Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
2012 - 1NZFE
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

dinatara wrote: Wed Feb 23, 2022 8:34 Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
Intervalnya diperpendek.
Spy efek deterjen maksimal.
Sambil digeber :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
dinatara
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon May 24, 2021 5:24
Daily Vehicle: 1NZ+4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by dinatara »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 9:14
dinatara wrote: Wed Feb 23, 2022 8:34 Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
Intervalnya diperpendek.
Spy efek deterjen maksimal.
Sambil digeber :big_grin:
Jika diperlama pakainya gpp mbah?
Ini ptt CI-4 hampir 3bulan tp baru jalan 800an km :upss:
Feels suaranya agak kasar dikit dari ptt 5w30 bensin, tp tarikannya berasa lebih enteng
2012 - 1NZFE
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by fernando_lim »

sintoni wrote: Sun Feb 13, 2022 3:54
fernando_lim wrote: Sun Feb 13, 2022 3:06 Temen2 udah ada yg coba PTT dynamic commonrail A5/B5 di mesin bensin flat tappet ?
Buat bersih2 aja?
Utk oli sesat di ertelu om
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Kalo pake D2896 dia ukur semua sumber base number termasuk detergent,antiwear, antioxidant , dan additif lainnya. Kalo D4739 itu cuma ukur "hard base" jadi hasilnya kalo pake metode ini selalu lebih rendah dari D2896.
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by omnyanaira »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Feb 24, 2022 1:09
Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Kalo pake D2896 dia ukur semua sumber base number termasuk detergent,antiwear, antioxidant , dan additif lainnya. Kalo D4739 itu cuma ukur "hard base" jadi hasilnya kalo pake metode ini selalu lebih rendah dari D2896.
I see.
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
Disuruh pakai bbm berkualitas yg 13rb plus plus :big_biglaugh:

Efek pertamax gak naik harga kayanya :big_dunno:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Iya krn metode ukur trakindo beda,
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.

Klo kebanyakan yg di pds umunya pakai astm d2896.
Jadi pasti beda angkanya.

Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an :big_biglaugh:

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
**Klo perlu kaya mbah omnibus, pakai amsoil ss tapi oci di 7rb km :mky_03:

V100 stabil maka dari itu mesin msh alus.

Jd biar lbh terukur dan objektif apakah itu oli long drain atau nggak,
Perlu ukur sample barunya juga:
- Dr TBN perawan sampai OCI 10rb, apakah dia masih bs survive?
(Eg: > 2,5)
- V100 apakah masih dalam rentang visco yg sesuai?
- Wear level (krn ini jg relate ke kondisi mesin)

Bbrp produsen ninggiin tbn, spy bs survive agar br di atas batas kritis juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
omnyanaira
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by omnyanaira »

Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41
omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Iya krn metode ukur trakindo beda,
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.

Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertalite :big_bored: :big_dunno:
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 115
Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sesame »

omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41
omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Iya krn metode ukur trakindo beda,
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.

Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertalite :big_bored: :big_dunno:
Pertamax dan Pertalite, standar Sulfur max. 500 ppm om, kyknya pernah ada yg posting juga kok di sini.. beda RON sama warna, sama additive aja.. :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln

Image

Image
Image

Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896

ntah klo pk metode D2896 jd brp? :big_think:



Btw sample oli perawan nya (VOA),

Image

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa :mky_03:

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0 :ngacir:
:mky_02: :mky_02:
bryanguppiez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
Location: Solo
Daily Vehicle: Vario

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bryanguppiez »

omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41
omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Iya krn metode ukur trakindo beda,
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.

Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertalite :big_bored: :big_dunno:
hahahha, dlu sy sering pke pertamax mix pertabo, semenjak pertabo harganya naik gila2an, udh ga pernah lagi. :big_cry:
Mz175
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mz175 »

Jadi kalau liat dari hasil tesnya, let's say pake pertamax dan dipake sampai 10rb km/1 tahun, apakah olinya mampu?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerang :ungg: :big_weee:

btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2547
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

Mz175 wrote: Thu Feb 24, 2022 2:35 Jadi kalau liat dari hasil tesnya, let's say pake pertamax dan dipake sampai 10rb km/1 tahun, apakah olinya mampu?
Aman sih om kalau kondisi mobil normal ya.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 2:37
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerang :ungg: :big_weee:

btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.
soalnya sy tiap 2x ganti oli, pasti ganti filter :mky_03:
jd mungkin bagian silicon nya ada yg nguap balik ke dalam intake :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 2:37
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerang :ungg: :big_weee:

btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah

jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.

<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm :mky_03:

klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha

mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see

cmiiw.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah

jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.

<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm :mky_03:

klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha

mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see

cmiiw.
siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.

yakin mau pake 5w30? :big_grin:
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4040
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah

jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.

<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm :mky_03:

klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha

mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see

cmiiw.
siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.

yakin mau pake 5w30? :big_grin:
mbah nubi mau bertanya, apa 1nz jadoel bisa pake 0w-20 mbah?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

yanuarra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:51
Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24
siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.

yakin mau pake 5w30? :big_grin:
mbah nubi mau bertanya, apa 1nz jadoel bisa pake 0w-20 mbah?
bisa. dgn catatan skrg pakai oli visco brp dan apakah ada penguapan brp banyak. kl pake yg skrg aja ada penguapan ya sebaiknya ga turun visco. kl skrg ga ada penguapan boleh turun visco, tp tetep hrs monitor penguapan setelahnya. things to note menurut sy pribadi, oli encer tuh hrs yg rada mahal krn protection factornya sgt bergantung sm antiwear additive krn oil filmnya tipis. kl ga beli yg mahal mending stick ke oli yg rada kentel. miniscule fuel saving n suara harsher vs mesin sedikit lbh enteng di rpm low to mid apakah worth, itu tergantung orgnya mbah. imho.
User avatar
josomba
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3044
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by josomba »

yanuarra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:51

mbah nubi mau bertanya, apa 1nz jadoel bisa pake 0w-20 mbah?
Ga ini aja mbah?

Image
Image
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by benzz89 »


Suryaputra wrote: apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha

mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see

cmiiw.
Nah kan spt ane pernah bilang, kl sering2 baik gunung & high rpm pakai 0W-20 apa gak ketipisan mbah?

Saran ane sebelum balek badan ke 5W-30 coba ganti dulu mereknya pake oli punyanya si mbah Omnibus, jalanin lg persis kaya si khiueit, tes lg nanti UOA nya gimana [emoji5]

Kl kt mbah turboman kl sdh pakai 0W-20 itu mau balek kanan ke 5W-30 susah katanya hahahah...

Atau stick di 0W-20 qiueit tp OCI per 7 ribu atau malah di 5 ribu KM? Kl medan pegunungan sih paling aman emang 5W-30.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah

jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.

<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm :mky_03:

klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha

mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see

cmiiw.
siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.

yakin mau pake 5w30? :big_grin:
nextnya mbah,
nanti kita ukur lagi hahahah.
kan semua biar terukur mbah

ini mau abisin w20 yg dah ditelen :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12548
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Suryaputra »

omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06
Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41
omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Iya krn metode ukur trakindo beda,
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.

Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertalite :big_bored: :big_dunno:
ya mungkin ini efek samping krn RON 92 pertamina masih stay di Rp 9k :big_biglaugh:
Ron 92 ke atas, harganya sultan :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri