marzoochi wrote:ISC: Idle Speed Control?
aneh juga sih, bisa gas gas sendiri terus mati mesin nya.
bisa dipaksa jalan, masukin gigi D, tapi rem jadi keras, ga bisa diinjek,
kalo mau berhenti rem pake rem tangan...
marzoochi wrote:Boss - boss sekalian, mohon saran
Saya pakai CRV 2.0 matic keluaran desember 2012, kilometer baru jalan 14.000, rutin servis beres Honda Pluit.
malam ini pas pulang dari kantor, lagi digeber di tol, 100 - 120 km/jam, tiba tiba mesin brebet, dan tanda engine check menyala,
kemudian pelan pelan mesin hilang tenaga sampai akhirnya mati.
setelah minggir, mesin dinyalakan lagi bisa, tapi setelah nyala, otomatis gas sendiri 3x (Brum... brum... brum...) kemudian mesin mati.
terus berulang seperti itu, aki normal tidak soak, indikator suhu mesin normal, bensin full.
sekarang sudah diderek ke honda sunter.
ada saran atau masukan, apa nya yang rusak?
thanks
ane agak bingung dengan pernyataan omm,, ktnya ga bisa jalan, sekarang bisa D yg artinya jalan
jika lampuk check engine menyala saat mesin nyala, itu artinya ada mallfungsi dari sensor ,
dalam artian ada sensor yang rusak atau tidak memberikan signal (mungkin karena soket lepas atau kabel putus)
dan jika pada posisi mesin mati tp kunci kontak on, dan lampu check engine berkedip artinya sama dengan diatas
how i know sensor mana yg rusak ?
ada 2 cara
, yg 1 lewat scanner (ky ipad gta) disitu akan kelihatan kondisi mobil , scanner khusus honda ya di beres honda, ada juga sih yang pake scznner universal (tp ane kurang yakin)
cara yang ke2 adalah sistem bandrek (lewat kotak diagnosis) disitu disambungkan 2 posisi (tpjangan asal bandrek krn bisa merusak ecu, serahkan pd yg berpengalaman) dan lihat kedipan pada lampu check engine pada saat posisi onn
biasanya kedipan akan berirana misalnya 2-3 terus 6-6
setiap irama tersebut akan menunjukkan sensor mana yang terkena trouble dan harus punya buku manual repair nya untuk mengetahui sistem kedipan ini dan setiap mesin beda misal antara k24 dan r20(punya situ)
setelah mengetahui misal ada sensor yang rusak yg ente ganti atau benerin tu sensor
yang juga menjadi perhatian adalah mesin ndut2 an
mobil anda udah pake pgm fi,, entah R20 throttle nya bagaimana (jika jaman dulu masih pake kabel dan disambungkan ke tb,, nah jika sekarang banyakan mobil2 bahkan sekelas innova udah pake motor untuk menggerakan katup tb,,
mungkin biasa disebut drive by wire
atau ini
Pedal Gas Elektronik
Sistem pedal gas (Electronics Throtle Control System ETCS-i) membuat generasi ini dilengkapi sensor pedal gas yang dapat mengubah setiap gerak mekanik menjadi sinyal elektrik untuk dikirim ke ECU, dimana ECU akan menghitung setiap pembukaan throttle valve lewat motor penggeraknya yang terletak di throttle body agar lebih optimal untuk setiap kondisi jalan.
Bila terjadi malafungsi pada salah satu sensor, ECU akan memerintahkan throttle body bekerja pada mode limp (minimal) agar mobil tetap bisa dijalankan.
seharusnya mode idle bisa jalan (dalam artian mesin akan tetep hidup) walau hanya idle2 aja untuk membawanya ke bengkel terdekat di saat darurat (misal di tengah2 hutan)
oh ya jika rem keras itu karena mesin anda mati,,jadinya booster rem tidak bekerja??