Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Or4cle »

ac235287 wrote: Mon Feb 07, 2022 14:55
Omnibus wrote: Mon Feb 07, 2022 13:59
DJpapi wrote: Mon Feb 07, 2022 13:43 .........

hohoho .. sekitar RPM 2.000-2.500 tuh suara mesin bisa berubah sendiri pas aktif. Jd inget jaman dulu pas bawa Twin Cam GTi, hahaha .. :big_biglaugh:

Harapannya sih si AMSOIL kuat ampe nyaris 10rb KM
ya gimana ya bawa veloz bisa keinget twin cam gti sih bukan biasa ajah ...... ruar biasa itu namanya :big_biglaugh:

10k kuat lah, monitor level olinya aja jangan sampe berkurang ga ketauan.
Haha amsoil SS, hajar aja 15K km/12bulan (mana yg lebih dulu).
Ane rasa 15 bulan juga masih Ok tuh Oli. Kecuali ring piston udah longgar ya....(ada indikasi bau bensin di oli ya?)
Tergantung dipakai di mana, kalau sering macet2an ria jangan deh, akan timbul varnish... secara performance sih terasa masih mantap. Ane pakai OE sampai 10K belum terasa signifikan berkurang perfomance, tetap ane ganti olinya buat perlindungan di engine
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Omnibus »

ac235287 wrote: Mon Feb 07, 2022 14:55
Haha amsoil SS, hajar aja 15K km/12bulan (mana yg lebih dulu).
Ane rasa 15 bulan juga masih Ok tuh Oli. Kecuali ring piston udah longgar ya....(ada indikasi bau bensin di oli ya?)
bau bensin di oli (fuel dilution) ga selalu krn hardware failure, bisa juga krn pemakaian kita di waktu tertentu yg banyak short trips (atau sering warming up) yg olinya ga sampai ke working temp. kl sdh kuat bgt bau bensin di olinya ya mau ga mau ganti krn lubrication properties nya sdh berkurang. terakhir sy pernah amsoil ss baru pakai <5k km udah bau bensin ya terpaksa say gutbai, 10 bulan pemakaian waktu ppkm.
triport13
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: Thu Apr 26, 2018 7:08
Location: Jakarta
Daily Vehicle: AVS

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by triport13 »

DJpapi wrote:
Omnibus wrote: Mon Feb 07, 2022 13:59
ya gimana ya bawa veloz bisa keinget twin cam gti sih bukan biasa ajah ...... ruar biasa itu namanya :big_biglaugh:

10k kuat lah, monitor level olinya aja jangan sampe berkurang ga ketauan.
hahaha .. abis ini mbl performanya lucu, smooth (pelan) banget dibanding generasi Avanza S atau Veloz pertama kali .. :big_biglaugh:
makanya pas bsa ngerasain kapan Dual VVT-i nya bekerja di RPM rendah trus tarikannya spontan pas dibejek, berasa mbl yg berbeda ..

Kebayang ngga sih Papanza, pas udah RPM di atas 4.000-an berasa perutnya geli kek naik kora-kora di dufan, hahaha .. :mky_01: makanya saya bilang kek mbl jadul si twincam gti .. hahaha

SIAPPP .. :big_deal: rutin kok dari dulu ngecek level oli tiap pagi kalo misal mau pake mbl
ac235287 wrote: Mon Feb 07, 2022 14:55 Haha amsoil SS, hajar aja 15K km/12bulan (mana yg lebih dulu).
Ane rasa 15 bulan juga masih Ok tuh Oli. Kecuali ring piston udah longgar ya....(ada indikasi bau bensin di oli ya?)
WoooHHH ... lama jg ya kalo kuat ampe segitu .. jd bsa hemat banyak nih drpd beli oli-oli 100rb-an/ltr :big_smile]
Iya ada bau bensin (menurut saya) pas umur oli ud harus diganti .. biasanya pas nyabut dipstick jg lgs kecium, itu yg PTT Ecotec paling berasa di 4rb KM pakai..dan kelihatan makin encer.

Kalau komponen mesin mnurut saya sih aman .. :ungg:
- Panasin mbl jg pas idle rpm udah normal,baru jalan (mbl baru skr jg saya perhatikan cpt bgt ke suhu normalnya)
- Saya jg nyaris ngga pernah kena macet krn keluarnya malam bgt
- Bensin pake RON 92 terus
- Ngecek di aplikasi Torque Pro kalo lg jalan, AFR mobil normal semua, selalu ECU nya nge-set biar di 14.7:1 hampir setiap putaran mesin

Btw terima kasih utk tanggapannya hehehe :big_deal:
Saya juga ex pemakai twincam gti dan skrg lg pake avanza 1.5S vvti, menurut saya sih ada miripnya om. Idle up ACnya sama sama ga jelas kalo buat macet, terus di bawah rpm 2rb mesin ndut2an ga jelas dan torsi ga ada sama sekali tapi begitu di atas 2rb bisa lgsng beda bgt torsinya [emoji28]. Ya tp dr segi tenaga jauh bgt yaa cuma karakternya aja mirip.

BTW, saya pake ams ss 0W-20 di bulan ke 10 (8rb km) juga udah bau bensin bgt di masa covid ini dan suara juga udh agak kasar. Akhirnya saya ganti lgsng aja nyoba Q8 D1 special.

Next saya akan ttp pake 5w-30 sih om krn di mesin ini rasio gearnya terlalu kasar yg bikin mesin gampang mid to high rpm, dan even pake Ams ss pun ttp aja terasa bgt kasarnya saat mid to high rpm kalo pake 0W-20
User avatar
DJpapi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jan 18, 2020 5:33
Location: DKI Jakarta
Daily Vehicle: Grand Veloz

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DJpapi »

Mesinanak wrote: Mon Feb 07, 2022 22:53 Ane mendadak gagal paham ttg cara kerja dual vvti... :big_biglaugh:
:big_smile] .. ini saya ada referensi cara kerja Dual VVT-i
2022-02-08_17-58-12.jpg
dan berkaitan dengan parts yg namanya Oil Control Valve (OCV), yg salah satu triggernya jg memanfaatkan tekanan aliran oli mesin.
2022-02-08_17-56-15.jpg
Juga, baru kali ini saya menyadari perubahan kinerja si Dual VVT-i ini setelah pake Amsoil bbrp hari lalu.
Nanti di RPM antara 2.000 - 2.500 suara mesin brubah kok.
Unik buat saya krn hampir semua mesin pabrikan pasti punya teknologi mirip dengan nama berbeda dan rata-rata saya rasain aktif atau ngga nya di mesin Honda yg transmisi manual/matic torque converter.

Terakhir di HRV saya ngga bsa rasain beda VTECnya pas aktif atau tidak, beda pas pake mbl bekas dulu di Stream 2.0 / CRV 2.4 / Altis 2.0
Pake Voxy jg saya ngga ngerasain kek di Veloz ini..di mesin 4N15 yg pake Mivec jg ngga kerasa, ketutupan ama sensasi turbonya kali .. :big_childish:

Makanya jd seru bawa mbl sekelas Papanza Veloz krn bisa di luar ekspektasi. :mky_01:
Karena jd ada performa tersembunyi di mbl kelas ecek-ecek bagi masyarakat negara +62 hanya dgn upgrade kelas semua cairan-cairan bawaan pabriknya.

So saya hanya sekedar share, kembali lg menjadi silent reader, better memantau daripada berbagi ini krn saya tdk mau berujung kembali ditertawakan utk opini pribadi yg kesannya bisa membuat org lain kebingungan .. :big_smile]

Selamat malam
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
babydriver
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Feb 06, 2022 5:10
Daily Vehicle: Honda HR-V

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by babydriver »

rendr wrote: Mon Feb 07, 2022 12:29
babydriver wrote: Sun Feb 06, 2022 13:00
rendr wrote: Sun Feb 06, 2022 12:52
buat mesin apa om? HX8 tuh 5w30 tebel soalnya
buat ervi om, maklum masih belajar spek oli
ervi? BRV / HRV gitu maksudnya?

