Review Honda Civic FD1 2007
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Interior mobil ga bisa boong..
kalo kilometer masih 20rb, minimal dalemnya masih 80% seperti mobil baru..terutama liat di bagian setir. Mobil 20rb seharusnya genggaman setirnya belum mengkilat, dan gurat2 pola kulit jeruk di setir masih tebal..belom tipis/ licin..
biasanya masuk ke kabin aja akan kerasa kok, mana mobil yg bener2 20rb km, dan mana yg 20rb boongan..liat juga pedal rem dll, barang2 yg sering dipegang oleh tangan..apakah udah terlihat "usang" atau masih kenceng dan bagus...
Servis record be-res juga penting. Kalo penjual nunjukin servis record be-res, liat kapan terakhir ke bengkel..kalo mobil memang terawat di be-res, minimal dalam jangka waktu 6 bulan kebelakang ada record di buku servisnya...dan disitu juga akan tertera kilometer kendaraan..
- Disc Brake bergelombang hampir terjadi sama semua civic FD ini...saya pake dr 2010 sampe jual 2013 awal kemaren, udah 1x bubut dan 1x ganti baru...untungnya masih garansi...
- Engine Mounting kanan dipastikan akan kena (ga tau yah kl FD2)..
Lain dari itu sih harusnya ga ada masalah, selain karena pemakaian...
kalo kilometer masih 20rb, minimal dalemnya masih 80% seperti mobil baru..terutama liat di bagian setir. Mobil 20rb seharusnya genggaman setirnya belum mengkilat, dan gurat2 pola kulit jeruk di setir masih tebal..belom tipis/ licin..
biasanya masuk ke kabin aja akan kerasa kok, mana mobil yg bener2 20rb km, dan mana yg 20rb boongan..liat juga pedal rem dll, barang2 yg sering dipegang oleh tangan..apakah udah terlihat "usang" atau masih kenceng dan bagus...
Servis record be-res juga penting. Kalo penjual nunjukin servis record be-res, liat kapan terakhir ke bengkel..kalo mobil memang terawat di be-res, minimal dalam jangka waktu 6 bulan kebelakang ada record di buku servisnya...dan disitu juga akan tertera kilometer kendaraan..
- Disc Brake bergelombang hampir terjadi sama semua civic FD ini...saya pake dr 2010 sampe jual 2013 awal kemaren, udah 1x bubut dan 1x ganti baru...untungnya masih garansi...
- Engine Mounting kanan dipastikan akan kena (ga tau yah kl FD2)..
Lain dari itu sih harusnya ga ada masalah, selain karena pemakaian...
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
idem...pilotgaruda wrote:Interior mobil ga bisa boong..
kalo kilometer masih 20rb, minimal dalemnya masih 80% seperti mobil baru..terutama liat di bagian setir. Mobil 20rb seharusnya genggaman setirnya belum mengkilat, dan gurat2 pola kulit jeruk di setir masih tebal..belom tipis/ licin..
biasanya masuk ke kabin aja akan kerasa kok, mana mobil yg bener2 20rb km, dan mana yg 20rb boongan..liat juga pedal rem dll, barang2 yg sering dipegang oleh tangan..apakah udah terlihat "usang" atau masih kenceng dan bagus...
Servis record be-res juga penting. Kalo penjual nunjukin servis record be-res, liat kapan terakhir ke bengkel..kalo mobil memang terawat di be-res, minimal dalam jangka waktu 6 bulan kebelakang ada record di buku servisnya...dan disitu juga akan tertera kilometer kendaraan..
- Disc Brake bergelombang hampir terjadi sama semua civic FD ini...saya pake dr 2010 sampe jual 2013 awal kemaren, udah 1x bubut dan 1x ganti baru...untungnya masih garansi...
- Engine Mounting kanan dipastikan akan kena (ga tau yah kl FD2)..
Lain dari itu sih harusnya ga ada masalah, selain karena pemakaian...

biasanya mbl kalo beneran 20rb ga bakal bohong lah... mbl low mileage (kalo asli low mileage) catnya pun mungkin masih kinclong... jarang dijemur.... masih mirip sama mbl baru pada umumnya. lah wong CRV ane taun 2011 KM 15rb dibandingin ama punya temen yg taun 2012 udah 70ribuan aja dari cat udah ketauan lebih kusem punya temen ane....
taun 2009 kemaren bokap beli merc W202 1998 bekas temennya... 40rb KM... catnya masih kinclong, interior masih bagus
intinya sih tetep akan ketauan kalo odometernya direset... kalo feeling udah ga bagus mending jgn deh

pedagang kalo mundurin KM biasanya ketauan, soalnya mereka mundurin ga cuma 5rb-10rb.... mbl udah ratusan ribu disulap jadi tinggal 20rb pun bisa


