Tadi siang sudah sempet TD bersama seorang rekan dimari, bro Xous.
Unit TD serupa dengan yang dicoba modcing karena tempatnya sama
OK here's few of my insight about New Innova
Exterior
Setelah 10 taun bosen liat Innova yang bentuknya gitu - gitu aja, seriously mobil ini jauh lebih GANTENG dari pendahulunya! Bentuk depan macho, kayak Hilux versi kalem. Headlampnya garang yang versi Q. DRL macem punya Corolla. Yang Q beneran terkesan upclassed dan mahal dibanding pendahulunya.
Type V
Type Q
Bagian sampingnya memang kontroversi... menurut saya bagus tapi kekurangannya di velg saja terutama di tipe G dan V yang pakai 16inch. Di Q 17inch tapi menurut saya ya masih kurang... Mending naikin dikit deh jadi 18 atau 19inch kan pas. Ruang rodanya juga masih lowong. PR pertama yang saya lakukan kalau beli Innova pasti upsize velg. Penyakit lawas nya Toyota pelit ngasih velg... Ya Mazda juga pelit si di M8 nya kucing cuma dikasih 16inch
Ban bawaan G dan V pakai Dunlop Enash*t, dan tipe Q pakai BS Turanza ER33 , sama seperti punya Camry.
Type V
Type Q
Belakangnya cenderung ke kotak, niru HR-V lampunya tapi menurut saya tarikan garis bodinya lebih mirip ke RAV4. Jadi RAV4 + HR-V = Innova
Interior
Well..... Interiornya sudah jelas peningkatan dibanding yang lawas, jauh sekali, beberapa design dan detail dari Toyota-Toyota mevvah dan aristokrat (baca : Harrier) banyak diaplikasikan disini. Setirnya yang Q ada lapisan wood nya bikin kerasa Mevvah seperti SUV mevvah saya di garasi. Begitu pula red wood panel di sekujur dashboardnya benar benar bagus dan nge-blend dengan tema elegant interiornya.
Tapi detail interior yang bagus tersebut sayangnya cuma di aplikasikan di Q.... lagi - lagi V dan G gak dapat...
Type V
Lots and lots of storage!
Ambient lighting yang bagus, kelihatan mevvah sekali dan memberikan kesan luas.
Minus softex... eh softpad. Ya bukan minus sih... TAM pengertian kalau 80% orang yang beli Innova pasti dipakai sehari - hari panas-panasan, jadi softex eh softpad pasti berlebihan... wong softpadnya Toyota rata-rata langganan rusak
Tapiiii beberapa cacat yang saya temukan :
1. Gear levernya, please Toyota, memang layout gear levernya mirip Lexus... tapi murahan sekali ini, bahkan masih keliatan mewah yang lama. Polosan, even di tipe Q juga kayak gini. Kasih piano finish atau kayu kayuan kek.
2. Vent AC di tengah itu kerasa murah dan nanggung, yang kiri dan kanan pojok vent nya dikasih krom, yang tengah dibiarin polos, ini lupa atau gimana?
3. Laci nyaaaaa.... I was impressed you got the idea with refrigerated glove box.... tapi mekanisme dan tombolnya pun kerasa kasar, gak kerasa mahal.
4. Plastik silver di doortrim macem Avanza... resiko ngelupas catnya kalau sudah berumur.
Type V
Type Q
5. Yang terakhir dan paling parah, hand brake. Teksturnya kasar, bahan kulit pembungkusnya juga jelek, bahkan di unit TD kami kancingannya udah lepas.
Sound System
Kalau sudah pengalaman dengan audio Innova V versi lawas pasti tau kalau audio bawaan Innova itu *maaf* sampah. Di yang terbaru? Masih pakai sistem 2-way yang sama dengan yang lama. Hasilnya?
Awalnya waktu saya pertama masuk kok suaranya lirih lemes gitu, saya mau adjust, lah!? Bass +5, treble +2, equalizer powerful, kok lirih gitu? Powerful ndiasmu....
Lalu saya penasaran... balikin ke flat...
........... Udah ah hopeless kayak yang lama... Bahkan saya bilang keterlaluan, masak HU udah ada adjustment nya, udah ada tweeter, sound bawaan nya sama kayak punya CR-V yang HUnya bahkan gak punya adjustment dan gak ada tweeter?
Driving
Now get to the driving... Karena saya dari awal teasernya sudah penasaran liat spek.
150HP/360Nm, should be powerful enough, ditambah 6-speed Auto nya yang menggantikan 4-speed dari jaman purbakala.
Layout mesinnya 2GD di Innova yang saya perhatikan sedikit mundur dibanding 2KD lama, jadi mungkin bisa jadi alesan dan kesempatan dealer ngecuan kenapa ongkos jasanya nanti mahal waktu lewat 50k KM.... "kan bongkarnya susah mas"
Power steering masih pakai minyak karena saya menemukan reservoir minyak power steering.
Pertama saya adjust posisi duduk, saya kira setirnya kurang naik, lah udah mentok. OK turunin kursi, udah dapet posisi yang wuenak, tapi pandangan ketutup dashboard....
Grip setirnya jauh lebih enak dari yang lama. Setir Innova lama kerasa sangat lebar dan besar, yang ini bentuknya pas dan enak digenggam.
Stater mesin.... wuih halus sekali... bahkan gak kerasa kalau ini mobil diesel begitu di stater...
Roll-out dari dealer... Jalan pelan.... masih kerasa senyap. Slip transmisi dan turbo lag di bawah 2000 RPM cukup terasa. Turbo lag nya tidak mengganggu tapi slip transmisi nya itu cukup.... annoying.
Bejek dan..... *NGGGRRRRRRRRHHHHHH* suaranya kasar sekali

