DOHC wrote: Tue Sep 29, 2020 5:11
Pantesan
Kasian supirnya ud dmarahin, dikira gara2 diisi aer ledeng katanya
insinyur mitsu lupa kalo di endonesyah elsapek bisa dibuat ngangkut berton-ton dengan medan ekstrim... jaoh di atas GVW nya
benzz89 wrote: Tue Sep 29, 2020 5:13
Imho mobil2 sampai dengan tahun 2010 itu masih lebih robust banding yang 2010 up to now.
Baik T, H, S, Mt, Mz, N, D, japs mainstream jarang ada penyakit yang aneh2 yang timbul setelah 2010 Up atau malah pasca 2016 Up.
Gak bicara merek2 europe, mamarika atau H miring yang masuk kategori non mainstream yang memang perlu special treatment. Yang CBU rata2 sih memang lebih baik built qualitynya banding CKD.
Tapi yang pasti memang seluruh pabrikan (manufacturing) berlomba2 untuk tekan cost of production di semua lini sektor & berharap konsumen pakai mobil sesingkat mungkin 3-5 taon, jadi mobil2 sekarang didesain secara life cyclenya lebih pendek.
Pelat makin tipis, cat makin tipis, plastik2 makin tipis. Yang awalnya pakai logam ganti ke plastik yang secara properties bisa mendekati logam secara strukturnya (engineering plastic), demikian juga di logam dicari yang lebih tipis, lebih ringan, tapi masih masuk standard pabrikan dst...dst.
Intinya semua bahan sebisa mungkin dikurangi, fitur2 gimmick yang seiring dengan perkembangan jaman memang otomatis akan terus bertambah, tapi durability & life cyclenya pelan2 dikurangi sehalus mungkin... kecuali badge2 legendary tertentu macam TLC yang memang "dijaga" pamornya... itupun harganya sudah menjulang gak karuan. Just my 2 cents cmiiw
nah soal ini sbenernya tidak melulu cost reduction saja... kadang ada unsur regulasi bermain.
misalnya regulasi emisi dan safety.
bayangin skr ntu radar collision sensor dll uda masuk standar bintang dalam safety test. ga heran pada lbh fokus bikin fitur radar spt ini yang notabene justru bikin mahal - dan mengorbankan sisi lain spt build quality. ya emang mobilnya safer sih, cuma kualitasnya jadi caur demi menekan cost.
enjin juga pada ngembangin over complicated design yang bikin makin prone to trouble demi mengejar emisi. sensor sensor elektroniknya makin banyak buat antisipasi error = makin besar kemungkinan trobel.
yahh tp gimana gimana juga mungkin manufacturer juga liat behavior konsumen yang pake mobil 3-5 taun buang... sama spt gadget. makanya useless mereka ngembangin mobil yang awet awet. caranya yah bikin platform yang bisa dipake 2 - 3 generasi, tp part qualitynya sedikit dikurangin, didesain untuk breakdown melewati masa pemakaian, mungkin dulu 10 taon skrg jadi 7 taon, konsumennya won't notice kalo cm pake 3 taon
klo saya liat behavior konsumen spt ini ya saya melakukan yang sama jg. aplg bisnis otomotif itu berat bgt persaingannya. ga bisa ngandelin income cuma dari jualan mobil, tp spare parts dan services juga. klo pabrikan ngotot bikin over engineered cars yg tidak memerlukan perbaikan saya rasa hari ini pabrikan mobil ud tinggal dikit yang hidup.
DOHC wrote: Tue Sep 29, 2020 5:18
Kcuali nisan gren lvina
Justru yg ud feslip dual cvtc injector (post 2012 and above) yg jauh lebi minim keluhan
Dl pmakai OGL gen awal pada gondok smua ngebengkel jut2an, dah kaya piara sheer driving plisur
Tp yg ud feslip, minim bener keluhan nya kaya punya nya om herman
ahond era ciarpi RM dan civic FB jg...
di luar kualitas nya caur tp ntu 2 mobil robust loh dibanding RE dan FD... ane ampe odo 60k km dl di FB nyaris tanpa perbaikan apapun di kaki kaki...