Mobil Automatic transmision
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil Automatic transmision
Tapi saya heran deh, kenapa mobil matik lebih boros ya? Padahal saya pikir-pikir, saya pake Swift matik ga pernah ngelewatin 2500rpm lho. Jatuhnya sekitar 1:10,5. Padahal kalo saya pake Yaris manual, sering upshift di 3000 jatuhnya 1:12 sampe 1:13, jarang banget (hampir ga pernah) nyampe 1:11. Saya cara ngitung konsumsinya sama lho...
Pengalaman temen-temen saya yang pake Yaris matik juga katanya paling-paling kena 1:11, jarang ada yang nyampe 1:12, padahal kalo ga pernah kickdown, jarang maen di rpm tinggi kalo matik, sebelum 2500 pasti dah pindah gigi sendiri.
Pengalaman temen-temen saya yang pake Yaris matik juga katanya paling-paling kena 1:11, jarang ada yang nyampe 1:12, padahal kalo ga pernah kickdown, jarang maen di rpm tinggi kalo matik, sebelum 2500 pasti dah pindah gigi sendiri.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Automatic transmision
oya? wah menarik nih...
saya belum pernah ngitung lagi bro... dan ga ada mobil manual, tapi kalo seinget saya baleno NextG matic punya saya dulu sekitar 1:12an, kalo keluar kota 1:14an lah... irit kok...
kalo sekarang ga tau ya... mungkin matic cnederung boros karena kaki nempel terus di gas? hihihihi...
saya belum pernah ngitung lagi bro... dan ga ada mobil manual, tapi kalo seinget saya baleno NextG matic punya saya dulu sekitar 1:12an, kalo keluar kota 1:14an lah... irit kok...
kalo sekarang ga tau ya... mungkin matic cnederung boros karena kaki nempel terus di gas? hihihihi...

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil Automatic transmision
Wah, irit juga tu NextGnya, saya rada heran tu kok Swiftnya ga bisa irit.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Automatic transmision
susah bro kalo dibandingin begitu... kan kondisi berbeda... mungkin bro banyak stop n go, dan lain2...
kalo saya kebetulan test nya pas lagi lancar, begitu...
atau no sepatu kita berbeda, bro...
kalo saya kebetulan test nya pas lagi lancar, begitu...

atau no sepatu kita berbeda, bro...


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil Automatic transmision
Wakakak, teori baru nih, "ukuran sepatu mempengaruhi konsumsi bahan bakar", wakakak, harus dipublikasikan ni....
Saya baru ngukur 3x sih, semuanya kondisi normal lalulintas Jogja, kadang lancar, kadang kena 3x lampu merah di satu perempatan. Pengukuran pertama dapet 1:10,52; 1:10,32; yang terakhir 1:10,79. Untungnya cuma premium, kalo Yaris saya yang pake Pertamax borosnya segitu dah angkat tangan saya....

Saya baru ngukur 3x sih, semuanya kondisi normal lalulintas Jogja, kadang lancar, kadang kena 3x lampu merah di satu perempatan. Pengukuran pertama dapet 1:10,52; 1:10,32; yang terakhir 1:10,79. Untungnya cuma premium, kalo Yaris saya yang pake Pertamax borosnya segitu dah angkat tangan saya....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Mobil Automatic transmision
kalo matic boros bukannya gara2 power loss nya lebih banyak dari manual yah?stau gw itu yang bikin boros
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
betul, tentu harus bandingkan juga dgn yg sama2 matic.
mobil a/t ada slip kopling duluan saat pedal gas ditekan, cukup noticeable jarum rpm sudah naik lebih duluan/lebih cepat sesaat daripada akselerasinya, ini yg membuat lebih boros.
mobil a/t ada slip kopling duluan saat pedal gas ditekan, cukup noticeable jarum rpm sudah naik lebih duluan/lebih cepat sesaat daripada akselerasinya, ini yg membuat lebih boros.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Automatic transmision
kecenderungan utk menginjak gas pada awal memang bisa juga dijadikan sebab... saya coba dengan melepas rem (tanpa digas) agar mobil menggelinding sendiri dulu dan gas pelan2. lumayan, cukup irit dibandingkan pertama langsung bejek gas...
well, kecuali di tanjakan ya... kekekeke!
well, kecuali di tanjakan ya... kekekeke!