L15A kalo msh sehat sih better pake 0w20... atau 0w30 kalo udh ada nguap

5w30 boleh jg tp yg V100 nya di 10 koma kecil.. paling murah ya total 9000 / oli2 oem pabrikan jepun... itu enteng2.. cuman drain intervalnya emg payah
HRV om udah jalan 80rb KM. Jadi kalo buat long drain rekom apa om? Secara kayaknya HX8 udah ga worth it skrg :big_think:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

babydriver wrote: Tue Feb 08, 2022 17:19
rendr wrote: Mon Feb 07, 2022 12:29
babydriver wrote: Sun Feb 06, 2022 13:00

buat ervi om, maklum masih belajar spek oli
ervi? BRV / HRV gitu maksudnya?

L15A kalo msh sehat sih better pake 0w20... atau 0w30 kalo udh ada nguap

5w30 boleh jg tp yg V100 nya di 10 koma kecil.. paling murah ya total 9000 / oli2 oem pabrikan jepun... itu enteng2.. cuman drain intervalnya emg payah
HRV om udah jalan 80rb KM. Jadi kalo buat long drain rekom apa om? Secara kayaknya HX8 udah ga worth it skrg :big_think:
Q8 G/D1 ganti 10rb/1 tahun aja
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by kompresorz »

sudah mau ganti nih...120 ribu km...terus mau bawa ke tedi


belajar praktek ..biar gak kbanyakan teori mulu...berisik

dari baru sampe 100 ribu km pake tmo no problem jakarta medan-medan jakarta..harian gaspol mentok jarum sepet...

skrg cobain seri terbaru...aliran tetap gaspolll mentok jarum sepet...apa awet sampe 200 ribu km....

kirain stok lama ada 1liter...heran lupa juga ini sisa bekas apaan...

apa dulu sama auto 2000 di tuang 4,5 liter...


karena gak pernah top up oli sampe 10 ribu km....saya orangnya pemalas dibikin babu sama mobil...yg penting masih jalan ya bagus..


mobil yg lain pun sama..walo pigibak sering nyender jarum sepet...

Screenshot_20220209-073315.jpg
Screenshot_20220209-075532_Gallery.jpg
Screenshot_20220209-073545.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by kompresorz on Wed Feb 09, 2022 1:05, edited 1 time in total.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

kompresorz wrote:sudah mau ganti nih...120 ribu km...terus mau bawa ke tedi


belajar praktek ..biar gak kbanyakan teori mulu...berisik

dari baru sampe 100 ribu km pake tmo no problem jakarta medan-medan jakarta..harian gaspol mentok jarum sepet...

skrg cobain seri terbaru...aliran tetap gaspolll mentok jarum sepet...apa awet sampe 200 ribu km....

kirain stok lama ada 1liter...heran lupa juga ini sisa bekas apaan...

apa dulu sama auto 2000 di tuang 4,5 liter...


karena gak pernah top up oli sampe 10 ribu km....saya orangnya pemalas dibikin babu sama mobil...yg penting masih jalan ya bagus..




Screenshot_20220209-073315.jpg
Screenshot_20220209-075532_Gallery.jpg
Screenshot_20220209-073545.jpg
mantap nih om kompre mobilnya high mileage smua, saya lg omicron gini malah ga kemana mana wkwk
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

kompresorz wrote: Wed Feb 09, 2022 1:01 sudah mau ganti nih...120 ribu km...terus mau bawa ke tedi


belajar praktek ..biar gak kbanyakan teori mulu...berisik

kirain stok lama ada 1liter...heran lupa juga ini sisa bekas apaan...

apa dulu sama auto 2000 di tuang 4,5 liter...


karena gak pernah top up oli sampe 10 ribu km....saya orangnya pemalas dibikin babu sama mobil...yg penting masih jalan ya bagus..





