bayp4amd wrote: Tue May 14, 2024 0:11
t105erd wrote: Thu May 19, 2022 8:26
kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55
hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
Hallo om, izin ikutan nimbrung yah...
Kalo saya sih terus terang aliran old school jadi dari dulu pake manual terus, kebetulan saya ada background machine design dan mechanical engineering sedikit jadi mau ikut komen aja sebatas yg saya tahu:
1. Setahu saya gearbox cvt baru mulai populer tahun 90an akhir ke 2000an awal di mobil2 jepang, lain halnya dengan transmisi at konvensional yg udah polpuler dari tahun 80an bahkan civic tahun 70an akhir udah mulai pakai AT. Jadi namanya teknologi baru pasti perlu waktu buat improve dan usernya juga harus tahu gimana cara pemakaian yg benar kaya kasus honda cvt dulu saat baru yg salah isi oli. Nah cepet rusak bener ga? Iya bener, banyak kasus cvt jebol di mobil Nissan dimana supplier gearboxnya Jatco yg ga tau desainya fail atau gimana, dan kalo udah rusak yaa harus ganti segelondong soalnya pabrikan ga suplai part internal gearbox makanya jadi mahal, alternatifnya yaa part copotan/kanibal.
2. Nggak juga, banyak mobil cvt yang lebih dari 100rb km masih bagus dan smooth, malaupun umur pakainya juga ga bakal sepanjang AT konven. kalo di AT konven itu musuhnya panas, kalo di CVT musuhnya torsi/beban/panas, selama bawa mobilnya halus/gradual, dan beban mobil ringan maka transmisi bisa awet, kalo bawa mobil kaya orang gila, gas pol - lepas - gas pol, dan suka bawa muatan berat dan medannya banyak tanjakan yaa wassalam. Karena dari pabrikan cuma ngasih perkiraan umur transmisi cuma sampai 100rb km, jadi kalo lebih dari itu yaa bonus dan kalo jebol yaa beli transmisi baru lagi. Itu juga kenapa ada istilah lifetime fluid jadi olinya sepanjang umur transmisi doang, tapi tetep bagusnya ganti tiap 20rb km. Dan dibanyak kasus cvt honda emang well build dibanding jatco. Dan cvt ini lebih cocok buat mesin2 torsi kecil, kalo mesin torsi besar + cvt + sering bejek2 yaa sudah...
3. Kenapa sekarang banyak mobil cvt, karena ongkos pembuatan cvt itu lebih murah dibanding AT konvensional, part utama cuma pulley primer, pulley skunder dan belt. Kalo AT konvensional lebih kompleks dan mahal, tapi buat mobil2 dengan tenaga, torsi dan beban besar tetap pakai AT konven.
4. Ga pernah punya mobil CVT, tapi kalo mau ambil mobil CVT mending dari baru jangan seken, dan hindari cvt jatco. CVT Honda oke karena dia desain dan develop sendiri, Toyota pakai dari Aisin kalo konven, kalo cvt saya ga tau deh tapi dia juga less trouble.
Menangapi point nomor 1, apa iya kalau cvt rusak contohnya belt putus harus ganti segelondong?
Soalnya saya suka mantengin youtube bengkel DOMO transmisi, banyak kasus cvt rusak di honda & nissan, masih bisa di overhaul dan diganti sparepart misalnya ganti belt, ganti sil silnya
Memang oli cvt penting untuk diganti secara rutin
untuk beberapa part gearbox cvt memang dijual di daeler dengan part number yang jelas terdaftar, kaya filter cvtf sil2 karet dll.
tapi untuk beberapa part internal gearbox kaya pulley dan belt beberapa pabrikan ga jual, harus segelondong. Kalaupun ada yg jual belt dan pulley biasanya copotan dari gearbox mobil lain dipretelin dan dijual satuan, ada juga beberapa parts kaya belt merk aftermarket yang jual, kalo pulley saya ga tau deh udah ada aftermarket belum yg jual.
Ini contoh dari part katalog toyota avanza/raize cvt yg saya dapat, cuma segelondong aja, ga ada part internalnya yg di jual.
Screenshot_20240514-141639~2.png
Kalo yang bawa CVT sienta/yaris/vios, strainer, valve body oil pan masih dijual dan ada part numbernya.
Untuk temen2 lain yg punya pengalaman soal cvt ini, silahkan dishare yah, saya mohon maaf cuma pengguna manual hehe...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.