y_anjasrana wrote:kalo nyetel nya kurang bener ya silau bro
tp saya tau diri
nyetel low beam sesuai kaidah sopan santun berkendara di jalan umum..
sinar yg low beam jatuhnya cm 7 meteran di dpn mtr
aplg nyebarnya kesamping
g memanjang ke depan
tp kalo yg hi beam....
jgn di bayangin...
driver truck sekalipun takhluk
hehehe
Secara posisi lampu motor sudah termasuk tinggi, jadi biar bagaimanapun tetap akan membuat silau bila lux lampunya ditambah. Lampu motor standar memang dibuat tidak begitu terang supaya tidak membuat silau kendaraan seperti sedan dan city car yg posisi mata pengemudinya hampir sejajar dgn lampu motor. Apalagi kalu nggak diatur alias semaunya. Sama aja bikin buta kendaraan di depannya. Hal ini ga cuma berlaku pada motor aja lho. Mobil2 yg posisi lampunya tinggi seperti motor juga sama aja, terutama bila lampunya sudah tidak standar.
nambahin yak...
nanggepin tentang ketinggian lampu motor...
menurut saya dan sudah saya praktekkan serta bro semua lihat dalam photo upload an saya...
(hehe panjang amat...

)
kaitan antara ketinggian lampu dan lumens yang sangat terang sudah di antisipasi pada bohlam jenis H4 agar tidak silau.
(liat gambar bohlam H4 di bawah...ngambil dari web-nya bro saf7..."minjem ya bro saf7 gambarnya, ga komersil kok cuma diliatin saja"

)
filamen yang depan ntuh yang low beam selalu ada tudung buat ngalangin sebagian sinar biar ga jatuh kebawah (biar ga nyebar satu reflektor penuh), jadinya g bikin silau
lg pula letaknya pasti didepan...
sehingga reflektor tidak memantulkan secara "sempurna" cahaya bohlam tersebut
karena tidak persis pada fokus reflektor itu sendiri
dengan kata lain, pas low beam, yg mancarin sinar ntuh sebagian reflektor bagian atas (nah lo... ribet...

), jd jatuhnya sinar pasti deket
berbeda dengan letak filamen hi beam....
letaknya pasti dibelakang (tepat di titik fokus reflektor) tanpa tedeng aling-aling kalo orang jawa bilang

, sehingga cahaya bohlam akan dipantulkan sempurna
terlihat bulat penuh sinarnya kalo reflektornya bentuknya bulat..
ketika saya mengikir dudukan bohlam di reflektor foglamp modif saya tersebut juga tidak asal masuk bohlam H4-nya saja..
tapi dikit2 biar ketika H4-nya dimasukkin, filamen hi beamnya tepat di fokus reflektor
satu lagi.. di ujung bohlam H4 selalu ada lapisan solid yang tidak transparan, hal itu juga dimaksudkan agar pas bohlam dapet tegangan dan arus mengalir..(menyala, hehe) titik api dari sumber cahaya tidak terlihat langsung oleh pengendara lawan arah jadi tidak silau
pada bohlam jenis H3 tidak ada lapisan tersebut pada ujung bohlamnya tapi saya yakin seharusnya pada reflektor yang OEM ada semacam tudung buat menghalangi titik api tersebut dari pandangan yang dari depan (kalo padamotor liat honda supra x 100 cc kalo tidak salah)
begono...
mohon di tambahin kalo ada yang kurang..

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.