Page 6 of 9
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 4:28
by alexand
Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 4:59
by McLaren
alexand wrote: Sun Feb 05, 2023 4:28
Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
jebol om hehehe.. kompresinya tinggi, teknologi maxx, toleransi dan gap minimal.
kecuali dipake 50 rb km trus jual
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 13:06
by kunaskun
alexand wrote: Sun Feb 05, 2023 4:28
Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
pasti kuat, toyota gituloh.
tapi jadi rewel dan enak dipake atau ngga urusan lain

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 13:18
by kunaskun
ariswp wrote: Sat Feb 04, 2023 13:00
Tenaga positif om, enakk
Hanya atasnya aja memang agak kosong (dibanding honda rombeng R20/R18 peliharaan saya), curiga memang mesin ini diset efisiensi, ntah kedepan klo uda bisa diremap dan diatur lagi karakternya
Tapi karakter gini cocok banget buat MPV spt zenix
Efisiensi dan powerband terpakai buat sehari hari, bensin lho ini padahal, bukan diesel
hasil tuning mesin modern + CVT with Launch gear jadinya malah bisa cocok buat MPV ya.
start awal dan di dalkot launch gear + high torque at low rpm from direct injection engine
giliran medium and cruising speed = CVT efficiency
kalau varian hybrid ya tambah efisien lagi, mesin bisa mati hidup di dalkot + dorongan EV pas akselerasi.
berarti alasan baru lagi buat reborn ngebul ga ganti ke zenix

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 14:57
by quyquy
Kabarnya zenix hybrid cvtnya bukan belt ya?
Nah, apakah CVTnya zenix non hybrid sama dengan yang dipakai di zenix hybrid?
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 15:01
by wicaksono99
McLaren wrote: Sun Feb 05, 2023 4:59
alexand wrote: Sun Feb 05, 2023 4:28
Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
jebol om hehehe.. kompresinya tinggi, teknologi maxx, toleransi dan gap minimal.
kecuali dipake 50 rb km trus jual
Jangan salah.. Kompresi tinggi tapi mesinnya pakai siklus atkinson bukan otto, jadi kompresi tinggi on sheet aja sedangkan realnya ketika siklus kompresi ada bahan bakar yg balik ke intake karna klep intake masih kebuka beberapa saat saat langkah kompresi. Pas butuh power lebih direct injectornya baru nyemburin bensin saat klep intake udah ketutup biar gak ada bensin yg keluar + volumetrik efisiensi bertambah dengan campuran bensin yg lebih rich.
Ya bijak2 aja milih bahan bakar, karna bahan bakar ga melulu RON.. Ada kandungan sulfur dan aditif lain yg bikin optimal pembakarannya.
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 15:15
by darrelund
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Sun Feb 05, 2023 15:32
by McLaren
darrelund wrote: Sun Feb 05, 2023 15:15
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Berarti beneran akan ada subsidi kendaraan hybrid dan listrik om
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 0:13
by McLaren
wicaksono99 wrote: Sun Feb 05, 2023 15:01
McLaren wrote: Sun Feb 05, 2023 4:59
alexand wrote: Sun Feb 05, 2023 4:28
Zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
jebol om hehehe.. kompresinya tinggi, teknologi maxx, toleransi dan gap minimal.
kecuali dipake 50 rb km trus jual
Jangan salah.. Kompresi tinggi tapi mesinnya pakai siklus atkinson bukan otto, jadi kompresi tinggi on sheet aja sedangkan realnya ketika siklus kompresi ada bahan bakar yg balik ke intake karna klep intake masih kebuka beberapa saat saat langkah kompresi. Pas butuh power lebih direct injectornya baru nyemburin bensin saat klep intake udah ketutup biar gak ada bensin yg keluar + volumetrik efisiensi bertambah dengan campuran bensin yg lebih rich.
Ya bijak2 aja milih bahan bakar, karna bahan bakar ga melulu RON.. Ada kandungan sulfur dan aditif lain yg bikin optimal pembakarannya.
Yaa prinsip si mmg atkinson butuh oktan yg lebih rendah drpd yg konven.
Balik ke prius aja deh, yg udah tahunan ada.. itu recommended 88 ron us canada.. minimum 87 ron us canada.
87 ron khan setara ron 91 sini. Itu pun bensin sana ga ada melesetnya kaya kandungan bensin sini, yg tgtg nasib pengiriman.
Pertalite ngakunya 90, beberapa sampling tes malah 89 koma sekian hihihi
Ini belum ngomongin aditif, sulfur dll yak..
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 0:39
by AbdulHakim
darrelund wrote: Sun Feb 05, 2023 15:15
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Corolla Cross Hybrid 540.899.000
sah sudah mobil di atas 500 juta an

