Mitsubishi Lancer SL
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Sat Jul 19, 2014 15:40
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ok om marmut thanks.. Ntar sy cb cari2 dl disini..mmg sih kl urusan ngakalin hrs sabar n teliti krn mmg kita tdk tinggal langsung pasang n pake..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
Para suhu,,klo mobil tenaganya bener2 loyo ampe naik polisi tidur pun g kuat,mesin ngelitik,panas..itu knp ya? Ane awalnya cmn ganti vacum delko tp delko ane cabut dan hrs setting top ulang,sekarang mesin dah mw nyala tp bener2 g ada tenaganya,apa karburator ada yang mampet ya?thanks om om
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
setelan pengapian nggak pas.slmaroon wrote:Para suhu,,klo mobil tenaganya bener2 loyo ampe naik polisi tidur pun g kuat,mesin ngelitik,panas..itu knp ya? Ane awalnya cmn ganti vacum delko tp delko ane cabut dan hrs setting top ulang,sekarang mesin dah mw nyala tp bener2 g ada tenaganya,apa karburator ada yang mampet ya?thanks om om
abis bongkar distributor kan? waktu pengapian jadi terlalu advance / terlalu maju karena slot / gigi distributor nggak pas.
kalo karburator nggak dikutak katik ya diemin aja. konsentrasi di seputar top 1 distributor.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Feb 01, 2015 13:22
Re: Mitsubishi Lancer SL
abang abang.infonya dong ..tromol sl ane bongkar cek setelan lever kit.apa benar susunan leverkitnya terdiri dari 2 per atas plus batang penahan.1 per bawah.o ya gerigi setelan ampas ompong.aapa ada solusi nya.suwun
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
Oo gt ya om,,abis bingung yg dibilang dah pas itu kyk gimana?posisi dah top rotor dah dibusi No 1marmut wrote:setelan pengapian nggak pas.slmaroon wrote:Para suhu,,klo mobil tenaganya bener2 loyo ampe naik polisi tidur pun g kuat,mesin ngelitik,panas..itu knp ya? Ane awalnya cmn ganti vacum delko tp delko ane cabut dan hrs setting top ulang,sekarang mesin dah mw nyala tp bener2 g ada tenaganya,apa karburator ada yang mampet ya?thanks om om
abis bongkar distributor kan? waktu pengapian jadi terlalu advance / terlalu maju karena slot / gigi distributor nggak pas.
kalo karburator nggak dikutak katik ya diemin aja. konsentrasi di seputar top 1 distributor.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
setelan "advance-retard"nya pasti berubah, kalo montir pinggir jalan bilangnya nah-vur (naag-voor).
kalo ada timing light enak, bisa langsung di stel waktu pengapiannya berapa derajat. tapi kalo nggak ada timing light, bisa pake cara manual asalkan timing mark di pulley kruk as depan masih ada.
kalo ada timing light enak, bisa langsung di stel waktu pengapiannya berapa derajat. tapi kalo nggak ada timing light, bisa pake cara manual asalkan timing mark di pulley kruk as depan masih ada.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
Oo gt ya om,,rada bingung jg nih maklum nubie,,tp emank kyknya klo dimentokin kekiri mesin bisa langsam,cmn delko nya dah mentok,berarti Ane hrs cabut pasang delko ya ampe pasmarmut wrote:setelan "advance-retard"nya pasti berubah, kalo montir pinggir jalan bilangnya nah-vur (naag-voor).
kalo ada timing light enak, bisa langsung di stel waktu pengapiannya berapa derajat. tapi kalo nggak ada timing light, bisa pake cara manual asalkan timing mark di pulley kruk as depan masih ada.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
ama yg Ane bingung pas stel platina pas puncak nok tp di pulley g pas dr tanda 5-10 derajat sebelumnya bisa pas angka 5derajat puncak nokslmaroon wrote:Oo gt ya om,,rada bingung jg nih maklum nubie,,tp emank kyknya klo dimentokin kekiri mesin bisa langsam,cmn delko nya dah mentok,berarti Ane hrs cabut pasang delko ya ampe pasmarmut wrote:setelan "advance-retard"nya pasti berubah, kalo montir pinggir jalan bilangnya nah-vur (naag-voor).
kalo ada timing light enak, bisa langsung di stel waktu pengapiannya berapa derajat. tapi kalo nggak ada timing light, bisa pake cara manual asalkan timing mark di pulley kruk as depan masih ada.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
@ slmaroon,
itu namanya distributor mas, bukan delco. delco itu merk barang.
kalo distributornya udah mentok ke kiri, berarti tinggal geser aja (cabut-pasang) 1 atau 2 gigi. trus dicoba lagi sampe dapet idle/langsam yang paling anteng.
untuk stel platina, pulley depan bikin di 0 derajat dulu alias piston nomer 1 di TMA/TDC, trus posisi platina ngebuka penuh. kalo gap-nya udah pas, baru stel naag-voor / advance-retard-nya.
ingat, jangan kutak katik yang lain dulu. biar nggak berantakan. konsentrasi di distributor aja.
itu namanya distributor mas, bukan delco. delco itu merk barang.
