Review Honda Brio Satya S MT 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by andy1800 »

^ klo kaya gt msh tetep Tiada Dua nya atau ga ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
c_adhi_k
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2195
Joined: Sun Sep 02, 2012 8:34

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by c_adhi_k »

andy1800 wrote:^ klo kaya gt msh tetep Tiada Dua nya atau ga ya?
sekarang nomer 3 atau 4 om :mrgreen:
Ketika anda merasa lucu berarti anda tidak lucu
demikian sebaliknya kalau anda merasa tidak lucu berarti anda beneran tidak lucu
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by dieselkiki »

Om madcat mo nanya,

1. brio satya dan brio ckd ini ada free biaya jasa ketika service gak (sampai km atau periode waktu tertentu) ? seperti di avania, free biaya jasa sampai 50.000 Km/3 tahun. Saya tanya ke sales honda katanya tidak ada

2. antar grade (baik itu satya ataupun ckd) itu benar-benar hanya beda fitur atau memang ada perbedaan yang tidak diceritakan ?

3. bener juga ya.. ketika pengen yang 1200 manual tapi ada ABS, EBD malah tidak tersedia.. padahal mungkin nambah dikit lagi dari agya g trd 120,something. Nanggung sekali Honda... apa disimpan dulu ya om ? share info dunk
- faith humanity freedom -
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by pilotgaruda »

dieselkiki wrote:Om madcat mo nanya,

1. brio satya dan brio ckd ini ada free biaya jasa ketika service gak (sampai km atau periode waktu tertentu) ? seperti di avania, free biaya jasa sampai 50.000 Km/3 tahun. Saya tanya ke sales honda katanya tidak ada

2. antar grade (baik itu satya ataupun ckd) itu benar-benar hanya beda fitur atau memang ada perbedaan yang tidak diceritakan ?

3. bener juga ya.. ketika pengen yang 1200 manual tapi ada ABS, EBD malah tidak tersedia.. padahal mungkin nambah dikit lagi dari agya g trd 120,something. Nanggung sekali Honda... apa disimpan dulu ya om ? share info dunk
coba jawab:
1. Kalo free jasa service biasanya honda ga ada..paling free jasa 2x..kecuali pertama x, full free (ama oli, biasnya utk syarat garansi)..next, free biaya jasa tapi part udah bayar, nextnya lg udah bayar semua...cmiiw..

2. Mungkin oom madcat bisa cerita..tp secara kasat mata saya lihat sih cm beda fitur..ga tau internal mesin maupun komponen lain, kan 80% made in Indonesia komponen lcgc, kalo ckd sbagian besar masih buatan luar..

3. 1200 manual (satya) ga ada abs maupun ebd..rem biasa aja (depan cakram belakang tromol). Kalo soal simpan menyimpan sih mungkin aja sbg senjata, kalo emang permintaan kurang, ditambahin, tp kompensasinya naik harga. Tapi sepanjang saya perhatiin honda jarang simpan menyimpan amunisi, yg ada emang dari awal ga niat ngasih, dan juga supaya brio sport masih punya nilai jual..cmiiw..cm analiasa awam..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by madcat015 »

pilotgaruda wrote:
dieselkiki wrote:Om madcat mo nanya,

1. brio satya dan brio ckd ini ada free biaya jasa ketika service gak (sampai km atau periode waktu tertentu) ? seperti di avania, free biaya jasa sampai 50.000 Km/3 tahun. Saya tanya ke sales honda katanya tidak ada

2. antar grade (baik itu satya ataupun ckd) itu benar-benar hanya beda fitur atau memang ada perbedaan yang tidak diceritakan ?

3. bener juga ya.. ketika pengen yang 1200 manual tapi ada ABS, EBD malah tidak tersedia.. padahal mungkin nambah dikit lagi dari agya g trd 120,something. Nanggung sekali Honda... apa disimpan dulu ya om ? share info dunk
coba jawab:
1. Kalo free jasa service biasanya honda ga ada..paling free jasa 2x..kecuali pertama x, full free (ama oli, biasnya utk syarat garansi)..next, free biaya jasa tapi part udah bayar, nextnya lg udah bayar semua...cmiiw..

2. Mungkin oom madcat bisa cerita..tp secara kasat mata saya lihat sih cm beda fitur..ga tau internal mesin maupun komponen lain, kan 80% made in Indonesia komponen lcgc, kalo ckd sbagian besar masih buatan luar..

3. 1200 manual (satya) ga ada abs maupun ebd..rem biasa aja (depan cakram belakang tromol). Kalo soal simpan menyimpan sih mungkin aja sbg senjata, kalo emang permintaan kurang, ditambahin, tp kompensasinya naik harga. Tapi sepanjang saya perhatiin honda jarang simpan menyimpan amunisi, yg ada emang dari awal ga niat ngasih, dan juga supaya brio sport masih punya nilai jual..cmiiw..cm analiasa awam..
Makasih om pilotgaruda sudah repot2 menjawab... *trit yg aneh, ga muncul di new post*

1. Idem...

2. Betul, hanya beda fitur. Sisi teknis spt mesin tdk ada beda...

3. Begitulah Honda :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jekael »

dieselkiki wrote:Om madcat mo nanya,

1. brio satya dan brio ckd ini ada free biaya jasa ketika service gak (sampai km atau periode waktu tertentu) ? seperti di avania, free biaya jasa sampai 50.000 Km/3 tahun. Saya tanya ke sales honda katanya tidak ada

2. antar grade (baik itu satya ataupun ckd) itu benar-benar hanya beda fitur atau memang ada perbedaan yang tidak diceritakan ?

3. bener juga ya.. ketika pengen yang 1200 manual tapi ada ABS, EBD malah tidak tersedia.. padahal mungkin nambah dikit lagi dari agya g trd 120,something. Nanggung sekali Honda... apa disimpan dulu ya om ? share info dunk
Bantu jawab:

1. idem sama om garuda dan om madcat. Pinternya astra jualan ya itu, dia sdh masukin biaya service ke harga mobil yg kita beli. untuk soal jualan honda kayaknya perlu belajar dari astra.
2. setau saya fitur satya dan ckd persis sama kecuali transmisi dan abs+ebd
3. satya ga pake abs+ebd kemungkinan kebentur sama regulasi lcgc dr pemerintah bahwa penambahan fitur safety tidak boleh melebihi 10% dr harga eceran. nah kalo dipasang transmisi + abs dan ebd maka akan melanggar regulasi lcgc. Regulasi yg sangat aneh dr pemerintah. Nah kalo yg 1.2 a/t ckd itu khan ga masuk lcgc, makanya dia ada fitur abs+ebd

Kalo mau versi manual tapi dpt abs ebd ya pilihannya brio sport. alternatif mobil lain ya splash (tp ga ada air bag). etios tipe tertinggi kayaknya ada tapi harganya mahal banget, jauh lebih mahal dari brio ckd 1.2 a/t
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by VanzMatic »

Nubietol menyimak dengan tekun
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
jogja123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Nov 29, 2010 6:16

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jogja123 »

Sedikit berbgi cerita
Hr mggu spk satya rally red untuk istri
Dari lcgc yg sy amati brio mnrut sy yg terbaik (syg tdk abs ebd)
Penilaian sy material interior brio yg plg bgus
Agya ayla material plstik interior kesannya murahan bget
Yg psti jg krn 1200cc psti lbih brtenaga

Kata sales dtg desember :ungg:
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by konsat »

biaya servisnya berapa yah om bwat si satya?

sorry pertanyaan nubitol. biasa servis roda 2 aja :mky_01:
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by dieselkiki »

bro medket...

spareparts fast moving brio 1.2 dan 1.3 sama gak ya barang dan harganya ? biaya service rutinnya sama juga gak ? pernah liat waktu nyervis mobil ke beres keknya brio 1.3 at ataupun mt sama biayanya (parts and labor sama persis)..
- faith humanity freedom -
jogja123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Nov 29, 2010 6:16

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jogja123 »

Penasaran jg ni brp ogkos2 servis reguler satya
Dikasih price list kayak toyota ndk?
Wktu ambil rush kmrn manual book disertai rincian biaya sesuai jdwl srvis reguler

Konon ogkos servis honda muaahal
Mgkin master2 da yg bs ksih sample biaaya servis reguler

:thanks:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jekael »

Yup, biaya service dan spare part honda banyak yg bilang mahal, dan itu sempet bikin galau saya waktu mau minang Satya. Tapi setelah banyak pertimbangan saya tetap minang Satya krn kelasnya di atas rata2 lcgc lain. Selain itu teman pernah bilang kalo ada gratis service di atpm lain itu karena atpm itu sudah memasukannya dalam harga jual, jadi sama aja. Nah kalo soal spare part asumsi saya nih mobil khan banyak kandungan lokal, mudah2an spare partnya juga banyak yg sudah lokal jd lebih murah.
Untuk biaya service saya belum tau, mudah2an dalam waktu dekat mobilnya sdh sampai, nanti saya cek buku manualnya ada price list service atau nggak. Setau saya sih untuk satya ada tawaran paket service kalo ga salah namanya Honda Extra Care dimana gratis ganti part unlimited dan nambah panjang masa garansi jadi 5 thn. Itu pernah saya liat di website resmi, tapi giliran saya tanya ke salesnya dia ga tau apa2.

