Joined: Mon Jul 31, 2006 11:19
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ada objective untuk masing-masing PnP :frontier wrote:Gimana nii... Pak Penyu dan mas Yakob, masukan dari bung Deadwood bikin aku ragu lagi hehehe.... PnP atau tukar tambah Spoon throttle body aja seh ?
1. Untuk Throttle Body, PnP bagian dalam TB ditujukan untuk memperkecil boundary layer (pada Bore surface) dan mengurangi hambatan aliran akibat AS (poros) pemegang throttle plate (butterfly), sehingga apa yang dibaca oleh Air Mass Flow Sensor akan sesuai dengan jumlah udara yang masuk ke ruang bakar, sehingga takaran BBM yang diatur oleh ECU akan mencapai kondisi stoich (14.7 : 1) ... power akan optimum (maksimum). Kalau tidak maka udara yang masuk ke ruang bakar akan lebih kecil dari yang dibaca oleh Air Mass Flow Sensor .... hasilnya campuran udara/BBM akan lebih kecil dari stoich ... tentu saja power akan berkurang.
2. Untuk Intake Manifold ... yang menjadi objective adalah BBM supaya terjadi penguapan yang semaksimum mungkin. Penguapan ini, disamping hasil kerja dan kwalitas Injector, ... suhu dan kekasaran permukaan intake manifold akan membantu memaksimalkan penguapan BBM. Suhu dijaga dengan memperhalus bagian luar intake manifold (plenum dan runner) sedang kekasaran akan memperbesar luas permukaan. Tentu saja nggak terlalu kasar banget yang akan mempertebal boundary layer sehingga udara yang akan masuk ke ruang bakar jadi berkurang. Umumnya texture kekasaran stok manifold udah memadai.
a. Yang di polished adalah bagian luar intake manifold. Jika permukaan manifold bagian luar halus ... ini berarti total permukaan akan berkurang sehingga akan mengurangi kecepatan disipasi panas dan akan meningkatkan suhu intake manifold yang akan membantu proses penguapan BBM.
b. Permukaan bagian dalam intake sebaiknya tetap dijaga kasar, kalau dihalusin, apa yang akan terjadi adalah :
- Droplet BBM yang menempel pada internal surface intake, akan susah menguap karena terperangkap dalam boundary layer dan menempati permukaan yang lebih kecil dan juga akan bergerak lambat. Disamping itu permukaan yang licin ini akan memudahkan droplet BBM (yang nggak sempat menguap dan gak sempat masuk ke ruang bakar) keluar ke exhaust manifold pada saat Overlap pembukaan katup masuk dan katup buang. Walhasil mubazir ... keluar dengan sia-sia.
- Berbeda jika permukaan intake bagian dalam dijaga cukup kekasarannya, sehingga luas permukaan akan bertambah dan akan membantu proses penguapan droplet BBM. Disamping itu akan membantu mengurangi keluarnya BBM ini (pada saat overlap pembukaan katup masuk dan katup buang) langsung ke exhaust manifold ... nggak mubazir ... akan tetapi akan masuk ruang bakar dan menjadi tenaga terpakai (gak terbuang begitu saja).
Sekarang, jika kasusnya adalah mengganti TB yang lebih besar ... artinya jumlah udara yang dimasukkan kedalam ruang bakar adalah lebih besar (kemungkinan melebihi kondisi campuran udara/BBM). Hal ini tidak akan memberikan tenaga yang lebih jika tidak ada penambahan BBM yang dimasukkan ke ruang bakar (Re-Set ECU) ... karena yang akan memberikan tanaga adalah BBM, bukannya udara. Kita ingat yang menjadi Energy Carrier adalah BBM, atau BBG termasuk Hydrogen adalah Energy carrier. Walaupun kita pompa sebanyak-banyaknya udara yang masuk ke ruang bakar ... tapi nggak diimbangi dengan penambahan BBM ... yo podok ae ... gak ono tenagane.
IMHO, akan lebih baik PnP TB tanpa harus me-reset ECU ... udah cukup untuk dapet tambahan beberapa HP ... khususnya perbaikan performa pada putaran bawah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

thanx pak Penyu atas penjelasannya yang rinci... akan ku print, lalu kubawa ke Koh Wie Wie di Sidoarjo... Kmaren aku udah ketemu Koh Wie Wie... waduh... aku liat Ferionya Mas Yakob masih blum selesai dikerjain di situ... seyem, banyak body parts yang udah diganti fiberglass.. lalu roll cage menyatu di las argon ke body/chassis.... kabarnya mau diturunkan di seri terakhir drag kejurnas ya... cuma untuk dapet feel gimana hasil dan arah riset selanjutya.... Lalu ada Jazz iDSi merah dengan turbo HKS lagi pasang Fuel Press Regulator, lalu ada Toyota sedan gede 3000 cc (bukan Avalon tapi apa ya... lupa) dengan turbo HKS lagi disetting piggyback utk dapet 450 HP... gile.... Honda Odyssey Turbo HKS... mainan barunya Koh WW adalah Honda Fit hitam full Mugen.. di samping mobil hariannya Nissan Skyline.... edaaan...
Yang bikin aku respek sama Koh WW, dia tidak semata2 "jualan" racing parts bermerk (Spoon, dan HKS = Turbo kit, suspensi, exhaust\header dll), tapi dia juga menyediakan alternatif murah = TB Jazz hasil bubutan dia sendiri yang harganya murah meriah kalo tukar tambah, tapi performa gak kalah dengan Spoon !! Dia juga siap kerjain PnP... yang sudah pernah, hasilnya Jazz VTEC bisa melaju 200+ kpj !!! Untuk peningkatan exhaust, dia a.l. memanfaatkan tabung Cat Conv untuk dimodif sebagai resonator.... kayaknya aku cocok sama Koh WW ini... dan jika saja aku berdomisili di Sby, mungkin bisa sekalian jadi anggota tim bengkelnya yang selalu merebut 3 posisi terhormat di setiap gelaran drag di Kenjeran....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sampeyan wis ngubah Back Pipe nya belum ? dari stock 48 mm ke 53 mm. Ada kemungkinan besar nafasnya jadi panjang ... dalam arti kata setiap kali shifting akan terjadi pada RPM yang lebih tinggi dari sekarang.frontier wrote:Wah.. aku sudah diwanti2 sama Koh Wie Wie... jangan coba2 sama Jesyakob... gak bakalan menang... tapi pingin tau juga sih.. seberapa jauh Jesyakob bisa ninggalin jeskoneng... hehehehe

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Waooww 1000HP ... nyampai berapa Boost Pressure nya. 1000HP itu di poros engkol apa di ban ? Kalau stok JDM 280HP jadi 1000 mesti nambahin 720HP lagi ... sedang stok USDM 320HP dan mesti nambahin 680HP.... Cukup tinggi juga Boost Pressure-nya nih.Danny wrote:Pak frontier,toyota yg ada di koh WW itu toyota supra om pake mesin monster 2JZ-GTE Twin turbo,denger2 koh WW nargetin 1000 HP,mungkin mas yakob bs jelasin.

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Lha wong ono istilah ... cilik-cilik cabe rawit ... dadi pedes banget ... gae 3S-GE wae tekan mentok nang Top Speed-nya.... hehehehe cilik2 sembalap ... lha nek aku Tuek2 Sembalap ning ra kelakon.Danny wrote:ya mungkin jeroannya udah di dedel kabeh om lan di ganti ambe parts2after market,ato kalo mungkin udah di jejelin stroker kit,kalo gak salah itu toyota supra,bisa juga toyota aristo,mesinnya sama2 2JZ,karo mas yakob sing iso jelasin Om,.<wong2 cilik koyo aku mana iso,hehehe>
Mungkin kalau makai engine 1UZ ... gak perlu ganti jeroan ... wong desain-nya aja berlebihan (OVER DESIGN).

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Aug 15, 2006 7:02
- Location: Jakarta
Targetnya Supra 1000HP di mesin, semua jeroan Hi-end, plus turbo HKS T51SPLPenyuTurbo wrote:Waooww 1000HP ... nyampai berapa Boost Pressure nya. 1000HP itu di poros engkol apa di ban ? Kalau stok JDM 280HP jadi 1000 mesti nambahin 720HP lagi ... sedang stok USDM 320HP dan mesti nambahin 680HP.... Cukup tinggi juga Boost Pressure-nya nih.Danny wrote:Pak frontier,toyota yg ada di koh WW itu toyota supra om pake mesin monster 2JZ-GTE Twin turbo,denger2 koh WW nargetin 1000 HP,mungkin mas yakob bs jelasin.
B20B DOHC VTEC
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Mon Nov 06, 2006 8:28
- Location: JakPus
Campuran bensin
Pak Penyu btw komposisi campurannya berapa utk tiap 1lt bensin (toluene dan dimetylketone nya)PenyuTurbo wrote:Frontier,
Coba tambahkan dulu dalam tangki mobil 1 liter Toluene 100% dan 0.1 liter Dimetylketone 100%. Bung Frontier bisa melaju minimum 200 km/jam.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Campuran bensin
Kalau campurannya sih tergantung selera ... makin banyak makin kayak roket ... hahahahhaha.sugeng wrote:Pak Penyu btw komposisi campurannya berapa utk tiap 1lt bensin (toluene dan dimetylketone nya)PenyuTurbo wrote:Frontier,
Coba tambahkan dulu dalam tangki mobil 1 liter Toluene 100% dan 0.1 liter Dimetylketone 100%. Bung Frontier bisa melaju minimum 200 km/jam.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Fri Dec 17, 2004 3:34