kalo distributornya udah mentok ke kiri, berarti tinggal geser aja (cabut-pasang) 1 atau 2 gigi. trus dicoba lagi sampe dapet idle/langsam yang paling anteng.
untuk stel platina, pulley depan bikin di 0 derajat dulu alias piston nomer 1 di TMA/TDC, trus posisi platina ngebuka penuh. kalo gap-nya udah pas, baru stel naag-voor / advance-retard-nya.
ingat, jangan kutak katik yang lain dulu. biar nggak berantakan. konsentrasi di distributor aja.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sun Feb 01, 2015 13:22
Re: Mitsubishi Lancer SL
arah putaran na voor distrobutor sl arahnya bagaimana ya bang.trus cara setel manual stepnya jg.share dong
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
ok om makasih banyak infonya tar Ane coba dulu,,marmut wrote:@ slmaroon,
itu namanya distributor mas, bukan delco. delco itu merk barang.
kalo distributornya udah mentok ke kiri, berarti tinggal geser aja (cabut-pasang) 1 atau 2 gigi. trus dicoba lagi sampe dapet idle/langsam yang paling anteng.
untuk stel platina, pulley depan bikin di 0 derajat dulu alias piston nomer 1 di TMA/TDC, trus posisi platina ngebuka penuh. kalo gap-nya udah pas, baru stel naag-voor / advance-retard-nya.
ingat, jangan kutak katik yang lain dulu. biar nggak berantakan. konsentrasi di distributor aja.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
ok om makasih banyak infonya tar Ane coba,,berarti Ane bongkar pasang nya g jauh dr Posisi skrang ya om?1 ato 2 gigi aja ke Kanan apa ke kiri om?thanksslmaroon wrote:marmut wrote:@ slmaroon,
itu namanya distributor mas, bukan delco. delco itu merk barang.
kalo distributornya udah mentok ke kiri, berarti tinggal geser aja (cabut-pasang) 1 atau 2 gigi. trus dicoba lagi sampe dapet idle/langsam yang paling anteng.
untuk stel platina, pulley depan bikin di 0 derajat dulu alias piston nomer 1 di TMA/TDC, trus posisi platina ngebuka penuh. kalo gap-nya udah pas, baru stel naag-voor / advance-retard-nya.
ingat, jangan kutak katik yang lain dulu. biar nggak berantakan. konsentrasi di distributor aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
@ slmaroon,
geser 1-2 gigi ke kiri.
geser 1-2 gigi ke kiri.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: Mon Jan 20, 2014 7:54
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ikutan nyimak ah om biar tambah pinter,kmrn coba bantuin om slmaroon tapi ilmunya kurang hehe,semoga segera berhasil om slmaroon,makasih ilmunya om marmut..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Fri Mar 15, 2013 8:12
Re: Mitsubishi Lancer SL
Iya nih om guspur,tp blom Ane coba lg,soalnyaGuspur090114 wrote:Ikutan nyimak ah om biar tambah pinter,kmrn coba bantuin om slmaroon tapi ilmunya kurang hehe,semoga segera berhasil om slmaroon,makasih ilmunya om marmut..
Nunggu libur trus ngoprek dah hehe,,
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Mar 20, 2015 19:39
Re: Mitsubishi Lancer SL
Agan sekalian, Lancer sl saya sempat lama diam karena perihal plat yang mati.
Mungkin ada agan yang juga mengalami?
Saat mau saya hidupkan, cek radior airnya jauh dr tutup nya.. Saya isi sampai penuh, ko ada suara air netes rada deras. Saya cek, ada bocor dibawah karburator, pas nya di bawah intake manifold paling bawah. Pertanyaan : apakah harus ganti manifold nya ato bisa cukup ditambel/las saja? Atau memang ada outlet utk buang air? Mohon pencerahannya para agan sekalian, terima kasih
Mungkin ada agan yang juga mengalami?
Saat mau saya hidupkan, cek radior airnya jauh dr tutup nya.. Saya isi sampai penuh, ko ada suara air netes rada deras. Saya cek, ada bocor dibawah karburator, pas nya di bawah intake manifold paling bawah. Pertanyaan : apakah harus ganti manifold nya ato bisa cukup ditambel/las saja? Atau memang ada outlet utk buang air? Mohon pencerahannya para agan sekalian, terima kasih
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Mar 20, 2015 19:39
Re: Mitsubishi Lancer SL
Para agan sekalian, dibawah manifold (bawah karburator) memang ada jalur air ya? Kalau bocor kenceng disitu, gimana gan? Apa emang ada lobang buang air ato itu pecah? Padahal sebelumnya diem gitu ga masalah. Tp ni mau sy idupin isi radiator ngucur dr sana. Mhn infonya, terimakasih.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Mar 20, 2015 19:39
Re: Mitsubishi Lancer SL
Ini agan sekalian fotonya :
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_020.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_016.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_013.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_026.jpg
itu ada lubang dibawahnya. Apakah harusnya diganti? Atau bisa stambal gan?
regards.
