Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ninodiablo wrote: Wed Jul 20, 2022 11:00
Liat para influencer trio (duo sih yg br ambil) plus si bubur ambil ini Wuling, jd makin enggak percaya sm mereka2 ini. Kyk enggak punya identity milih mobil yg bener-bener mereka suka. Tergantung di bayarin yg mana aja.
kalo udah gitu mbok ya bilang kalau di endorse, bukan malah ngeles ngarang cerita beli karena a b c d ampe z.
not long ago si pembalap bilang beli ioniq 5 buat gantiin kona EV katanya cukup punya 1 EV di rumah.
skrg lah kok "beli" juga.
media business skrg gini-gini amat. jaman masih majalah paling ketauan dari review aja dibagusin skrg terang terangan reviewernya yang di endorse.
cara notice nya : mereka waktu "beli" mention merek mobil lain gak di videonya, nah itu penandanya
ninodiablo wrote: Wed Jul 20, 2022 11:00
Liat para influencer trio (duo sih yg br ambil) plus si bubur ambil ini Wuling, jd makin enggak percaya sm mereka2 ini. Kyk enggak punya identity milih mobil yg bener-bener mereka suka. Tergantung di bayarin yg mana aja.
iya, saya juga jadi rada ga percaya sama influencer2 ini (termasuk si buburchicken) setelah ambil mobil ini.. ga yakin itu bener2 mereka beli untuk kebutuhan review (karena penasaran), atau cuma titipan.. kalau cuma kebutuhan review, ya semoga reviewnya netral.. bagus ya dibilang bagus, jelek ya dibilang jelek.. biar viewernya teredukasi..
kalau isi kontennya berbau titipan, meehh skip aja lah. ga usah dilihat lg.nextnya mereka mau konten apa saya malah jd ngeskip.
ninodiablo wrote: Wed Jul 20, 2022 11:00
Liat para influencer trio (duo sih yg br ambil) plus si bubur ambil ini Wuling, jd makin enggak percaya sm mereka2 ini. Kyk enggak punya identity milih mobil yg bener-bener mereka suka. Tergantung di bayarin yg mana aja.
kalo udah gitu mbok ya bilang kalau di endorse, bukan malah ngeles ngarang cerita beli karena a b c d ampe z.
not long ago si pembalap bilang beli ioniq 5 buat gantiin kona EV katanya cukup punya 1 EV di rumah.
skrg lah kok "beli" juga.
media business skrg gini-gini amat. jaman masih majalah paling ketauan dari review aja dibagusin skrg terang terangan reviewernya yang di endorse.
cara notice nya : mereka waktu "beli" mention merek mobil lain gak di videonya, nah itu penandanya
yg saya bold setuju..
OOT untuk yutub lokal, better liat carmudi.. atau malah pergijauh sekalian lumayan dapat referensi bengkel2.. dan konsisten utak atik mobil.
PRBS wrote: Thu Jul 21, 2022 4:37
iya, saya juga jadi rada ga percaya sama influencer2 ini (termasuk si buburchicken) setelah ambil mobil ini.. ga yakin itu bener2 mereka beli untuk kebutuhan review (karena penasaran), atau cuma titipan.. kalau cuma kebutuhan review, ya semoga reviewnya netral.. bagus ya dibilang bagus, jelek ya dibilang jelek.. biar viewernya teredukasi..
kalau isi kontennya berbau titipan, meehh skip aja lah. ga usah dilihat lg.nextnya mereka mau konten apa saya malah jd ngeskip.
OOT untuk yutub lokal, better liat carmudi.. atau malah pergijauh sekalian lumayan dapat referensi bengkel2.. dan konsisten utak atik mobil.
si trio dulu idealis, bilangnya ga mau terima endorsan selain aftermarket parts.
sekarang kegocek juga kan terima endorsan dari pabrikan mobil.
mo bilang cm konten jalan jalan ama di cenel pribadi jg udah mulai kaga dipercaya. reviewer luar aj malah lbh sering terima endorsan dari skillshare atau game mobile, ga ad hubungan ama mobil mobilnya blas
tapi ya bagus sih paling engga si otonet malah jd lebih berkualitas reviewnya tanpa si jayus.
kl carmudi sama moladin kayaknya menang di business modelnya, emang bisnis utamanya bkn bikin review tapi platform jualan mobil ya. makin bagus kontennya makin banyak yang mampir ke kanalnya. ngga terlalu beban ama iklan. reviewer nya ngga perlu "ngemis" adsense. cenel pribadi om botak isinya aja ngetes top speed semua mobil yang dia coba
Profith83 wrote: Fri Jun 03, 2022 13:56
Selama harga baterai barunya dibawah 50 jt akan laku sptnya
ini apakah sdh terjawab berapa? sepertinya ini kuncinya sih. kalo tahun ke-8 batre soak dan harus ganti misal kena 100jt, ya mending 250jt beli inofa disel metik aja
Betul, itu pernyataan satir om. Mana mungkin harga baterai yang bisa jalan 300 KM seharga 50 jt??