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Honda Civic FD1 2007
O iya...
Lambang "H" di stir biasanya udh kelupas klo KM dah tinggi, gampangnya liat logo Hnya aja soalnya harus pegang logo H baru bs tekan klakson...
Perhatikan juga pedal rem ama gas, klo udh tipis berarti udh 30 rb KM keatas, innova gw juga udh tipis tuh pedalnya (50 rb KM)
Lambang "H" di stir biasanya udh kelupas klo KM dah tinggi, gampangnya liat logo Hnya aja soalnya harus pegang logo H baru bs tekan klakson...
Perhatikan juga pedal rem ama gas, klo udh tipis berarti udh 30 rb KM keatas, innova gw juga udh tipis tuh pedalnya (50 rb KM)
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Honda Civic FD1 2007

Civic yang paling ganteng ya FD, ga ada yang lain. VTI-S, kurang suka. Ferio, tembam kaya Melaney Ricardo. Genio...errr

kebetulan saya pernah coba FD2nya, wuih itu seri K emang ga bisa boong...gurih VTEC nya

tapi untuk karakter FD menurut gw lebih pantes pake transmisi manual. FD2 yang gw tes matik(setau saya nyaris semua matik


Kudos

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Review Honda Civic FD1 2007
nice review bro! civic yg paling ane demen dari exterior sampe interior, sampe sekarang kalo tau ada fd1/fd2 lewat psti ane liatin terus
btw ane nyundul trit lawas neh
........................

btw ane nyundul trit lawas neh



........................


-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Tue Dec 23, 2014 13:08
- Location: the dark side of the moon
Re: Review Honda Civic FD1 2007
review nya keren bro, paling demen lampu belakang sama dashboardnya..hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Wow.... FD1

Semoga bisa kebeli tuh mobil
Versi MT lebih gud, audio ganti aja
Sent from Nokia 1100 4G LTE-A


Semoga bisa kebeli tuh mobil

Versi MT lebih gud, audio ganti aja

Sent from Nokia 1100 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Thu Jan 02, 2014 3:11
- Location: semarang
Re: Review Honda Civic FD1 2007


eling..dan bersyukur..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 392
- Joined: Fri Oct 17, 2014 3:16
- Location: Tebet
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Tp knp ya setiap ane ngeliat civic FD bodynya uda ga ada yg rata, especially di pintu.. Bergelombang aja gt, beda ama ge8 yg taun 2008 aja msh banyak bgt yg rata kaya baru
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Iya nih bener, liat civic gini di jalan bodynya pada keriting kaya mobil taun '00...romi10 wrote:Tp knp ya setiap ane ngeliat civic FD bodynya uda ga ada yg rata, especially di pintu.. Bergelombang aja gt, beda ama ge8 yg taun 2008 aja msh banyak bgt yg rata kaya baru

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sat May 10, 2014 3:43
Re: Review Honda Civic FD1 2007
punya saya rata lhooo..
ga juga sih.. 2 door ding yg males dibetulin..
punya saya 2006, baru jalan 30rb. perlu ganti ban ngga ya? dilihat fisiknya sih masih bagus dan masih berbulu
ga juga sih.. 2 door ding yg males dibetulin..
punya saya 2006, baru jalan 30rb. perlu ganti ban ngga ya? dilihat fisiknya sih masih bagus dan masih berbulu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Tergantung om,kalau di spoor ama rebalance masih ngga bisa lurus.Lembiru aja ban nya 

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
kalo liat yang taun 2006 2007 ya pasti bodinya udah ancur ancuran... namanya juga mobil dipakeeuphotic wrote:punya saya rata lhooo..
ga juga sih.. 2 door ding yg males dibetulin..
punya saya 2006, baru jalan 30rb. perlu ganti ban ngga ya? dilihat fisiknya sih masih bagus dan masih berbulu


perasaan aja kali, gw liat FD1 masih cukup banyak yang mulus kok mau di smg mau di sby
kalo ban walaupun masih tebel tetep perlu diganti berkala, oom... kembangan bagus tapi komponnya pasti mengeras kalo kelamaan didiemin, kayak harrier ane yang kelamaan didiemin itu kompon ban mengeras akhirnya bukan nyaman yang didapet malah sakit pinggang padahal kembangannya masih bagus banget

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sat May 10, 2014 3:43
Re: Review Honda Civic FD1 2007
HouseOfDetailing wrote:Tergantung om,kalau di spoor ama rebalance masih ngga bisa lurus.Lembiru aja ban nya
katakan masih lurus, apa pertanda masih ok dipake?ChZ wrote: kalo liat yang taun 2006 2007 ya pasti bodinya udah ancur ancuran... namanya juga mobil dipaketapi punya temen gw 2008 juga masih bagus itu pintu. yang 2009 keatas masih pada mulus mulus kok. apalagi warna hitam dan kinclong wihhhh
![]()
perasaan aja kali, gw liat FD1 masih cukup banyak yang mulus kok mau di smg mau di sby
kalo ban walaupun masih tebel tetep perlu diganti berkala, oom... kembangan bagus tapi komponnya pasti mengeras kalo kelamaan didiemin, kayak harrier ane yang kelamaan didiemin itu kompon ban mengeras akhirnya bukan nyaman yang didapet malah sakit pinggang padahal kembangannya masih bagus banget
semacam takut si montir bilang "waktunya ganti" pdhal sebetulnya masih bisa dipake.
definisi "ban mengeras" itu gimana ya, soalnya kalo diteken2 pun.. ya tetep keras meskipun baru hehe.
btw bro ChZ, takut OOT sih sebetulnya, mau tanya2 ttg teana nih (rencana mau pindah kereta gitu), ga bisa Private Message ya disini?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 561
- Joined: Sat May 11, 2013 12:01
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Kalau mengeras ada retaknya om...
Teana L33?bungkus gan
Teana L33?bungkus gan
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27641
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Honda Civic FD1 2007
mungkin panel nya kelewat lebar dan datar tanpa ada tekukan2 nya.... ambil contoh, apanja gen awal, ipah gen awal... ampe ari ini ane slalu temuin pd kriting tuh panel2 nya kl diperhatiin dari samping... malah kalo alus, rata2 ud bekas di cat ulangamfibi wrote:Iya nih bener, liat civic gini di jalan bodynya pada keriting kaya mobil taun '00...romi10 wrote:Tp knp ya setiap ane ngeliat civic FD bodynya uda ga ada yg rata, especially di pintu.. Bergelombang aja gt, beda ama ge8 yg taun 2008 aja msh banyak bgt yg rata kaya baru
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Honda Civic FD1 2007
lho jadi lekukan bodi bisa bikin lebih ga rentan bergelombang?DOHC wrote:mungkin panel nya kelewat lebar dan datar tanpa ada tekukan2 nya.... ambil contoh, apanja gen awal, ipah gen awal... ampe ari ini ane slalu temuin pd kriting tuh panel2 nya kl diperhatiin dari samping... malah kalo alus, rata2 ud bekas di cat ulangamfibi wrote:Iya nih bener, liat civic gini di jalan bodynya pada keriting kaya mobil taun '00...romi10 wrote:Tp knp ya setiap ane ngeliat civic FD bodynya uda ga ada yg rata, especially di pintu.. Bergelombang aja gt, beda ama ge8 yg taun 2008 aja msh banyak bgt yg rata kaya baru



-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
umm bisa dirasain dari naikan sih oom... hehehe... punya saya ban Goodyear Efficientgrip setaun aja rasanya udah beda, lebih gerobak yang sekarang padahal mobilnya Harrier, bukan CRV atau SUV gerobak lain.... kondisi ngga pernah dibawa jalan setaunan lebih, cuma masuk keluar garasi aja.euphotic wrote: katakan masih lurus, apa pertanda masih ok dipake?
semacam takut si montir bilang "waktunya ganti" pdhal sebetulnya masih bisa dipake.
definisi "ban mengeras" itu gimana ya, soalnya kalo diteken2 pun.. ya tetep keras meskipun baru hehe.
btw bro ChZ, takut OOT sih sebetulnya, mau tanya2 ttg teana nih (rencana mau pindah kereta gitu), ga bisa Private Message ya disini?
kembangan bagus bukan berarti ban masih bagus, oom.... kecuali kilometer dikit tapi sering dibawa jalan barang cuma 10-20km seminggu ya itu nggakpapa. menurut logika awam ane sih kompon ban kalo kelamaan nggak dipake ya mengeras juga

IMHO. CMIIW
PM disini bisa oom.... Cuma daripada Teana brand new ane lebih nyaranin New Accord aja sih kalo cari kenyamanan....
PS : kenyamanan dalam arti mobilnya nyaman dan lebih nyaman di hati ya... gimanapun lebih nyaman pake Honda daripada pake Nissan kalo di Indo....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Sat Jul 28, 2012 15:15
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Civic FD saya ban depan kiri BS AR 20 (baru beli 4 bulan lalu), yang kanan AR30 (dari ban cadangan, baru dipakai 4 bulan yg lalu, tahun pembuatan 2009), asalnya yg kiri mau dikasih AR30 juga, tapi harganya 1.5 jt/buah
rasanya sama aja, bantingan civic FD tetep keras
, padahal baru ganti suspensi ori honda depan, sekitar 3 jt sepasang.
tapi sekarang kalo lewat jalan jelek uda ga bunyi jduk lagi
rasanya sama aja, bantingan civic FD tetep keras


tapi sekarang kalo lewat jalan jelek uda ga bunyi jduk lagi

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Review Honda Civic FD1 2007
emangnya boleh om kalo ban kiri sama kanan beda? kalo setau saya sih yang boleh itu depan belakang beda tapi kiri kanan harus sama, taunya sih dari beres sama toko2 ban gitu sih kalo secara engineeringnya ga tauknur wrote:Civic FD saya ban depan kiri BS AR 20 (baru beli 4 bulan lalu), yang kanan AR30 (dari ban cadangan, baru dipakai 4 bulan yg lalu, tahun pembuatan 2009), asalnya yg kiri mau dikasih AR30 juga, tapi harganya 1.5 jt/buah
rasanya sama aja, bantingan civic FD tetep keras, padahal baru ganti suspensi ori honda depan, sekitar 3 jt sepasang.
![]()
tapi sekarang kalo lewat jalan jelek uda ga bunyi jduk lagi

-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
kanan kiri sangat ngga direkomendasikan, om.... alur ban beda, kembangan beda, handlingnya bisa berantakan dan kalo hujan agak riskan... secara safety sangat-sangat unsafe.poik99 wrote:emangnya boleh om kalo ban kiri sama kanan beda? kalo setau saya sih yang boleh itu depan belakang beda tapi kiri kanan harus sama, taunya sih dari beres sama toko2 ban gitu sih kalo secara engineeringnya ga tauknur wrote:Civic FD saya ban depan kiri BS AR 20 (baru beli 4 bulan lalu), yang kanan AR30 (dari ban cadangan, baru dipakai 4 bulan yg lalu, tahun pembuatan 2009), asalnya yg kiri mau dikasih AR30 juga, tapi harganya 1.5 jt/buah
rasanya sama aja, bantingan civic FD tetep keras, padahal baru ganti suspensi ori honda depan, sekitar 3 jt sepasang.
![]()
tapi sekarang kalo lewat jalan jelek uda ga bunyi jduk lagi
depan belakang masih boleh, ban yang bagus dikasih ke depan (kalo FWD, kalo RWD ban yang bagus kasih ke belakang. 4WD? ganti keempatnya

biarpun lebih disaranin 4-4nya sama sih

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sat May 10, 2014 3:43
Re: Review Honda Civic FD1 2007
retak untungnya blm ada. ya coba lah kapan saya cek ke bengkel langganan.HouseOfDetailing wrote:Kalau mengeras ada retaknya om...
Teana L33?bungkus gan
J32 sih kak. L33 malah ga suka modelnya (dan belum budgetnya)
kemarin sempet naik civic 2007, udah ganti velg 18" pake ban lokal, per standard.ChZ wrote: umm bisa dirasain dari naikan sih oom... hehehe... punya saya ban Goodyear Efficientgrip setaun aja rasanya udah beda, lebih gerobak yang sekarang padahal mobilnya Harrier, bukan CRV atau SUV gerobak lain.... kondisi ngga pernah dibawa jalan setaunan lebih, cuma masuk keluar garasi aja.
kembangan bagus bukan berarti ban masih bagus, oom.... kecuali kilometer dikit tapi sering dibawa jalan barang cuma 10-20km seminggu ya itu nggakpapa. menurut logika awam ane sih kompon ban kalo kelamaan nggak dipake ya mengeras juga![]()
IMHO. CMIIW
PM disini bisa oom.... Cuma daripada Teana brand new ane lebih nyaranin New Accord aja sih kalo cari kenyamanan....
PS : kenyamanan dalam arti mobilnya nyaman dan lebih nyaman di hati ya... gimanapun lebih nyaman pake Honda daripada pake Nissan kalo di Indo....
well.. lbh empuk haha.
cobalah nanti aku bawa ke toko ban. jujur dari dulu pengen coba merk GT, ada yg bilang ini lokal bagus (lupa yg tipe apa).
barangkali ada saran merk dan tipe lain? yang se-kasta satu ato dua tingkat dengan ban bawaannya.
betul juga, lbh nyaman bawa merk honda =)
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
ban asli FD1? Goodyear Eagle ya oom?euphotic wrote: kemarin sempet naik civic 2007, udah ganti velg 18" pake ban lokal, per standard.
well.. lbh empuk haha.
cobalah nanti aku bawa ke toko ban. jujur dari dulu pengen coba merk GT, ada yg bilang ini lokal bagus (lupa yg tipe apa).
barangkali ada saran merk dan tipe lain? yang se-kasta satu ato dua tingkat dengan ban bawaannya.
betul juga, lbh nyaman bawa merk honda =)
Kalo dari Goodyear Eagle bisa coba naik ke BS Turanza series ya oom... menurut ane mobil sebagus Civic kok sayang dikasih ban lokal murah, kecuali emang jarang dipake ya sayang juga dikasih yang mahal sih.
FD1 saya dulu pernah pake ban lokal Accelera R18, ya karena R18 ban tipis jadi berisik ya, apalagi pindahnya dari Toyo Proxes4 R17.
Kalo ada budget lebih sih mending naik ke kelas Continental atau Toyo....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 16678
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Honda Civic FD1 2007
ow ya lupa balesin yang ini... mungkin dulu oom kalo lewat LIK th 2009-2011 pernah liat mobil ini tapi ngga sadar....unthul wrote:cantiiiik mobilnya...bagaikan cewek cantik tanpa mek ap,bodi semlohai mulus,anggun,elegan...muantap reviewny om..me lov it..

kadang-kadang dibawa papa saya ke kantor... tapi seringnya bawa Captiva / GV....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Review Honda Civic FD1 2007
Berarti bener ya seharusnya ga boleh, seinget gw dlu jg dibilangnya karna alurnya beda jdi ga seimbang gituChZ wrote:kanan kiri sangat ngga direkomendasikan, om.... alur ban beda, kembangan beda, handlingnya bisa berantakan dan kalo hujan agak riskan... secara safety sangat-sangat unsafe.poik99 wrote:emangnya boleh om kalo ban kiri sama kanan beda? kalo setau saya sih yang boleh itu depan belakang beda tapi kiri kanan harus sama, taunya sih dari beres sama toko2 ban gitu sih kalo secara engineeringnya ga tauknur wrote:Civic FD saya ban depan kiri BS AR 20 (baru beli 4 bulan lalu), yang kanan AR30 (dari ban cadangan, baru dipakai 4 bulan yg lalu, tahun pembuatan 2009), asalnya yg kiri mau dikasih AR30 juga, tapi harganya 1.5 jt/buah
rasanya sama aja, bantingan civic FD tetep keras, padahal baru ganti suspensi ori honda depan, sekitar 3 jt sepasang.
![]()
tapi sekarang kalo lewat jalan jelek uda ga bunyi jduk lagi
depan belakang masih boleh, ban yang bagus dikasih ke depan (kalo FWD, kalo RWD ban yang bagus kasih ke belakang. 4WD? ganti keempatnya).... ini opsi murah kalo emang budget mepet tapi ban udah abis, ban belakang tuker ke depan, ban belakang beliin yang murah-murah aja....
biarpun lebih disaranin 4-4nya sama sih
Btw bro gw mau minta saran nih, civic fd1 matic sebenarnya tarikannya gmn sih? Soalnya gw kebetulan masi nyari mobil daily driven and tertarik sama ini mbl second alau hrv sih yang baru, kalo secara tarikan maticnya boyo kah? Soalmya ada yang blg respondnya kaya lelet gitu malah ada yang blh masi lebih kenceng dari GE, masuk akal jg sih kalo diliat berat mobilnya
Belum lagi ini mesin r18 bukan k18 (sayangnya ga ada k18 ya hhahaha)
Rencana sih kalo memang agak lelet pengen cari yang manual aja, tpi males macetnya itu. Kalo liat fd2 ada jga yang kena power steering kenanya mahal sekali
Jadi serba bingung, pernah coba fd1 manual ga bro? Gmn keras kopling and tarikannya jauh ga ya sama maticnya