Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
sy h-1, depok ke jogja 14 jam pake brenti2 krn bw kluarga, start jm 6 pagi, sampai rmh sleman jogja 19.45. jagorawi-jorr-japek-cipali exit kertajati - kadipaten - majqlengka - cikijing - ciamis - banjar - cilacap -jalur daendels - wates - slemaj
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 932
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Jalur daendels pantai selatan om? Situasi skrg masih sepi dan jalannya masih hancur ga om?iwidiyanto wrote:sy h-1, depok ke jogja 14 jam pake brenti2 krn bw kluarga, start jm 6 pagi, sampai rmh sleman jogja 19.45. jagorawi-jorr-japek-cipali exit kertajati - kadipaten - majqlengka - cikijing - ciamis - banjar - cilacap -jalur daendels - wates - slemaj
Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 622
- Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
- Location: Antar Kota Antar Propinsi
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
masuk cilacap jalur baru pada dicor, jeruklegi s.d. cilacap relatif bagus, adipala s.d. pantai ayah juga. dr pantai karang bolong s.d. petanahan jalanan hancur dan sedang diperbaiki, banyak tumpukan kerikil blm ditutup aspal. habis lebaran sepertinya baru dilanjutkan perbaikan. petanahan ke timur sudah bagus. sempat nguntit bus efisiensi lari hampir 100kmh di situ. dibilang sepi jg ngga kok, g nyampe 1 menit sekali pasti ketemu mobil lain. kalau jalur daendels di wil diy malah sudah 2 lajur per jalur persis sperti pantura
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Pengalaman tol cipali
Cx5
Plusnya power cukup, bobot stir cukup (dikecepatan tinggi makinberat) walaupun ga semantap mobil eropa tp ok lah, cruise control cukup membantu saat pengen santai tp berharap yg bs ada sensor menyesuaikan kecepatan mobil depan
Minusnya kena angin dr samping lgs keseret, tyre noise di jalanan beton berisik sekali pdhl ban udah pake michelin primacy lc, empuk tp kok berisik yah
Grandis
Plusnya tenaga masi lumayan buat overtake. Stirnya communicatif sayang ban yg dipakai kurang mendukung.
Minusnya pake ban primacy 3st walaupun empuk dan tyre noise lebih minim drpd yg saya rasakan naik cx5 tp feel ke jalannya kurang sekali kadang sampe berasa lg berselancar di papan surf, transmisi udah terlalu tua (kalo bs cruising di rpm rendah kecepatan 100-120 kan bs hemat bbm)
Kalo jalanan pulau jawa dah pada halus dan tol makin diperbanyak, plus kondisi jalanan dalam kota lebih baik dan bencana banjir jarang terjadi, maka sebaiknya cari mobil sedan atau hatchback saja, terpaan angin samping ga terlalu nahan, lebih mantap, kalo ada apa2 lebih sigap utk manuver.
Sekarang serba tanggung, di kondisi dalkot masi lebih cocok suv, pemilihan ban jg mesti yg empuk karena jalanan rusak masi cukup banyak. Jd mau pilih enak di dalkot atau enak di tol?
Cx5
Plusnya power cukup, bobot stir cukup (dikecepatan tinggi makinberat) walaupun ga semantap mobil eropa tp ok lah, cruise control cukup membantu saat pengen santai tp berharap yg bs ada sensor menyesuaikan kecepatan mobil depan
Minusnya kena angin dr samping lgs keseret, tyre noise di jalanan beton berisik sekali pdhl ban udah pake michelin primacy lc, empuk tp kok berisik yah
Grandis
Plusnya tenaga masi lumayan buat overtake. Stirnya communicatif sayang ban yg dipakai kurang mendukung.