kok jadi giniiii

kickdown nya agak lambat karena slip transmisi nya, tapi begitu sudah sampai sweet spot.... badan saya langsung nempel jok. 360Nm torque... sweet
Tapi suara itu....
Mobil masih kerasa besar kalau dipakai di dalam kota dan menurut saya kurang gesit, dengan karakter slip besar dan sweet spot di atas 2000 itu, saya rasa mobil ini lebih cocok buat luar kotaan buat nyalip - nyalip. Karena begitu sudah sampai sweet spot, mobil ini melaju dengan sangat effortless, gak kerasa ini mobil MPV besar.
Peredamannya top notch... kerasa sekali dari waktu nutup pintu sudah gak kerasa kaleng kayak Innova lama. Redaman shocknya pun bener bener mantab, surprisingly mobil ini nyaman sekali. Gak kerasa mendal mendal kayak Innova lama.
Letdown terbesar yang bikin Innova ini kerasa cupu buat saya : klaksonnya bunyinya cempreng dan lirih... Menyedihkan. Buat saya klakson CR-V gen.4 saja sudah menyedihkan, ini lebih menyedihkan lagi.
Verdict
OK singkirkan mindset kalau ini adalah Kijang, ini adalah Kijang yang sudah berevolusi. Anggaplah ini mobil yang benar - benar naik kelas, maka saya pikir kita semua setuju kalau mobil ini sangat layak dengan harga segitu dengan fitur - fitur dan mesin baru, dan kemudahan cari onderdil walau mbongkarnya tambah susah
Dibandingkan dengan Mazda Biante sekalipun saya masih lebih suka Innova, Nissan Serena? Still Innova, even Nav-1? Still Innova. Menurut saya peningkatan di Innova bahkan sudah melampaui Mazda Biante/Nissan Serena sekalipun. Kerasa lebih mewah dan lebih refined, plus yang pasti lebih irit dan gampang dirawat. Solar 6700 brooo.... Kalau FCnya 11 km/l saja sudah pasti lebih ekonomis dibanding Biante maupun Serena yang pakai Premium sekalipun

. Walaupun pasti cekot-cekot di dompet dan kepala kalau servis Innova pakai 7 liter blom pakai Gardan dan transmisinya yang masing - masing 3 literan
Kekurangan di sana-sini gak jadi soal karena upgrade-able... PR WAJIB biar Innova anda bisa jadi nyaman dan enak buat sehari - hari :
- Gantilah KLAKSONNYA.... pakai Hella 200ribuan sudah enak.
- Audio... OK yang ini sedikit mahal. Paket audio 2-way biasanya mencapai 5juta, tapi sebanding daripada kuping gak ada hiburannya di mobil...
- Ganti Velg buat yang peduli penampilan.
- Pasang piggyback, ganti knalpot (masih blom beredar untuk 2GD saya rasa), naikin boost turbo buat yang gila... Approximate 70hp dapat itu