Screenshot_20220209-073315.jpg
Screenshot_20220209-075532_Gallery.jpg
Screenshot_20220209-073545.jpg
Kalo belom dikirim/dibungkus better langsung cancel aja om, trus order lagi.
Kalo barang yang dipickup (5 liter , kurang lebih 5 kg) beda dari barang yang di pesan. Biasanya suka di tolak, ato extra charge ke sellernya, jadinya pada banyak yang males. Ya tapi karena pak gosend instant mustinya bisa sih.
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Chr1stm1 »

Halo teman2 smers semua, kemarin2 iseng liat2 oli ke toda GS, ada shell ultra 0w20 api sp dan sudah acea c5, ada yg sudah jajal belum? Impresinya gmn?

Thank you
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bensindanoli »

Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by kompresorz »

ctopher7 wrote: Wed Feb 09, 2022 1:04
kompresorz wrote:sudah mau ganti nih...120 ribu km...terus mau bawa ke tedi


belajar praktek ..biar gak kbanyakan teori mulu...berisik

dari baru sampe 100 ribu km pake tmo no problem jakarta medan-medan jakarta..harian gaspol mentok jarum sepet...

skrg cobain seri terbaru...aliran tetap gaspolll mentok jarum sepet...apa awet sampe 200 ribu km....

kirain stok lama ada 1liter...heran lupa juga ini sisa bekas apaan...

apa dulu sama auto 2000 di tuang 4,5 liter...


karena gak pernah top up oli sampe 10 ribu km....saya orangnya pemalas dibikin babu sama mobil...yg penting masih jalan ya bagus..





Screenshot_20220209-073315.jpg
Screenshot_20220209-075532_Gallery.jpg
Screenshot_20220209-073545.jpg
mantap nih om kompre mobilnya high mileage smua, saya lg omicron gini malah ga kemana mana wkwk
:big_biglaugh: ....


masih kuli jadi sering putar putar keliling ancol monas....demi sepiring nasi dan semangkok sayur asam dan 2 potong perkedel om...
saya sudah vaksin booster...sebelum pandemi rajin minum vitamin...skrg tiap hari minum pharmaton formula,enervon c,minyak ikan blackmores,vitamin d3 blacmores,vitamin c500 blacmores,kapsul rumin,you c 1000....

kalo gak berani keluar lebih bahaya om....banyak perut lainnya yang saya pikirin....

hidup mencari dan berbagi om....krn hidup adalah perbuatan untuk kehidupan lainnya...biar masuk sorga... :big_blushing:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by kompresorz »

sudah datang nih....ternyata terakhir ganti 110.444 km di gantungan kertas setir...masih ada sisa ampir 1000 km...
Screenshot_20220210-080534_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

bensindanoli wrote: Thu Feb 10, 2022 1:16 Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
Mobilnya ford fiesta/ecosport ya?
Mesin itu gak masalah kalo pake 0w20 yang bagus kalo usage seperti itu. Tapi karena turun viskositas dari 5w30 ke 0w20 sebaiknya pantau terus level oli.
Sekarang pake 5w30 apa om? Apakah ada keluhan sehingga mau beralih ke 0w20?
agusfsyah
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Jul 26, 2021 22:38
Location: cilegon
Daily Vehicle: kia sportage 2014

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by agusfsyah »

sahabatq8 wrote: Thu Feb 10, 2022 2:49
bensindanoli wrote: Thu Feb 10, 2022 1:16 Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
Mobilnya ford fiesta/ecosport ya?
Mesin itu gak masalah kalo pake 0w20 yang bagus kalo usage seperti itu. Tapi karena turun viskositas dari 5w30 ke 0w20 sebaiknya pantau terus level oli.
Sekarang pake 5w30 apa om? Apakah ada keluhan sehingga mau beralih ke 0w20?
saya biasa pakai 5w30 di nu engine 2.0 nya hyundai so far so good.
karena di manual book ada 5w20 saya jd penasaran apakah akan ada pengaruh kalo ganti ke 0w20?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