Minusnya pake ban primacy 3st walaupun empuk dan tyre noise lebih minim drpd yg saya rasakan naik cx5 tp feel ke jalannya kurang sekali kadang sampe berasa lg berselancar di papan surf, transmisi udah terlalu tua (kalo bs cruising di rpm rendah kecepatan 100-120 kan bs hemat bbm)
Kalo jalanan pulau jawa dah pada halus dan tol makin diperbanyak, plus kondisi jalanan dalam kota lebih baik dan bencana banjir jarang terjadi, maka sebaiknya cari mobil sedan atau hatchback saja, terpaan angin samping ga terlalu nahan, lebih mantap, kalo ada apa2 lebih sigap utk manuver.
Sekarang serba tanggung, di kondisi dalkot masi lebih cocok suv, pemilihan ban jg mesti yg empuk karena jalanan rusak masi cukup banyak. Jd mau pilih enak di dalkot atau enak di tol?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 794
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Geber semampunya saja.. dulu di cipali mesti saya berhenti di kilometer 120.. ngantuk jalannya lurus2 aja sampe pegel kaki. Jadi pgn modif cruise control, kebetulan di captiva FL tinggal beli kontrolnya saj. Modul dan harnessnya sudah ada.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 339
- Joined: Fri Jul 01, 2016 10:16
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
siap donk.. dengan catatan digeber masih dalam taraf wajar, speed dan performa mesin sesuai..
tp ane siap2 ambil lajur tengah aja, karena mobil ane enak digeber di 80-110 km/h aja hehehheh..

tp ane siap2 ambil lajur tengah aja, karena mobil ane enak digeber di 80-110 km/h aja hehehheh..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kalo sdh saling tersambung di jawa ya dimanapun akan macet krn byk yg rollover atau collision
arterial access akan macet dimanapun spt skrg
arterial access akan macet dimanapun spt skrg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Cipali cuman 2 lajur om..idlamahilang wrote:siap donk.. dengan catatan digeber masih dalam taraf wajar, speed dan performa mesin sesuai..
tp ane siap2 ambil lajur tengah aja, karena mobil ane enak digeber di 80-110 km/h aja hehehheh..
Lajur kiri truk2 lambat, lajur kanan mobil2 dikejar setan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
betul om... kalo lg gaada truk ya kesempatan buat nyalipin mobil depan yang di lajur kananMamang555 wrote:Cipali cuman 2 lajur om..idlamahilang wrote:siap donk.. dengan catatan digeber masih dalam taraf wajar, speed dan performa mesin sesuai..
tp ane siap2 ambil lajur tengah aja, karena mobil ane enak digeber di 80-110 km/h aja hehehheh..
Lajur kiri truk2 lambat, lajur kanan mobil2 dikejar setan

2015 Honda HR-V E CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Tol 2 lajur itu ya pilihannya cm 2;stevenanthony wrote:betul om... kalo lg gaada truk ya kesempatan buat nyalipin mobil depan yang di lajur kananMamang555 wrote:Cipali cuman 2 lajur om..idlamahilang wrote:siap donk.. dengan catatan digeber masih dalam taraf wajar, speed dan performa mesin sesuai..
tp ane siap2 ambil lajur tengah aja, karena mobil ane enak digeber di 80-110 km/h aja hehehheh..
Lajur kiri truk2 lambat, lajur kanan mobil2 dikejar setan
<50 KMpJ masuk lajur kiri
>150 KMpJ masuk lajur kanan
Yg bingung ya mobil2 yg top speednya 120an KMpJ, masuk kiri mentok bokong truk, masuk kanan diklaksonin...

1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 548
- Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
jadi either pake truk atau pakai sportscar (atau ipah d4d)...coklatMetalik wrote:Tol 2 lajur itu ya pilihannya cm 2;stevenanthony wrote:betul om... kalo lg gaada truk ya kesempatan buat nyalipin mobil depan yang di lajur kananMamang555 wrote:
Cipali cuman 2 lajur om..
Lajur kiri truk2 lambat, lajur kanan mobil2 dikejar setan
<50 KMpJ masuk lajur kiri
>150 KMpJ masuk lajur kanan
Yg bingung ya mobil2 yg top speednya 120an KMpJ, masuk kiri mentok bokong truk, masuk kanan diklaksonin...