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 8:05
by hosea
darrelund wrote: Sun Feb 05, 2023 15:15
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Buset lama lama camry tembus 1 M
Altis hybrid sama dengan civic turbo sekarang. Untung deh thn lalu dapat harga 515.
Tapi gila nih harga atoyot sekarang
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 8:09
by darrelund
McLaren wrote: Sun Feb 05, 2023 15:32
darrelund wrote: Sun Feb 05, 2023 15:15
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Berarti beneran akan ada subsidi kendaraan hybrid dan listrik om
itu subsidi paling bbrp bulan pertama aja
abistu harga normal

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 8:13
by darrelund
AbdulHakim wrote: Mon Feb 06, 2023 0:39
darrelund wrote: Sun Feb 05, 2023 15:15
OOT sikit, masi nyambung krn hibrid
kemri hibrid per hari ini otr 909.400.000
altis hibrid 593.300.000
TOP
kok bisa ya, padahal dolar turun
Corolla Cross Hybrid 540.899.000
sah sudah mobil di atas 500 juta an
mahal" yah mobil jaman now
tinggal tunggu agya-ayla ada adeknya
hosea wrote: Mon Feb 06, 2023 8:05
Buset lama lama camry tembus 1 M
Altis hybrid sama dengan civic turbo sekarang. Untung deh thn lalu dapat harga 515.
Tapi gila nih harga atoyot sekarang
harga segitu klo ga alergi bekas bisa dapet e-klasse/ 5er taun muda
klo harga baru european relatif stabil yah........
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 8:31
by ChZ
darrelund wrote: Mon Feb 06, 2023 8:13
mahal" yah mobil jaman now
tinggal tunggu agya-ayla ada adeknya
harga segitu klo ga alergi bekas bisa dapet e-klasse/ 5er taun muda
klo harga baru european relatif stabil yah........
makanya udah males liat mobil baru skrg. wkwkwkwk. 500 juta cuma dapet kijang apa apaan.
udah ga seberapa ngikutin mobil baru. ukurannya gede in comparison ke mobil2 lawas bahkan yang early 2000s udah punya safety tech standar spt abs dan crumple zone. pdhl dulu katanya alesan makin gede ya akomodir crumple zone. dan sayangnya ane rada alergi dengan mobil besar. wkwkwkwk. pd bilang ioniq5 keren gw ga merasa tuh mobil keren cuma boros parkiran dan susah manuver

kmrn liat LC300 di lobby sheraton jg meh ga berkesan dibanding LC100/LC200.
mana model ga ada yang bagus... maksudnya gak ada yang nempel ke otak lamaaaa sampe bikin kepengen ga tidur 7 hari 7 malem. kyknya orang kerja jadi designer mobil jg stress krn jaman 2000s itu udah cantik-cantik disuruh ubah apa lagi.
sedan2 jerman jg boring kayak copy paste perbesar antar model. ngga ada yang desireable gimana. ultra luxury cars buat kita yang paham mah cuma mobil generik yang dikasih maskara krn rolls royce is basically a 7-series BMW, bentley is basically a VW/ an Audi.
skrg mindset kalo beli mobil
- pake >5thn, skrg ga tega jual di bawah 5 thn.
- kalo current car msh works well dan low maintenance ga usah ganti krn tuker baru sakit ati sama nambahnya.
- klo buat ganti-ganti beli mobil bekas kesukaan yang bisa tipis-tipis dipake daily gantian

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 12:46
by alexand
Orang kita kan berani keluar duit lumayan gede buat beli mobil baru tapi yg penting running cost wajib murah meriah mencret semacam kijang diesel 2gd di kasih minum solar busuk lancar jaya
Makanya tadi saya nanya apakah zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
Karena sama orang kita pasti ada aja yg pelihara zenix tapi di kasih minumnya pertalite
Jadi zenix atkinson dengan kompresi 14:1 ternyata ada kemungkinan kuat di kasih minum pertalite karena atkinson

Kalo zenix gasoline dengan kompresi 13:1 kira2 masih kuat minum pertalite juga ?
Kemarenan saya ada liat2 youtube innova zenix v gasoline di bawa test drive sama sales tapi di isi full tank pertalite
Sampe saya nanyain di youtube itu emangnya boleh di isi pertalite ?
Di jawab kalo yg gasoline boleh di isi pertalite