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
daripada tulisan2 D, 1, 2 gitu....gw lebih suka kalau ada tombol putar posisi: A dan M, spt di kamera gitu.....hahahhaaha
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Mobil Automatic transmision
lha kan udah ada steptronik/tiptronik yg bisa matik dan manual, tapi tentu bukan asli manual yang harus injek koplingandy1800 wrote: kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Mobil Automatic transmision
sebenernya sudah ada bro... tapi seperti kata bro risol, steptronik/tiptronik. kalo mau kopling tetep ada... bukan tombol putar... tapi switch mobil... alias, punya 2mobil.andy1800 wrote:daripada tulisan2 D, 1, 2 gitu....gw lebih suka kalau ada tombol putar posisi: A dan M, spt di kamera gitu.....hahahhaaha
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON

justru, di masa depan hanya ada satu transmisi, matic dengan performa manual. tanpa D,1,2 dst. hanya ada R,N,D.
kali ya... hehehe!

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
@Risol1 & PM
nah itu dia, bro...maksud gw, pengennya yg bisa pake injek kopling gitu...
tp gw juga nyadar, nampaknya technically emang gak mungkin.
hanya mungkin jika ada "orang gila" yg mau bikin custom transmisinya...
mungkin pake semacam transfer case lebih dulu gitu.
nah, kalau yg segila itu, mana mungkin diproduksi massal....
kalau tombol putar >> putar tombol untuk buka pintu mobil 1, lalu keluar dari mobil 1, trus putar tombol lagi buka pintu mobil 2, lalu masuk ke mobil 2....
wah, kalau model tombol yg kaya gini, pastilah "lonjakan harganya" bukan cuma "beda2 tipis"...... hahahhaa
ah, orang miskin gini mah emang bisanya cuma ngarep.....wakakakakaka
.................

nah itu dia, bro...maksud gw, pengennya yg bisa pake injek kopling gitu...

tp gw juga nyadar, nampaknya technically emang gak mungkin.
hanya mungkin jika ada "orang gila" yg mau bikin custom transmisinya...
mungkin pake semacam transfer case lebih dulu gitu.
nah, kalau yg segila itu, mana mungkin diproduksi massal....

kalau tombol putar >> putar tombol untuk buka pintu mobil 1, lalu keluar dari mobil 1, trus putar tombol lagi buka pintu mobil 2, lalu masuk ke mobil 2....
wah, kalau model tombol yg kaya gini, pastilah "lonjakan harganya" bukan cuma "beda2 tipis"...... hahahhaa
ah, orang miskin gini mah emang bisanya cuma ngarep.....wakakakakaka
.................