Btw mana nih Om Madcat, ditunggu pencerahannya.
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by kklover »

yg pasti lebih mahal miras sichhhh heheheheheheheh kira2 2x lipetnya maret yahhh
miras spare partnya sih gak mahal, jasanya itu boookkk :big_slap:
ini sich sekadar info ajah untuk brio yg 1.3

http://www.iotomotif.com/komparasi-biay ... irage/8081
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by VanzMatic »

kklover wrote:yg pasti lebih mahal miras lumayan jauh sichhhh heheheheheheheh
miras spare partnya sih gak mahal, jasanya itu boookkk :big_slap:
ini sich sekadar info ajah untuk yg 1.3

http://www.iotomotif.com/komparasi-biay ... irage/8081
Harusnya tabel biaya servis di Borobudur motor jogja di photo om r2d2...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
jogja123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Nov 29, 2010 6:16

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jogja123 »

Wah klo ada ftur free unlimited boleh jg tuh Om
Ni pengalman prtma sy pake honda
Rwyat leluhur toyota trus
Klo dilihat dr brosur n lihat real brg smua lcgc sy pkir ndk bkal nyesel beli satya
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by pilotgaruda »

awet ga yah dipake 5-7 taun?
kl honda lain sih istilahnya pake seumur hidup jg masih aman..
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jekael »

pilotgaruda wrote:awet ga yah dipake 5-7 taun?
kl honda lain sih istilahnya pake seumur hidup jg masih aman..
Kalo mesin sich saya yakin awet banget Om, bokap yang ngerti mesin bilang nih mesin terlalu bagus buat kelas lcgc. Tinggal akurasi body aja yg perlu dipertanyakan mengingat aturan lcgc kandungan lokal partnya harus di atas 80% dan ini berlaku juga buat lcgc merk lain. Tapi pabrikan pasti udah melakukan pengujian sebelum keluarin nih mobil.
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by dieselkiki »

awet mana ya mesin toyota ma honda in general ? ada yang bilang kalo kluar dari pabrik mesin toyota itu sebenarnya hanya digunakan 80% dari kemampuan maksimalnya tetapi kalo honda sudah mendekati kemampuan maksimalnya sehingga mempengaruhi durabilitas :e-doh:

itu juga denger denger kata orang dan nggak tahu juga apa hal tsb berlaku di mobil harga terjangkau ini karena sebenarnya di sini adalah honda vs daihatsu (yang 3 silindernya ini sudah dimulai dari jaman hijet 1000)

ngomong hijet dan keturunannya serta daihatsu perasaan gak enak bahwa sama saja manggil knalpot hade datang... :big_chicken:
- faith humanity freedom -
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by pilotgaruda »

jekael wrote:
pilotgaruda wrote:awet ga yah dipake 5-7 taun?
kl honda lain sih istilahnya pake seumur hidup jg masih aman..
Kalo mesin sich saya yakin awet banget Om, bokap yang ngerti mesin bilang nih mesin terlalu bagus buat kelas lcgc. Tinggal akurasi body aja yg perlu dipertanyakan mengingat aturan lcgc kandungan lokal partnya harus di atas 80% dan ini berlaku juga buat lcgc merk lain. Tapi pabrikan pasti udah melakukan pengujian sebelum keluarin nih mobil.
iya oom..kalo mesin mungkin kalo dirawat dgn bener bisa awet...cm yah itu..bemper, interior dll...soalnya inget2 kakak pake veloz bener2 sebagai mobil tempur..baru setaun km udah hampir 50rb..menjelajah tol, jalan rusak, macet dll, mesin masih seger...tapi bemper kancing udah pada coplot, central lock pintu depan udah error...itu yg dikhawatirin...

inget dulu bokap punya cressida tahun 85, dipake ampe tahun 2000, semuanya masih solid poll, ga ada yg protol satupun..kecuali antena aja udah ga mau naek/turun lagi...
dieselkiki wrote:awet mana ya mesin toyota ma honda in general ? ada yang bilang kalo kluar dari pabrik mesin toyota itu sebenarnya hanya digunakan 80% dari kemampuan maksimalnya tetapi kalo honda sudah mendekati kemampuan maksimalnya sehingga mempengaruhi durabilitas :e-doh:

itu juga denger denger kata orang dan nggak tahu juga apa hal tsb berlaku di mobil harga terjangkau ini karena sebenarnya di sini adalah honda vs daihatsu (yang 3 silindernya ini sudah dimulai dari jaman hijet 1000)

ngomong hijet dan keturunannya serta daihatsu perasaan gak enak bahwa sama saja manggil knalpot hade datang... :big_chicken:
sejauh pengalaman bawa toyota sih, nih mesin mobil kayakna makin lama dibawa makin enak, makin lincah, makin enteng...mungkin juga bener tuh 80% kemampuan mesin...