Makanya saya bilang "Selama harga baterai barunya dibawah 50 jt akan laku sptnya"
Ternyata gak kan?
Kalau harga mobil 300 jt yang 300KM. Kemudian baterai harga 50 jt, berarti mobil dengan motor listrik 250 jt? gak mungkin alias kemahalan.
Paling tuh mobil plus motor listrik cuma 100 jt. 200 jt nya baterai.
mungkin kalo serius EV mau gantiin ICE, harus ada entity yg handle lifecycle batre nya. jd kalo orang2 yg ke charging station cuma yg swap batre aja. keknya baru deh ekosistem ICE bisa diganti EV. cuma teknisnya gmn blm kebayang
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
MaddMaxx wrote: Mon Jul 25, 2022 7:14
mungkin kalo serius EV mau gantiin ICE, harus ada entity yg handle lifecycle batre nya. jd kalo orang2 yg ke charging station cuma yg swap batre aja. keknya baru deh ekosistem ICE bisa diganti EV. cuma teknisnya gmn blm kebayang
bentar bentar sistem swap batre juga kek orang bego punya sih
situ beli ev baru dikasih baru terus emang mau batrenya dituker sama batre kagak jelas ntah darimane ntar tau2x tuh batre ud gak beres kumat di situ gimana?? mending kalo cuma mampus doank kalo tiba2x konslet kebakaran berabe juga om
MaddMaxx wrote: Mon Jul 25, 2022 7:14
mungkin kalo serius EV mau gantiin ICE, harus ada entity yg handle lifecycle batre nya. jd kalo orang2 yg ke charging station cuma yg swap batre aja. keknya baru deh ekosistem ICE bisa diganti EV. cuma teknisnya gmn blm kebayang
bentar bentar sistem swap batre juga kek orang bego punya sih
situ beli ev baru dikasih baru terus emang mau batrenya dituker sama batre kagak jelas ntah darimane ntar tau2x tuh batre ud gak beres kumat di situ gimana?? mending kalo cuma mampus doank kalo tiba2x konslet kebakaran berabe juga om
kalo motor atau skuter listrik sih udah ganti2 batre kaya di vending machine, di alfamart, indomaret, spbu besar sih udah ada. kaya kymco ionex, gogoro, dll. kayanya baterainya sih 1 tipe ya bisa diangkat pake tangan kaya gas melon 3kg tp kotak
farizfsa wrote: Mon Jul 25, 2022 9:50
kalo motor atau skuter listrik sih udah ganti2 batre kaya di vending machine, di alfamart, indomaret, spbu besar sih udah ada. kaya kymco ionex, gogoro, dll. kayanya baterainya sih 1 tipe ya bisa diangkat pake tangan kaya gas melon 3kg tp kotak
buat sekarang keliatannya aman om soalnya batre motor kecil kalo ud mobil sih tekor
di indo belom kejadian kek gini sih biar pada melek dikit lah
ini apakah sdh terjawab berapa? sepertinya ini kuncinya sih. kalo tahun ke-8 batre soak dan harus ganti misal kena 100jt, ya mending 250jt beli inofa disel metik aja
Betul, itu pernyataan satir om. Mana mungkin harga baterai yang bisa jalan 300 KM seharga 50 jt??
Makanya saya bilang "Selama harga baterai barunya dibawah 50 jt akan laku sptnya"
Ternyata gak kan?
Kalau harga mobil 300 jt yang 300KM. Kemudian baterai harga 50 jt, berarti mobil dengan motor listrik 250 jt? gak mungkin alias kemahalan.
Paling tuh mobil plus motor listrik cuma 100 jt. 200 jt nya baterai.
mungkin kalo serius EV mau gantiin ICE, harus ada entity yg handle lifecycle batre nya. jd kalo orang2 yg ke charging station cuma yg swap batre aja. keknya baru deh ekosistem ICE bisa diganti EV. cuma teknisnya gmn blm kebayang
yang cocok itu begini om.
Tiap 8 thn diganti baterai tukar tambah harga misal 80 jt.
Tiap tahun sdh jelas 10 jt keluar buat baterai.... Alias sebulan 850 rb an
850 rb / 15.000 rb (asumsi harga pertamax kalau oil turun) = dapat yah sekitar 60 liter.
Nah 60 liter x 10KM per liter. Alias dapat jarak 600 KM
Nah kalau sebulan pakai dibawah 600 KM tetap rugi pakai EV.
Kalau sebulan bisa jalan 600 KM kira kira impas karena pengeluaran listrik dikompensasi dengan pengiritan cairan oli mesin, oli transmisi dll.
Olie di mesin combustible kan harus lebih sering diganti dan pemakaian lebih banyak. Drpd oli motor listrik.
Itu perkiraan kalau Pabrikan mau tukar tambah dengan yang baru harga 80 jt setelah dipakai 8 thn.
Akan terasa worth it kalau pemakaian sebulan lebih dari 600 KM, asumsi pertamax 15rb dan rute perjalanan 10KM per liter.
NOTE : kalau ke luar kota ini juga jadi problem
Profith83 wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
yang cocok itu begini om.
Tiap 8 thn diganti baterai tukar tambah harga misal 80 jt.
Tiap tahun sdh jelas 10 jt keluar buat baterai.... Alias sebulan 850 rb an
850 rb / 15.000 rb (asumsi harga pertamax kalau oil turun) = dapat yah sekitar 60 liter.
Nah 60 liter x 10KM per liter. Alias dapat jarak 600 KM
Nah kalau sebulan pakai dibawah 600 KM tetap rugi pakai EV.
Kalau sebulan bisa jalan 600 KM kira kira impas karena pengeluaran listrik dikompensasi dengan pengiritan cairan oli mesin, oli transmisi dll.
Olie di mesin combustible kan harus lebih sering diganti dan pemakaian lebih banyak. Drpd oli motor listrik.
Itu perkiraan kalau Pabrikan mau tukar tambah dengan yang baru harga 80 jt setelah dipakai 8 thn.
Akan terasa worth it kalau pemakaian sebulan lebih dari 600 KM, asumsi pertamax 15rb dan rute perjalanan 10KM per liter.
NOTE : kalau ke luar kota ini juga jadi problem
masalahnya adalah ngerecyle batre itu sebenernya rugi bandar om space buat nyimpenya gede gak sebanding sama material yang bisa di pake
makannya pake tenaga nuklir aja katanya 90% masih bisa di recycle
Profith83 wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
yang cocok itu begini om.
Tiap 8 thn diganti baterai tukar tambah harga misal 80 jt.
Tiap tahun sdh jelas 10 jt keluar buat baterai.... Alias sebulan 850 rb an
850 rb / 15.000 rb (asumsi harga pertamax kalau oil turun) = dapat yah sekitar 60 liter.
Nah 60 liter x 10KM per liter. Alias dapat jarak 600 KM
Nah kalau sebulan pakai dibawah 600 KM tetap rugi pakai EV.
Kalau sebulan bisa jalan 600 KM kira kira impas karena pengeluaran listrik dikompensasi dengan pengiritan cairan oli mesin, oli transmisi dll.
Olie di mesin combustible kan harus lebih sering diganti dan pemakaian lebih banyak. Drpd oli motor listrik.
Itu perkiraan kalau Pabrikan mau tukar tambah dengan yang baru harga 80 jt setelah dipakai 8 thn.
Akan terasa worth it kalau pemakaian sebulan lebih dari 600 KM, asumsi pertamax 15rb dan rute perjalanan 10KM per liter.
NOTE : kalau ke luar kota ini juga jadi problem
masalahnya adalah ngerecyle batre itu sebenernya rugi bandar om space buat nyimpenya gede gak sebanding sama material yang bisa di pake
makannya pake tenaga nuklir aja katanya 90% masih bisa di recycle
Oh materialnya yang bisa di recycle dikit yah?
Saya ingin belajar, sebenarnya kalau baterai recharge atau aki itu kalau rusak seiring pemakaian waktu.
Bahan yang yang berkurang yah? thinking ....
Profith83 wrote: Tue Jul 26, 2022 4:38
Oh materialnya yang bisa di recycle dikit yah?
Saya ingin belajar, sebenarnya kalau baterai recharge atau aki itu kalau rusak seiring pemakaian waktu.
Bahan yang yang berkurang yah? thinking ....
BEDA sama aki kalo aki bisa 100% makannya harga bekasnya lumayan kalo tuker di bengkel 100rb jual ke pengepul sebenernya dapet 150-200rb
Profith83 wrote: Tue Jul 26, 2022 4:38
Oh materialnya yang bisa di recycle dikit yah?
