Hansen wrote:sebenarnya i-MID CR-V semua tipe itu sudah support rearcam om, cuma nggak dipasangin camera aja. Cuma pasangnya ga bisa asal colok langsung nyala sih, agak repot juga pengerjaannyahitutbaw wrote:Wah sakti mod handsome...bisa spt itu ya view rear cam nongol di layar I mid..
eits ada masternya mobil baru rejeki baru..kompresorz wrote:
master... suhu..
2012 Honda CR-V - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Boss - boss sekalian, mohon saran
Saya pakai CRV 2.0 matic keluaran desember 2012, kilometer baru jalan 14.000, rutin servis beres Honda Pluit.
malam ini pas pulang dari kantor, lagi digeber di tol, 100 - 120 km/jam, tiba tiba mesin brebet, dan tanda engine check menyala,
kemudian pelan pelan mesin hilang tenaga sampai akhirnya mati.
setelah minggir, mesin dinyalakan lagi bisa, tapi setelah nyala, otomatis gas sendiri 3x (Brum... brum... brum...) kemudian mesin mati.
terus berulang seperti itu, aki normal tidak soak, indikator suhu mesin normal, bensin full.
sekarang sudah diderek ke honda sunter.
ada saran atau masukan, apa nya yang rusak?
thanks
Saya pakai CRV 2.0 matic keluaran desember 2012, kilometer baru jalan 14.000, rutin servis beres Honda Pluit.
malam ini pas pulang dari kantor, lagi digeber di tol, 100 - 120 km/jam, tiba tiba mesin brebet, dan tanda engine check menyala,
kemudian pelan pelan mesin hilang tenaga sampai akhirnya mati.
setelah minggir, mesin dinyalakan lagi bisa, tapi setelah nyala, otomatis gas sendiri 3x (Brum... brum... brum...) kemudian mesin mati.
terus berulang seperti itu, aki normal tidak soak, indikator suhu mesin normal, bensin full.
sekarang sudah diderek ke honda sunter.
ada saran atau masukan, apa nya yang rusak?
thanks
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
mungkin pompa bensin eror..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3156
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
ISC: Idle Speed Control?
aneh juga sih, bisa gas gas sendiri terus mati mesin nya.
bisa dipaksa jalan, masukin gigi D, tapi rem jadi keras, ga bisa diinjek,
kalo mau berhenti rem pake rem tangan...
aneh juga sih, bisa gas gas sendiri terus mati mesin nya.
bisa dipaksa jalan, masukin gigi D, tapi rem jadi keras, ga bisa diinjek,
kalo mau berhenti rem pake rem tangan...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
wah bahaya tuh om kl rem tidak berfungsi dgn benar, mending jangan dijalanin daripada ntar kerusakannya malah merambat kemana2..
panggil truk gendong aja bawa ke beres drpd dipaksain jalan.
panggil truk gendong aja bawa ke beres drpd dipaksain jalan.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3156
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
marzoochi wrote:ISC: Idle Speed Control?
aneh juga sih, bisa gas gas sendiri terus mati mesin nya.
bisa dipaksa jalan, masukin gigi D, tapi rem jadi keras, ga bisa diinjek,
kalo mau berhenti rem pake rem tangan...
ane agak bingung dengan pernyataan omm,, ktnya ga bisa jalan, sekarang bisa D yg artinya jalanmarzoochi wrote:Boss - boss sekalian, mohon saran
Saya pakai CRV 2.0 matic keluaran desember 2012, kilometer baru jalan 14.000, rutin servis beres Honda Pluit.
malam ini pas pulang dari kantor, lagi digeber di tol, 100 - 120 km/jam, tiba tiba mesin brebet, dan tanda engine check menyala,
kemudian pelan pelan mesin hilang tenaga sampai akhirnya mati.
setelah minggir, mesin dinyalakan lagi bisa, tapi setelah nyala, otomatis gas sendiri 3x (Brum... brum... brum...) kemudian mesin mati.
terus berulang seperti itu, aki normal tidak soak, indikator suhu mesin normal, bensin full.
sekarang sudah diderek ke honda sunter.
ada saran atau masukan, apa nya yang rusak?
thanks
jika lampuk check engine menyala saat mesin nyala, itu artinya ada mallfungsi dari sensor ,
dalam artian ada sensor yang rusak atau tidak memberikan signal (mungkin karena soket lepas atau kabel putus)
dan jika pada posisi mesin mati tp kunci kontak on, dan lampu check engine berkedip artinya sama dengan diatas
how i know sensor mana yg rusak ?
ada 2 cara
, yg 1 lewat scanner (ky ipad gta) disitu akan kelihatan kondisi mobil , scanner khusus honda ya di beres honda, ada juga sih yang pake scznner universal (tp ane kurang yakin)
cara yang ke2 adalah sistem bandrek (lewat kotak diagnosis) disitu disambungkan 2 posisi (tpjangan asal bandrek krn bisa merusak ecu, serahkan pd yg berpengalaman) dan lihat kedipan pada lampu check engine pada saat posisi onn
biasanya kedipan akan berirana misalnya 2-3 terus 6-6
setiap irama tersebut akan menunjukkan sensor mana yang terkena trouble dan harus punya buku manual repair nya untuk mengetahui sistem kedipan ini dan setiap mesin beda misal antara k24 dan r20(punya situ)
setelah mengetahui misal ada sensor yang rusak yg ente ganti atau benerin tu sensor
yang juga menjadi perhatian adalah mesin ndut2 an
mobil anda udah pake pgm fi,, entah R20 throttle nya bagaimana (jika jaman dulu masih pake kabel dan disambungkan ke tb,, nah jika sekarang banyakan mobil2 bahkan sekelas innova udah pake motor untuk menggerakan katup tb,,
mungkin biasa disebut drive by wire
atau ini
Pedal Gas Elektronik
Sistem pedal gas (Electronics Throtle Control System ETCS-i) membuat generasi ini dilengkapi sensor pedal gas yang dapat mengubah setiap gerak mekanik menjadi sinyal elektrik untuk dikirim ke ECU, dimana ECU akan menghitung setiap pembukaan throttle valve lewat motor penggeraknya yang terletak di throttle body agar lebih optimal untuk setiap kondisi jalan.
Bila terjadi malafungsi pada salah satu sensor, ECU akan memerintahkan throttle body bekerja pada mode limp (minimal) agar mobil tetap bisa dijalankan.
seharusnya mode idle bisa jalan (dalam artian mesin akan tetep hidup) walau hanya idle2 aja untuk membawanya ke bengkel terdekat di saat darurat (misal di tengah2 hutan)
oh ya jika rem keras itu karena mesin anda mati,,jadinya booster rem tidak bekerja??
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
marzoochi wrote:Boss - boss sekalian, mohon saran
Saya pakai CRV 2.0 matic keluaran desember 2012, kilometer baru jalan 14.000, rutin servis beres Honda Pluit.
malam ini pas pulang dari kantor, lagi digeber di tol, 100 - 120 km/jam, tiba tiba mesin brebet, dan tanda engine check menyala,
kemudian pelan pelan mesin hilang tenaga sampai akhirnya mati.
setelah minggir, mesin dinyalakan lagi bisa, tapi setelah nyala, otomatis gas sendiri 3x (Brum... brum... brum...) kemudian mesin mati.
terus berulang seperti itu, aki normal tidak soak, indikator suhu mesin normal, bensin full.
sekarang sudah diderek ke honda sunter.
ada saran atau masukan, apa nya yang rusak?
thanks
Maaf, analisa ala kadarnya saja berdasarkan baca postingmarzoochi wrote:ISC: Idle Speed Control?
aneh juga sih, bisa gas gas sendiri terus mati mesin nya.
bisa dipaksa jalan, masukin gigi D, tapi rem jadi keras, ga bisa diinjek,
kalo mau berhenti rem pake rem tangan...
Kalau diikuti gelaja rem keras, ada keumngkinan booster rem bermasalah
Booster rem ini kinerjanya dipengaruhi ke-vakuum-an mesin. Coba minta mekanik cek sistem/saluran vakuum di mesin.
Kalau sistem vakuum bermasalah, biasanya katup vakuum di manifold akan terus tarik udara lewat booster tadi, akhirnya AFR kacau, mesin ngempos, batuk2 dan akhirnya bisa mati.
Beberapa ciri booster rem bermasalah:
- Injakan rem jadi keras/magel
- Idle RPM jelek (brebet), ngempos
- Saat mesin hidup dan rem tidak diinjak, ada suara desis angin (suara angin terisap)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Thank you info nya
kalo detailnya, saat mesin dihidupkan di transmisi P, langsung gas naik sendiri, brum ke RPM 3000 kemudian turun lagi, sampai 3 kali. kemudian mesin mati.
nah kalo mesin dihidupkan kemudian dipaksa masuk ke transmisi D, langsung jalan sendiri, meskipun gas tidak diinjak, pas mau injek rem, dia magel / keras.
jadi kalo mau berhenti harus pake rem tangan.
mobil bisa jalan 200 meter, kemudian nanti gas naek sendiri brum brum brum dan mesin mati lagi...
sepanjang proses diatas, indikator mesin warna oranye nyala terus.
Update info:
mobil dah di bengkel resmi honda tapi masih nunggu antrian...
kalo detailnya, saat mesin dihidupkan di transmisi P, langsung gas naik sendiri, brum ke RPM 3000 kemudian turun lagi, sampai 3 kali. kemudian mesin mati.
nah kalo mesin dihidupkan kemudian dipaksa masuk ke transmisi D, langsung jalan sendiri, meskipun gas tidak diinjak, pas mau injek rem, dia magel / keras.
jadi kalo mau berhenti harus pake rem tangan.
mobil bisa jalan 200 meter, kemudian nanti gas naek sendiri brum brum brum dan mesin mati lagi...
sepanjang proses diatas, indikator mesin warna oranye nyala terus.
Update info:
mobil dah di bengkel resmi honda tapi masih nunggu antrian...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
wah serem juga. pas awal awal banget mobil ane ngalamin rem magel kalo udah didiemin semaleman. lama lama didiemin beberapa malem juga uda nga magel. nga tau penyebabnya apa.
yang baru ane alamin sekarang, kalo pas mau nyalain mesin, di indikator gigi, biasanya cuma P doank yang nyala, sekarang lampu P dan D nyala. walau trus lampu D nya mati. cuma biasanya nga kaya gitu.
penyakit laen lagi, pas tadi pegi ke taman anggrek imid masih nyala. eh pas mau pulang, baru nyadar kok imid gua tiba tiba mati. pantesan remote steering nga mau fungsi.
hehehe...ada yang tau penyebabnya? soket lepas? sekring putus?
yang baru ane alamin sekarang, kalo pas mau nyalain mesin, di indikator gigi, biasanya cuma P doank yang nyala, sekarang lampu P dan D nyala. walau trus lampu D nya mati. cuma biasanya nga kaya gitu.
penyakit laen lagi, pas tadi pegi ke taman anggrek imid masih nyala. eh pas mau pulang, baru nyadar kok imid gua tiba tiba mati. pantesan remote steering nga mau fungsi.
hehehe...ada yang tau penyebabnya? soket lepas? sekring putus?
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Tadi ad kejadian aneh di CRV bokap...
Pas parkir di tanjakan curam (transmisi P, foot brake ON) begitu tranny dipindah ke R trus footbrake dimatikan, tuh mbl jadi nyentak2..
Tp yg anehnya, begitu cmn parkir pake tranny P dan footbrake ga dihidupkan, pas dipindah ke R tdk menyentak2...
Ada apa ya?
Pas parkir di tanjakan curam (transmisi P, foot brake ON) begitu tranny dipindah ke R trus footbrake dimatikan, tuh mbl jadi nyentak2..
Tp yg anehnya, begitu cmn parkir pake tranny P dan footbrake ga dihidupkan, pas dipindah ke R tdk menyentak2...
Ada apa ya?
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Waduh... Ngeri nih crv.
@marzoochi... Gmn update crv nya om?
@hbobo... Waduh i mid nya tiba2 koit om, dibawa ke beres?
@ricz... Kl punya sy kl mundur lalu direm suka bunyi klekk..Btw kl parkir di P bagusnya wkt msh di N aktifkan foot brake nya baru masuk ke P, jgn ke P dulu baru aktifkan foot brake...cmiiw ya.
@marzoochi... Gmn update crv nya om?
@hbobo... Waduh i mid nya tiba2 koit om, dibawa ke beres?
@ricz... Kl punya sy kl mundur lalu direm suka bunyi klekk..Btw kl parkir di P bagusnya wkt msh di N aktifkan foot brake nya baru masuk ke P, jgn ke P dulu baru aktifkan foot brake...cmiiw ya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Hmmm...
Kok banyak problem jg crv neh...??
Kok banyak problem jg crv neh...??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
gua punya kalo mundur juga suka kaya gitu. tapi dari jaman crv lama juga suka kaya gitu tuh. dulu jazz juga suka kaya gitu. kalo soal imid, karena gua udah ganti hu, dan pake adapter audio steering wheel, jadi ada kemungkinan sambungan kabel lepas jadi semua mid dan audio steering wheel nga berfungsi. cuma perkiraan aja sih. mau bawa ke instalatur audio nya dulu buat di cek sambungan kabelnya. dari kemaren kemaren emang kadang suka kedip kedip kaya mati sendiri sih tuh imid. eh sekarang baru beneran mati. hahaha...udah tanya ke beres 24jam, ditanya mid di dashboard masih berfungsi gak? gua jawab masih berfungsi, dia bilang artinya nga ada masalah di ecu atau apalah namanya yang disebutin beresnya tadi. gua tanya ke instalaturnya, dibilang emang ada sambungan dari adapter audio steering wheel ke imid. jadi yah mungkin aja sambungannya lepas. semoga aja cuma itu doank deh. finger cross.
padahal ini mobil ampir nga perna gua pake, cuma ditaro di garasi aja tiap hari. hahaha...kalo dibilang banyak masalah yah relatif lah. kalo yang menurut gua cukup menggangu malah sama kualitas cat nya. cat nya tipis bener, kesenggol motor dikit aja spionnya langsung cat ngelupas. padahal mobil udah pake diamond gloss.
padahal ini mobil ampir nga perna gua pake, cuma ditaro di garasi aja tiap hari. hahaha...kalo dibilang banyak masalah yah relatif lah. kalo yang menurut gua cukup menggangu malah sama kualitas cat nya. cat nya tipis bener, kesenggol motor dikit aja spionnya langsung cat ngelupas. padahal mobil udah pake diamond gloss.
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Mobil baru jg punya masalah ya...
Kirain bisa problem-free gitu...
Kirain bisa problem-free gitu...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
bukan masalah mobil barunya om. istilahnya gen4 crv ini kan hanya pengembangan minor dari gen3 dengan mesin yg bener2 sama pula cuma beda di tweaking engine makanya output hp jadi lebih gede. tapi kok dengan banyaknya yg mengeluh problem itu, ane merasa ada penurunan kualitas yg lumayan di gen4 ini (termasuk penurunan kualitas dashboard dengan harga yg malah naik dari gen3).amfibi wrote:Mobil baru jg punya masalah ya...
Kirain bisa problem-free gitu...
** pendapat nubie yg sotoy bekas pengguna crv gen3 dan yg batal upgrade ke gen4 gara2 melihat kualitas dashboardnya tidak adanya improvement di sisi engine..(pendapat subjectif ane yg sotoy aja)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Udah kelar dari beres nya honda sunter. Diagnosa nya sensor throttle error. Udah disetting ulang.
Udah beres semua. Oh ya saya juga dah ganti hid dan klakson keong. Tidak masalah dgn garansi nya
Udah beres semua. Oh ya saya juga dah ganti hid dan klakson keong. Tidak masalah dgn garansi nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
bagus deh bro marzoochi kalo semua udah beres.
gua punya mid juga uda beres tuh, cuma di bongkar bagian mid nya di cek sana sini nga ketemu masalahnya dimana. trus dilepas kabel soketnya dan dipasang lagi. eh langsung bener.
lagian teknisinya juga bandel sih, udah dibilang itu kayanya cuma soket kendor, suru cabut dan pasang lagi tapi nga mau. cari kesana kesini, periksa sekring segala macem, ngabisin berjam jam.
terlalu pinter kali yah, kadang cuma hal sepele doank masalahnya.
gua punya mid juga uda beres tuh, cuma di bongkar bagian mid nya di cek sana sini nga ketemu masalahnya dimana. trus dilepas kabel soketnya dan dipasang lagi. eh langsung bener.
lagian teknisinya juga bandel sih, udah dibilang itu kayanya cuma soket kendor, suru cabut dan pasang lagi tapi nga mau. cari kesana kesini, periksa sekring segala macem, ngabisin berjam jam.
terlalu pinter kali yah, kadang cuma hal sepele doank masalahnya.
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Mar 29, 2007 7:18
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
mau tanya2 pasang klakson daerah jakbar atau jakpus dmna ya? bongkar bemper atau grill? klaksonnya sih uda beli merk piaa. tgl pasang aja
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Gw kemaren pasang klakson sih cmn bongkar gril, cmn bongkarnya susah krn harus buka klip dibawah gril...
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 576
- Joined: Tue Apr 20, 2010 0:15
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota MarkX
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Ada ide atau usul untuk bikin lampu LED nya lebih terang dan putih?
listrik ambil dari mesin, saat kunci kontak diputar, langsung hidup.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
Wooo keren om. Grill modulo ya, gak sekalian bempernya juga om marzoochi?
Led drl nya jg mantapp
Led drl nya jg mantapp
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
keren bener om..marzoochi wrote:
Ada ide atau usul untuk bikin lampu LED nya lebih terang dan putih?
listrik ambil dari mesin, saat kunci kontak diputar, langsung hidup.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: 2012 Honda CR-V - PART 03
marzoochi wrote:
Ada ide atau usul untuk bikin lampu LED nya lebih terang dan putih?
listrik ambil dari mesin, saat kunci kontak diputar, langsung hidup.
Ganteng bener om