tp kl honda sih sepertinya bersaing sama toyota..durabilitynya ga usah diraguin soal mesin..last forever kl kata Hammond di topgear...dan inget pernyataan clarkson, dari sekian juta mesin vtec di seluruh dunia, ga ada 1 pun yg gagal/error...good job honda...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15723
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by ChZ »

pilotgaruda wrote: sejauh pengalaman bawa toyota sih, nih mesin mobil kayakna makin lama dibawa makin enak, makin lincah, makin enteng...mungkin juga bener tuh 80% kemampuan mesin...

tp kl honda sih sepertinya bersaing sama toyota..durabilitynya ga usah diraguin soal mesin..last forever kl kata Hammond di topgear...dan inget pernyataan clarkson, dari sekian juta mesin vtec di seluruh dunia, ga ada 1 pun yg gagal/error...good job honda...
durability mesin hando sih ga kalah ama atoyot yah....

cuma yg bikin hando kadang terkesan ga durable itu sebenernya kaki-kakinya... untuk di abuse kaki-kaki hando ga sekuat atoyot... apalagi sikembar dan kijang :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
B33CH
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: Fri Oct 25, 2013 3:57
Location: Bandung

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by B33CH »

ChZ wrote: durability mesin hando sih ga kalah ama atoyot yah....

cuma yg bikin hando kadang terkesan ga durable itu sebenernya kaki-kakinya... untuk di abuse kaki-kaki hando ga sekuat atoyot... apalagi sikembar dan kijang :ngacir: :ngacir:
Jadi sebetulnya untuk LCGC lebih worthed mana dong ?
Satya apa dua astra :mky_01:
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by konsat »

mesin, pilih satya
bodi pilih satya
bokong pilih agya / ayla
interior pilih satya
mo metik? agya/ayla


tuh pilihan istri ane bro, tp doi ga ngarti teknis. mesin cuma compare cc :big_peace:

tapi satya termurah dapat ayla termahal :)

agya ? people buy coz its toyota
jogja123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Mon Nov 29, 2010 6:16

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jogja123 »

Dg pertimbgan review dr para senior + pengamatn riil dilapangan sdh pasti sy pilih brio :big_peace:
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by pilotgaruda »

ChZ wrote:
pilotgaruda wrote: sejauh pengalaman bawa toyota sih, nih mesin mobil kayakna makin lama dibawa makin enak, makin lincah, makin enteng...mungkin juga bener tuh 80% kemampuan mesin...

tp kl honda sih sepertinya bersaing sama toyota..durabilitynya ga usah diraguin soal mesin..last forever kl kata Hammond di topgear...dan inget pernyataan clarkson, dari sekian juta mesin vtec di seluruh dunia, ga ada 1 pun yg gagal/error...good job honda...
durability mesin hando sih ga kalah ama atoyot yah....

cuma yg bikin hando kadang terkesan ga durable itu sebenernya kaki-kakinya... untuk di abuse kaki-kaki hando ga sekuat atoyot... apalagi sikembar dan kijang :ngacir: :ngacir:
setuju banget..kaki2 honda...(meliputi tierod, bushing dll yah..). Kalo soal kekuatan kaki2 emang atoyot sih..tp ga tau soal lsgc sih..namanya juga "low cost"..yg diutamain juga konsumsi bbm, bukan durabilitynya sepertinya..
B33CH wrote:
ChZ wrote: durability mesin hando sih ga kalah ama atoyot yah....

cuma yg bikin hando kadang terkesan ga durable itu sebenernya kaki-kakinya... untuk di abuse kaki-kaki hando ga sekuat atoyot... apalagi sikembar dan kijang :ngacir: :ngacir:
Jadi sebetulnya untuk LCGC lebih worthed mana dong ?
Satya apa dua astra :mky_01:
worth? kalo saya bilang sih ya yg lagi dibahas di tritt ini..cm saya hanya melihatna dr segi mesin ya..4 silinder 1200cc..
kl kebutuhan dal-kot sih ya metic alias si kembar..soale 1.2 ckd tembus 130-an...bedanya jauh..even ama trd-nya agya..
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Review Honda Brio Satya S MT 2013

Post by jekael »

Kalo masalah worth yg mana sudah ada tritnya sendiri, monggo dicek
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 5&start=25
Daripada bingung mending lihat sendiri semua lcgc yg ada ke masing2 dealer trus bandingin. Kalo saya sih udah lihat semua lcgc dan bandingin waktu di iims september kmaren. Kesimpulannya dr hasil perbandingan Satya ini kelasnya di atas rata2 lcgc yg lain dari segi mesin, performance, kualitas, fitur keselamatan dan keamanan. Tapi ya itu hasil perbandingan saya, lebih baik bandingkan sendiri supaya lebih yakin.