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 13:14
by Venturtle
ChZ wrote: Mon Feb 06, 2023 8:31
darrelund wrote: Mon Feb 06, 2023 8:13
mahal" yah mobil jaman now
tinggal tunggu agya-ayla ada adeknya
harga segitu klo ga alergi bekas bisa dapet e-klasse/ 5er taun muda
klo harga baru european relatif stabil yah........
makanya udah males liat mobil baru skrg. wkwkwkwk. 500 juta cuma dapet kijang apa apaan.
udah ga seberapa ngikutin mobil baru. ukurannya gede in comparison ke mobil2 lawas bahkan yang early 2000s udah punya safety tech standar spt abs dan crumple zone. pdhl dulu katanya alesan makin gede ya akomodir crumple zone. dan sayangnya ane rada alergi dengan mobil besar. wkwkwkwk. pd bilang ioniq5 keren gw ga merasa tuh mobil keren cuma boros parkiran dan susah manuver

kmrn liat LC300 di lobby sheraton jg meh ga berkesan dibanding LC100/LC200.
mana model ga ada yang bagus... maksudnya gak ada yang nempel ke otak lamaaaa sampe bikin kepengen ga tidur 7 hari 7 malem. kyknya orang kerja jadi designer mobil jg stress krn jaman 2000s itu udah cantik-cantik disuruh ubah apa lagi.
sedan2 jerman jg boring kayak copy paste perbesar antar model. ngga ada yang desireable gimana. ultra luxury cars buat kita yang paham mah cuma mobil generik yang dikasih maskara krn rolls royce is basically a 7-series BMW, bentley is basically a VW/ an Audi.
skrg mindset kalo beli mobil
- pake >5thn, skrg ga tega jual di bawah 5 thn.
- kalo current car msh works well dan low maintenance ga usah ganti krn tuker baru sakit ati sama nambahnya.
- klo buat ganti-ganti beli mobil bekas kesukaan yang bisa tipis-tipis dipake daily gantian
Sejak 2022 harga mobil baru makin meroket naiknya..dan kebanyakan launching dengan kualitas yang menurun dari generasi sebelumnya

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 13:16
by sintoni
Harusnya sih kalau dipikir mobil Kijang gini yg nanti akan jadi mobil sejuta umat harusnya bs minum 90 sih, soalnya pasti nanti banyak yg isi 90, kalau banyak jebol ya ngerusak nama baik Kijang/Innova sebagai mobil keluarga Indonesia.
Kalau diomong kompresi tinggi itu si M2 Skyactiv yg awal2 di tutup tangki min 90 jg.
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 14:29
by timbermaniac123
alexand wrote: Mon Feb 06, 2023 12:46
Orang kita kan berani keluar duit lumayan gede buat beli mobil baru tapi yg penting running cost wajib murah meriah mencret semacam kijang diesel 2gd di kasih minum solar busuk lancar jaya
Makanya tadi saya nanya apakah zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
Karena sama orang kita pasti ada aja yg pelihara zenix tapi di kasih minumnya pertalite
Jadi zenix atkinson dengan kompresi 14:1 ternyata ada kemungkinan kuat di kasih minum pertalite karena atkinson

