(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16803
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

bayp4amd wrote: Tue May 14, 2024 0:11
Menangapi point nomor 1, apa iya kalau cvt rusak contohnya belt putus harus ganti segelondong?

Soalnya saya suka mantengin youtube bengkel DOMO transmisi, banyak kasus cvt rusak di honda & nissan, masih bisa di overhaul dan diganti sparepart misalnya ganti belt, ganti sil silnya
Memang oli cvt penting untuk diganti secara rutin
kalau ganti segelondong itu krn dulu blom banyak yang paham matic, mekanik beres juga planga plongo kalo bongkar metik, SOPnya bongkar total ganti unit baru. inget kasus fortuner jedug yg solusinya diganti matic segelondong dan nggak solved juga kan. tanda gimana mekanik dan SA beres itu nggak paham bongkar matic.

skrg repair matic murah murah kok kan bengkel matic juga banyak. kalau blg cvt lebih mahal ya engga juga lah dikira overhaul matic yang udah 6-speed 8-speed murah wkwk. matic 4-speed juga ga bisa dibilang murah loh perbaikannya :mky_03:

bahkan kelas dsg VW atau mechatronic ZF 6HP BMW lama juga skrg udah umum pada murah2 perbaikannya. kalo k beres ya pasti minta segelondong.

inget fear mongering itu salah satu teknik marketing juga :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1662
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by t105erd »

bayp4amd wrote: Tue May 14, 2024 0:11
t105erd wrote: Thu May 19, 2022 8:26
kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:

1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.

mohon pencerahannya ya all.. thanks be4 :thanks: :big_peace:
Hallo om, izin ikutan nimbrung yah...
Kalo saya sih terus terang aliran old school jadi dari dulu pake manual terus, kebetulan saya ada background machine design dan mechanical engineering sedikit jadi mau ikut komen aja sebatas yg saya tahu:

1. Setahu saya gearbox cvt baru mulai populer tahun 90an akhir ke 2000an awal di mobil2 jepang, lain halnya dengan transmisi at konvensional yg udah polpuler dari tahun 80an bahkan civic tahun 70an akhir udah mulai pakai AT. Jadi namanya teknologi baru pasti perlu waktu buat improve dan usernya juga harus tahu gimana cara pemakaian yg benar kaya kasus honda cvt dulu saat baru yg salah isi oli. Nah cepet rusak bener ga? Iya bener, banyak kasus cvt jebol di mobil Nissan dimana supplier gearboxnya Jatco yg ga tau desainya fail atau gimana, dan kalo udah rusak yaa harus ganti segelondong soalnya pabrikan ga suplai part internal gearbox makanya jadi mahal, alternatifnya yaa part copotan/kanibal.

2. Nggak juga, banyak mobil cvt yang lebih dari 100rb km masih bagus dan smooth, malaupun umur pakainya juga ga bakal sepanjang AT konven. kalo di AT konven itu musuhnya panas, kalo di CVT musuhnya torsi/beban/panas, selama bawa mobilnya halus/gradual, dan beban mobil ringan maka transmisi bisa awet, kalo bawa mobil kaya orang gila, gas pol - lepas - gas pol, dan suka bawa muatan berat dan medannya banyak tanjakan yaa wassalam. Karena dari pabrikan cuma ngasih perkiraan umur transmisi cuma sampai 100rb km, jadi kalo lebih dari itu yaa bonus dan kalo jebol yaa beli transmisi baru lagi. Itu juga kenapa ada istilah lifetime fluid jadi olinya sepanjang umur transmisi doang, tapi tetep bagusnya ganti tiap 20rb km. Dan dibanyak kasus cvt honda emang well build dibanding jatco. Dan cvt ini lebih cocok buat mesin2 torsi kecil, kalo mesin torsi besar + cvt + sering bejek2 yaa sudah...

3. Kenapa sekarang banyak mobil cvt, karena ongkos pembuatan cvt itu lebih murah dibanding AT konvensional, part utama cuma pulley primer, pulley skunder dan belt. Kalo AT konvensional lebih kompleks dan mahal, tapi buat mobil2 dengan tenaga, torsi dan beban besar tetap pakai AT konven.

4. Ga pernah punya mobil CVT, tapi kalo mau ambil mobil CVT mending dari baru jangan seken, dan hindari cvt jatco. CVT Honda oke karena dia desain dan develop sendiri, Toyota pakai dari Aisin kalo konven, kalo cvt saya ga tau deh tapi dia juga less trouble.
Menangapi point nomor 1, apa iya kalau cvt rusak contohnya belt putus harus ganti segelondong?

Soalnya saya suka mantengin youtube bengkel DOMO transmisi, banyak kasus cvt rusak di honda & nissan, masih bisa di overhaul dan diganti sparepart misalnya ganti belt, ganti sil silnya
Memang oli cvt penting untuk diganti secara rutin
untuk beberapa part gearbox cvt memang dijual di daeler dengan part number yang jelas terdaftar, kaya filter cvtf sil2 karet dll.
tapi untuk beberapa part internal gearbox kaya pulley dan belt beberapa pabrikan ga jual, harus segelondong. Kalaupun ada yg jual belt dan pulley biasanya copotan dari gearbox mobil lain dipretelin dan dijual satuan, ada juga beberapa parts kaya belt merk aftermarket yang jual, kalo pulley saya ga tau deh udah ada aftermarket belum yg jual.

Ini contoh dari part katalog toyota avanza/raize cvt yg saya dapat, cuma segelondong aja, ga ada part internalnya yg di jual.
Screenshot_20240514-141639~2.png
Kalo yang bawa CVT sienta/yaris/vios, strainer, valve body oil pan masih dijual dan ada part numbernya.

Untuk temen2 lain yg punya pengalaman soal cvt ini, silahkan dishare yah, saya mohon maaf cuma pengguna manual hehe...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by t105erd on Tue May 14, 2024 7:39, edited 3 times in total.
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by jdm86 »

kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:

1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.

mohon pencerahannya ya all.. thanks be4 :thanks: :big_peace:
1. Pasti mahal kalau perawatannya ikut buku servis. karena perawatan di buku servis itu di design untuk overhaul di odometer 100 ribu
2. Ganti oli cvt per 100,000 yah anggap aja engga pernah ganti oli artinya siap uang untuk beli transmisi assy.
3. Kembali lagi ke usernya mau ngulik apa pasrah aja sama buku servis kalau mau ngulik banyak kok cvt yang odonya udah 200 - 300 ribu
4. Sudah piara cvt honda ( dari baru ) & mitsubishi ( second ) ga ada masalah yang penting users tahu kapan harus maintenance bahkan jika tidak ada di buku manual.

Ini berdasarkan pengalaman pribadi yah jadi bisa di pastikan ke asliannya.