2015 Honda HR-V E CVT
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalau mau ngebut di cipali harus mau nyalip dari kiri. Karena kendaraan sudah sah di lajur kanan kecepatan 60-100kpj.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Malahan kendaraan kita suka nya jalanan panjang...
Perhatikan spek oli dan segi safety lain...
Yang penting jalanan nya kaga lobang sana sini deh.. Ampun..
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Perhatikan spek oli dan segi safety lain...
Yang penting jalanan nya kaga lobang sana sini deh.. Ampun..
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Mau curhat dikit soal cruise control...
Di Jakarta dan sekitarnya.... It's a useless gimmick, well emang bisa kepake, tapi berapa banyak sih orang di tol yang punya cruise control dimobil ... Apalagi yang make
Masalah nya di tol orang banyak yang nyetir gak stabil... Ngebut dikit trus ngerem ngerem, gitu terus sepanjang jalan.. Ato gk tolnya macet... Jadi cruise control hampir gk pernah kepake...
Pernah coba di cipali pas musim puasa kmaren di cipali bulak balik Cirebon, cuma saat itu doang gw ngerasa cruise control berguna... Ini mobil Tyre noise berisik banget...
Di Jakarta dan sekitarnya.... It's a useless gimmick, well emang bisa kepake, tapi berapa banyak sih orang di tol yang punya cruise control dimobil ... Apalagi yang make
Masalah nya di tol orang banyak yang nyetir gak stabil... Ngebut dikit trus ngerem ngerem, gitu terus sepanjang jalan.. Ato gk tolnya macet... Jadi cruise control hampir gk pernah kepake...
Pernah coba di cipali pas musim puasa kmaren di cipali bulak balik Cirebon, cuma saat itu doang gw ngerasa cruise control berguna... Ini mobil Tyre noise berisik banget...
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kemarin baru lewat jalan tol start brebes timur exit di pasir koja bandung. Jarak 280 km-an dengan waktu tempuh 3 jam 45 menit. Mobil all new innova bensin manual. Dari brebes timur sampai cikampek ane geber sampai 140km/jam. Kalo cipularang cuma 100 km/jam. Jalannya ramai.
Di kec 140 tuh putaran mesin sekitar 4000 rpm. Kalo dari mesin ane rasa ga masalah ya. Cuma kompresor ac yg agak ngeri. Bayangin aja on off di 4000 rpm. Takut jebol ane. Kalo cuma sekali2 saya rasa ga masalah. Kalo tiap hari lewat tol sebaiknya jalan 100km/jam aja.
Yang ane bingung di rest area pada dibuka kap mesinnya. Mungkin dianggap panas mesinnya habis digeber dijalan tol.
Di kec 140 tuh putaran mesin sekitar 4000 rpm. Kalo dari mesin ane rasa ga masalah ya. Cuma kompresor ac yg agak ngeri. Bayangin aja on off di 4000 rpm. Takut jebol ane. Kalo cuma sekali2 saya rasa ga masalah. Kalo tiap hari lewat tol sebaiknya jalan 100km/jam aja.
Yang ane bingung di rest area pada dibuka kap mesinnya. Mungkin dianggap panas mesinnya habis digeber dijalan tol.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 729
- Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
- Location: Semarang
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kenapa masalah? Pernah geber BMW 320d sepanjang 2000 km selama 14hari, melintasi beberapa negara, aman2 saja kok.
Yang penting drivernya bener, ga ngantuk maksain nyetir, ga jalan pelan di lajur cepat, atau malah menghalangi lalu lintas.
Kebiasaan disini, terlalu pelan dibilang bagus karena hati2, padahal membuat lalu lintas macet. Di luar negeri, yang dibawah kecepatan yang diharuskan itu juga ditilang. Disini? Truck dan bus dibawah 60 km/h aja ga masalah, yang penting pungli jalan, beres ..... *mental rusak dari petugasnya
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
Yang penting drivernya bener, ga ngantuk maksain nyetir, ga jalan pelan di lajur cepat, atau malah menghalangi lalu lintas.