Kalo zenix gasoline dengan kompresi 13:1 kira2 masih kuat minum pertalite juga ?
Kemarenan saya ada liat2 youtube innova zenix v gasoline di bawa test drive sama sales tapi di isi full tank pertalite
Sampe saya nanyain di youtube itu emangnya boleh di isi pertalite ?
Di jawab kalo yg gasoline boleh di isi pertalite
buat orang kita, mobil di bawah 700 juta masih masuk dalam kategori boleh minum pertalite. apalagi brand T, katanya mesinnya ga manja. Tapi banyak juga seh liat crv turbo dicekokin pertalite sejak bbm naik 40-60%. Di Pertamina daerah PIK, barisan yang buat isi pertamax bisa dibilang hampir kosong. 80% antri pertalite / solar. Yang isi pertamax lebih banyak yang sekelas alphard.
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 15:30
by RezPrat
Tobat dah liat harga mobil Jepang, abis kehantam Ama mobil Kroya and cina ntar nih....udah gak masuk akal. Suzuki adem ayem nih...sayang nya line up nya kurang menarik s Juki made in India.
Sekedar contoh d pasar US, nett margin nya si Toyota Masi d atas VW dan Kroya car.
Screenshot_20230206_224706_Twitter.jpg
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Mon Feb 06, 2023 23:51
by Andhyka
Yah lihat aja gimana 3 tahun lagi apakah mulai bermunculan Zenix mogok di jalan dan user komplen ke dealer. Kompresi 1:13 / 1:14 ya wajib pertamax paling minim dan optimalnya diisi turbo/vpower.
Mungkin pengguna Zenix diwajibkan bayar servis tambahan carbon-clean tiap tahun.
Pengaruh Toyota sangat kuat ke pemerintah. Bahkan sebelumnya permintaan diskon PPnBM dituruti. Toyota tinggal lobby aja minta RON 90 dihapus kemudian pertalite dinaikan ke RON 92 dan pertamax dinaikan ke RON 95.
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Tue Feb 07, 2023 1:57
by McLaren
Komplain juga mau apa.. dealer tinggal tunjukin kondiisi ruang bakar dan buku pedoman pemilik.
Salah siapa? Xixixi
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Tue Feb 07, 2023 2:00
by alvin23
Andhyka wrote: Mon Feb 06, 2023 23:51
Yah lihat aja gimana 3 tahun lagi apakah mulai bermunculan Zenix mogok di jalan dan user komplen ke dealer. Kompresi 1:13 / 1:14 ya wajib pertamax paling minim dan optimalnya diisi turbo/vpower.
Mungkin pengguna Zenix diwajibkan bayar servis tambahan carbon-clean tiap tahun.
Pengaruh Toyota sangat kuat ke pemerintah. Bahkan sebelumnya permintaan diskon PPnBM dituruti. Toyota tinggal lobby aja minta RON 90 dihapus kemudian pertalite dinaikan ke RON 92 dan pertamax dinaikan ke RON 95.
Bukan kuat lagi ini mah wkwkwk
Liat aja hub Kemenperin sama TAM
Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Tue Feb 07, 2023 2:50
by ChZ
Andhyka wrote: Mon Feb 06, 2023 23:51
Yah lihat aja gimana 3 tahun lagi apakah mulai bermunculan Zenix mogok di jalan dan user komplen ke dealer. Kompresi 1:13 / 1:14 ya wajib pertamax paling minim dan optimalnya diisi turbo/vpower.
Mungkin pengguna Zenix diwajibkan bayar servis tambahan carbon-clean tiap tahun.
Pengaruh Toyota sangat kuat ke pemerintah. Bahkan sebelumnya permintaan diskon PPnBM dituruti. Toyota tinggal lobby aja minta RON 90 dihapus kemudian pertalite dinaikan ke RON 92 dan pertamax dinaikan ke RON 95.
ya sbenernya bisa-bisa aja sih. udah ada kan contohnya. mazda sky apa semua isi pertamax wkwkkww.
itu mazda sky 13:1 jg mintanya ron90 aja. tinggal knock sensor dan ignition timing dimundurin semundur-mundurnya. tp emang kalo dikasih bensin bagus perbedaannya terasa.
mslhnya mobil sekarang tuh bukan perkara piston jebol apa gimana, tapi itu fuelpump gimana kl liat tipikal pengguna zenix apa bakal rutin dibersihkan

krn pertalit itu bukan serem ron nya tp serem kotorannya dulu sempet kan premium rame bikin fuelpump macet
apalagi direct injection bakal bikin jelaga gak tuh di kepala katup

meski gw tau sih toyota ga bakal bikin engineering geblek macem gini pasti dipikirin
yah itu roki 1.2 WA-VE jg kompresi 12:1 kan. emang pada isi pertamax

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Tue Feb 07, 2023 2:51
by darrelund
alexand wrote: Mon Feb 06, 2023 12:46
Orang kita kan berani keluar duit lumayan gede buat beli mobil baru tapi yg penting running cost wajib murah meriah mencret semacam kijang diesel 2gd di kasih minum solar busuk lancar jaya
Makanya tadi saya nanya apakah zenix kuat di kasih minum pertalite selamanya ?
Karena sama orang kita pasti ada aja yg pelihara zenix tapi di kasih minumnya pertalite
Jadi zenix atkinson dengan kompresi 14:1 ternyata ada kemungkinan kuat di kasih minum pertalite karena atkinson

Kalo zenix gasoline dengan kompresi 13:1 kira2 masih kuat minum pertalite juga ?
Kemarenan saya ada liat2 youtube innova zenix v gasoline di bawa test drive sama sales tapi di isi full tank pertalite
Sampe saya nanyain di youtube itu emangnya boleh di isi pertalite ?
Di jawab kalo yg gasoline boleh di isi pertalite
toyota dynamic force gas/hybrid itu atkinson semua um
dan klo diliat sepertinya, mesinnya mirip masda yg real "compression" under claim spec sheet
klo mau nekat secara teori bs aja pertalit, paling timing aja mundur terus
masda jg itu sebenernya ga pure otto cycle, bisa switch antara atkinson-miller cycle
jgn" toyota dynamic force ini versi improve skyactiv enjin, konsep desainnya mirip bener

Re: 2022 Toyota Kijang Innova Zenix Q Modellista, masih pantas disebut Kijang?
Posted: Tue Feb 07, 2023 9:47
by sapifr22
Zenix hybrid dengan Atkinson cycle 1:14 kalau dibandingkan dengan mesin konvensional mungkin setara dengan 1:8-9.
Bisa jadi memang aman pakai RON90.