-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
cobain transmisi CVT deh....
bener-bener gak ada selip kopling....
km/h indicator naik ngikutin rpm mesin....
klo matic biasa, bnyk selipnya emang.... rpm naik duluan dikit br mbl jalan....
klo CVT bnr2 beda deh....
anyway.... saya coba CVT pnynya jazz....
bener-bener gak ada selip kopling....
km/h indicator naik ngikutin rpm mesin....
klo matic biasa, bnyk selipnya emang.... rpm naik duluan dikit br mbl jalan....
klo CVT bnr2 beda deh....
anyway.... saya coba CVT pnynya jazz....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
hmmm...continuously variable transmission...
menarik juga.
oke...
siap pak! laksanakan!
oh..udah coba ding.....Yamaha Mio !
hahahahhaa
menarik juga.
oke...
siap pak! laksanakan!
oh..udah coba ding.....Yamaha Mio !
hahahahhaa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Automatic transmision
anyway...
sebenernya, keinginan gw tetep punya opsi manual transmission ini, bukan cuma krn ingin "spinning the wheel" saja.
tapi lebih daripada itu...
bagi gw yg seorang "sopir bus malam".... yaitu driver yg mengutamanakn "kehalusan" driving style,
kopling manual itu bisa lbh mengakomodir keinginan gw utk "stay smooth" waktu gw lepas gas sambil injak kopling, atau menjaga kecepatan konstan, atau ingin tetep relatif smooth bahkan sewaktu gw inginkan engine breaking...
gw juga terbiasa "stay smooth" pada waktu pengereman....: hampir gak ada kelembaman pas mobil berhenti ti.
nah, hal ini hampir mustahil kl gw jalan pake A/T.
mgkin masih bisa, bila pedal rem digeser jd ke kaki kiri (spt single seater open wheeler racing car / gokart, Formula cars)
kl enggak, terpaksa deh, main kaki miring spt bro PM pas slalom gitu.... hehehe
tp kl harus maen gitu terus di keseharian, ya repot doonk....
sbg ilustrasi,...gw naek motor bebek yg tanpa handel kopling itu pun,...gw tetep mainin koplingnya, ketika deselerasi...sambil maen rem di tangan kanan plus imbangi dg kaki kanan.
nah... bagi yg nggak pernah coba cara nyetir kaya gw itu, atau driving style-nya beda jauh... mgkin, gak akan bisa memahami ukuran smooth as I do itu...
yeah, begitulah....skedar keluhan pelanggan.....hahahaha

sebenernya, keinginan gw tetep punya opsi manual transmission ini, bukan cuma krn ingin "spinning the wheel" saja.
tapi lebih daripada itu...
bagi gw yg seorang "sopir bus malam".... yaitu driver yg mengutamanakn "kehalusan" driving style,
kopling manual itu bisa lbh mengakomodir keinginan gw utk "stay smooth" waktu gw lepas gas sambil injak kopling, atau menjaga kecepatan konstan, atau ingin tetep relatif smooth bahkan sewaktu gw inginkan engine breaking...
gw juga terbiasa "stay smooth" pada waktu pengereman....: hampir gak ada kelembaman pas mobil berhenti ti.
nah, hal ini hampir mustahil kl gw jalan pake A/T.
mgkin masih bisa, bila pedal rem digeser jd ke kaki kiri (spt single seater open wheeler racing car / gokart, Formula cars)
kl enggak, terpaksa deh, main kaki miring spt bro PM pas slalom gitu.... hehehe
tp kl harus maen gitu terus di keseharian, ya repot doonk....

sbg ilustrasi,...gw naek motor bebek yg tanpa handel kopling itu pun,...gw tetep mainin koplingnya, ketika deselerasi...sambil maen rem di tangan kanan plus imbangi dg kaki kanan.
nah... bagi yg nggak pernah coba cara nyetir kaya gw itu, atau driving style-nya beda jauh... mgkin, gak akan bisa memahami ukuran smooth as I do itu...