agusfsyah wrote: Thu Feb 10, 2022 13:24
sahabatq8 wrote: Thu Feb 10, 2022 2:49
bensindanoli wrote: Thu Feb 10, 2022 1:16 Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
Mobilnya ford fiesta/ecosport ya?
Mesin itu gak masalah kalo pake 0w20 yang bagus kalo usage seperti itu. Tapi karena turun viskositas dari 5w30 ke 0w20 sebaiknya pantau terus level oli.
Sekarang pake 5w30 apa om? Apakah ada keluhan sehingga mau beralih ke 0w20?
saya biasa pakai 5w30 di nu engine 2.0 nya hyundai so far so good.
karena di manual book ada 5w20 saya jd penasaran apakah akan ada pengaruh kalo ganti ke 0w20?
Mustinya aman, secara visco 5w20 sama 0w20 juga biasanya mirip mirip.
bensindanoli
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 118
Joined: Mon Nov 01, 2021 4:47
Daily Vehicle: Ford Ecosport TiVCT DP6S

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by bensindanoli »

sahabatq8 wrote: Thu Feb 10, 2022 2:49
bensindanoli wrote: Thu Feb 10, 2022 1:16 Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
Mobilnya ford fiesta/ecosport ya?
Mesin itu gak masalah kalo pake 0w20 yang bagus kalo usage seperti itu. Tapi karena turun viskositas dari 5w30 ke 0w20 sebaiknya pantau terus level oli.
Sekarang pake 5w30 apa om? Apakah ada keluhan sehingga mau beralih ke 0w20?

Iseng aja pengen nyoba hypenya oli encer 😁

Pakai Q8 yg mana ya yg kira2 level oli aman buat 6-7bln?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2546
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sahabatq8 »

bensindanoli wrote: Fri Feb 11, 2022 4:28
sahabatq8 wrote: Thu Feb 10, 2022 2:49
bensindanoli wrote: Thu Feb 10, 2022 1:16 Halo om2 semua mau tanya.

Saya ada Duratect TiVCT 1.5 NA,

kalau di bukman indo olinya 5w30 Acea A5/B5 Full Synth.

Tapi kalau di bukman luar mis. Mexico, Filipina, itu bisa 5w20 motocraft yang notabene semi synth.

Apakah saya bisa ganti ke 0w20 untuk di Indo? Pemakaian ringan tp severe service, seperti nganter belanja, muter2 komplek, dan kadang2 ngetoll tp jarang ngebut max 100km/h aja takut tilang.

Terima kasih sebelumnya
Mobilnya ford fiesta/ecosport ya?
Mesin itu gak masalah kalo pake 0w20 yang bagus kalo usage seperti itu. Tapi karena turun viskositas dari 5w30 ke 0w20 sebaiknya pantau terus level oli.
Sekarang pake 5w30 apa om? Apakah ada keluhan sehingga mau beralih ke 0w20?

Iseng aja pengen nyoba hypenya oli encer 😁

Pakai Q8 yg mana ya yg kira2 level oli aman buat 6-7bln?
Buat 0w20 kita cuma ada 1 macem, aman dipake 1 tahun. Q8 D1 FE 0w20.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

Pemakaian Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 bulan ke-4, baru jalan 2000an KM di Altis 2ZR-FE 2015.
Hari ini cek dipstick warnanya berubah jadi kehijauan. Curiga Fuel Dilution, warna ijonya kayanya dari biru Pertamax yg kecampur oli. Padahal 2 minggu lalu masih kecoklatan. Kalau di motor biasanya solusi turun oktan, tapi no way kl saya disuruh turun ke Pertalite.

Pertanyaan saya:
Penyebab fuel dilution yg paling umum apakah krn terlalu lama idle time, atau ada faktor lain? Misal semakin encer oli semakin rawan FD. Soalnya mobil ini cukup sering jadi genset dan kena macet. Hanya sesekali jalan jauh.
Sebelumnya pakai TMO 10W-40 dan Castrol Magnatec 5W-30 cek dipstick gak pernah jadi ijo soalnya.
Secara performa masih oke bgt, digas 3-4rb RPM kerasa narik enteng banget dan suaranya 'garing', yg mana saya malah suka suaranya.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

marvelio wrote: Fri Feb 11, 2022 12:38 Pemakaian Q8 Formula Special D1 FE 0W-20 bulan ke-4, baru jalan 2000an KM di Altis 2ZR-FE 2015.
Hari ini cek dipstick warnanya berubah jadi kehijauan. Curiga Fuel Dilution, warna ijonya kayanya dari biru Pertamax yg kecampur oli. Padahal 2 minggu lalu masih kecoklatan. Kalau di motor biasanya solusi turun oktan, tapi no way kl saya disuruh turun ke Pertalite.

