karetnya ga tahan panas mesin juga yaadityabp wrote: Tue Jul 09, 2019 3:25
IMHO, konstruksi frame (bingkai) filternya sepertinya cuma karet doank, bukan metal.
Jadi ketika karetnya sdh getas (fatigue) ketika filternya ditarik langsung ketekuk.
![]()
![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
tebakan saya kalah kuat, alasannya darimana kurang paham d.arfs wrote: Tue Jul 09, 2019 2:18 Dunno dah apakah vacum nya livina cvt sekuat itu... apa mungkin kena heat soak dari mesin hr15de yg terkenal panas...
Kapok dah beli "stainless steel" air filter... Untuk blm knp knp mesin nya selama pemakaian itu...
Tp dah lsg ilfeel setelah lihat bisa kyk gitu ... ogah make lg...
dulu setahu saya stainless steel air filter ini karena namanya saja metal ya jadi lebih "awet" dan mudah dibersihkan, direndam sabun saja bisa rontok semua kotorannya.
kalau saya dulu banget pengalaman mirip dengan air filter cotton gauze bikinan S****a, saya beli waktu itu harga murah karena promo baru juga penasaran kali aja sama bagusnya dengan K&N secara dari pabrikan terkenal kan. setelah dipake oke2 aja, nah setelah sekian ribu km, ternyata ada rembesan dari sela2 frame air filter tsb. karena konstruksi air filter box (dan umumnya air filter model kotak) yang mana frame air filter sekaligus seal (dijepit oleh air filter box) supaya rapat nah ini rembes, ketahuan pas saya lagi reguler cek kok sesudah air filter banyak debu, dicek2 eh kelihatan ada jalur udara sekitaran frame air filter tsb.
terus saya perhatikan, itu air filter deforming, jadi seperti melengkung ga kotak sempurna. ya coba hubungi pabriknya, eh bisa di klaim, ditukar, terus saya jual lagi


oh ya, saya dulu banget pake filter kaya gini di 2KD tapi keluarana King Dragon (merek kuno Italy). emang ngeselin banget berjuang bener buat bersihinnya, dari google baru tau pake APC + air hangat kalau ada jauh lebih cepat, kalau saya tambahin deterjen cair. ngeringin juga makan waktu bisa 2 hari kalau ga kena matahari, tapi mengingat waktu itu filter udara asli harganya separoh filter tsb jadi ya dinikmati saja. toh emang kebayar dengan performa dan karena berulang2 kali dipake jadi irit duit banyak.arfs wrote: Tue Jul 09, 2019 2:11 yg ane bold.
Haha iya sih, emg bikin males nyuci air filter nya kalau pengen sering2 bersih - apalagi kalau model air filter after market yg model bunder gede kyk baut di innova fortuner 2KD.... gede bentuk ud gitu muter, pegel nyemprotin cairan cleaner nya...
Akhirnya di GNKI 2KD saya, saya pensiunin air filter sakura racing nya.. balik lagi ke OEM grade air filter, sekarang lg coba yg buatan denso.
