marmut wrote: Sat Sep 26, 2020 3:02
Omnibus wrote: Sat Sep 26, 2020 2:52
masa coolant genuine yg rated tahan 10 tahun / 200.000 km mau diganti sm coolant cepeceng segalon?
ga mungkin cuma iseng kebangetan nempelin placard ini dibalik kap mesin mbah. ya ngga 10 taon juga, paling 2-3 taun gantinya lah.
IMG_20200926_094615~2.jpg
terkait dengan placard, seperti yang tertera juga di transmisi ada keterangan "lifetime ATF".... ini jadi membingungkan bagi yang awam seperti saya mbah shifu.
mohon petunjuk.
menurut yg sy baca itu pure utk warranty purposes mbah, maksudnya gini:
spt kita tahu sendiri cukup banyak org mulai dr level asemreges, DIYers, sampai bengkel resmi sekalipun kerap kali melakukan kesalahan dlm penggantian fluida. bisa jenisnya salah dan/atau bisa prosedurnya salah - - apalagi dlm ngepasin level atf di saat final.
krn utk menghindari "blunder" spt itu pabrikan bikin placard lifetime utk mengurangi warranty claim yg sebetulnya tidak perlu terjadi oleh sebab human error bukan manufacturing error.
sila gugel "chrysler sealed automatic transmission", itu bahkan tidak disediakan drain plug atau fill plug dr pabrik. namun dlm penelitian internal perusahaan terbukti transmisi malah bisa tahan sampai mobil diapkir drpd yg bisa gonta ganti fluida tp ada unsur blunder/human error.
meski pendapat sy namanya fluida pasti degrading dgn waktu dan hrs periodically diganti ASALKAN dengan tepat, baik jenis fluida maupun prosedurnya.
sama dgn radiator coolant placard yg tadi sy posting, ada org yg malah ganti dgn air ledeng atau coolant yg ga jelas asal usul kualitasnya. malah membuat jd korosi dan/atau pitting. jd mending dikasih placard itu spy warranty claim ngga membludak krn faktor human error bukan genuine manufacturing defects.
begono kira2 dr nubie mbah ...
*fyi, nubie punya pengalaman kerja 5 taun di bidang warranty merk2 ternama.