Kebiasaan disini, terlalu pelan dibilang bagus karena hati2, padahal membuat lalu lintas macet. Di luar negeri, yang dibawah kecepatan yang diharuskan itu juga ditilang. Disini? Truck dan bus dibawah 60 km/h aja ga masalah, yang penting pungli jalan, beres ..... *mental rusak dari petugasnya
Sent from my K016 using Seraya Motor mobile app
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 182
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Rasanya kalau mobil dalam kondisi normal tidak ada masalah digeber terus menerus.
Yang penting perhatikan temperatur mesin dan kondisi oli baik.
Sekali-sekali lirik penunjuk temperatur mesin, karena kita tidak pernah tahu kapan terjadi kegagalan.
Yang penting perhatikan temperatur mesin dan kondisi oli baik.
Sekali-sekali lirik penunjuk temperatur mesin, karena kita tidak pernah tahu kapan terjadi kegagalan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Penah waktu di arab,bisnya jalan pelan(100km/h),dikejar tuh sama poltasnya sana trus ditilang,dan tilangnya di kumpulin,akhir tahun baru totalan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Thu Dec 29, 2011 15:36
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Asal digeber dengan wajar (highway speed bukan raceway speed), harusnya fine-fine aja.
Pastinya jauh lebih baik utk mobil daripada kondisi macet stop-n-go.
Pengalaman nyetir 1300 mile selama 2 minggu, in the middle of summer 105 deg.F (41 derajat C) dan geber highway 70-80 mph selama 2-6 jam per trip, tidak bermasalah sama sekali.
Justru pengemudinya yg harus siap fisik. Rute lurus2x membuat bosan/ngantuk. Usahakan berhenti tiap 2 jam sekali.
Pastinya jauh lebih baik utk mobil daripada kondisi macet stop-n-go.
Pengalaman nyetir 1300 mile selama 2 minggu, in the middle of summer 105 deg.F (41 derajat C) dan geber highway 70-80 mph selama 2-6 jam per trip, tidak bermasalah sama sekali.
Justru pengemudinya yg harus siap fisik. Rute lurus2x membuat bosan/ngantuk. Usahakan berhenti tiap 2 jam sekali.
Tanggal genap - Mini Cooper S Clubman R55
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
Tanggal ganjil - Lexus RX 270
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
setuju banget nih. kayaknya malah lebih baik dari stop n go terus2anripratama wrote:Asal digeber dengan wajar (highway speed bukan raceway speed), harusnya fine-fine aja.
Pastinya jauh lebih baik utk mobil daripada kondisi macet stop-n-go.
asal pas cruising biasa main RPM rendah aja pasti aman, bbm juga pasti irit

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
jumat kemarin, dadakan harus ke jepara,, start awal pas pulang kantor, pukul 22.30 (daerah bintaro).
naik kia picanto. mobil cilik yg ternyata kecil2 cabe rawit.
jalan dari toll pondok ranji jam 23.00 --> makan dulu di rest area yg gede (lupa rest area km berapa itu) jam 01.00 --> di toll palimanan cipali cruising 110-130kmh (surprisingly stabil loh. ga kerasa bawa mobil kecil) --> keluar tegal lanjut kearah alasroban jam 03.30 --> sampai semarang jam 07.30 --> sampai jepara jam 10.00 pagi trus lanjut ke workshop cek kerjaan tukang.
sorenya jam 17.00 start pulang --> sampe semarang makan malam jam 19.30 --> sampai di tegal jam 24.00, lanjut masuk toll --> masuk gerbang toll pd.aren bintaro jam 03.30 pagi. --> sampe rumah di bsd jam 04.00 minggu pagi..
conclusion, sepanjang jalan pakai kia picanto mungil punya teman menyusuri toll cipali, rute kelok2 alasroban, masuk toll semarang dkk..
no problem at all.. mobilnya fun to drive juga ternyata. bisa sruntulan eventho matic (matic konvensional waaayy better than cvt)
ga hitung FC selama trip.. soalnya memang rada kesusu nyetir'e.. ga ada niat eco patrio a.k.a eco driving..