Pertanyaan saya:
Penyebab fuel dilution yg paling umum apakah krn terlalu lama idle time, atau ada faktor lain? Misal semakin encer oli semakin rawan FD. Soalnya mobil ini cukup sering jadi genset dan kena macet. Hanya sesekali jalan jauh.
Sebelumnya pakai TMO 10W-40 dan Castrol Magnatec 5W-30 cek dipstick gak pernah jadi ijo soalnya.
Secara performa masih oke bgt, digas 3-4rb RPM kerasa narik enteng banget dan suaranya 'garing', yg mana saya malah suka suaranya.
Ya itu kalau mobil suka jadi genset, atau karena rute jarak pendek tiap hari.

Odo altisnya udah berapa?
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by DrivingPotato »

sintoni wrote: Fri Feb 11, 2022 14:32
Ya itu kalau mobil suka jadi genset, atau karena rute jarak pendek tiap hari.

Odo altisnya udah berapa?
Masih 55rb KM om. Memang rutenya pendek2 dan sering kena macet. Plus jaman Covid varian Delta kemarin berbulan2 jarang jalan :big_peace:
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1222
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by ctopher7 »

oot dikit, masih ttg perolian di mobil disel. baru ketemu artikelnya

https://munji.com.au/blogs/news/catch-c ... -need-both

waktu ke mbah bebonk juga uda sempet dibilangin, bahaya oil catch tank karna bikin pressure di engine ga normal, jadinya seal sama gasket pada ambrol smua. lebih aman di egr delete aja.
lagian katanya oil catch tank ga 100% ngefilter sisa uap oli. sedangkan kalo di egr delete pasti exhaust gas gabakal balik ke intercooler dan mesin lg

ada pendapat ttg ini suhu sm ? hehehe terutama yang pada punya mobil disel
cuman penasaran ttg topik ini, biar mesin lebih awet aja
Mesinanak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Thu Jul 15, 2021 3:42
Location: Indonesia
Daily Vehicle: 7RTFlex58T-B

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by Mesinanak »

ctopher7 wrote: Sat Feb 12, 2022 2:52 oot dikit, masih ttg perolian di mobil disel. baru ketemu artikelnya

https://munji.com.au/blogs/news/catch-c ... -need-both

waktu ke mbah bebonk juga uda sempet dibilangin, bahaya oil catch tank karna bikin pressure di engine ga normal, jadinya seal sama gasket pada ambrol smua. lebih aman di egr delete aja.
lagian katanya oil catch tank ga 100% ngefilter sisa uap oli. sedangkan kalo di egr delete pasti exhaust gas gabakal balik ke intercooler dan mesin lg

ada pendapat ttg ini suhu sm ? hehehe terutama yang pada punya mobil disel
cuman penasaran ttg topik ini, biar mesin lebih awet aja

Klo di diesel ukuran lumayan besar yg pernah ane perhatiin... Daya sekitar 800kW sampe 20rb kW..
Crankcase itu dipasangin pressure safety valve dan oil mist detector.

Tp untuk engine yg lbh kecil (otomotif), ane blm tau apakah se-signifikan itu crankcase pressure bisa bikin damage.
Solidarität für immer
fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by fernando_lim »

Temen2 udah ada yg coba PTT dynamic commonrail A5/B5 di mesin bensin flat tappet ?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 15

Post by sintoni »

fernando_lim wrote: Sun Feb 13, 2022 3:06 Temen2 udah ada yg coba PTT dynamic commonrail A5/B5 di mesin bensin flat tappet ?
Buat bersih2 aja?