yeah, begitulah....skedar keluhan pelanggan.....hahahaha


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Mobil Automatic transmision
Yupz, power loss, logis logis, thanks bro...
Btw, menurut saya walopun pake transmisi Tiptronik, tetep aja rasanya aneh, masih terlalu artifisial, terlalu dibatesin (tapi ga tau ya kalo Tiptroniknya Porsche, Aston Martin, Lamborghini, dan sebangsanya, hehe). Emang si, limiter yang ada bikin mesin ga gampang jebol, tapi kadang aneh kalo kita lagi di posisi gigi 1 trus ngebejek sampe redline & dia otomatis pindah ke 2. Saya nyoba punyanya Honda Stream 2.0 tu begitu. Apalagi Steermatiknya Honda Jazz, ugh, sangat artifisial, ga kerasa pindah giginya. Emang enaknya kalo punya 2 mobil, matik dan manual, heehheeheee....
Btw, menurut saya walopun pake transmisi Tiptronik, tetep aja rasanya aneh, masih terlalu artifisial, terlalu dibatesin (tapi ga tau ya kalo Tiptroniknya Porsche, Aston Martin, Lamborghini, dan sebangsanya, hehe). Emang si, limiter yang ada bikin mesin ga gampang jebol, tapi kadang aneh kalo kita lagi di posisi gigi 1 trus ngebejek sampe redline & dia otomatis pindah ke 2. Saya nyoba punyanya Honda Stream 2.0 tu begitu. Apalagi Steermatiknya Honda Jazz, ugh, sangat artifisial, ga kerasa pindah giginya. Emang enaknya kalo punya 2 mobil, matik dan manual, heehheeheee....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Mobil Automatic transmision
emang bro 7speed nya jazz masi trasa ga natural dibanding manual asli tapi yah lumayan lah kalo mao tarik2an
kalo mao trasa pindah giginya,bejek ampe RPM 4-5 baru ganti gigi,pastiin tanda M nyala kalo ga brarti masi diatur ECU
kalo mao trasa pindah giginya,bejek ampe RPM 4-5 baru ganti gigi,pastiin tanda M nyala kalo ga brarti masi diatur ECU
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 53
- Joined: Wed Aug 29, 2007 7:47
Re: Mobil Automatic transmision
kalo mobil manual pake EZ Clutch kan bisa auto & manual ...andy1800 wrote:daripada tulisan2 D, 1, 2 gitu....gw lebih suka kalau ada tombol putar posisi: A dan M, spt di kamera gitu.....hahahhaaha
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
DSG dan i-shift honda itu = Automated Manual Transmission.
Tiptonic itu kontrol driver terhadap posisi gear, pada beberapa mobil sport, ada yg tiptronic DSG (dry clucth - mirip sensasi m/t) ini jelas beda karakter dan sensasi dgn tiptronic 4/5/6speed a/t maupun CVT yang pakai wet-clucth.
Tiptonic itu kontrol driver terhadap posisi gear, pada beberapa mobil sport, ada yg tiptronic DSG (dry clucth - mirip sensasi m/t) ini jelas beda karakter dan sensasi dgn tiptronic 4/5/6speed a/t maupun CVT yang pakai wet-clucth.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Apr 12, 2008 7:02
Re: Mobil Automatic transmision
lacquer wrote:kalo mobil manual pake EZ Clutch kan bisa auto & manual ...andy1800 wrote:daripada tulisan2 D, 1, 2 gitu....gw lebih suka kalau ada tombol putar posisi: A dan M, spt di kamera gitu.....hahahhaaha
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON![]()
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Apr 12, 2008 7:02
Re: Mobil Automatic transmision
sekarang ez clutch bisa dipasang ato beli dimana? ada yang tahu......lacquer wrote:kalo mobil manual pake EZ Clutch kan bisa auto & manual ...andy1800 wrote:daripada tulisan2 D, 1, 2 gitu....gw lebih suka kalau ada tombol putar posisi: A dan M, spt di kamera gitu.....hahahhaaha
kapan yaa, bisa dibikin transmisi yg bisa pilih auto&manual ?
maksdu gw, sebenarnya secara teknis itu memungkinkan nggak sih?
kalau itu memungkinkan secara teknis, lalu, mungkin nggak "lonjakan harganya" cuma "beda2 tipis" ?
hahahaha...*ngarep mode: ON![]()
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 184
- Joined: Thu Mar 13, 2008 12:27
Re: Mobil Automatic transmision
^^
IMHO jgn deh...
konon... baca2 dr forum sebelah... mnrt testimonials dr pemakai langsung...
Ez-Clutch itu bikin kampas kopling cpt abis... krn dia pake sistim hidrolis/mekanis yg bekerja scr otomatis, namun kebanyakan sistimnya bekerja setengah kopling, untuk membuat perpindahan gigi halus & mencegah gejala "ndut-ndutan" pada saat macet...

IMHO jgn deh...
konon... baca2 dr forum sebelah... mnrt testimonials dr pemakai langsung...

Ez-Clutch itu bikin kampas kopling cpt abis... krn dia pake sistim hidrolis/mekanis yg bekerja scr otomatis, namun kebanyakan sistimnya bekerja setengah kopling, untuk membuat perpindahan gigi halus & mencegah gejala "ndut-ndutan" pada saat macet...


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Thu Nov 25, 2004 8:16
- Location: Jakarta
Re: Mobil Automatic transmision
mungkin udah sering dibahas.. cuma pengen memastikan soalnya tadi pagi kejadian, boil [2001 Baleno AT] dibawa bini ke poliklinik deket rumah, terus mogok, kayaknya sieh fuelpump kena - akhirnya minta bantuan ditarik mobil tetangga (gak pakai derek)...
terus sampe di rumah (kira2 2 km) dikasih tau ama tetangga yg "ngerti mobil" katanya matic gak boleh ditarik meskipun gigi di posisi [N].. bisa jebol transmisi !!!
wuah gawaat nih kalo bener... emang bener ya begitu? ada yg tau link otomotif (bukan forum) yang mambahas masalah ini dengan gamblang ???
thx
terus sampe di rumah (kira2 2 km) dikasih tau ama tetangga yg "ngerti mobil" katanya matic gak boleh ditarik meskipun gigi di posisi [N].. bisa jebol transmisi !!!
wuah gawaat nih kalo bener... emang bener ya begitu? ada yg tau link otomotif (bukan forum) yang mambahas masalah ini dengan gamblang ???
thx
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Mobil Automatic transmision
bole bro..asal dikerek bukan poros roda yg digerakin transmisi nya..trus kalo empat roda jalan jg bole..cm ada kecepatan maksnya...kalo ga salah di buku manual jg ada yah?:)
bro2 sekalian..ada yg tau napa matik xtrail tuh nyentak/jerking pada saat mau jalan dipindah dari posisi N ke D?padahal Honda nga?
bro2 sekalian..ada yg tau napa matik xtrail tuh nyentak/jerking pada saat mau jalan dipindah dari posisi N ke D?padahal Honda nga?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Mobil Automatic transmision
bro zombiee, coba flush oli a/t nya dulu? ini sih yg paling kontribusi.
adalagi faktor lain, kalo honda (juga mobil2 lain) jaman dulu sih masih jerking juga, tapi yg terakhir sudah ada kontrol elektronis lock-up nya jadi saat mesin idle tidak terlalu nyentak saat pindah dari N ke D, lock-up engagement dikontrol komputer dan baru benar2 akan "menggigit" begitu ada input dari pedal gas (thanx to throttle by wire).
Begitupun saat lepas gas saat melaju, a/t dgn lock-up elektronis sedikit banyak ada kentara engine brake nya drpd a/t konvensional (lock-up mekanis).
derek mobil a/t kalo di buku manual sih tidak boleh kecuali sumbu roda yg menyalurkan tenaga diangkat/gantung. misal yg FWD, berarti roda depannya harus diangkat, RWD, berarti roda belakangnya yg diangkat.
adalagi faktor lain, kalo honda (juga mobil2 lain) jaman dulu sih masih jerking juga, tapi yg terakhir sudah ada kontrol elektronis lock-up nya jadi saat mesin idle tidak terlalu nyentak saat pindah dari N ke D, lock-up engagement dikontrol komputer dan baru benar2 akan "menggigit" begitu ada input dari pedal gas (thanx to throttle by wire).
Begitupun saat lepas gas saat melaju, a/t dgn lock-up elektronis sedikit banyak ada kentara engine brake nya drpd a/t konvensional (lock-up mekanis).
derek mobil a/t kalo di buku manual sih tidak boleh kecuali sumbu roda yg menyalurkan tenaga diangkat/gantung. misal yg FWD, berarti roda depannya harus diangkat, RWD, berarti roda belakangnya yg diangkat.