naik kia picanto. mobil cilik yg ternyata kecil2 cabe rawit.
jalan dari toll pondok ranji jam 23.00 --> makan dulu di rest area yg gede (lupa rest area km berapa itu) jam 01.00 --> di toll palimanan cipali cruising 110-130kmh (surprisingly stabil loh. ga kerasa bawa mobil kecil) --> keluar tegal lanjut kearah alasroban jam 03.30 --> sampai semarang jam 07.30 --> sampai jepara jam 10.00 pagi trus lanjut ke workshop cek kerjaan tukang.
sorenya jam 17.00 start pulang --> sampe semarang makan malam jam 19.30 --> sampai di tegal jam 24.00, lanjut masuk toll --> masuk gerbang toll pd.aren bintaro jam 03.30 pagi. --> sampe rumah di bsd jam 04.00 minggu pagi..
conclusion, sepanjang jalan pakai kia picanto mungil punya teman menyusuri toll cipali, rute kelok2 alasroban, masuk toll semarang dkk..
no problem at all.. mobilnya fun to drive juga ternyata. bisa sruntulan eventho matic (matic konvensional waaayy better than cvt)
ga hitung FC selama trip.. soalnya memang rada kesusu nyetir'e.. ga ada niat eco patrio a.k.a eco driving..


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
selama kondisi mesin standard setelan pabrik, aman2 ajah buat digeber dalam waktu lama, dulu pernah nyetir ceria Nilai - Bkt Kayu Hitam (malay - thai border) kurang lebih 500km++ fine2 ajah tuh mobil
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
kemarn long wiken, pake mobil perang ipah d4d manual, di cipali sampe keluar pejagan panteng 100-120 km/jam nah kalau di manual krn rasio giginya amburadul jadi ini udah di 3000-3500 batasnya 4300..udah tinggi dan di tahan sekitar 2-3 jam...begitu keluar pejagan, mobil berasa enteng...jadi sepertinya aman" sj kalau kondisi mobil sehat baik modif atau standar...lari kencang, sirkulasi panas lancar, anginnya seger... 

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Pengalaman terbaru ane JKT-Jogja pake Accord CP2, berhenti 2x selepas exit Brebes dan rest area tol bawen, gak ada perubahan yang dirasa di performa mobil, itupun ane berhenti mainly buat ngademin ban (takut sama pernyataan ban panas + masuk lobang = benjol)
Pulangnya berhenti 2x juga di Semarang dan rest Cipali km 160an. Gak ada penurunan performa yang kerasa
Note: jalan sore-pagi, traffic lancar, di jalan raya gelinding nonstop 70-90, kadang2 sampe 110
Kesimpulan: performa mobil modern sangat siap buat perjalanan jauh asalkan kondisi sudah dipastikan sehat (dalam kasus ane mungkin juga didukung dengan performa std mobil sehingga sepanjang perjalanan gak butuh rpm2 'ngotot')
Pulangnya berhenti 2x juga di Semarang dan rest Cipali km 160an. Gak ada penurunan performa yang kerasa
Note: jalan sore-pagi, traffic lancar, di jalan raya gelinding nonstop 70-90, kadang2 sampe 110
Kesimpulan: performa mobil modern sangat siap buat perjalanan jauh asalkan kondisi sudah dipastikan sehat (dalam kasus ane mungkin juga didukung dengan performa std mobil sehingga sepanjang perjalanan gak butuh rpm2 'ngotot')
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 242
- Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26
Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?
Kalo lewat tol terus nah ini kelebihannya mobil matic. Kecepatan lebih tinggi dibanding manual dg rpm yg sama.