Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon May 24, 2021 5:24
- Daily Vehicle: 1NZ+4AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
2012 - 1NZFE
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Intervalnya diperpendek.dinatara wrote: Wed Feb 23, 2022 8:34 Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
Spy efek deterjen maksimal.
Sambil digeber

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Mon May 24, 2021 5:24
- Daily Vehicle: 1NZ+4AT
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Jika diperlama pakainya gpp mbah?Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 9:14Intervalnya diperpendek.dinatara wrote: Wed Feb 23, 2022 8:34 Halo mbah sekalian, masih penasaran soal bebersih mesin.
Singkat cerita habis baca2 threat ini ditahun2 lama soal bebersih pake oli diesel 2000 - 3000 km / 3 bulan. Nah 3 bulan ini acuannya darimana ya mbah? Terima kasih sebelumnya
Spy efek deterjen maksimal.
Sambil digeber![]()
Ini ptt CI-4 hampir 3bulan tp baru jalan 800an km

Feels suaranya agak kasar dikit dari ptt 5w30 bensin, tp tarikannya berasa lebih enteng
2012 - 1NZFE
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln



Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln



Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?

Btw sample oli perawan nya (VOA),

Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa

Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Utk oli sesat di ertelu omsintoni wrote: Sun Feb 13, 2022 3:54Buat bersih2 aja?fernando_lim wrote: Sun Feb 13, 2022 3:06 Temen2 udah ada yg coba PTT dynamic commonrail A5/B5 di mesin bensin flat tappet ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2547
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Kalo pake D2896 dia ukur semua sumber base number termasuk detergent,antiwear, antioxidant , dan additif lainnya. Kalo D4739 itu cuma ukur "hard base" jadi hasilnya kalo pake metode ini selalu lebih rendah dari D2896.Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat iniSuryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
I see.sahabatq8 wrote: Thu Feb 24, 2022 1:09Kalo pake D2896 dia ukur semua sumber base number termasuk detergent,antiwear, antioxidant , dan additif lainnya. Kalo D4739 itu cuma ukur "hard base" jadi hasilnya kalo pake metode ini selalu lebih rendah dari D2896.Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
Disuruh pakai bbm berkualitas yg 13rb plus plus

Efek pertamax gak naik harga kayanya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Iya krn metode ukur trakindo beda,omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat iniSuryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.
Klo kebanyakan yg di pds umunya pakai astm d2896.
Jadi pasti beda angkanya.
Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an

Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
**Klo perlu kaya mbah omnibus, pakai amsoil ss tapi oci di 7rb km

V100 stabil maka dari itu mesin msh alus.
Jd biar lbh terukur dan objektif apakah itu oli long drain atau nggak,
Perlu ukur sample barunya juga:
- Dr TBN perawan sampai OCI 10rb, apakah dia masih bs survive?
(Eg: > 2,5)
- V100 apakah masih dalam rentang visco yg sesuai?
- Wear level (krn ini jg relate ke kondisi mesin)
Bbrp produsen ninggiin tbn, spy bs survive agar br di atas batas kritis juga.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 181
- Joined: Tue Jan 23, 2018 0:55
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertaliteSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41Iya krn metode ukur trakindo beda,omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat iniSuryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.
Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an
Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Jun 29, 2020 16:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Vario 125
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Pertamax dan Pertalite, standar Sulfur max. 500 ppm om, kyknya pernah ada yg posting juga kok di sini.. beda RON sama warna, sama additive aja..omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertaliteSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41Iya krn metode ukur trakindo beda,omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.
Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an
Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
![]()
![]()

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11780
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Suryaputra wrote: Wed Feb 23, 2022 17:07 UOA Q8 Dex 1 Gen 2
API SN plus plus
9721 Km atau <6 bln
Metode ukur TBN nya pakai ASTM D4739,
Biasanya klo lihat di pds2 umum nya pakai metode D2896
ntah klo pk metode D2896 jd brp?
Btw sample oli perawan nya (VOA),
Summary:
+ TBN retention mantap juga
+ Wear metal low
+ V100 stabil di rentang 8 koma
- Katanya masuk kategori high sulfur, karena kualitas BBM rendah (padahal dah pakai pertamax)
apa kabar klo minum premium yaaa![]()
Last but not least....
masih kalah sama DGO API SQ, even fill and forget,
wear metal nya tetap 0![]()


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Tue Oct 06, 2020 9:31
- Location: Solo
- Daily Vehicle: Vario
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
hahahha, dlu sy sering pke pertamax mix pertabo, semenjak pertabo harganya naik gila2an, udh ga pernah lagi.omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertaliteSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41Iya krn metode ukur trakindo beda,omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.
Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an
Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
![]()
![]()

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 212
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Jadi kalau liat dari hasil tesnya, let's say pake pertamax dan dipake sampai 10rb km/1 tahun, apakah olinya mampu?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11780
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerangSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.


btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2547
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Aman sih om kalau kondisi mobil normal ya.Mz175 wrote: Thu Feb 24, 2022 2:35 Jadi kalau liat dari hasil tesnya, let's say pake pertamax dan dipake sampai 10rb km/1 tahun, apakah olinya mampu?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
soalnya sy tiap 2x ganti oli, pasti ganti filterOmnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 2:37mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerangSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
![]()
btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.

jd mungkin bagian silicon nya ada yg nguap balik ke dalam intake

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 2:37mungkin krn sering naik gunung kali. kan di puncak gunung suka bau belerangSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:38
Anyway, perasaan lihat uoa orang, di page sblmnya sulfurnya gak setinggi ini.
![]()
btw mbah, itu iron dan silikon angka segitu rendah ya? kayanya yg iron pernah liat uoa orang dibawah 10 deh.
kl silikon seinget sy mbah rajin ganti filter udara kan? jd dr mana ya sumber silikon itu? bisa jd filternya ga nyaring2 amat dong ya.
bisa jadi di bawah 10 mbah
jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.
<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm

klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha
mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see
cmiiw.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11780
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah
jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.
<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm![]()
klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha
mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see
cmiiw.
yakin mau pake 5w30?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4040
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
mbah nubi mau bertanya, apa 1nz jadoel bisa pake 0w-20 mbah?Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah
jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.
<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm![]()
klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha
mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see
cmiiw.
yakin mau pake 5w30?![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11780
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
bisa. dgn catatan skrg pakai oli visco brp dan apakah ada penguapan brp banyak. kl pake yg skrg aja ada penguapan ya sebaiknya ga turun visco. kl skrg ga ada penguapan boleh turun visco, tp tetep hrs monitor penguapan setelahnya. things to note menurut sy pribadi, oli encer tuh hrs yg rada mahal krn protection factornya sgt bergantung sm antiwear additive krn oil filmnya tipis. kl ga beli yg mahal mending stick ke oli yg rada kentel. miniscule fuel saving n suara harsher vs mesin sedikit lbh enteng di rpm low to mid apakah worth, itu tergantung orgnya mbah. imho.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3044
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
Nah kan spt ane pernah bilang, kl sering2 baik gunung & high rpm pakai 0W-20 apa gak ketipisan mbah?Suryaputra wrote: apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha
mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see
cmiiw.
Saran ane sebelum balek badan ke 5W-30 coba ganti dulu mereknya pake oli punyanya si mbah Omnibus, jalanin lg persis kaya si khiueit, tes lg nanti UOA nya gimana [emoji5]
Kl kt mbah turboman kl sdh pakai 0W-20 itu mau balek kanan ke 5W-30 susah katanya hahahah...
Atau stick di 0W-20 qiueit tp OCI per 7 ribu atau malah di 5 ribu KM? Kl medan pegunungan sih paling aman emang 5W-30.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
nextnya mbah,Omnibus wrote: Thu Feb 24, 2022 3:24siap mbah. segitu ya patokan limitnya <50 normal.Suryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 3:04
klo sy OCI di 7rb, atau medan lurus aja.
bisa jadi di bawah 10 mbah
jd akumulatif aja even ganti oli baru pun, pasti ada lah wear level nya.
<50 ppm termasuk normal
yg bahaya >100 ppm![]()
klo lihat bitog, rata2 pakai long drain, emang Fe di angka belasan ppm.
dan mnrt mereka, itu normal dan wajar.
apalagi sy sering hi rpm klo naik gunung hahahaha
mungkin habis ini sy bakal coba 5w30 nya, let see
cmiiw.
yakin mau pake 5w30?![]()
nanti kita ukur lagi hahahah.
kan semua biar terukur mbah
ini mau abisin w20 yg dah ditelen

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12548
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15
ya mungkin ini efek samping krn RON 92 pertamina masih stay di Rp 9komnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 2:06Buseett, pertamax masih kategori BBM sulfur tinggi yaah om?? Apa kabar ane yg pke pertaliteSuryaputra wrote: Thu Feb 24, 2022 1:41Iya krn metode ukur trakindo beda,omnyanaira wrote: Thu Feb 24, 2022 1:26
Utu tbn UOA nya udah hampir di batas kritis yaa om?? Ehh btw tbn awalnya kecil juga yaa cm 6.8?? Ga sampe diatas 8 kebnyakan oli2 full syntetic saat ini
Pakai astm d4739 buat ukur TBN.
Tbn low karena pemakaian bbm sulfur tinggi.
Direkomen pakai bbm berkualitas.
Masalahnya yg berkualitas udh 13 rb an
Intinya untuk penggunaan pertamax, durasi 10rb km udh max.
Jgn lebih.
![]()
![]()

Ron 92 ke atas, harganya sultan

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri