
Kijang Innova D-4D - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Kijang Innova D-4D
angkat lagi 

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
cari yg harga berapa per Liternya ?BYonics wrote: Om,
Kalo ane udah mau menyentuh 5000 nih.
Mohon rekomendasi oli mesin dan oli gardan.
Langsung kasih merk dan type-nya aja deh, Om.. hehehe
Dan di mana beli olie yang rekomen.
Bisa di Atrium Senin, atau di mana yaa?
atau ada contact person tempat jual olinya sekalian...
*maaf banyak maunya* :-)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45
Re: Kijang Innova D-4D
Fyi.. sebulan lalu saya service rutin di A2K Puri, ganti oli mesin, transmisi dan oli gardan juga, tp ternyata untuk oli gardan, mereka cuma punya-nya dan ada-nya Shell Spirax S3 G80 80W GL-4, kata SA-nya sudah biasa dipakai di innova untuk transmisi manual dan gardan.Turboman wrote: 2. a. Oli bawaan pabrik kualitas pas2-an jadi sebaiknya sesegera mungkin diganti, kecuali ATF Ipah Matic.
Oli mesin selama break in : mineral based Diesel aja cukup.
Oli gardan = yg paling penting hrs API GL-5
Oli trans manual = 75W90 GL-4 (GL-5 allowed)
Kemudian saya tunjukin manual book innova dan sudah jelas tertera disana untuk oli gardan harus GL-5, baru SA diam, tp lucunya pas ngobrol sama Kabeng A2K Puri, dia tetap bilang, ngak masalah GL-4 dipakai untuk Gardan, secara spec masih masuk dan sdh sering dipakai jg... hm.. padahal di buku manual Toyota sendiri sudah jelas GL-5.
Kalau saya sich, tetap saya cari oli GL-5 buat gardan, pokoknya sesuai buku manual saja, saya sich
mikir gobloknya saja, kalau toyota di buku manual sudah kasih spec oli gardan GL-5, there should be a good reason to put it there..
Ini cuma info saja ya, siapa tahu ada yang service di A2K Puri dan pernah ganti oli gardan disana, terus dikasih Shell Spirax S3 G80 80W GL-4, saran saja.. mending diganti deh..
Last edited by LV on Thu Dec 06, 2012 6:10, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
Sekedar sharing, Hbs pinang d4d v at 05,km trakhir 220an k. maklum mantan operasional rmh tangga. yg member sby, fc matik nya brp y dalkot? galau DP enaknya d ganti kans** or not mengingat gen awal tdk ada cataliknya. Brg kondisi std+rawatan beres. Tuning d lakukan baru aja pasang volt stabiliser piv** yg colok d ligher krn skalian ada display voltnya.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45
Re: Kijang Innova D-4D
Mau pakai Solar biasa khan?Xous wrote:Sekedar sharing, Hbs pinang d4d v at 05,km trakhir 220an k. maklum mantan operasional rmh tangga. yg member sby, fc matik nya brp y dalkot? galau DP enaknya d ganti kans** or not mengingat gen awal tdk ada cataliknya. Brg kondisi std+rawatan beres. Tuning d lakukan baru aja pasang volt stabiliser piv** yg colok d ligher krn skalian ada display voltnya.

- pasti ya ngak ada tabung CC-nya? kalau ada sebaiknya DP diganti, kalau ke jakarta, bisa pasang di Budi Knalpot (+/-800rb) sdh bagus dan mantap, dan lebih murah jauh dibanding kansai
- Tutup EGR 350rb
Sorry, just an opinion ya..
Sebelum beli performance part yang tidak terlalu berguna (i.e. volt stabiliser), mending duit-nya ditabung, dipasang performance chip aja
- kalau PnP (performance naik +/-20%) : RaceChipPro 3.2jt atau PowerPlug 3.5jt
- Kalau yg potong kabel (performance naik 30% - 50%):
- ECU=Shop Cube (3.5jt) / Junior Mark III (6jt)
- HKS F-Con d 5jt
- Powerlab FPC2 (3.75jt kemarin lg promo)
Kenapa bisa kasih advice seperti itu.., soalnya gue dah ganti DP, tutup EGR, K&N air filter, grounding, pas di dyno.. ye.. HP-nya std banget cuma 95 doank.. (memang mesin belum sampai 5000, oli pakai mineral, oli gardan masih bawaan pabrik), terus cuma ditambah Junior Mark III, HP langsung naik 150hp.
Gue tadinya pas ganti DP, berasa tarikan sudah beda.. lebih enak.. tp pas pasang piggy-back..
hm.. ganti DP kemarin sich jadi ngak ada apa2nya... kalau ini bener2 beda.. gas-nya jg lebih enak, di toel aja cukup, mau buat ditarik jg mantap bgt, ngisi terus..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@lv, yup ane uda cek bro, sy domisili sby, dan cm kansai refrensi d sini yg yahud n terbukti, budi kirim sby mau g y haha biar dpt lbh ramah d kantong. Sy budget oriented dan ud maklum klo pivot or xcs or aftermarket filter like jfc/knn, dkk emang hanya sedikit scr dynotest tp responsif engine n gearbox + sensasi tuning bertahap nya membuat sy menyukainya, ibarat anak sd naek klas, just step by step n feel it. Haha
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
IMO:LV wrote: Kenapa bisa kasih advice seperti itu.., soalnya gue dah ganti DP, tutup EGR, K&N air filter, grounding, pas di dyno.. ye.. HP-nya std banget cuma 95 doank.. (memang mesin belum sampai 5000, oli pakai mineral, oli gardan masih bawaan pabrik), terus cuma ditambah Junior Mark III, HP langsung naik 150hp.
Gue tadinya pas ganti DP, berasa tarikan sudah beda.. lebih enak.. tp pas pasang piggy-back..
hm.. ganti DP kemarin sich jadi ngak ada apa2nya... kalau ini bener2 beda.. gas-nya jg lebih enak, di toel aja cukup, mau buat ditarik jg mantap bgt, ngisi terus..
Perbaikan pada aspek mekanikal (intake - exhaust) serta dari sisi kelistrikan (Grounding) adalah hal yg synergystic thd instalasi Piggyback, nanti bisa dilihat kurva grafik-nya antara mesin yg Full std + Piggy vs perbaikan mekanikal / ground + Piggy
Grounding di sini adalah Ground cable pada daerah mesin dan ECU, wujudnya berupa kabel2 murni, bukan modul ground model kotek dgn lampu dgn merek tertentu yg dijual mahal......kalo itu sih memang nggak ada guna-nya.
Fun to drive factor yg enak = grafik Torsi tinggi bisa membentang selebar mungkin
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@bro turboman, Klo tips" d page awal spt ganjal ring deket turbo, apakah punya efek samping d engine tuwir spt milik sy, Begitu jg dgn aplikasi DP kans** mengingat ud berumur neh engine.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
kalo ganjal cuman 2 ring tipis sih ga masalahXous wrote:@bro turboman, Klo tips" d page awal spt ganjal ring deket turbo, apakah punya efek samping d engine tuwir spt milik sy, Begitu jg dgn aplikasi DP kans** mengingat ud berumur neh engine.
DP yg free flow malah membuat panas terbuang lebih cepat
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Kijang Innova D-4D
@bro TM, ntar deh ane coba aplikasikan, was" jg ma brg berumur gini, serba salah mau utak atik, but at least sy merasakan skg dunia disel enjin hehe. Tuh DP jg kyke bakalan nyusul krn sy merasa bost turbo nya krg d rpm bwh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
halo semuanya, newbie mau tanya nih.. 
baru inden innova D-4D, dengan segala pertimbangan karena bosen dan juga mengikuti beberapa tren di luar yg mana orang-orang nya lebih suka membeli mesin diesel ketimbang bensin karena efisiensi
karena di SM juga sejak lama, sering juga lihat thread tentang mesin diesel, mau nanya nih sama senior2 disini..
beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
sama kalau pakai redline 85+ ada pengaruh apa ke mesin? kmrn nyoba cari2 MMO&militec gak nemu di ACE..
additive apa sih yg bagus buat mesin diesel? selama ini banyak sekali di temukan di pasaran, misal Prestone, Redline 85+ dll
sori banyak nanya hehe, terimakasih sebelumnya

baru inden innova D-4D, dengan segala pertimbangan karena bosen dan juga mengikuti beberapa tren di luar yg mana orang-orang nya lebih suka membeli mesin diesel ketimbang bensin karena efisiensi

karena di SM juga sejak lama, sering juga lihat thread tentang mesin diesel, mau nanya nih sama senior2 disini..
beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
sama kalau pakai redline 85+ ada pengaruh apa ke mesin? kmrn nyoba cari2 MMO&militec gak nemu di ACE..
additive apa sih yg bagus buat mesin diesel? selama ini banyak sekali di temukan di pasaran, misal Prestone, Redline 85+ dll
sori banyak nanya hehe, terimakasih sebelumnya

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Kijang Innova D-4D
pesen custom aja Nyoman.NYoman wrote: beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
tinggal pilih2 aja silakan mau pesen ke siapa....misalnya diantara ini:
- klo gak salah di busines corner ada trit yg jual GC rancangan dan bikinan sndiri.
- you know how to kontak the PM works kan... suruh bikinin, bilang: "give me the best !!". maka itu bakalan jelas-jelas dijamin maknyosss. ...plus bisa minta bonus diwarisi sebidang tanah di Bali. opo gak uenak tah.
biaya kirim hari gini tu gak mahal. praktis, gak usah buang energi ngubek2 muter kota sndiri. toh dlm hal ini tingkat keraguannya thdp barangnya adlh nol persen. okeh broh?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
hehe, sip om andy =D sudah melapor ke yang bersangkutan..andy1800 wrote:pesen custom aja Nyoman.NYoman wrote: beli Ground Cable yg bagus dimana ya? (posisi sby) dan pasang yg bagus dimana? tertarik pasang GC nih, katanya bikin respon gas makin mantap di D-4D..
tinggal pilih2 aja silakan mau pesen ke siapa....misalnya diantara ini:
- klo gak salah di busines corner ada trit yg jual GC rancangan dan bikinan sndiri.
- you know how to kontak the PM works kan... suruh bikinin, bilang: "give me the best !!". maka itu bakalan jelas-jelas dijamin maknyosss. ...plus bisa minta bonus diwarisi sebidang tanah di Bali. opo gak uenak tah.
biaya kirim hari gini tu gak mahal. praktis, gak usah buang energi ngubek2 muter kota sndiri. toh dlm hal ini tingkat keraguannya thdp barangnya adlh nol persen. okeh broh?
btw buat om turboman, tanya nih..ganjel baut wastegate itu tujuan nya apa ya, melihat cuma ganjal dengan ring baut yang tipis juga menurut saya..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kijang Innova D-4D
Naekkin boost (sedikit), jadi sistemnya memperlambat bukaan wastegate.NYoman wrote: btw buat om turboman, tanya nih..ganjel baut wastegate itu tujuan nya apa ya, melihat cuma ganjal dengan ring baut yang tipis juga menurut saya..
Kecepatan naiknya boost juga sedikit lebih cepat
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Dec 14, 2012 4:15
Re: Kijang Innova D-4D
salam kenal nih,, ane nubitol dari lampung... pake d-4d dari taon 2009 akhir,, km dah 105.000.. belon pernah diutak-atik.. masih full ori.. belon pernah kena racun... sekarang rencana mau nge-racun,, tapi masih bingung antara interior ato power nih ??... kasih masukan dung para mastah dan suhu SM ...
ada racun yang selalu bikin tambah pusing milihnya nih:
1. klo untuk piggy mana nih yang terbaik antara powerlab,, powerplug, dastek Q, ato hks f-con ??? (yang affordable price&fungsi)
2. klo untuk peredam dengan hasil maksimal pasang dimana ya?? (klo ada dilampung gan)
makasih sebelumnya.

ada racun yang selalu bikin tambah pusing milihnya nih:
1. klo untuk piggy mana nih yang terbaik antara powerlab,, powerplug, dastek Q, ato hks f-con ??? (yang affordable price&fungsi)
2. klo untuk peredam dengan hasil maksimal pasang dimana ya?? (klo ada dilampung gan)
makasih sebelumnya.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..

ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Kijang Innova D-4D
emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
dastek qp +extender+throttlemodul+intercooler+dpkansai+boost1bar 190hp 400nm aja om.... uda lama sih, skrng tambah serem aja piggy2 yg baru.. hehefur10usx wrote:emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Mon Mar 03, 2008 13:58
Re: Kijang Innova D-4D
Masalah kopling masi belum solved bil?
Ijin menyimak ya..
Ijin menyimak ya..

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
y gtu deh om... hehehemekov wrote:Masalah kopling masi belum solved bil?
Ijin menyimak ya..

ipah putihnya kpn mw d oprek nih... hehehe


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Kijang Innova D-4D
wah, kopling sampe slip..HP sudah mau nyentuh 200dk dan torsi yg besar 400nmbillyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..


btw oot, ini om billy juga ada di alph*rian ya? hehe, kayaknya pernah liat ID nya

All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Fri Sep 07, 2012 11:01
Re: Kijang Innova D-4D
wuih 190hp 400nm sih bkn aja om ud wow bagi saya yg punya mbil std hahaha...billyd1773dz wrote:dastek qp +extender+throttlemodul+intercooler+dpkansai+boost1bar 190hp 400nm aja om.... uda lama sih, skrng tambah serem aja piggy2 yg baru.. hehefur10usx wrote:emgnya uda di upgrade apaan aja om ampe clutch nya uda ga kuat nahan?billyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..
![]()
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
wah iya, om nyoman alph*rian juga yah?NYoman wrote:wah, kopling sampe slip..HP sudah mau nyentuh 200dk dan torsi yg besar 400nmbillyd1773dz wrote:om turboman,
ada info clucth aftermarket yang mumpuni? atau triknya biar d4d MT ga slip? mestinya pemakai d4d mt yg uda di upgred punya masalah serupa.... percuma kan tenaga gede, klw di bejek malah slip clucthnya hehe..
, larinya kayak gimana tuh om? asik nih buat tarik2an
![]()
btw oot, ini om billy juga ada di alph*rian ya? hehe, kayaknya pernah liat ID nya



puas sih om larinya hehe.....

hasilnya skrng jd kya karakter sedan nih klw d mode high... tenaga dri 1200rpm uda ngisi deras badan sih uda nempel aja ke jok d rpm rendah jg,tp mulai peaknya d 3000 ngisi terus sampe 4000rpm range sgtu peaknya sampai redline di cut sama ecu, torsi juga kyanya rada tinggi rpmnya nih, d atas 2000rpm an... lupa lg ntar liat d dynochartnya..
jadi paling nikmat bwat main rpm atas tempelin redline terus


klw macet ke low, di high klw di bawa pelan malah ndut ndutan sulit bisa smooth..
lucunya tetep irit euy... luarkota 1:12an solar biasa, yg boros di tol karna cruise 100kmh aja rpmnya 2900

d cipularang saat nanjak ngembat terus gigi5 RPMnya yg abis redline mobilnya masih bisa lari tp uda redline d 130-140an... skrng masalahnya d transmisi, ratio,clucth, ban *masih pke ban stdnya haha* . dasar modip naikin mesin temennya jadi minta di oprek juga.... haha

klw di mode high suara mesin lebih kasar, ketukan injector saat d gas lebih kedenger... di low berkurang, di off hilang tu suara. meski ga sampai taraf menggangu sih, klw g di denger bener2 ga akan sadar suaranya robah. tp sekali ngeh... pasti kedenger terus haha

daily sih selalu di mode low/eco, itu juga udah enak, keluar kota pling med, klw pingin ngegas baru di high.
dulu klw di high, gigi 4 jalan datar rpm 1000 terus di gas.. bgtu 1500 langsung deh slip, rpm naik mobil engga... apa lagi waktu nanjak hehe
biasa bwa suv yg peaknya di pertengahan, jd amaze karakternya gini hehehe,
pikiran gw mestinya klw bwat suv, bisa kli yah rekues biar d tune kya suv torquenya di rpm bawah, gpp hpnya g terlalu besar. kan ada switchnya bisa di robah2 maping nya.

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Kijang Innova D-4D
hahahafur10usx wrote:
wuih 190hp 400nm sih bkn aja om ud wow bagi saya yg punya mbil std hahaha...




piggy yg baru2 liat2 d forum,media rata2 uda bisa tembus 200hp tuh.. g ngerti juga bedanya apa nih hehe


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 56
- Joined: Mon Mar 03, 2008 13:58
Re: Kijang Innova D-4D
Rencana di oprek awal taun bil, biar lewatin 10rb dulu, sekalian nunggu bonus taunan dari kantor...billyd1773dz wrote:y gtu deh om... hehehemekov wrote:Masalah kopling masi belum solved bil?
Ijin menyimak ya..dri dulu blm sempet di otak atik euy, muter terus tu mobil... ya biar yg make engga sembarangan..
ipah putihnya kpn mw d oprek nih... hehehe

Sekarang ngikutin saran om turboman dulu, baru ganti DP, KnN, sama GroundWire (baru mau pasang).
Btw, piggyback yang enak buat harian paling recomended apa ya? Gw ngga ngejar hp terlalu tinggi, karakter tenaga pengennya mendekati ky pake mesin N/A, hp main di sekitar 150-170an, torsi 350Nm-an..