Saya ingin belajar, sebenarnya kalau baterai recharge atau aki itu kalau rusak seiring pemakaian waktu.
Bahan yang yang berkurang yah? thinking ....
BEDA sama aki kalo aki bisa 100% makannya harga bekasnya lumayan kalo tuker di bengkel 100rb jual ke pengepul sebenernya dapet 150-200rb
wah padahal biasanya kalau beli aki baru dengan mekanisme tukar tambah itu aki lama cuma dihargai 50ribu.
BTT, sempat gambar wuling EV ini yg warna pink dikasi ke istri dan anak buat gantiin ignis, mereka pada gamau. bahkan anak aja jelas ngomong gamau lagi dianter ke sekolah kalo pake mobil ini, malu katanya..
speedfreak wrote: Tue Jul 26, 2022 6:47
wah padahal biasanya kalau beli aki baru dengan mekanisme tukar tambah itu aki lama cuma dihargai 50ribu.
BTT, sempat gambar wuling EV ini yg warna pink dikasi ke istri dan anak buat gantiin ignis, mereka pada gamau. bahkan anak aja jelas ngomong gamau lagi dianter ke sekolah kalo pake mobil ini, malu katanya..
50rb bisa kalo akinya kecil om tergantung size sih cuma biasa tukang aki mentok bayarin 100rb
ironisnya harga wuling ev bisa beli 2 ignis bekas tetep aja banyak yang malu pake mobil model kek gitu
pilihan paling tepat skrg ini kalau mau start beralih ke EV, operasional murah +pajak jg jauh lbh murah...cuma pilihan masih terbatas....semoga pemerintah lbh sigap lagi merangsang produsen2 itu buat datengin EV nya ke indo bahkan produksi disini biar murah....kalau mau ngurang2in beban subsidi, ya harus ada rangsangan percepatan EV....
so far EV yg ada si W ini paling murah sementara ya ?
gobale wrote: Wed Jul 27, 2022 9:43
pilihan paling tepat skrg ini kalau mau start beralih ke EV, operasional murah +pajak jg jauh lbh murah...cuma pilihan masih terbatas....semoga pemerintah lbh sigap lagi merangsang produsen2 itu buat datengin EV nya ke indo bahkan produksi disini biar murah....kalau mau ngurang2in beban subsidi, ya harus ada rangsangan percepatan EV....
so far EV yg ada si W ini paling murah sementara ya ?
itu sempat saya lihat di jalan tambak arah stasiun manggarai jalan malam2, haduh, sy lirik dari spion kirain odong2, tapi kok jalannya kenceng, ngga taunya itu mobil listrik
Salvanost wrote: Wed Jul 27, 2022 6:08
batre wuling "anti air dan anti kebakar"
tapi rodanya kekecilan
ketemu banjir dalam dikit langsung ngapung kaya perahu
kayak jadi perahu
diluar masalah seal anti air, yg perlu diwaspadi itu benturan dr jalanan, misalnya "nggesruk" poldur, kena lemparan batu, dan atau pas kecelakaan
Salvanost wrote: Wed Jul 27, 2022 6:08
batre wuling "anti air dan anti kebakar"
tapi rodanya kekecilan
ketemu banjir dalam dikit langsung ngapung kaya perahu
kayak jadi perahu
diluar masalah seal anti air, yg perlu diwaspadi itu benturan dr jalanan, misalnya "nggesruk" poldur, kena lemparan batu, dan atau pas kecelakaan
Soal nggesruk polisi tidur, saya pernah nanya driver taksi biru om. Saya tanyain soal taksi BYD EV yg udh dipake, kata doi memang driver yg dipegangin BYD paling deg2an kl ketemu polisi tidur yg tinggi ama lebar
Salvanost wrote: Wed Jul 27, 2022 6:08
batre wuling "anti air dan anti kebakar"
tapi rodanya kekecilan
ketemu banjir dalam dikit langsung ngapung kaya perahu
kayak jadi perahu
diluar masalah seal anti air, yg perlu diwaspadi itu benturan dr jalanan, misalnya "nggesruk" poldur, kena lemparan batu, dan atau pas kecelakaan
Soal nggesruk polisi tidur, saya pernah nanya driver taksi biru om. Saya tanyain soal taksi BYD EV yg udh dipake, kata doi memang driver yg dipegangin BYD paling deg2an kl ketemu polisi tidur yg tinggi ama lebar
Brand EV yang menarik itu saat ini BYD. Ampe teknologi blade cell nya aja mau ditiru pabrikan EV lain. Uda mepet Tesla di posisi 2.
Untuk EV-EVan sepertinya Bluebird juga cukup puas ama BYD. Terbukti mereka beli lagi tuh BYD. Pantau Bluebird dulu ah beberapa taon ke depan jadinya mereka pilih brand apa sebagai "limo EV" mereka supaya tau yang paling efesien tuh yang mana. https://asia.nikkei.com/Business/Automo ... hing-No.-2
kemaren ke pameran kendaraan listrik periklindo di jiexpo
malah lebih tertarik sepeda motor listrik dibanding mobil listrik
pilihan lebih beragam dari belasan juta sampe puluhan juta
kalo mobil listrik masih kemahalan untuk sekarang kalo menurut ane
Profith83 wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
yang cocok itu begini om.
Tiap 8 thn diganti baterai tukar tambah harga misal 80 jt.
Tiap tahun sdh jelas 10 jt keluar buat baterai.... Alias sebulan 850 rb an
850 rb / 15.000 rb (asumsi harga pertamax kalau oil turun) = dapat yah sekitar 60 liter.
Nah 60 liter x 10KM per liter. Alias dapat jarak 600 KM
Nah kalau sebulan pakai dibawah 600 KM tetap rugi pakai EV.
Kalau sebulan bisa jalan 600 KM kira kira impas karena pengeluaran listrik dikompensasi dengan pengiritan cairan oli mesin, oli transmisi dll.
Olie di mesin combustible kan harus lebih sering diganti dan pemakaian lebih banyak. Drpd oli motor listrik.
Itu perkiraan kalau Pabrikan mau tukar tambah dengan yang baru harga 80 jt setelah dipakai 8 thn.
Akan terasa worth it kalau pemakaian sebulan lebih dari 600 KM, asumsi pertamax 15rb dan rute perjalanan 10KM per liter.
NOTE : kalau ke luar kota ini juga jadi problem
betul om, utk kondisi saat ini, bisa dibilang life cycle cost utk EV masih blm bisa ngalahin ICE tetepan apalagi inofa disel metik. tp kedepan kita gatau kan gimana disrupsi industri baterai. siapa tau ditemukan teknologi baterai yg aman, cepat, dan murah. who knows?
yang jelas, EV itu bukan solusi kemajuan bangsa sih. even semua orang pindah ke EV, ya macet tetep ada, buang2 energi di jalan tetep ada. harusnya solusi paling awal yg harus dikerjain di kondisi kaya gini itu ya PERBAIKAN SISTEM TRANSPORTASI UMUM. sekali dayung banyak masalah bisa diatasi:
1. macet
2. pengurangan subsidi bbm
3. perbaikan kualitas udara
dll
cuma ya balik lagi, ga ada cuannya buat para pengusaha dan penguasa. cuan is the key di mari mah
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
MaddMaxx wrote: Mon Jul 25, 2022 7:14
mungkin kalo serius EV mau gantiin ICE, harus ada entity yg handle lifecycle batre nya. jd kalo orang2 yg ke charging station cuma yg swap batre aja. keknya baru deh ekosistem ICE bisa diganti EV. cuma teknisnya gmn blm kebayang
bentar bentar sistem swap batre juga kek orang bego punya sih
situ beli ev baru dikasih baru terus emang mau batrenya dituker sama batre kagak jelas ntah darimane ntar tau2x tuh batre ud gak beres kumat di situ gimana?? mending kalo cuma mampus doank kalo tiba2x konslet kebakaran berabe juga om
ya kan bisa dirinci lagi om ketentuan swap nya. misalnya swap cuma utk yg battery healthnya masih diatas sekian %, dll dll. yg udah dibawah itu harus dibawa ke tempat servis apa gimana. intinya memangkas waktu kita sebagai pengguna ev. itu aja sih.
dulu pas pertama orang2 jualan air mineral tahun 70an jg diketawain orang om, tp sekarang gimana? semua orang mau masuk bisnis amdk skrg. ya siapa tau kejadiannya kek gitu kan mana tau om
2013 Toyota 1TR-FE V AT
2017 Yamaha 2DP
2019 Honda K81
Salvanost wrote: Wed Jul 27, 2022 6:08
batre wuling "anti air dan anti kebakar"
tapi rodanya kekecilan
ketemu banjir dalam dikit langsung ngapung kaya perahu
yang paling gak lucu kalo pas banjir di depan ini dia keseret arus kena mobil kita atau accidentally lagi parkir ada pengendara SUV arogan ngebut waktu banjir terus keseret arusnya kena mobil kita
sialnya ane tinggal di kota yang terkenal suka banjir jd jauh jauh de kl ketemu