PerkututPos
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_020.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_016.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_013.jpg
http://s148.photobucket.com/albums/s17/ ... 22_026.jpg
itu ada lubang dibawahnya. Apakah harusnya diganti? Atau bisa stambal gan?
regards.
PerkututPos
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
kalo liat dari foto, sepertinya jalur air keropos ya..... untuk darurat bisa ditambal pake lem epoxy asalkan sebelumnya dibersihin pake sikat kawat dulu trus dicuci bersih sampe ngga ada kotoran/minyak.
paling enak dilepas trus di las babet/kuningan supaya awet.
paling enak dilepas trus di las babet/kuningan supaya awet.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Mar 20, 2015 19:39
Re: Mitsubishi Lancer SL
Wah, terima kasih sekali Gan Marmut..
Yang saya bingung, itu bahannya dari apa ya? Klo alumunium / babet koq bisa karatan ya? Kalau misalnya ganti, mahal sekali atau tidak ada barangnya gan? Atau tahu yang jual copotan / second gan? Kisaran harganya mungkin agan tahu? Karena kalau di epoxy, menurut saya pasti ga gt kuat, krn tekanan radiator tinggi sekali.
terima kasih atas balasan dan update nya gan.
rgds.
Yang saya bingung, itu bahannya dari apa ya? Klo alumunium / babet koq bisa karatan ya? Kalau misalnya ganti, mahal sekali atau tidak ada barangnya gan? Atau tahu yang jual copotan / second gan? Kisaran harganya mungkin agan tahu? Karena kalau di epoxy, menurut saya pasti ga gt kuat, krn tekanan radiator tinggi sekali.
terima kasih atas balasan dan update nya gan.
rgds.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
setau saya bahan untuk intake manifold almunium cor (campuran), jadi untuk karatan ya bisa saja apalagi usia sudah cukup lama.
untuk harga saya nggak tau, kalopun mau beli baru, apa masih ada yang jual? kalo copotan ya coba aja tawar 100 ribu, sapa tau dikasih......
masalah lem epoxy, kan namanya juga darurat, bukan buat seterusnya. dan kalo udah di lem epoxy, tutup radiator jangan rapet, dibuka setengah aja supaya tekanannya nggak terlalu tinggi. resikonya ya air pasti cepet nguap dan harus sering diperiksa.
untuk harga saya nggak tau, kalopun mau beli baru, apa masih ada yang jual? kalo copotan ya coba aja tawar 100 ribu, sapa tau dikasih......
masalah lem epoxy, kan namanya juga darurat, bukan buat seterusnya. dan kalo udah di lem epoxy, tutup radiator jangan rapet, dibuka setengah aja supaya tekanannya nggak terlalu tinggi. resikonya ya air pasti cepet nguap dan harus sering diperiksa.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Fri Mar 20, 2015 19:39
Re: Mitsubishi Lancer SL
Oh begitu gan Marmut.. Baik Gan, terima kasih masukan dan informasinya Gan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46
Re: Mitsubishi Lancer SL
Body termostat lancer SL saya dulu juga pernah korosi Om... ( Korosi untuk material babet biasanya kropos & berwarna putih ), materialnya kelihatannya sama dengan bahan untuk intake manifold .
Aku dulu solusinya dengan las babet.. dan sampai sekarang aman-aman saja Om...,
Coba konsultasikan saja dahulu dengan tukang las babetnya , mudah -mudahan bisa.
Aku dulu solusinya dengan las babet.. dan sampai sekarang aman-aman saja Om...,
Coba konsultasikan saja dahulu dengan tukang las babetnya , mudah -mudahan bisa.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Wed Sep 02, 2009 4:46
Timing belt
Met pagi rekan-rekan..
Mo tanya, bila timing belt lancer Sl putus pada saat mobil berjalan apakah dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin ?
(kerusakan yang diakibatkan tabrakan antara klep dan piston)
Karena setahu saya untuk semua produk Toyota yang menggunakan timing belt bila timing belt putus tidak menyebabkan
kerusakan apa- apa pada mesin.
Sharing juga dong bila ada yang pernah coba ganti timing belt sendiri . Thx
Mo tanya, bila timing belt lancer Sl putus pada saat mobil berjalan apakah dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin ?
(kerusakan yang diakibatkan tabrakan antara klep dan piston)
Karena setahu saya untuk semua produk Toyota yang menggunakan timing belt bila timing belt putus tidak menyebabkan
kerusakan apa- apa pada mesin.
Sharing juga dong bila ada yang pernah coba ganti timing belt sendiri . Thx
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11854
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Mitsubishi Lancer SL
sebagian besar kasus klep jadi bengkok karena ketabrak piston. dan nggak nutup kemungkinan piston bolong walaupun kecil kemungkinannya.
ganti timing belt gampang kok, asalkan alat-alat memadai.
kalopun ada yang timing belt-nya putus tapi mesin nggak kenapa-kenapa, itu karena kebaikan hati Yang Maha Kuasa aja.
ganti timing belt gampang kok, asalkan alat-alat memadai.
kalopun ada yang timing belt-nya putus tapi mesin nggak kenapa-kenapa, itu karena kebaikan hati Yang Maha Kuasa aja.